Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11

1. Menemukan tombol screenshot di keyboardmu
2. Menggunakan tombol tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan
3. Menggunakan tombol Windows dan tombol Shift serta tombol S
4. Menggunakan aplikasi Snipping Tool yang sudah terintegrasi di Windows 11
5. Menggunakan aplikasi Snip & Sketch baru di Windows 11
6. Menyesuaikan pengaturan pada aplikasi Snipping Tool dan Snip & Sketch
7. Menambahkan keyboard shortcuts untuk screenshot pada pengaturan Windows
8. Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, atau ShareX
9. Memilah jenis screenshot yang ingin kamu ambil, seperti full screen, window, atau custom
10. Menyimpan dan mengelola screenshot yang sudah kamu ambil pada folder yang diinginkan

Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11

Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11 mudah dilakukan. Gunakan tombol Print Screen atau Snipping Tool untuk mengambil tangkapan layar.

Apakah kamu tahu cara screenshot di laptop di Windows 11? Jika belum, jangan khawatir karena saya akan memberikan tips dan trik yang mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, kamu bisa menggunakan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Namun, jika kamu ingin mengambil screenshot pada bagian tertentu saja, kamu bisa menggunakan fitur Snip & Sketch yang telah disediakan oleh Windows 11. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasan selengkapnya!

Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft. Banyak pengguna yang merasa kesulitan dalam melakukan screenshot di laptop mereka. Namun, sebenarnya cara untuk melakukan screenshot di Windows 11 cukup mudah dan sederhana. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan screenshot di laptop Windows 11.

Menggunakan Keyboard

Salah satu cara termudah untuk melakukan screenshot di laptop Windows 11 adalah dengan menggunakan keyboard. Berikut adalah beberapa kombinasi tombol yang dapat digunakan:

Screenshot layar penuh

Untuk mengambil screenshot dari seluruh layar, tekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan. Gambar akan disimpan otomatis di folder gambar.

Screenshot aktif jendela

Untuk mengambil screenshot dari jendela aktif, tekan tombol Alt + Print Screen secara bersamaan. Gambar juga akan disimpan otomatis di folder gambar.

Menggunakan Fitur Snipping Tool

Selain menggunakan keyboard, Windows 11 juga menyediakan fitur Snipping Tool yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot. Berikut adalah cara menggunakan Snipping Tool:

Membuka Snipping Tool

Untuk membuka Snipping Tool, klik pada tombol Start dan ketik Snipping Tool pada kotak pencarian. Pilih aplikasi Snipping Tool dari hasil pencarian.

Memilih Jenis Screenshot

Snipping Tool menyediakan empat jenis screenshot yang dapat dipilih, yaitu Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, dan Full-screen Snip. Pilih jenis screenshot yang diinginkan dari menu drop-down.

Mengambil Screenshot

Pilih area yang ingin diambil screenshot dengan menggunakan kursor. Setelah memilih area yang diinginkan, gambar akan muncul di Snipping Tool. Klik pada tombol Save untuk menyimpan gambar.

Menggunakan Tombol Print Screen

Jika Anda tidak ingin menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen, Anda juga dapat menggunakan tombol Print Screen yang terletak di atas tombol Insert pada keyboard. Setelah menekan tombol Print Screen, buka aplikasi Paint dan tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan gambar yang telah diambil. Kemudian, simpan file gambar di folder yang diinginkan.

Kesimpulan

Melakukan screenshot di laptop Windows 11 sangatlah mudah dan sederhana. Anda dapat menggunakan keyboard atau fitur Snipping Tool yang disediakan oleh Windows 11. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot. Dengan mengetahui cara melakukan screenshot dengan benar, Anda dapat dengan mudah membagikan gambar yang diinginkan kepada orang lain.

Cara Screenshot di Laptop di Windows 11

Menemukan tombol screenshot di keyboardmu mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang. Namun, tidak semua orang tahu cara mengambil screenshot di laptop mereka, terutama dengan sistem operasi baru seperti Windows 11. Berikut adalah beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop Windows 11:

1. Menggunakan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan

Cara paling mudah dan cepat untuk mengambil screenshot di Windows 11 adalah dengan menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Setelah itu, screenshot akan tersimpan secara otomatis pada folder Pictures dengan nama Screenshot (1) dan seterusnya.

2. Menggunakan tombol Windows dan tombol Shift serta tombol S

Fitur baru di Windows 11 adalah kemampuan untuk mengambil screenshot kustom dengan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, kamu dapat memilih area layar yang ingin diambil screenshot-nya.

3. Menggunakan aplikasi Snipping Tool yang sudah terintegrasi di Windows 11

Snipping Tool juga masih ada di Windows 11 dan dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan lebih banyak pilihan seperti rectangular snip, window snip, free-form snip, dan full-screen snip. Kamu bisa mencarinya di menu Start atau dengan mengetikkan nama aplikasinya di kotak pencarian.

4. Menggunakan aplikasi Snip & Sketch baru di Windows 11

Snip & Sketch adalah aplikasi screenshot baru di Windows 11 yang menawarkan fitur yang lebih lengkap dan mudah digunakan. Kamu dapat mengambil screenshot dengan pilihan snip rectangular, free-form, window, dan full-screen. Selain itu, kamu juga dapat mengedit screenshotmu sebelum menyimpannya.

5. Menyesuaikan pengaturan pada aplikasi Snipping Tool dan Snip & Sketch

Kamu dapat menyesuaikan pengaturan pada aplikasi Snipping Tool dan Snip & Sketch, seperti menambahkan border atau menentukan tempat penyimpanan screenshot. Caranya adalah dengan membuka aplikasi tersebut dan memilih menu Options.

6. Menambahkan keyboard shortcuts untuk screenshot pada pengaturan Windows

Jika kamu ingin mengambil screenshot dengan cepat, kamu dapat menambahkan keyboard shortcuts pada pengaturan Windows. Caranya adalah dengan membuka Settings dan memilih Keyboard Shortcuts. Setelah itu, kamu dapat menambahkan shortcut untuk mengambil screenshot.

7. Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, atau ShareX

Jika kamu membutuhkan fitur yang lebih banyak lagi, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, atau ShareX. Aplikasi ini menawarkan fitur seperti anotasi, cropping, dan upload ke cloud storage.

8. Memilah jenis screenshot yang ingin kamu ambil, seperti full screen, window, atau custom

Sebelum mengambil screenshot, pastikan kamu memilih jenis screenshot yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu hanya ingin mengambil seluruh layar, pilihlah full screen. Jika kamu hanya ingin mengambil satu jendela, pilihlah window. Dan jika kamu ingin mengambil area tertentu, pilihlah custom.

9. Menyimpan dan mengelola screenshot yang sudah kamu ambil pada folder yang diinginkan

Setelah mengambil screenshot, pastikan kamu menyimpannya pada folder yang mudah diakses dan dikelola. Kamu juga dapat membuat folder khusus untuk menyimpan screenshotmu agar lebih terorganisir.

Dengan mengetahui cara screenshot di laptop Windows 11, kamu dapat dengan mudah mengambil screenshot untuk keperluanmu. Mulai dari dokumentasi tugas sekolah, hingga berbagi momen bersama teman-teman di media sosial.

Cerita tentang Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11

Dalam era digital seperti saat ini, screenshot atau tangkapan layar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Baik itu untuk menyimpan sebuah gambar atau dokumen, maupun untuk menjelaskan sebuah hal kepada orang lain.

Bagi pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 11, berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot:

  1. Tekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard
  2. Akan muncul tampilan baru di layar dengan pilihan untuk memilih jenis screenshot yang diinginkan (misalnya, full screen, rectangular, freeform)
  3. Pilih jenis screenshot yang diinginkan dan lakukan klik dan drag pada area yang ingin diambil screenshot-nya
  4. Setelah selesai, hasil screenshot akan muncul sebagai notifikasi di bagian kanan bawah layar
  5. Klik notifikasi tersebut untuk membuka hasil screenshot dan menyimpannya di folder yang diinginkan

Poin-Poin penting tentang Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11

Dalam menggunakan cara screenshot di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Cara ini hanya berlaku untuk pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 11
  • Tombol keyboard yang harus digunakan adalah Windows + Shift + S
  • Jenis screenshot yang bisa diambil meliputi full screen, rectangular, dan freeform
  • Setelah melakukan klik dan drag pada area yang ingin diambil screenshot-nya, hasilnya akan muncul sebagai notifikasi di bagian kanan bawah layar
  • Hasil screenshot bisa disimpan di folder yang diinginkan

Jadi, itulah cara screenshot di laptop dengan sistem operasi Windows 11. Dengan menggunakan cara ini, pengguna bisa dengan mudah melakukan screenshot kapan saja dan di mana saja yang dibutuhkan. Selamat mencoba!

Hai para pembaca setia blog kami! Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11 yang kami tulis. Kami berharap artikel ini dapat memberikan manfaat dan solusi bagi masalah yang sering dihadapi pengguna laptop.

Dalam artikel ini, kami telah membahas dua cara yang mudah dan sederhana untuk mengambil screenshot di laptop dengan menggunakan Windows 11. Pertama, dengan menggunakan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard, dan kedua, dengan menggunakan aplikasi Snip & Sketch yang telah disediakan oleh Windows 11.

Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Anda di blog kami. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar dan masukan Anda di kolom komentar. Kami akan sangat senang mendengar pendapat dari pembaca kami. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang membutuhkan informasi tentang cara screenshot di laptop dengan Windows 11.

Sekali lagi, terima kasih sudah membaca artikel kami. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam mengambil screenshot di laptop dengan Windows 11. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya!

Orang-orang juga bertanya tentang cara screenshot di laptop di Windows 11. Berikut ini adalah jawabannya:

  1. Bagaimana cara melakukan screenshot di Windows 11?

    Anda dapat melakukan screenshot di Windows 11 dengan menekan tombol Windows + Print Screen. Screenshot akan disimpan secara otomatis di folder Gambar di akun pengguna Anda.

  2. Apakah ada opsi lain untuk melakukan screenshot di Windows 11?

    Ya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Pemotret Layar yang sudah terpasang di Windows 11. Anda dapat membuka aplikasi tersebut dengan mengetikkan Pemotret Layar di menu pencarian.

  3. Bisakah saya mengambil screenshot hanya pada sebagian layar?

    Tentu saja. Anda dapat menggunakan tombol Windows + Shift + S untuk membuka alat potong layar bawaan Windows 11. Anda dapat memilih area layar yang ingin diambil screenshot-nya.

  4. Apakah saya dapat mengedit screenshot setelah diambil?

    Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi penyunting gambar seperti Paint atau Photoshop untuk mengedit screenshot Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan screenshot di laptop Anda yang menjalankan sistem operasi Windows 11.

Video Cara Screenshot Di Laptop Di Windows 11

Visit Video