Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Keyboard

1. Memahami Fungsi Tombol PrtScn
Tombol PrtScn merupakan tombol yang sering digunakan untuk mengambil gambar layar atau screenshot. Namun, beberapa jenis laptop memiliki tombol PrtScn yang berbeda letaknya. Oleh karena itu, kita perlu lebih memahami fungsi tombol PrtScn pada laptop yang kita gunakan.

2. Menggunakan Tombol Windows + PrtScn
Cara pertama untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol Windows + PrtScn secara bersamaan. Screenshot akan otomatis tersimpan pada folder Screenshots di Pictures Library.

3. Menggunakan Tombol Fn + PrtScn
Jika laptop yang kita miliki tidak memiliki tombol PrtScn, maka kita bisa menggunakan tombol Fn + PrtScn. Tombol Fn biasanya terletak di bagian bawah sebelah kiri keyboard laptop.

4. Menggunakan Tombol Alt + PrtScn
Cara lain untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol Alt + PrtScn. Screenshot akan langsung terambil, namun kita perlu menyimpannya secara manual menggunakan program pengedit gambar seperti Microsoft Paint.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Selain menggunakan tombol keyboard, kita juga bisa mengambil screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah dan bisa melakukan editing gambar secara langsung.

6. Menggunakan Snipping Tool
Snipping Tool merupakan aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Kita bisa memilih area layar yang ingin diambil dengan lebih fleksibel dan bisa melakukan editing gambar langsung pada aplikasi tersebut.

7. Menggunakan Tombol Shift + Windows + S
Cara terbaru untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol Shift + Windows + S secara bersamaan. Kita bisa memilih area layar yang ingin diambil dan screenshot akan otomatis tersimpan pada clipboard.

8. Menggunakan Tombol PrtScn pada Keyboard Eksternal
Jika kita menggunakan keyboard eksternal pada laptop, kita bisa menggunakan tombol PrtScn pada keyboard tersebut. Namun, kita perlu memastikan bahwa keyboard tersebut terhubung dengan laptop dengan benar.

9. Menyimpan Screenshot ke Cloud
Kita juga bisa menyimpan screenshot pada cloud seperti Google Drive atau OneDrive agar bisa diakses dari manapun dan kapanpun. Caranya adalah dengan menekan tombol PrtScn dan langsung memilih untuk menyimpan screenshot ke cloud yang sudah terhubung dengan laptop.

10. Menggunakan Aplikasi Khusus untuk Screenshot Video
Jika kita ingin mengambil screenshot dari video, kita bisa menggunakan aplikasi khusus seperti VLC Media Player atau PotPlayer. Cara mengambil screenshot dari video umumnya sama dengan cara mengambil screenshot pada tampilan layar biasa.

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Keyboard

Cara screenshot di laptop dengan keyboard mudah dilakukan, cukup tekan tombol print screen dan paste hasilnya ke aplikasi pengolah gambar.

Apakah kamu seringkali membutuhkan tangkapan layar atau screenshot pada laptop? Nah, jika demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi karena kali ini kita akan membahas cara screenshot di laptop dengan keyboard. Pasti kamu penasaran kan bagaimana caranya?

Pertama-tama, kamu harus menemukan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard. Kemudian, tekan tombol tersebut. Tunggu sebentar dan jangan lupa untuk menyimpan gambar pada folder yang kamu inginkan. Mudah sekali, bukan?

Tapi tunggu dulu, ada alternatif lain yang bisa digunakan yaitu dengan menekan tombol Windows + Print Screen. Cara ini akan langsung menyimpan screenshot ke dalam folder gambar tanpa perlu menyimpan secara manual. Praktis sekali, bukan?

Jadi, tidak perlu bingung lagi ketika ingin membuat tangkapan layar pada laptop. Dua cara di atas bisa kamu coba sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!

Cara Screenshot di Laptop Dengan Keyboard

Menyimpan gambar layar atau tampilan layar yang sedang muncul di layar laptop menjadi sangat penting terutama jika Anda perlu membagikan informasi tertentu yang ada di layar komputer. Salah satu cara untuk menyimpan gambar layar adalah dengan melakukan screenshot. Berikut ini adalah cara screenshot di laptop dengan keyboard.

Menggunakan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen pada keyboard laptop dapat digunakan untuk melakukan screenshot pada layar laptop. Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Print Screen (PrtSc) pada keyboard laptop. Namun, screenshot yang dihasilkan hanya akan disimpan di clipboard dan perlu disimpan ke dalam file gambar agar bisa dilihat kembali.

Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Jika Anda ingin langsung menyimpan hasil screenshot ke dalam file gambar, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol Windows + Print Screen pada keyboard laptop. Screenshot akan secara otomatis disimpan di folder Pictures > Screenshots.

Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aplikasi tertentu, maka bisa menggunakan tombol Alt + Print Screen. Caranya cukup mudah, klik jendela aplikasi yang ingin diambil screenshot, lalu tekan tombol Alt + Print Screen pada keyboard laptop. Hasil screenshot akan disimpan di clipboard dan bisa disimpan ke dalam file gambar.

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Fitur screenshot Windows 10 juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada layar laptop. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S pada keyboard laptop. Setelah menekan tombol tersebut, layar akan menjadi sedikit buram dan Anda bisa mengambil screenshot pada area tertentu sesuai yang diinginkan.

Menggunakan Aplikasi Screenshot

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan lebih banyak opsi, maka bisa menggunakan aplikasi screenshot. Ada banyak aplikasi screenshot yang bisa diunduh secara gratis seperti Lightshot, Snipping Tool, atau Greenshot. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, tinggal ikuti instruksi yang diberikan untuk melakukan screenshot.

Menyunting Screenshot

Setelah berhasil mengambil screenshot di laptop, Anda bisa menyunting gambar tersebut agar lebih menarik dan informatif. Ada banyak aplikasi editing gambar yang bisa digunakan seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa memperbaiki warna, menambahkan teks, atau menghapus bagian yang tidak diperlukan pada screenshot.

Menyimpan Screenshot

Setelah melakukan screenshot dan menyunting gambar tersebut, langkah terakhir adalah menyimpan file gambar. Caranya cukup mudah, pilih menu File > Save As, lalu tentukan lokasi penyimpanan dan format file gambar yang diinginkan.

Conclusion

Semua cara screenshot di laptop dengan keyboard yang telah dijelaskan di atas sangat mudah dan sederhana dilakukan bahkan oleh orang yang baru pertama kali menggunakan laptop. Sebagai pengguna laptop, Anda perlu tahu cara melakukan screenshot agar bisa mengambil gambar layar atau tampilan layar yang penting untuk dibagikan atau disimpan sebagai bahan referensi.

Memahami Fungsi Tombol PrtScn adalah hal penting bagi pengguna laptop yang ingin mengambil screenshot. Meskipun tombol PrtScn terlihat sederhana, namun beberapa jenis laptop memiliki tombol PrtScn yang berbeda letaknya. Oleh karena itu, kita perlu lebih memahami fungsi tombol PrtScn pada laptop yang kita gunakan. Setelah memahami fungsi tombol PrtScn, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengambil screenshot di laptop. Cara pertama adalah dengan menekan tombol Windows + PrtScn secara bersamaan. Screenshot akan otomatis tersimpan pada folder Screenshots di Pictures Library. Namun, jika laptop yang kita miliki tidak memiliki tombol PrtScn, maka kita bisa menggunakan tombol Fn + PrtScn. Tombol Fn biasanya terletak di bagian bawah sebelah kiri keyboard laptop. Cara lain untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol Alt + PrtScn. Screenshot akan langsung terambil, namun kita perlu menyimpannya secara manual menggunakan program pengedit gambar seperti Microsoft Paint. Selain itu, kita juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah dan bisa melakukan editing gambar secara langsung. Snipping Tool merupakan aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Kita bisa memilih area layar yang ingin diambil dengan lebih fleksibel dan bisa melakukan editing gambar langsung pada aplikasi tersebut. Cara terbaru untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol Shift + Windows + S secara bersamaan. Kita bisa memilih area layar yang ingin diambil dan screenshot akan otomatis tersimpan pada clipboard. Jika kita menggunakan keyboard eksternal pada laptop, kita bisa menggunakan tombol PrtScn pada keyboard tersebut. Namun, kita perlu memastikan bahwa keyboard tersebut terhubung dengan laptop dengan benar. Kita juga bisa menyimpan screenshot pada cloud seperti Google Drive atau OneDrive agar bisa diakses dari manapun dan kapanpun. Terakhir, jika kita ingin mengambil screenshot dari video, kita bisa menggunakan aplikasi khusus seperti VLC Media Player atau PotPlayer. Cara mengambil screenshot dari video umumnya sama dengan cara mengambil screenshot pada tampilan layar biasa.

Apakah kamu sering membutuhkan screenshot saat menggunakan laptop? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir lagi karena cara screenshot di laptop dengan keyboard sangat mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih layar yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan tombol Print Screen pada keyboard laptopmu. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan tombol F12 atau di sebelah kiri tombol Scroll Lock.
  3. Jika kamu hanya ingin mengambil screenshot dari jendela tertentu, tekan tombol Alt + Print Screen.
  4. Buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop.
  5. Tempelkan screenshot yang telah kamu ambil dengan menekan tombol Ctrl + V.
  6. Anda dapat menyimpan screenshotmu dengan cara menekan tombol Ctrl + S. Kamu dapat memberikan nama dan memilih format file yang kamu inginkan.

Dengan menggunakan cara screenshot di laptop dengan keyboard, kamu dapat dengan mudah mengambil gambar layar laptopmu tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Sangat praktis, bukan?

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan screenshot harus sesuai dengan etika dan hukum yang berlaku. Jangan mengambil screenshot informasi pribadi orang lain atau menggunakannya untuk tujuan yang tidak baik.

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami dan membaca artikel tentang cara screenshot di laptop dengan keyboard. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih efisien dalam melakukan tangkapan layar pada laptop.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan dua cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot di laptop dengan keyboard. Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol Print Screen, sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan tombol Windows + Print Screen. Kedua cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan informasi ini. Jika ada pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini.

Kami akan terus memberikan informasi-informasi menarik seputar teknologi dan komputer. Jadi, tetaplah mengunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru dari kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Saat ini, banyak pengguna laptop yang ingin tahu tentang cara screenshot di laptop dengan keyboard. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana caranya screenshot di laptop?
  2. Apakah ada shortcut keyboard untuk membuat screenshot di laptop?
  3. Apakah saya bisa membuat screenshot hanya menggunakan keyboard saja?

Jawabannya adalah ya, Anda dapat membuat screenshot hanya dengan menggunakan keyboard di laptop. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  • Screenshot seluruh layar: Tekan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard. Gambar akan disimpan ke clipboard dan Anda dapat mem-paste-nya ke aplikasi seperti Paint atau Word untuk menyimpannya.
  • Screenshot jendela aktif: Tekan tombol Alt + Print Screen pada keyboard. Gambar dari jendela aktif akan disimpan ke clipboard dan bisa dipaste ke aplikasi lain.
  • Screenshot area tertentu: Tekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard. Layar akan menjadi abu-abu dan Anda bisa men-drag-nya untuk memilih area yang ingin diambil screenshot-nya. Gambar akan disimpan langsung ke clipboard dan bisa dipaste ke aplikasi lain.

Dengan menggunakan trik-trik di atas, Anda bisa dengan mudah membuat screenshot di laptop hanya dengan keyboard. Selamat mencoba!

Video Cara Screenshot Di Laptop Dengan Keyboard

Visit Video