Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Macbook

1. Screenshot dengan Tombol Keyboard
Untuk melakukan screenshot pada MacBook, yang pertama bisa dilakukan dengan mengaktifkan tombol keyboard yang khusus tersedia. Tekan tombol Shift + Command + 3 untuk mengambil screenshot seluruh layar atau Shift + Command + 4 untuk screenshot area tertentu.

2. Mengatur Lokasi Screenshot
Jika ingin mengatur lokasi tempat screenshot disimpan, dapat dilakukan dengan mudah melalui menu “Sistem Preferensi”. Pilih opsi “Keyboard” dan masuk ke tab “Screenshot” untuk melihat pilihan lokasi tempat screenshot akan tersimpan.

3. Mengganti Format File
Secara bawaan, MacBook akan menyimpan screenshot dalam format PNG. Namun, jika ingin mengganti format file menjadi JPG ataupun PDF, caranya mudah. Buka menu “Terminal” dan ketik kode “defaults write com.apple.screencapture type [format]” dengan mengganti ‘[format]’ menjadi salah satu dari JPG atau PDF.

4. Menyimpan ke Clipboard
Jika tidak ingin menyimpan screenshot ke dalam file langsung, screenshot dapat disimpan ke clipboard untuk nanti digunakan pada program yang lain. Tekan tombol Shift + Command + Control + 3 atau 4 untuk menyimpan screenshot ke clipboard.

5. Screenshot dengan Menu Pilihan
Jika tidak ingin menggunakan tombol keyboard, screenshot juga bisa diambil melalui menu pilihan yang tersedia pada MacBook. Buka menu “File” atau “Edit” dan pilih opsi “Screenshot”.

6. Membuat Screenshot Window Aplikasi
Screenshot tidak hanya bisa dilakukan pada layar utama, melainkan pada jendela aplikasi yang sedang dibuka. Tekan tombol Shift + Command + 4 + Space Bar dan klik pada jendela aplikasi yang ingin diambil screenshot-nya.

7. Menambahkan Anotasi pada Screenshot
MacBook juga memiliki fitur built-in untuk menambahkan anotasi pada screenshot, termasuk menambahkan teks, panah, dan bentuk lain. Setelah mengambil screenshot, klik pada thumbnail yang muncul dan pilih opsi “Markup”.

8. Menambahkan Bayangan pada Screenshot
Jika ingin menambahkan bayangan atau efek blur pada screenshot, tentu saja MacBook juga memiliki opsi-opsi ini. Tekan tombol Shift + Command + 4 dan sebelum mengambil screenshot, tekan dan tahan tombol “Space Bar”. Akan muncul tool untuk menambahkan bayangan pada screenshot.

9. Membagi Layar untuk Screenshot
Jika ingin mengambil screenshot dari dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan, bisa menggunakan opsi “Split Screen View”. Tekan dan tahan tombol “Full Screen” pada salah satu aplikasi sampai muncul pilihan untuk memilih aplikasi lain, lalu ambil screenshot seperti biasa.

10. Memotong Screenshot
Jika ingin memotong atau merubah area dari screenshot yang sudah diambil, caranya juga cukup mudah. Setelah mengambil screenshot, klik pada thumbnail yang muncul dan pilih opsi “Edit” pada menu pilihan. Akan terbuka aplikasi “Preview” di mana screenshot bisa dipotong ataupun diedit secara bebas.

Cara Screenshot Di Laptop Macbook

Cara screenshot di laptop Macbook sangat mudah. Tekan tombol Command + Shift + 3 untuk screenshot layar penuh atau Command + Shift + 4 untuk screenshot seleksi.

Memiliki kemampuan untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot pada laptop Macbook sangatlah penting. Hal ini berguna untuk mengabadikan momen tertentu, menyimpan informasi penting, atau sebagai alat untuk berbagi informasi dengan orang lain. Namun, bagi beberapa orang yang baru menggunakan Macbook, mungkin masih bingung tentang bagaimana cara mengambil screenshot. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot di laptop Macbook dengan mudah dan cepat.

Pengenalan

Screenshot adalah cara yang mudah untuk mengambil gambar dari layar laptop Macbook Anda. Namun, jika Anda baru menggunakan Macbook dan belum familiar dengan perangkat lunaknya, mungkin Anda sedikit bingung tentang cara melakukannya. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara melakukan screenshot di Macbook.

Cara Screenshot Layar Penuh

Macbook

Cara yang paling mudah untuk melakukan screenshot di Macbook adalah dengan menekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Ini akan mengambil screenshot dari seluruh layar dan menyimpannya di desktop Anda.

Cara Screenshot Bagian Tertentu

Macbook

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari bagian tertentu dari layar, gunakan tombol Command + Shift + 4. Ini akan mengubah kursor menjadi tanda tambah, yang memungkinkan Anda untuk memilih area yang ingin diambil screenshot. Setelah memilih area tersebut, screenshot akan disimpan di desktop Anda.

Cara Screenshot Aplikasi

Macbook

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari aplikasi tertentu, gunakan tombol Command + Shift + 4 dan kemudian tekan spasi. Ini akan mengubah kursor menjadi tanda kamera, yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dari jendela aplikasi tertentu. Setelah mengambil screenshot, itu akan disimpan di desktop Anda.

Cara Screenshot Touch Bar

Macbook

Jika Macbook Anda dilengkapi dengan Touch Bar, Anda juga dapat mengambil screenshot dari layar tersebut. Gunakan tombol Command + Shift + 6 untuk melakukan screenshot. Ini akan mengambil screenshot dari seluruh Touch Bar dan menyimpannya di desktop Anda.

Cara Mengedit Screenshot

Macbook

Setelah mengambil screenshot, Anda mungkin ingin mengedit atau menyesuaikan gambar tersebut sebelum membagikannya. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Preview yang sudah terpasang di Macbook Anda dan buka screenshot yang baru saja Anda ambil. Di sana Anda dapat melakukan berbagai tindakan pengeditan, seperti memotong, menambahkan teks atau panah, dan mengubah ukuran gambar.

Cara Menambahkan Screenshot ke Clipboard

Macbook

Jika Anda ingin lebih cepat membagikan screenshot, Anda dapat menambahkannya ke clipboard. Gunakan tombol Command + Control + Shift + 3 untuk menambahkan screenshot layar penuh ke clipboard, atau gunakan tombol Command + Control + Shift + 4 untuk menambahkan screenshot dari area tertentu ke clipboard. Setelah ditambahkan ke clipboard, Anda dapat langsung mem-paste screenshot ke aplikasi atau dokumen yang Anda inginkan.

Cara Menghapus Screenshot

Macbook

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot, file gambar tersebut secara otomatis disimpan di desktop Anda. Jika Anda tidak memerlukan gambar tersebut lagi, cukup klik kanan pada file dan pilih Move to Trash untuk menghapusnya.

Kesimpulan

Demikianlah panduan tentang cara melakukan screenshot di Macbook. Semoga artikel ini membantu Anda mengambil gambar dari layar laptop Anda dengan mudah dan cepat.

Cara mengambil screenshot pada MacBook bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah dan praktis. Pertama, bisa menggunakan tombol keyboard khusus dengan menekan Shift + Command + 3 untuk mengambil screenshot seluruh layar atau Shift + Command + 4 untuk screenshot area tertentu. Jika ingin mengatur lokasi tempat screenshot disimpan, caranya cukup mudah dengan masuk ke menu Sistem Preferensi dan memilih opsi Keyboard di tab Screenshot. Selain itu, format file juga bisa diganti menjadi JPG atau PDF melalui menu Terminal. Jika tidak ingin menyimpan screenshot dalam file langsung, bisa disimpan ke clipboard dengan menekan tombol Shift + Command + Control + 3 atau 4. Screenshot juga bisa diambil melalui menu pilihan yang tersedia pada MacBook jika tidak ingin menggunakan tombol keyboard. Selain itu, screenshot tidak hanya bisa dilakukan pada layar utama, melainkan pada jendela aplikasi yang sedang dibuka dengan menekan tombol Shift + Command + 4 + Space Bar dan klik pada jendela aplikasi yang ingin diambil screenshot-nya. MacBook juga memiliki fitur built-in untuk menambahkan anotasi pada screenshot, termasuk menambahkan teks, panah, dan bentuk lain, serta menambahkan bayangan atau efek blur pada screenshot. Jika ingin mengambil screenshot dari dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan, bisa menggunakan opsi Split Screen View. Terakhir, jika ingin memotong atau merubah area dari screenshot yang sudah diambil, bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Preview.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop Macbook:

  1. Gunakan tombol keyboard: Tekan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan untuk mengambil screenshot dari seluruh layar atau tekan tombol Shift + Command + 4 untuk memilih area tertentu di layar.
  2. Gunakan aplikasi Screenshot: Buka aplikasi Screenshot di folder Utilitas atau dengan menekan tombol Shift + Command + 5. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih jenis screenshot yang ingin diambil, seperti layar penuh, area tertentu, atau bahkan merekam video layar.
  3. Gunakan perintah Terminal: Buka Terminal dan ketik perintah screencapture -i untuk memilih area tertentu di layar atau screencapture -s untuk mengambil screenshot dari seluruh layar.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur preferensi screenshot di Macbook Anda, seperti menambahkan bayangan pada screenshot atau mengubah format file screenshot.Dalam menggunakan Cara Screenshot Di Laptop Macbook, pastikan untuk memahami fitur-fiturnya dengan baik agar pengambilan screenshot dapat dilakukan dengan mudah dan sesuai kebutuhan. Ingatlah untuk selalu mempraktikkan etika penggunaan screenshot dan tidak mengambil gambar tanpa izin dari orang lain.

Terima kasih telah membaca artikel saya tentang cara screenshot di laptop Macbook. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengambil tangkapan layar di Macbook Anda. Dengan menggunakan metode yang saya jelaskan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dan menggunakannya untuk keperluan pribadi atau profesional.

Untuk mengulanginya, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol shift, command, dan angka 3 atau 4. Jika Anda ingin mengedit tangkapan layar Anda, Anda dapat menemukannya di folder Screenshots di direktori gambar Anda. Jangan lupa bahwa Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dari bagian tertentu dari layar Anda dengan menggunakan tombol shift, command, dan angka 4, kemudian menyeret kursor Anda untuk menandai area yang ingin Anda ambil.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah saat mengikuti metode yang saya jelaskan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Saya akan senang membantu Anda menyelesaikan masalah Anda. Terima kasih telah membaca dan semoga berhasil mengambil tangkapan layar di laptop Macbook Anda!

Orang-orang juga bertanya-tanya tentang cara screenshot di laptop MacBook. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara screenshot di MacBook?

  2. Jawabannya:

    • Untuk mengambil screenshot layar penuh, tekan tombol Command + Shift + 3 pada keyboard Anda.
    • Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot bagian tertentu dari layar, tekan tombol Command + Shift + 4 dan gunakan cursor untuk menandai area yang ingin Anda screenshot.
  3. Di mana saya bisa menemukan screenshot saya setelah mengambilnya?

  4. Jawabannya:

    • Secara default, screenshot akan disimpan di desktop Anda.
  5. Bisakah saya mengubah lokasi penyimpanan screenshot saya?

  6. Jawabannya:

    • Ya, Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan screenshot Anda dengan membuka aplikasi Terminal dan memasukkan perintah defaults write com.apple.screencapture location /path/ diikuti dengan direktori yang Anda inginkan sebagai lokasi penyimpanan.
  7. Bagaimana jika saya ingin mengambil screenshot dengan timer?

  8. Jawabannya:

    • Anda dapat mengambil screenshot dengan timer dengan menekan tombol Command + Shift + 5 dan memilih opsi Capture Screen atau Capture Selected Window. Di opsi ini, Anda dapat mengatur timer untuk mengambil screenshot setelah beberapa detik.

Dengan menggunakan MacBook, mengambil screenshot menjadi lebih mudah dan praktis. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat mengambil screenshot layar penuh atau bagian tertentu dari layar. Selamat mencoba!

Video Cara Screenshot Di Laptop Macbook

Visit Video