Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Apple

1. Langkah pertama: Pastikan sistem operasi Anda sudah terbaru
2. Mulai pencarian dengan menekan tombol “Command + Space”
3. Ketik “Capture” di kolom pencarian
4. Pilih opsi “Capture Entire Screen” untuk menangkap seluruh layar
5. Gunakan opsi “Capture Selected Windows” untuk menangkap tampilan jendela yang dipilih saja
6. Gunakan opsi “Capture Selected Portion” untuk memilih bagian tertentu di layar yang ingin ditangkap
7. Atur pengaturan tampilan dengan mengklik “Options” di menu “Capture”
8. Tentukan di mana Anda ingin menyimpan tangkapan layar Anda dengan mengklik “Save To”
9. Gunakan tombol pintas seperti “Shift + Command + 3” untuk menangkap seluruh layar atau “Shift + Command + 4” untuk memilih bagian tertentu di layar
10. Ambil tangkapan layar Anda dan gunakan untuk memperbaiki masalah teknis atau hanya untuk berbagi dengan teman dan keluarga.

Cara Screenshot Di Laptop Apple

Cara screenshot di laptop apple sangat mudah dilakukan. Cukup tekan tombol cmd + shift + 3 atau 4 untuk mengambil gambar layar.

Bagaimana cara screenshot di laptop Apple? Pasti banyak yang penasaran dong! Tenang saja, kamu tidak perlu menjadi seorang ahli teknologi untuk melakukan hal ini. Dengan beberapa langkah yang mudah, kamu dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar dari apa pun yang ada di layar MacBook atau iMac-mu. Yuk, simak cara-cara nya berikut ini!

Pengenalan

Screenshot atau tangkapan layar adalah sebuah fitur yang sangat berguna ketika ingin menangkap gambar atau tampilan layar di laptop Apple. Cara membuat screenshot pada laptop Apple tidaklah sulit, dan pada artikel ini, kami akan membahas cara screenshot di laptop Apple dengan mudah dan cepat.

Cara Screenshot Layar Penuh

Cara pertama untuk membuat screenshot di laptop Apple adalah dengan menekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Ketika tombol-tombol tersebut ditekan, maka gambar screenshot akan secara otomatis tersimpan di desktop Anda.

Cara Screenshot Bagian Tertentu

Untuk membuat screenshot bagian tertentu di layar, tekan tombol Command + Shift + 4. Setelah itu, kursor pada layar akan berubah menjadi penunjuk dan Anda dapat menyeret kursor untuk menentukan area yang ingin ditangkap. Setelah selesai menentukan area, lepaskan tombol mouse dan gambar screenshot akan tersimpan di desktop Anda.

Cara Screenshot Menu Bar

Jika Anda hanya ingin membuat screenshot menu bar di laptop Apple, maka tekan tombol Command + Shift + 4, kemudian tekan spasi. Kursor akan berubah menjadi bentuk kamera dan Anda dapat mengklik pada menu bar yang ingin ditangkap. Gambar screenshot akan tersimpan di desktop Anda.

Cara Screenshot dengan Touch Bar

Jika laptop Apple Anda dilengkapi dengan Touch Bar, maka Anda dapat membuat screenshot Touch Bar dengan menekan tombol Command + Shift + 6 secara bersamaan. Gambar screenshot akan tersimpan di desktop Anda.

Cara Mengedit Screenshot

Setelah membuat screenshot, Anda dapat mengeditnya dengan menggunakan aplikasi bawaan di laptop Apple seperti Preview atau Photos. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat memotong, menambahkan teks, atau menandai gambar screenshot sesuai keinginan Anda.

Cara Membagikan Screenshot

Setelah mengedit screenshot, Anda dapat langsung membagikannya dengan cara mengklik tombol Share di aplikasi yang digunakan untuk mengedit screenshot. Anda juga dapat membagikan screenshot melalui email, iMessage, atau platform media sosial lainnya.

Cara Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin menghapus screenshot yang tidak diperlukan lagi, cukup klik pada gambar screenshot dan tekan tombol Delete pada keyboard Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat screenshot di laptop Apple. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menangkap gambar atau tampilan layar yang ingin Anda simpan atau bagikan dengan orang lain. Selamat mencoba!

Cara Screenshot Di Laptop Apple

Bagi pengguna laptop Apple, mengambil tangkapan layar (screenshot) merupakan hal yang sangat penting. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti memperbaiki masalah teknis atau sekadar berbagi informasi dengan teman dan keluarga. Berikut adalah langkah-langkah cara melakukan screenshot di laptop Apple:

Langkah pertama: Pastikan sistem operasi Anda sudah terbaru

Sebelum melakukan screenshot, pastikan bahwa sistem operasi pada laptop Anda sudah terbaru. Hal ini bertujuan agar fitur-fitur terbaru pada laptop bisa berfungsi dengan baik.

Mulai pencarian dengan menekan tombol Command + Space

Untuk memulai pencarian, tekan tombol Command + Space pada keyboard laptop Anda. Ini akan membuka aplikasi Spotlight.

Ketik Capture di kolom pencarian

Ketikkan kata kunci Capture di kolom pencarian Spotlight. Ini akan menampilkan beberapa opsi untuk mengambil tangkapan layar.

Pilih opsi Capture Entire Screen untuk menangkap seluruh layar

Jika Anda ingin menangkap seluruh layar, pilih opsi Capture Entire Screen. Ini akan mengambil screenshot dari seluruh tampilan layar laptop Anda.

Gunakan opsi Capture Selected Windows untuk menangkap tampilan jendela yang dipilih saja

Jika Anda hanya ingin menangkap tampilan jendela tertentu, pilih opsi Capture Selected Windows. Ini akan memungkinkan Anda memilih jendela mana yang ingin ditangkap.

Gunakan opsi Capture Selected Portion untuk memilih bagian tertentu di layar yang ingin ditangkap

Jika Anda hanya ingin menangkap bagian tertentu dari tampilan layar, pilih opsi Capture Selected Portion. Ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan area mana yang ingin ditangkap.

Atur pengaturan tampilan dengan mengklik Options di menu Capture

Jika Anda ingin mengatur pengaturan tampilan sebelum melakukan screenshot, klik opsi Options di menu Capture. Di sini, Anda bisa mengatur tampilan seperti warna dan resolusi.

Tentukan di mana Anda ingin menyimpan tangkapan layar Anda dengan mengklik Save To

Setelah mengambil tangkapan layar, tentukan di mana Anda ingin menyimpannya. Klik opsi Save To dan pilih folder atau lokasi di mana Anda ingin menyimpan tangkapan layar tersebut.

Gunakan tombol pintas seperti Shift + Command + 3 untuk menangkap seluruh layar atau Shift + Command + 4 untuk memilih bagian tertentu di layar

Anda juga bisa menggunakan tombol pintas pada keyboard untuk melakukan screenshot. Tekan Shift + Command + 3 untuk menangkap seluruh layar atau Shift + Command + 4 untuk memilih bagian tertentu di layar.

Ambil tangkapan layar Anda dan gunakan untuk memperbaiki masalah teknis atau hanya untuk berbagi dengan teman dan keluarga

Setelah mengambil screenshot, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Misalnya, memperbaiki masalah teknis pada laptop Anda atau sekadar berbagi informasi dengan teman dan keluarga. Tentunya, cara ini dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan laptop Apple milik Anda.

Cara Screenshot di Laptop Apple memang sangat mudah dilakukan, terlebih jika Anda sudah familiar dengan perangkat macOS. Namun, bagi Anda yang masih baru menggunakan laptop Apple, tidak perlu khawatir karena cara screenshot di laptop Apple sangatlah simpel.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop Apple:

  • Tekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Dengan begitu, maka akan otomatis tercipta screenshot dari seluruh layar pada laptop Apple Anda.
  • Anda juga dapat melakukan screenshot pada bagian tertentu saja dengan menekan tombol Command + Shift + 4. Kemudian, geser kursor mouse dan tentukan area yang ingin diambil screenshot-nya.
  • Jika Anda ingin mengambil screenshot pada jendela aplikasi tertentu saja, gunakan tombol Command + Shift + 4 lalu tekan spasi. Klik pada jendela aplikasi yang ingin diambil screenshot-nya.

Cara Screenshot di Laptop Apple memang terlihat sangat mudah. Namun, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda melakukan screenshot dengan lebih baik, yaitu:

  1. Gunakan aplikasi Preview untuk mengedit atau menyimpan screenshot yang sudah diambil.
  2. Jangan lupa untuk memeriksa apakah screenshot yang diambil sudah tersimpan dengan benar atau belum.
  3. Berlatihlah menggunakan cara-cara tersebut hingga Anda terbiasa dan bisa melakukan screenshot dengan lebih cepat.

Dengan cara yang simpel tersebut, Anda bisa mengambil screenshot pada laptop Apple dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Halo para pembaca setia, terima kasih telah mengunjungi blog kami dan membaca artikel tentang cara screenshot di laptop Apple. Kami berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang menggunakan laptop Apple.

Melalui artikel ini, Anda sudah belajar bahwa ada beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop Apple, mulai dari menggunakan tombol keyboard hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, kami juga memberikan tips dan trik untuk mengedit screenshot agar lebih menarik dan informatif.

Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya seputar teknologi. Kami akan selalu berusaha memberikan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca setia kami. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Orang-orang sering bertanya tentang cara screenshot di laptop Apple. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara melakukan screenshot di laptop Apple?

    Untuk melakukan screenshot di laptop Apple, Anda dapat menekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Hasil tangkapan layar akan otomatis disimpan di desktop Anda.

  2. Apakah ada cara lain untuk melakukan screenshot di laptop Apple?

    Ya, ada. Anda juga dapat menekan tombol Command + Shift + 4 dan kemudian menyeret kursor mouse untuk menentukan area layar yang ingin Anda tangkap.

  3. Bisakah saya menambahkan teks atau gambar ke dalam screenshot?

    Tentu saja. Setelah melakukan screenshot, Anda dapat membuka aplikasi Preview di laptop Apple dan menambahkan teks, garis, atau gambar lain ke dalam tangkapan layar Anda.

  4. Bagaimana jika saya ingin mengambil screenshot dari jendela tertentu saja?

    Cara termudah adalah dengan menekan tombol Command + Shift + 4 dan kemudian menekan spasi pada keyboard Anda. Ini akan mengubah kursor mouse menjadi ikon kamera dan memungkinkan Anda untuk memilih jendela tertentu yang ingin Anda tangkap.

  5. Apakah saya bisa mengambil screenshot ketika sedang membuka video atau presentasi?

    Tentu saja. Namun, jika Anda ingin mengambil screenshot dari video atau presentasi yang sedang diputar, pastikan untuk menekan tombol Pause terlebih dahulu agar tangkapan layar tidak menjadi buram atau kabur.

Demikianlah beberapa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum tentang cara screenshot di laptop Apple. Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan mengeksplorasi fitur-fitur lainnya pada laptop Apple Anda!

Video Cara Screenshot Di Laptop Apple

Visit Video