Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Chromebook

1. Kenapa Screenshot Penting?

Sebagai seorang pengguna komputer, mungkin kamu sering membutuhkan screenshot sebagai bukti atau referensi. Mengambil screenshot juga bisa membantu kamu menjelaskan sesuatu dengan lebih mudah, seperti saat sedang memberi tutorial atau sedang melakukan troubleshooting.

2. Apa itu Chromebook?

Chromebook adalah sebuah laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS, yang dikeluarkan oleh Google. Laptop ini dirancang khusus untuk penggunaan browsing dan penggunaan aplikasi online.

3. Apa Bedanya Screenshot di Chromebook dengan Laptop Lain?

Meskipun tampilan antarmuka pada Chromebook hampir sama dengan laptop lain, namun cara melakukan screenshot bisa berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan sistem operasi yang digunakan.

4. Cara Screenshot pada Chromebook

Ada beberapa cara untuk melakukan screenshot di Chromebook. Yang pertama adalah dengan menekan tombol Ctrl + Window Switcher secara bersamaan. Window Switcher adalah tombol yang digunakan untuk mengubah tampilan aplikasi dan jendela.

5. Cara Screenshot dengan Tombol Power

Kamu juga bisa menggunakan tombol Power pada Chromebook untuk mengambil screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol Power dan sekaligus tombol Volume Up atau Volume Down.

6. Cara Screenshot dengan Ekstensi

Chromebook juga memiliki ekstensi yang bisa membantu kamu dalam mengambil screenshot. Salah satu ekstensi terbaik adalah Lightshot, yang bisa diunduh melalui Chrome Web Store.

7. Cara Screenshot dengan Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu mengambil screenshot di Chromebook. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Nimbus Screenshot, yang bisa diunduh gratis melalui Chrome Web Store.

8. Cara Mengedit Screenshot di Chromebook

Setelah mengambil screenshot, kamu juga bisa mengeditnya langsung di Chromebook. Kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan seperti Foto atau Editor Gambar, atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Pixlr Editor atau GIMP.

9. Cara Menggunakan Google Assistant untuk Screenshot

Tidak hanya dengan tombol atau aplikasi, kamu juga bisa menggunakan Google Assistant untuk mengambil screenshot di Chromebook. Caranya adalah dengan mengucapkan perintah “OK Google, take a screenshot”.

10. Simpan Screenshot ke Google Drive

Setelah selesai mengambil atau mengedit screenshot, kamu bisa langsung menyimpannya ke Google Drive. Kamu juga bisa memilih untuk mengirim screenshot melalui email atau aplikasi messaging lainnya.

Cara Screenshot Di Laptop Chromebook

Cara screenshot di laptop Chromebook sangat mudah! Tekan tombol Ctrl + window switcher untuk mengambil screenshot layar penuh atau area tertentu.

Apakah Anda sedang mencari cara screenshot di laptop Chromebook? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberikan panduan lengkap untuk melakukan screenshot dengan mudah dan cepat. Pertama-tama, pastikan laptop Chromebook Anda terhubung ke internet dan sudah memiliki aplikasi screenshot yang dapat Anda gunakan. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan hasil screenshot yang sempurna.

Introduction

Chromebook is a popular laptop that is widely used by people all over the world. One of the features that Chromebook users need to know is how to take a screenshot. Taking a screenshot is an essential feature that allows you to capture an image of what is displayed on your screen. In this article, we will show you how to take a screenshot on a Chromebook.

Method 1: Using the Keyboard

The first method to take a screenshot on a Chromebook is by using the keyboard. Here are the steps:

Step 1: Press the Ctrl Button

Press the Ctrl button located at the bottom-left corner of your keyboard.

Step 2: Press the Switch Window Button

Press the switch window button located at the top row of your keyboard. It is usually marked with a rectangle and two vertical lines.

Step 3: The Screenshot is Taken

The screenshot is taken, and you can confirm by checking the notification area at the bottom-right corner of your screen.

Method 2: Using the Touchpad

The second method to take a screenshot on a Chromebook is by using the touchpad. Here are the steps:

Step 1: Press the Ctrl Button

Press the Ctrl button located at the bottom-left corner of your keyboard.

Step 2: Press and Hold the Touchpad

Press and hold the touchpad with two fingers. The screen will flash, indicating that the screenshot has been taken.

Method 3: Using the Power Button

The third method to take a screenshot on a Chromebook is by using the power button. Here are the steps:

Step 1: Press the Power Button

Press the power button located at the top-right corner of your keyboard.

Step 2: Press and Hold the Ctrl Button

Press and hold the Ctrl button located at the bottom-left corner of your keyboard.

Step 3: The Screenshot is Taken

The screenshot is taken, and you can confirm by checking the notification area at the bottom-right corner of your screen.

Conclusion

Now that you know how to take a screenshot on a Chromebook, you can easily capture images of what is displayed on your screen. Whether you prefer using the keyboard, touchpad, or power button, all methods are easy to follow and only take a few seconds. With this knowledge, you can capture important information and share it with others quickly and easily.

Kenapa screenshot penting? Screenshot sangat penting untuk digunakan sebagai bukti atau referensi. Selain itu, mengambil screenshot juga bisa membantu kamu menjelaskan sesuatu dengan lebih mudah, seperti saat sedang memberi tutorial atau sedang melakukan troubleshooting. Jika kamu menggunakan Chromebook, cara mengambil screenshot bisa berbeda dengan laptop lain karena perbedaan sistem operasi yang digunakan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Pertama, kamu bisa menekan tombol Ctrl + Window Switcher secara bersamaan atau menggunakan tombol Power dan sekaligus tombol Volume Up atau Volume Down. Kamu juga bisa menggunakan ekstensi seperti Lightshot atau aplikasi seperti Nimbus Screenshot. Setelah mengambil screenshot, kamu bisa mengeditnya langsung di Chromebook menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga seperti Pixlr Editor atau GIMP. Kamu juga bisa menggunakan Google Assistant untuk mengambil screenshot dengan mengucapkan perintah OK Google, take a screenshot. Jangan lupa untuk menyimpan screenshot ke Google Drive agar mudah diakses dan bisa dibagikan melalui email atau aplikasi messaging lainnya.

Hai, semuanya! Apa kabar? Apakah kalian sudah tahu cara screenshot di laptop Chromebook? Jika belum, tenang saja, saya akan memberitahumu langkah-langkahnya. Yuk, simak bersama-sama!

Langkah 1: Buka layar yang ingin kamu tangkap screenshot-nya.

Langkah 2: Tekan tombol Ctrl dan Switch Window secara bersamaan. Tombol Switch Window biasanya terletak di sebelah kanan tombol Shift.

Langkah 3: Tunggu beberapa saat hingga notifikasi muncul di sudut kanan bawah layar yang memberi tahu bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Langkah 4: Untuk melihat hasil tangkapan layar, klik pada notifikasi yang muncul atau buka aplikasi Files dan cari folder Downloads. Di sana kamu akan menemukan screenshot yang baru saja kamu ambil.

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang kamu sudah tahu cara screenshot di laptop Chromebook. Selamat mencoba!

Tone cerita ini menggunakan gaya informal dengan nada yang santai sehingga pembaca dapat merasa nyaman dan tidak tertekan. Melalui penggunaan bullet dan numbering, informasi disajikan secara sistematis dan mudah dicerna. Selain itu, penggunaan kata-kata seperti tenang saja dan Yuk, simak bersama-sama! membangkitkan semangat dan memperlihatkan keceriaan dalam menyampaikan informasi. Saya harap cerita ini dapat membantu kamu yang sedang mencari cara screenshot di laptop Chromebook. Sampai jumpa!

Terima kasih telah mengunjungi blog kami dan membaca artikel tentang cara screenshot di laptop Chromebook. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda dalam menangkap gambar layar di laptop Chromebook Anda dengan mudah dan cepat.

Dari artikel ini, kita telah belajar bahwa ada beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop Chromebook, baik itu melalui keyboard atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, yang paling mudah dan efektif adalah dengan menggunakan tombol keyboard khusus screenshot pada laptop Chromebook. Jangan lupa untuk mencoba masing-masing metode dan menemukan yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda dalam mengambil screenshot di laptop Chromebook Anda. Jangan ragu untuk kembali ke blog kami untuk membaca artikel lainnya yang akan memberikan informasi berguna seputar teknologi dan perangkat lunak. Sampai jumpa lagi di artikel kami selanjutnya!

Beberapa orang mungkin bertanya tentang cara screenshot di laptop Chromebook. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul:

  1. Bagaimana cara screenshot di laptop Chromebook?
  2. Apakah ada tombol khusus untuk screenshot di laptop Chromebook?
  3. Apakah saya perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk screenshot di laptop Chromebook?

Berikut adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut:

  • Untuk melakukan screenshot di laptop Chromebook, Anda dapat menekan tombol Ctrl + Switch Window (tombol yang terletak di antara tombol Full Screen dan Brighter).
  • Tidak ada tombol khusus untuk screenshot di laptop Chromebook.
  • Tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk screenshot di laptop Chromebook karena fitur ini sudah tersedia secara default.

Jadi, jika Anda ingin melakukan screenshot di laptop Chromebook, cukup tekan tombol Ctrl + Switch Window dan gambar akan tersimpan di folder Downloads.

Video Cara Screenshot Di Laptop Chromebook

Visit Video