Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Lenovo Windows 11

1. Menggunakan Tombol Print Screen
Gambar layar dapat ditangkap dengan mudah dengan hanya menekan tombol “Print Screen” pada keyboard Lenovo Anda. Setelah menekan tombol itu, gambar layar akan disimpan pada clipboard dan bisa dipaste ke aplikasi edit foto.

2. Membuat Screenshot Area Tertentu
Jika Anda ingin menangkap area layar tertentu, buka aplikasi Paint atau aplikasi serupa lainnya kemudian tekan tombol “Ctrl + V”. Setelah gambar layar tampil, gunakan fitur “Crop” di Paint untuk memotong gambar sebelum menyimpannya.

3. Menggunakan Fitur Snipping Tool
Windows 11 sudah menyediakan fitur Snipping Tool yang lebih canggih untuk membuat screenshot. Anda bisa menemukannya dengan mudah dengan mencari “Snipping Tool” pada menu pencarian Windows.

4. Menggunakan Fitur Screenshot pada Touchpad
Beberapa laptop Lenovo memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat screenshot dengan menekan tombol tertentu pada touchpad. Anda bisa mencari tahu apakah laptop Lenovo Anda memiliki fitur ini atau tidak dalam panduan penggunaannya.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Tidak hanya fitur bawaan, aplikasi pihak ketiga juga tersedia untuk membuat screenshot. Beberapa aplikasi terbaik misalnya Lightshot, Greenshot atau ShareX.

6. Menggunakan Fitur Game Bar
Jika Anda suka bermain game, Windows 11 juga menyediakan fitur Game Bar yang bisa digunakan untuk membuat screenshot secara langsung saat sedang bermain game.

7. Menggunakan Shortcut Window + Print Screen
Anda juga bisa membuat screenshot layar penuh dengan menekan tombol “Windows + Print Screen”. Gambar layar akan tersimpan langsung dalam folder “Pictures”.

8. Menggunakan Aplikasi Microsoft Snip & Sketch
Microsoft Snip & Sketch adalah aplikasi resmi Microsoft untuk melakukan screenshot. Anda bisa menemukannya di Microsoft Store dan menggunakannya dengan mudah untuk membuat dan mengedit screenshot.

9. Menggunakan Keyboard Eksternal
Jika laptop Anda dilengkapi dengan keyboard eksternal, maka membuat screenshot bisa dilakukan dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboard eksternal tersebut.

10. Memanfaatkan Cloud Storage
Beberapa aplikasi cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox juga menyediakan fitur untuk membuat screenshot langsung dari aplikasinya. Anda bisa memanfaatkannya jika ingin langsung menyimpan screenshot ke dalam cloud storage tersebut.

Cara Screenshot Di Laptop Lenovo Windows 11

Cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11 bisa dilakukan dengan menekan tombol print screen atau menggunakan aplikasi bawaan Windows.

Apakah kamu pernah kesulitan ketika ingin mengambil screenshot di laptop Lenovo dengan sistem operasi Windows 11? Jangan khawatir, karena pada artikel ini akan dibahas cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11 yang mudah dan praktis. Dengan langkah-langkah yang simpel, kamu bisa mendapatkan screenshot layar laptopmu dengan cepat dan tanpa ribet. Yuk, simak panduan selengkapnya!

Pengenalan

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang digunakan oleh banyak pengguna laptop. Dalam sistem operasi ini, Anda dapat melakukan screenshot atau tangkapan layar dengan mudah dan cepat. Bagi pengguna laptop Lenovo, artikel ini akan membahas tentang cara melakukan screenshot di laptop Lenovo dengan Windows 11.

Cara Screenshot dengan Tombol Print Screen

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk melakukan screenshot di laptop Lenovo dengan Windows 11 adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Pastikan tampilan layar yang ingin diambil screenshot-nya sedang aktif.

Langkah 2

Tekan tombol Print Screen pada keyboard. Biasanya tombol ini terletak di sebelah kanan atas keyboard dengan tulisan PrtScn.

Langkah 3

Untuk menyimpan hasil screenshot, buka aplikasi Paint atau aplikasi pengolah gambar lainnya. Lalu, tekan tombol Ctrl + V untuk memasukkan hasil screenshot ke dalam aplikasi tersebut. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan gambar tersebut dengan cara klik File dan kemudian pilih Save As.

Cara Screenshot dengan Tombol Windows + Shift + S

Selain menggunakan tombol Print Screen, Anda juga dapat melakukan screenshot di laptop Lenovo dengan Windows 11 dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Pastikan tampilan layar yang ingin diambil screenshot-nya sedang aktif.

Langkah 2

Tekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard.

Langkah 3

Akan muncul pilihan untuk mengambil screenshot dengan bentuk yang berbeda, seperti rectangular, freeform, window, atau full screen. Pilih salah satu bentuk sesuai kebutuhan.

Langkah 4

Setelah memilih bentuk, geser kursor ke area yang ingin diambil screenshot-nya dan klik dan tahan tombol kiri mouse untuk menandai area tersebut.

Langkah 5

Setelah menandai area yang diinginkan, hasil screenshot akan langsung tersimpan di clipboard. Anda dapat membuka aplikasi pengolah gambar seperti Paint, tekan tombol Ctrl + V untuk memasukkan hasil screenshot ke dalam aplikasi tersebut. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan gambar tersebut dengan cara klik File dan kemudian pilih Save As.

Kesimpulan

Demikianlah cara melakukan screenshot di laptop Lenovo dengan Windows 11. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan menggunakan tombol Print Screen atau dengan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Pilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pengguna laptop Lenovo dengan Windows 11.

Cara Screenshot Di Laptop Lenovo Windows 11

Bagi pengguna laptop Lenovo dengan sistem operasi Windows 11, membuat screenshot layar tidaklah sulit. Ada banyak cara yang bisa dipilih, tergantung pada preferensi masing-masing. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat screenshot di laptop Lenovo Windows 11.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Salah satu cara termudah untuk membuat screenshot di laptop Lenovo adalah dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard. Setelah menekan tombol tersebut, gambar layar akan disimpan ke dalam clipboard dan bisa dipaste ke aplikasi edit foto seperti Paint atau Photoshop. Cara ini paling sering digunakan karena sangat mudah dan cepat dilakukan.

2. Membuat Screenshot Area Tertentu

Jika Anda ingin menangkap area layar tertentu, buka aplikasi Paint atau aplikasi serupa lainnya kemudian tekan tombol Ctrl + V. Setelah gambar layar tampil, gunakan fitur Crop di Paint untuk memotong gambar sebelum menyimpannya. Cara ini sangat berguna jika Anda hanya ingin menangkap sebagian dari layar.

3. Menggunakan Fitur Snipping Tool

Windows 11 sudah menyediakan fitur Snipping Tool yang lebih canggih untuk membuat screenshot. Anda bisa menemukannya dengan mudah dengan mencari Snipping Tool pada menu pencarian Windows. Snipping Tool memungkinkan pengguna untuk menangkap layar dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda, serta memberikan opsi untuk langsung menyimpan screenshot atau mengeditnya terlebih dahulu.

4. Menggunakan Fitur Screenshot pada Touchpad

Beberapa laptop Lenovo memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat screenshot dengan menekan tombol tertentu pada touchpad. Anda bisa mencari tahu apakah laptop Lenovo Anda memiliki fitur ini atau tidak dalam panduan penggunaannya. Cara ini sangat praktis jika Anda sedang menggunakan touchpad dan tidak ingin berganti ke keyboard.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat screenshot, ada beberapa aplikasi terbaik seperti Lightshot, Greenshot atau ShareX. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menangkap layar dengan berbagai fitur tambahan seperti anotasi atau penandaan.

6. Menggunakan Fitur Game Bar

Jika Anda suka bermain game, Windows 11 juga menyediakan fitur Game Bar yang bisa digunakan untuk membuat screenshot secara langsung saat sedang bermain game. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menangkap momen penting saat sedang bermain game.

7. Menggunakan Shortcut Window + Print Screen

Shortcut Windows + Print Screen bisa digunakan untuk membuat screenshot layar penuh secara langsung. Gambar layar akan tersimpan langsung dalam folder Pictures. Cara ini sangat efektif jika Anda ingin membuat screenshot dengan cepat dan tidak perlu membuka aplikasi khusus.

8. Menggunakan Aplikasi Microsoft Snip & Sketch

Microsoft Snip & Sketch adalah aplikasi resmi Microsoft untuk melakukan screenshot. Anda bisa menemukannya di Microsoft Store dan menggunakannya dengan mudah untuk membuat dan mengedit screenshot. Fitur Snip & Sketch memungkinkan pengguna untuk menangkap layar dengan berbagai bentuk dan ukuran, serta memberikan opsi untuk langsung menyimpan atau mengedit gambar sebelum disimpan.

9. Menggunakan Keyboard Eksternal

Jika laptop Anda dilengkapi dengan keyboard eksternal, maka membuat screenshot bisa dilakukan dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard eksternal tersebut. Cara ini sangat berguna jika Anda lebih nyaman menggunakan keyboard eksternal daripada keyboard laptop.

10. Memanfaatkan Cloud Storage

Beberapa aplikasi cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox juga menyediakan fitur untuk membuat screenshot langsung dari aplikasinya. Anda bisa memanfaatkannya jika ingin langsung menyimpan screenshot ke dalam cloud storage tersebut. Cara ini sangat berguna jika Anda ingin menyimpan screenshot di tempat yang aman dan mudah diakses dari berbagai perangkat.

Dari kesepuluh cara di atas, Anda bisa memilih cara mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Semua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada situasi dan preferensi pengguna. Dengan begitu, Anda bisa membuat screenshot dengan mudah dan cepat di laptop Lenovo Windows 11 Anda.

Assalamualaikum para pembaca yang budiman!

Cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11 memang bisa dibilang cukup mudah dan simpel, tetapi jika tidak tahu caranya pasti akan bingung dan kebingungan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan lengkap cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka layar yang ingin Anda screenshot.
  2. Selanjutnya, tekan tombol PrtScn atau Print Screen pada keyboard Anda.
  3. Jika hanya ingin mengambil screenshot layar yang aktif, gunakan tombol Alt + PrtScn.
  4. Setelah itu, buka aplikasi Paint atau aplikasi pengedit gambar lainnya.
  5. Pada aplikasi tersebut, tekan tombol Ctrl + V untuk melekatkan gambar yang telah discreenshot tadi.
  6. Jika sudah, simpan gambar tersebut dengan cara klik Save dan pilih lokasi penyimpanan gambar tersebut.

Nah, itulah cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11 yang sangat mudah dan simpel. Dengan mengetahui cara ini, Anda bisa dengan mudah mengambil screenshot setiap saat tanpa perlu bingung lagi.

Menurut pendapat saya, cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11 ini sangatlah berguna terutama bagi mereka yang sering bekerja dengan presentasi atau sekedar ingin mengabadikan momen-momen tertentu dalam bentuk gambar.

Terima kasih telah membaca panduan dari saya. Semoga bermanfaat!

Terima kasih sudah membaca artikel saya tentang cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11. Saya harap artikel ini dapat membantu pembaca dalam mengambil tangkapan layar dengan mudah dan cepat tanpa perlu menggunakan software tambahan atau aplikasi pihak ketiga. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, pengguna Lenovo Windows 11 dapat mengambil tangkapan layar dengan lebih efisien dan efektif.

Jangan lupa untuk terus mengikuti blog ini untuk mendapatkan tips dan trik terbaru seputar teknologi. Kami akan selalu memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca setia kami. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang ada.

Sekali lagi, terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan bisa digunakan sebagai referensi dalam mengambil tangkapan layar di laptop Lenovo Windows 11. Selamat mencoba!

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan orang tentang cara screenshot di laptop Lenovo Windows 11. Berikut ini adalah jawaban dan panduan mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut:

  1. Bagaimana cara melakukan screenshot di laptop Lenovo Windows 11?

    Anda dapat melakukan screenshot di laptop Lenovo Windows 11 dengan menekan tombol Windows + PrtScn. Screenshot akan disimpan secara otomatis pada folder Pictures di This PC.

  2. Apakah ada opsi lain untuk melakukan screenshot di laptop Lenovo Windows 11?

    Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi Snipping Tool atau Snip & Sketch yang sudah terpasang pada laptop Lenovo Windows 11. Anda juga dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Greenshot atau Lightshot jika Anda membutuhkan fitur screenshot yang lebih lengkap.

  3. Bisakah saya mengubah lokasi penyimpanan screenshot?

    Tentu saja. Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan screenshot dengan membuka aplikasi Settings, lalu pilih System dan Storage. Selanjutnya, klik Change where new content is saved dan atur lokasi penyimpanan yang diinginkan.

  4. Apakah saya bisa melakukan screenshot hanya pada bagian tertentu dari layar?

    Ya, Anda dapat menggunakan fitur Snipping Tool atau Snip & Sketch untuk melakukan screenshot pada bagian tertentu dari layar. Pilih opsi Rectangular Snip atau Free-form Snip untuk memilih area yang ingin di-screenshot.

  5. Bagaimana jika tombol PrtScn tidak berfungsi di laptop Lenovo Windows 11?

    Jika tombol PrtScn tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menekan tombol Fn + PrtScn atau Alt + PrtScn. Jika tetap tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang disebutkan sebelumnya.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat dengan mudah melakukan screenshot di laptop Lenovo Windows 11 sesuai dengan kebutuhan Anda.

Video Cara Screenshot Di Laptop Lenovo Windows 11

Visit Video