Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Alat Anti Jeglek Untuk Las Listrik

1. Mengapa Penting Membuat Alat Anti Jeglek Untuk Las Listrik?
Las listrik adalah salah satu peralatan yang digunakan secara luas di berbagai industri dan pekerjaan konstruksi. Namun, kegiatan pengelasan dengan menggunakan mesin las listrik bisa menjadi berbahaya jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Bahkan, seringkali terjadi kejadian musibah tertentu akibat radiasi atau tegangan listrik yang tinggi pada saat pengelasan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna mesin las listrik untuk membuat alat anti-jeglek sebagai bentuk perlindungan diri.

2. Apa Itu Alat Anti Jeglek Untuk Las Listrik?
Alat anti-jeglek adalah perangkat keselamatan yang digunakan untuk menghindari kebocoran arus listrik dari mesin las. Alat ini dapat menghambat aliran arus listrik yang berbahaya jika terjadi lonjakan atau korsleting. Dalam pembuatannya, alat ini terdiri dari beberapa komponen antara lain kupluk, kawat tembaga, dan soket listrik.

3. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan
Untuk membuat alat anti-jeglek ini, kita membutuhkan beberapa bahan dan peralatan. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain:
– Papan kayu atau plastik sebagai dasar alat
– Kupluk atau topi besi untuk melindungi kepala dari sinar radiasi
– Kawat tembaga atau kabel listrik sebagai sumber daya listrik
– Soket listrik yang terletak pada satu sisi papan
– Switch untuk menyalakan dan mematikan soket listrik
– LCD display untuk menampilkan tegangan

4. Langkah Pertama Membuat Alat Anti Jeglek
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merancang bentuk alat dan memilih bahan yang akan digunakan untuk membuat dasar alat. Saat memilih bahan, gunakan bahan yang kuat dan tahan terhadap panas dan sinar radiasi. Kemudian, atur posisi soket dan switch pada papan kayu.

5. Melindungi Kepala dengan Kupluk
Alat anti-jeglek yang dibuat harus mampu melindungi pengguna dari sinar radiasi yang keluar dari mesin las. Kupluk sebagai penutup kepala dapat digunakan untuk melindungi kepala dari sinar radiasi. Kupluk ini harus terbuat dari bahan yang tahan panas dan tidak menghambat pandangan pengguna.

6. Menyambung Soket dengan Kabel Listrik
Setelah membuat dasar alat dan menentukan posisi soket dan switch, langkah selanjutnya adalah menyambung soket dengan kabel listrik. Pastikan bahwa koneksi kabel listrik tidak longgar dan terpasang dengan kuat pada soket. Untuk menambatkan kabel listrik pada soket bisa menggunakan solder atau lem.

7. Menambahkan Filter pada Kawat Tembaga
Salah satu bagian penting dari alat anti-jeglek adalah kawat tembaga. Kawat tembaga ini berfungsi untuk menghambat aliran arus listrik yang berbahaya. Agar kawat tembaga dapat bekerja lebih maksimal, kita bisa menambahkan filter pada kawat tembaga untuk meningkatkan kinerjanya.

8. Merangkai Komponen pada Papan Dasar
Langkah selanjutnya adalah merangkai komponen pada papan dasar. Kita bisa menggunakan super glue atau sekrup untuk menempelkan dan mengencangkan semua komponen. Pastikan bahwa posisi semua komponen sudah sesuai dengan desain yang diinginkan dan menempel dengan kuat pada papan dasar.

9. Menambahkan LCD Display
Langkah terakhir adalah menambahkan LCD display pada alat anti-jeglek itu sendiri. LCD display ini berfungsi untuk menampilkan tegangan listrik yang keluar dari kabel las. Jangan lupa untuk periksa koneksi kabel dan pastikan bahwa tampilan pada LCD display dapat dibaca dengan jelas.

10. Cara Menggunakan Alat Anti Jeglek
Setelah selesai membuat alat anti-jeglek, juga harus tahu cara menggunakannya. Yaitu, letakkan alat pada kepala pengguna seperti kupluk, dan soket listrik disambungkan ke mesin las. Kemudian nyalakan switch pada soket listrik. Dalam penggunaannya, pastikan bahwa kawat tembaga selalu dalam keadaan terjaga dan tidak konslet karena hal tersebut akan sangat berbahaya.

Membuat Alat Anti Jeglek Untuk Las Listrik

Membuat alat anti jeglek untuk las listrik agar lebih aman dan nyaman saat bekerja. Simak tutorialnya di sini!

#laslistrik #alatantijeglek

Siapa yang tidak ingin membuat pekerjaan las listrik menjadi lebih mudah dan aman? Mungkin Anda pernah mengalami rasa tidak nyaman saat menggunakan alat las karena kepulan asap dan bau asam yang dihasilkan. Jangan khawatir, karena kini ada solusinya! Dalam artikel ini, saya akan membagikan cara membuat alat anti jeglek untuk las listrik yang dapat membantu Anda melindungi diri dari bahaya asap las dan membersihkan udara di sekitar tempat kerja. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat merasakan kenyamanan dan keamanan saat bekerja dengan las listrik. Yuk, simak selengkapnya!

Pendahuluan

Las listrik merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengelas berbagai jenis logam. Namun, penggunaan las listrik dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan pekerja, terutama ketika terjadi jeglek. Jeglek adalah percikan api atau cipratan logam cair yang terlepas dari sambungan las. Oleh karena itu, dibutuhkan alat anti jeglek untuk melindungi pekerja dari bahaya tersebut.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Untuk membuat alat anti jeglek ini, kita membutuhkan beberapa bahan dan alat yaitu:

  • Plastik keras
  • Kawat besi
  • Lem tembak
  • Isolasi listrik
  • Alat pemotong
  • Alat ukur (penggaris, meteran)
  • Alat pengebor (bisa menggunakan bor tangan atau bor mesin)

Membuat Dasar Alat Anti Jeglek

Langkah awal dalam membuat alat anti jeglek adalah membuat dasarnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memotong plastik keras sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, buat lubang di tengah dasar tersebut menggunakan alat pengebor. Lubang ini akan digunakan untuk meletakkan kawat besi.

Menyambungkan Isolasi Listrik

Selanjutnya, ambil isolasi listrik dan gunting menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian, tempelkan isolasi tersebut di sekeliling lubang pada dasar alat yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan lem tembak. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kontak langsung antara kawat besi dan dasar alat yang bisa menyebabkan short circuit.

Menyisipkan Kawat Besi

Setelah itu, potong kawat besi sepanjang 20 cm dan lipat menjadi setengah. Masukkan kawat besi ke dalam lubang yang telah dibuat pada dasar alat. Pastikan kawat besi terletak di tengah lubang dan tidak menyentuh isolasi listrik.

Membuat Penyangga Tangan

Agar alat anti jeglek lebih mudah digunakan, kita perlu membuat penyangga tangan. Caranya adalah dengan memotong plastik keras menjadi bentuk segitiga dengan ukuran 10x10x10 cm. Lubangi bagian atas penyangga tangan untuk meletakkan kawat besi.

Menyambungkan Isolasi Listrik pada Penyangga Tangan

Sama seperti pada dasar alat, tempelkan isolasi listrik di sekitar lubang pada penyangga tangan menggunakan lem tembak. Ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari bahaya listrik.

Menyisipkan Kawat Besi pada Penyangga Tangan

Selanjutnya, masukkan kawat besi ke dalam lubang pada penyangga tangan. Pastikan kawat besi terletak di tengah lubang dan tidak menyentuh isolasi listrik.

Menghubungkan Dasar Alat dengan Penyangga Tangan

Terakhir, hubungkan dasar alat dengan penyangga tangan menggunakan kawat besi. Pastikan kedua bagian terhubung dengan kuat dan kawat besi tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Penutup

Dengan membuat alat anti jeglek ini, pekerja yang menggunakan las listrik bisa terhindar dari bahaya jeglek. Alat ini juga mudah dibuat dengan menggunakan bahan dan alat yang sederhana, sehingga bisa dibuat sendiri di rumah atau di tempat kerja. Tetaplah berhati-hati saat menggunakan las listrik dan selalu gunakan alat pelindung diri yang sesuai.

Membuat alat anti-jeglek untuk las listrik sangat penting karena dapat melindungi pengguna dari bahaya radiasi atau tegangan listrik yang tinggi saat melakukan pengelasan. Alat ini terdiri dari beberapa komponen seperti kupluk, kawat tembaga, soket listrik, switch, dan LCD display. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain papan kayu atau plastik sebagai dasar alat, kupluk atau topi besi untuk melindungi kepala dari sinar radiasi, kawat tembaga atau kabel listrik sebagai sumber daya listrik, soket listrik yang terletak pada satu sisi papan, switch untuk menyalakan dan mematikan soket listrik, dan LCD display untuk menampilkan tegangan. Langkah pertama adalah merancang bentuk alat dan memilih bahan yang kuat dan tahan terhadap panas dan sinar radiasi. Selanjutnya, pasang kupluk untuk melindungi kepala, sambungkan soket dengan kabel listrik, tambahkan filter pada kawat tembaga, merangkai semua komponen pada papan dasar dan tambahkan LCD display. Terakhir, pastikan bahwa kawat tembaga selalu dalam keadaan terjaga saat menggunakan alat ini. Dengan menggunakan alat anti-jeglek, pengguna mesin las listrik dapat menghindari kebocoran arus listrik yang berbahaya dan melakukan pengelasan dengan lebih aman.

Saat sedang melakukan pekerjaan las listrik, seringkali kita merasa kesulitan dan terganggu dengan adanya jeglek yang muncul pada saat pengelasan. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membuat alat anti jeglek untuk membantu memudahkan pekerjaan pengelasan saya.

Dalam membuat alat anti jeglek untuk las listrik ini, saya menggunakan beberapa bahan dan alat yang diperlukan seperti:

  1. Plat tembaga seukuran 10×10 cm
  2. Kawat tembaga sepanjang 5 meter
  3. Baterai 9 volt
  4. Konektor baterai
  5. Saklar on/off
  6. Isolasi kabel
  7. Obeng
  8. Pisau cukur

Langkah-langkah dalam membuat alat anti jeglek untuk las listrik ini adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan plat tembaga dengan pisau cukur hingga permukaannya benar-benar bersih dari kotoran atau karat.
  2. Kemudian, potong kawat tembaga menjadi dua bagian sepanjang 2,5 meter dan bersihkan ujung-ujungnya dengan obeng.
  3. Sambungkan satu ujung kawat tembaga ke konektor baterai dan satu lagi ujungnya ke saklar on/off.
  4. Letakkan plat tembaga di atas meja dan tempelkan kawat tembaga yang terhubung dengan saklar on/off pada salah satu sisinya. Pastikan kawat tembaga tidak melintang pada plat tembaga.
  5. Ulangi langkah ke-4 untuk kawat tembaga yang terhubung dengan baterai dan konektor baterai pada sisi lain dari plat tembaga. Pastikan jarak antara kedua kawat tembaga tidak terlalu dekat.
  6. Kemudian, pasang isolasi kabel pada kedua kawat tembaga sehingga bagian dalam kawat tidak terkena permukaan plat tembaga.
  7. Akhirnya, pasang baterai pada konektor baterai dan alat anti jeglek untuk las listrik sudah siap digunakan.

Dengan adanya alat anti jeglek untuk las listrik ini, saya merasa pekerjaan pengelasan menjadi lebih mudah dan nyaman. Alat ini juga dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan akibat jeglek saat melakukan pengelasan.

Selamat datang para pembaca setia blog ini! Pada kesempatan kali ini, kita telah membahas tentang Membuat Alat Anti Jeglek Untuk Las Listrik. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang bermanfaat bagi Anda yang sedang mencoba untuk menghindari jeglek saat melakukan las listrik.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat alat anti jeglek yang sederhana dan mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan, Anda dapat dengan mudah membuat alat anti jeglek sendiri dan menghindari kecelakaan ketika melakukan las listrik.

Terakhir, kami ingin mengingatkan Anda untuk selalu berhati-hati saat melakukan las listrik. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup dan memakai perlengkapan keselamatan yang tepat saat melakukan tugas tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa peralatan sebelum digunakan dan mematikan aliran listrik saat tidak digunakan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

People also ask tentang membuat alat anti jeglek untuk las listrik dan berikut ini jawabannya:

  1. Apa itu alat anti jeglek untuk las listrik?
  2. Alat anti jeglek untuk las listrik adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kejutan listrik yang timbul saat menggunakan mesin las listrik. Alat tersebut biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti resistor, kapasitor, dan induktor.

  3. Bagaimana cara membuat alat anti jeglek untuk las listrik sendiri?
  4. Cara membuat alat anti jeglek untuk las listrik sendiri cukup mudah. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan seperti resistor, kapasitor, dan induktor. Kemudian, rangkailah bahan-bahan tersebut sesuai dengan diagram yang sudah disediakan. Setelah itu, pasang alat tersebut pada mesin las listrik yang ingin digunakan.

  5. Apakah alat anti jeglek untuk las listrik aman digunakan?
  6. Alat anti jeglek untuk las listrik aman digunakan asalkan dipasang dengan benar dan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Jangan mencoba untuk memodifikasi atau merusak alat tersebut karena bisa mengakibatkan kecelakaan dan bahkan kematian.

  7. Berapa biaya untuk membuat alat anti jeglek untuk las listrik?
  8. Biaya untuk membuat alat anti jeglek untuk las listrik bervariasi tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dan kompleksitas alat tersebut. Namun, secara umum biaya untuk membuat alat anti jeglek tersebut tidak terlalu mahal dan bisa dijangkau oleh kebanyakan orang.

  9. Apakah alat anti jeglek untuk las listrik bisa digunakan untuk semua jenis mesin las?
  10. Alat anti jeglek untuk las listrik sebenarnya bisa digunakan untuk semua jenis mesin las. Namun, perlu diketahui bahwa setiap jenis mesin las memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga perlu disesuaikan dengan alat anti jeglek yang tepat.

Video Membuat Alat Anti Jeglek Untuk Las Listrik

Visit Video