Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

1. Perkenalkan Diri dengan Baik di Awal Surat
2. Tulis Itu Seperti Surat Resmi
3. Pilih Format yang Tepat untuk Surat Lamaran Kerja
4. Gunakan Bahasa yang Formal dan Jelas
5. Sertakan Lampiran Penting, Seperti CV dan Fotokopi Ijazah
6. Jangan Menghindari Kriteria Penerimaan Pekerjaan yang Ditentukan
7. Jelaskan Pengalaman dan Keahlian yang Anda Miliki
8. Berikan Alasan Mengapa Anda Cocok Dalam Pekerjaan yang Ditawarkan
9. Gunakan Alamat Email yang Professional
10. Cermati Tanda Baca dan Tata Bahasa dalam Surat Lamaran Kerja

Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja via email? Simak panduan lengkapnya di sini. Jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impianmu!

Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email adalah salah satu hal yang perlu dikuasai oleh setiap pencari kerja di era digital seperti sekarang ini. Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, kemampuan untuk menulis email yang baik dan benar dapat menjadi nilai tambah yang sangat berharga. Oleh karena itu, jangan sampai terlewatkan informasi penting tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja via email yang efektif dan menarik perhatian perekrut kerja.

Bagaimana caranya agar email lamaran kerja Anda tidak terabaikan oleh perekrut? Gunakan kata penghubung yang tepat untuk menyampaikan pesan secara jelas dan mudah dipahami. Selain itu, pastikan bahwa isi email Anda memiliki nada yang sopan dan profesional. Jangan lupa untuk melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya agar pihak perusahaan dapat mengetahui secara lebih lengkap tentang profil Anda. Yuk, simak tata cara membuat surat lamaran kerja via email yang benar dan efektif!

Pendahuluan

Berkaitan dengan perkembangan teknologi, saat ini hampir semua hal bisa dilakukan secara digital. Termasuk dalam hal melamar pekerjaan. Melamar pekerjaan tidak lagi harus disertai dengan surat lamaran yang dikirim melalui pos, melainkan juga bisa melalui email. Namun, dalam membuat surat lamaran kerja via email, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal agar surat lamaran Anda tetap terlihat profesional dan menarik perhatian pihak HRD.

Langkah Pertama: Menyiapkan Berkas

Sebelum mulai membuat surat lamaran kerja via email, pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Berkas-berkas tersebut antara lain:

  • CV atau daftar riwayat hidup
  • Foto terbaru
  • Scan ijazah, sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya

Pastikan berkas-berkas tersebut sudah terkumpul dan disimpan dalam format file yang mudah dibuka oleh pihak HRD.

Langkah Kedua: Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah berkas-berkas sudah disiapkan, saatnya membuat surat lamaran kerja. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja via email antara lain:

  • Gunakan bahasa yang formal dan jelas
  • Sertakan informasi tentang lowongan pekerjaan yang Anda lamar
  • Sertakan informasi tentang diri Anda, termasuk pengalaman kerja dan pendidikan
  • Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut
  • Akhiri surat dengan kalimat penutup yang sopan

Pastikan surat lamaran kerja yang Anda buat terlihat profesional dan menarik perhatian pihak HRD.

Langkah Ketiga: Mengirim Email

Setelah surat lamaran kerja sudah jadi, kini saatnya mengirim email. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengirim email antara lain:

  • Pastikan subjek email Anda jelas dan singkat
  • Jangan lupa menyertakan surat lamaran kerja, CV, dan berkas pendukung lainnya dalam bentuk lampiran
  • Sertakan kalimat pengantar yang sopan dan jelas
  • Periksa kembali email Anda sebelum mengirim, pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau file yang terlewatkan

Pastikan email yang Anda kirim terlihat profesional dan menarik perhatian pihak HRD.

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja via email memang terlihat mudah, namun tetap harus diperhatikan agar terlihat profesional dan menarik perhatian pihak HRD. Pastikan bahwa berkas-berkas yang dibutuhkan sudah disiapkan dengan baik, surat lamaran kerja yang dibuat terlihat formal dan jelas, serta email yang dikirim terlihat sopan dan singkat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan dan ingin melamar secara digital.

Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Jika Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin melamar via email, maka perlu memperhatikan beberapa hal agar surat lamaran kerja Anda terlihat profesional dan menarik perhatian perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja via email:

Perkenalkan Diri dengan Baik di Awal Surat

Awali surat lamaran kerja Anda dengan memperkenalkan diri dengan baik. Sebutkan nama lengkap, pendidikan terakhir, serta pengalaman kerja yang dimiliki. Hal ini akan memberikan kesan pertama yang baik bagi pihak perusahaan.

Tulis Itu Seperti Surat Resmi

Surat lamaran kerja via email sebaiknya ditulis seperti surat resmi. Gunakan format surat yang benar, seperti alamat pengirim dan penerima, tanggal, subjek, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan. Dengan demikian, surat lamaran kerja Anda akan terlihat lebih serius dan profesional.

Pilih Format yang Tepat untuk Surat Lamaran Kerja

Jangan lupa untuk memilih format yang tepat untuk surat lamaran kerja. Ada beberapa format yang umum digunakan, seperti PDF atau Microsoft Word. Pastikan format yang Anda gunakan mudah dibuka dan tidak terlalu besar ukurannya.

Gunakan Bahasa yang Formal dan Jelas

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja via email harus formal dan jelas. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu informal atau slang. Pastikan kalimat yang Anda gunakan mudah dipahami dan tidak ambigu.

Sertakan Lampiran Penting, Seperti CV dan Fotokopi Ijazah

Jangan lupa untuk menyertakan lampiran penting, seperti CV dan fotokopi ijazah. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kualifikasi dan pengalaman Anda kepada pihak perusahaan.

Jangan Menghindari Kriteria Penerimaan Pekerjaan yang Ditentukan

Perhatikan kriteria penerimaan pekerjaan yang ditentukan oleh pihak perusahaan. Jangan menghindarinya atau mengabaikannya. Pastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan yang diminta.

Jelaskan Pengalaman dan Keahlian yang Anda Miliki

Jelaskan pengalaman dan keahlian yang Anda miliki dengan jelas dan terperinci. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan dalam mengevaluasi kualifikasi Anda sebagai calon karyawan.

Berikan Alasan Mengapa Anda Cocok Dalam Pekerjaan yang Ditawarkan

Berikan alasan mengapa Anda cocok dalam pekerjaan yang ditawarkan. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana pengalaman serta keahlian yang Anda miliki dapat membantu pihak perusahaan mencapai tujuannya.

Gunakan Alamat Email yang Professional

Gunakan alamat email yang professional dalam mengirim surat lamaran kerja via email. Hindari menggunakan alamat email yang terlalu informal atau lucu. Gunakan alamat email dengan nama lengkap atau kombinasi nama dan inisial.

Cermati Tanda Baca dan Tata Bahasa dalam Surat Lamaran Kerja

Sebelum mengirim surat lamaran kerja via email, pastikan untuk mengecek tanda baca dan tata bahasa yang digunakan. Hindari kesalahan tata bahasa atau penulisan yang salah karena hal ini dapat memberikan kesan yang buruk pada pihak perusahaan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, diharapkan surat lamaran kerja via email yang Anda kirimkan dapat terlihat lebih profesional dan menarik perhatian pihak perusahaan.

Assalamualaikum teman-teman sekalian!

Hari ini saya ingin bercerita tentang tata cara membuat surat lamaran kerja via email dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu surat lamaran kerja via email.

Surat lamaran kerja via email adalah surat yang dikirimkan melalui email sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan. Surat ini memiliki fungsi yang sama dengan surat lamaran kerja biasa yang dikirimkan melalui pos, namun lebih praktis dan efektif karena bisa langsung sampai ke alamat email penerima.

Berikut ini adalah tata cara membuat surat lamaran kerja via email:

  1. Buat email baru dengan alamat yang profesional, misalnya namakamu@gmail.com atau namakamu@yahoo.com
  2. Pastikan subjek email kamu jelas dan singkat, seperti Lamaran Pekerjaan – Nama Kamu
  3. Tulis salam pembuka dengan sopan, seperti Salam Sejahtera atau Assalamualaikum
  4. Sebutkan tujuan kamu dalam surat lamaran kerja tersebut
  5. Jelaskan mengapa kamu cocok untuk posisi yang kamu lamar
  6. Sertakan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja kamu yang relevan
  7. Tutup surat dengan kalimat yang sopan, seperti Terima kasih atas perhatiannya atau Salam Hormat
  8. Lampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya, seperti sertifikat atau surat referensi
  9. Kirim email dan tunggu balasan dari perusahaan

Tidak sulit bukan? Namun, perlu diingat bahwa dalam membuat surat lamaran kerja via email, kamu harus tetap menggunakan bahasa yang sopan dan profesional. Hindari penggunaan bahasa yang informal atau tidak pantas.

Itulah tata cara membuat surat lamaran kerja via email yang benar dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

Terima kasih sudah membaca!

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang tata cara membuat surat lamaran kerja via email. Kami berharap informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menyiapkan surat lamaran kerja yang baik dan profesional.

Penting untuk diingat bahwa surat lamaran kerja adalah salah satu hal terpenting dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat surat lamaran kerja yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar dan sesuai dengan perusahaan yang akan Anda lamar.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kembali surat lamaran kerja Anda sebelum mengirimnya melalui email. Pastikan tidak ada kesalahan ketik atau tata bahasa yang salah. Jika perlu, mintalah bantuan dari teman atau anggota keluarga untuk memeriksa surat lamaran kerja Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan sukses dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami yang lainnya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang tata cara membuat surat lamaran kerja via email:

  1. Bagaimana cara menulis subjek email untuk surat lamaran kerja?
  2. Anda sebaiknya menulis subjek yang jelas dan singkat, misalnya Lamaran Kerja – [nama posisi yang dilamar]. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan dalam mengelola email masuk mereka.

  3. Bagaimana cara menulis isi email untuk surat lamaran kerja?
  4. Anda harus memperhatikan beberapa hal, antara lain:

    • Buatlah paragraf pembuka yang menarik perhatian, misalnya dengan menyebutkan alasan Anda tertarik pada perusahaan tersebut.
    • Jelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi yang dilamar, dengan menunjukkan keahlian dan pengalaman yang relevan.
    • Sertakan informasi kontak seperti nomor telepon dan alamat email, sehingga perusahaan bisa mudah menghubungi Anda.
    • Sampai-sampai dengan kalimat penutup yang sopan, misalnya dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.
  5. Apakah lampiran harus disertakan dalam email?
  6. Ya, lampiran berupa CV atau resume sebaiknya disertakan dalam email. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar dan formatnya mudah dibuka, seperti PDF atau Word.

  7. Kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email surat lamaran kerja?
  8. Usahakan mengirimkan email pada hari dan jam kerja perusahaan, sehingga email Anda tidak terlewatkan dan langsung diperhatikan oleh pihak HRD atau pengelola rekrutmen.

  9. Apakah ada tips khusus untuk membuat surat lamaran kerja via email yang sukses?
  10. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda:

    • Buatlah email yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
    • Jangan menyalin-paste isi surat lamaran kerja Anda dari template yang sudah ada, karena hal ini akan membuat email Anda terlihat tidak personal.
    • Sesuaikan gaya penulisan dengan budaya perusahaan yang dilamar. Jika perusahaan tersebut memiliki budaya yang santai, maka Anda bisa menggunakan bahasa yang lebih informal.
    • Jangan lupa untuk mengecek kembali email Anda sebelum mengirimkannya, untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau penulisan.

Dengan mengikuti tata cara di atas, semoga Anda dapat membuat surat lamaran kerja via email yang sukses dan mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Selamat mencoba!

Video Tata Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Visit Video