Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Linux Ubuntu

1. Pertama, pastikan laptop Anda sudah menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu.

2. Kemudian, buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.

3. Setelah itu, tekan tombol “Print Screen” pada keyboard laptop Anda.

4. Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol “Ctrl” + “Print Screen” untuk mengambil screenshot dari area tertentu pada layar.

5. Apabila Anda ingin mengambil screenshot dengan kualitas lebih baik, gunakan perintah “gnome-screenshot -i” pada terminal.

6. Setelah Anda mengambil screenshot, maka akan muncul notifikasi yang memberi tahu bahwa file screenshot telah disimpan.

7. Anda bisa membuka file tersebut melalui aplikasi “Image Viewer” yang sudah tersedia pada Linux Ubuntu.

8. Anda juga bisa mengedit screenshot tersebut dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti “GIMP”.

9. Apabila Anda ingin mengambil screenshot secara otomatis, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Shutter”.

10. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan screenshot Anda dengan nama yang jelas dan mudah diingat.

Cara Screenshot Di Laptop Linux Ubuntu

Cara screenshot di laptop Linux Ubuntu mudah! Tekan tombol Print Screen atau gunakan aplikasi Screenshot untuk mengambil gambar layar.

Menyimpan gambar layar (screenshot) di laptop Linux Ubuntu bisa menjadi hal yang sangat berguna. Namun, apakah Anda tahu cara melakukan screenshot di laptop tersebut? Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot di laptop Linux Ubuntu. Jadi, mari kita mulai!

Pertama-tama, ada beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop Linux Ubuntu. Ada metode yang melibatkan tombol keyboard, dan ada juga metode yang memerlukan aplikasi pihak ketiga. Namun, tidak perlu khawatir, karena kami akan membahas keduanya dalam artikel ini.

Jadi, apakah Anda siap untuk menguasai cara screenshot di laptop Linux Ubuntu? Mari kita bersama-sama mengeksplorasi cara-cara yang mudah dan efektif untuk menyimpan gambar layar di laptop Anda!

Pengenalan

Linux Ubuntu adalah salah satu sistem operasi open source yang paling populer digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah screenshot atau tangkapan layar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara untuk melakukan screenshot di laptop Linux Ubuntu.

Buka Aplikasi Screenshot

Langkah pertama adalah membuka aplikasi screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows pada keyboard, kemudian mengetik Screenshot pada pencarian aplikasi. Setelah itu, klik pada ikon aplikasi Screenshot.

Tentukan Jenis Screenshot

Selanjutnya, tentukan jenis screenshot yang ingin dilakukan. Ada tiga opsi: tangkapan layar seluruh layar, tangkapan layar area yang dipilih, dan tangkapan layar jendela yang aktif. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih Opsi Delay

Jika Anda ingin menunda screenshot beberapa detik setelah tombol ditekan, pilih opsi Delay. Setelah itu, pilih durasi penundaan yang diinginkan.

Tentukan Format Screenshot

Setelah itu, tentukan format screenshot yang diinginkan. Ada dua opsi: PNG dan JPEG. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih Lokasi Penyimpanan

Terakhir, tentukan lokasi penyimpanan untuk screenshot yang akan diambil. Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan screenshot tersebut.

Menekan Tombol Screenshot

Saat semua pengaturan telah dilakukan, tekan tombol Take Screenshot untuk melakukan screenshot pada laptop Linux Ubuntu Anda.

Mengedit Screenshot

Jika perlu, Anda dapat mengedit screenshot tersebut menggunakan aplikasi pengedit gambar seperti GIMP atau Inkscape sebelum menyimpannya ke dalam format yang diinginkan.

Menyimpan Screenshot

Setelah selesai diambil dan diedit, screenshot dapat disimpan ke dalam folder yang telah dipilih sebelumnya dengan menekan tombol Save pada jendela screenshot.

Menambahkan Screenshot ke Dokumen

Anda juga dapat menambahkan screenshot ke dalam dokumen seperti presentasi, artikel, atau catatan dengan menyalin dan menempelkan gambar tersebut ke dokumen.

Kesimpulan

Demikianlah cara untuk melakukan screenshot di laptop Linux Ubuntu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi ini. Terima kasih telah membaca!

Cara Screenshot Di Laptop Linux Ubuntu

Pertama, pastikan laptop Anda sudah menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu. Jika belum, silakan instal terlebih dahulu. Setelah itu, buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.

Kemudian, tekan tombol Print Screen pada keyboard laptop Anda. Dengan menekan tombol tersebut, maka akan langsung mengambil screenshot seluruh layar.

Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Print Screen untuk mengambil screenshot dari area tertentu pada layar. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl dan tahan sambil menekan tombol Print Screen. Kemudian pilih area yang ingin diambil screenshot dengan menyeret kursor mouse.

Apabila Anda ingin mengambil screenshot dengan kualitas lebih baik, gunakan perintah gnome-screenshot -i pada terminal. Perintah ini akan membuka jendela dialog yang memungkinkan Anda untuk memilih jenis screenshot yang ingin diambil seperti seluruh layar, area tertentu, atau bahkan screenshot jendela tertentu.

Setelah Anda mengambil screenshot, maka akan muncul notifikasi yang memberi tahu bahwa file screenshot telah disimpan. Anda bisa membuka file tersebut melalui aplikasi Image Viewer yang sudah tersedia pada Linux Ubuntu.

Anda juga bisa mengedit screenshot tersebut dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti GIMP. Aplikasi ini sangat berguna untuk memperbaiki atau menambahkan elemen lain pada screenshot Anda seperti teks atau label.

Apabila Anda ingin mengambil screenshot secara otomatis, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengatur beberapa opsi seperti menentukan waktu delay sebelum screenshot diambil atau memilih area tertentu untuk diambil screenshot.

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan screenshot Anda dengan nama yang jelas dan mudah diingat. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan screenshot tersebut di kemudian hari.

Cara Screenshot Di Laptop Linux Ubuntu sangatlah mudah dan praktis untuk dilakukan. Dalam tutorial ini, saya akan memberikan panduan lengkap mengenai cara screenshot di laptop Linux Ubuntu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, pastikan bahwa layar yang ingin Anda tangkap sudah muncul di layar laptop Anda.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya berada di bagian atas atau kanan keyboard.
  3. Setelah itu, buka aplikasi Screenshot yang terdapat pada sistem operasi Linux Ubuntu Anda.
  4. Pada menu Screenshot, Anda dapat memilih opsi Take a Screenshot untuk mengambil screenshot dari seluruh layar, atau Take a Screenshot of a Window untuk mengambil screenshot dari jendela aplikasi tertentu.
  5. Jika Anda memilih opsi Take a Screenshot of a Window, klik pada jendela aplikasi yang ingin Anda tangkap.
  6. Setelah itu, klik tombol Take Screenshot. Screenshot akan disimpan secara otomatis pada folder Pictures di dalam direktori home Anda.

Dengan menggunakan cara screenshot di laptop Linux Ubuntu ini, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil tangkapan layar dari laptop Anda. Selain itu, sistem operasi Linux Ubuntu juga memiliki banyak aplikasi lain yang dapat membantu Anda dalam melakukan tugas sehari-hari Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan mengexplore Linux Ubuntu lebih lanjut!

Terima kasih telah membaca artikel saya tentang cara screenshot di laptop Linux Ubuntu. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mengambil tangkapan layar di sistem operasi Linux yang Anda gunakan.

Semua metode yang telah saya jelaskan dalam artikel ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda dapat memilih salah satu metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah itu menggunakan tombol Print Screen, aplikasi Screenshot, atau bahkan melalui perintah Terminal.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan lokasi penyimpanan dari file screenshot yang Anda ambil. Anda juga dapat menyesuaikan format dan kualitas gambar yang dihasilkan melalui pengaturan aplikasi Screenshot.

Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel saya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Saya akan senang untuk membantu Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Orang-orang juga bertanya tentang Cara Screenshot Di Laptop Linux Ubuntu:

  1. Bagaimana cara mengambil tangkapan layar di Linux Ubuntu?
  2. Untuk mengambil tangkapan layar di Linux Ubuntu, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Tangkapan layar akan otomatis disimpan ke clipboard. Anda juga dapat menggunakan aplikasi screenshot bawaan Ubuntu atau aplikasi pihak ketiga seperti Shutter.

  3. Bisakah saya memilih area yang ingin saya tangkap?
  4. Tentu saja, Anda dapat memilih area yang ingin Anda tangkap dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Dengan Shutter, Anda dapat memilih area tertentu, jendela aplikasi atau seluruh layar untuk ditangkap.

  5. Bagaimana cara mengekspor tangkapan layar?
  6. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat mengekspornya ke berbagai format file seperti PNG, JPEG, atau BMP. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shutter atau menggunakan fitur bawaan Ubuntu.

  7. Apakah saya bisa menambahkan keterangan pada tangkapan layar?
  8. Tentu saja, Anda dapat menambahkan keterangan pada tangkapan layar menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Dengan Shutter, Anda dapat menambahkan teks, panah, dan bentuk lainnya untuk memberikan penjelasan pada tangkapan layar.

  9. Apakah ada opsi untuk mengambil tangkapan layar secara otomatis?
  10. Ya, Anda dapat mengatur tangkapan layar untuk diambil secara otomatis dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Dengan Shutter, Anda dapat mengatur tangkapan layar untuk diambil setiap beberapa detik atau menit.

Dalam kesimpulan, mengambil tangkapan layar di Linux Ubuntu sangat mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan tombol Print Screen pada keyboard, aplikasi screenshot bawaan Ubuntu, atau aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Dengan Shutter, Anda dapat memilih area tertentu, mengekspor tangkapan layar ke berbagai format file, menambahkan keterangan, dan bahkan mengatur tangkapan layar untuk diambil secara otomatis.

Video Cara Screenshot Di Laptop Linux Ubuntu

Visit Video