Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Asus Windows 11

1. Mengetahui Fitur Screenshot di Windows 11
2. Membuka Fitur Screenshot di Laptop Asus Windows 11
3. Menggunakan Shortcut Keyboard untuk Screenshot
4. Mengambil Screenshot melalui Tombol Print Screen
5. Menggunakan Fungsi Screenshot pada Snipping Tool
6. Mengambil Screenshot Aktif Window
7. Memotret Layar dengan Screenshot Selektif
8. Menggunakan Screenshot dari Game Bar
9. Mengedit Screenshot dengan Paint atau Aplikasi Image Editor Lainnya
10. Menyimpan Hasil Screenshot ke Folder atau Aplikasi yang Diinginkan

Cara Screenshot Di Laptop Asus Windows 11

Cara screenshot di laptop Asus Windows 11 sangat mudah. Cukup tekan tombol PrtSc atau Windows+PrtSc, lalu simpan gambar di folder Screenshots.

Cara Screenshot di Laptop Asus Windows 11 memang penting untuk diketahui, terutama bagi kamu yang sering melakukan tugas-tugas di laptop. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot di laptop Asus Windows 11, dan tentunya setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu screenshot dan apa fungsi dari screenshot tersebut.

Pertama-tama, screenshot adalah sebuah tampilan atau gambar layar yang berhasil diabadikan dalam bentuk foto atau gambar. Fungsi dari screenshot sendiri sangat beragam, mulai dari mendokumentasikan hasil pekerjaan, menunjukkan pesan error pada layar, hingga memperlihatkan hasil percakapan chat. Jadi, wajar saja jika banyak orang yang ingin tahu cara screenshot di laptop Asus Windows 11.

Nah, bagi kamu yang belum tahu atau masih bingung, jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara mudah dan praktis untuk mengambil screenshot di laptop Asus Windows 11. Yuk, simak penjelasannya dengan baik!

Memahami Tampilan Windows 11 pada Laptop Asus

Sebuah screenshot atau tangkapan layar adalah cara yang berguna untuk merekam apa yang terjadi di layar laptop Anda. Banyak pengguna laptop Asus yang ingin tahu cara screenshot di Windows 11. Namun, sebelum membahas langkah-langkahnya, mari kita lihat tampilan Windows 11 pada laptop Asus.

Cara Screenshot Full Screen di Laptop Asus Windows 11

Salah satu cara termudah untuk membuat screenshot di laptop Asus dengan Windows 11 adalah dengan menekan tombol Print Screen atau PrtScn. Tombol ini biasanya berada di bagian atas keyboard dan mungkin harus Anda tekan bersamaan dengan tombol Fn.

Setelah menekan tombol tersebut, gambar dari seluruh layar akan disimpan di clipboard. Anda dapat mengakses clipboard dengan menekan tombol Windows + V dan kemudian memilih gambar yang ingin Anda gunakan. Anda juga dapat menempelkan gambar langsung ke aplikasi seperti Paint atau Word dengan menekan tombol Ctrl + V.

Cara Screenshot Sebagian Layar di Laptop Asus Windows 11

Jika Anda hanya ingin membuat screenshot dari sebagian layar, Anda dapat menggunakan fitur Snipping Tool yang ada di Windows 11. Untuk membuka Snipping Tool, cukup ketik Snipping Tool di kotak pencarian di taskbar.

Setelah membuka Snipping Tool, pilih jenis screenshot yang ingin Anda buat, seperti bentuk bebas atau kotak. Selanjutnya, seret kursor mouse untuk memilih area layar yang ingin Anda tangkap, dan simpan gambar ke komputer Anda.

Cara Screenshot dengan Tombol Windows dan Volume Down di Laptop Asus Windows 11

Jika Anda memiliki laptop Asus dengan layar sentuh, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Windows dan Volume Down untuk membuat screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows dan Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik.

Gambar akan disimpan di folder Screenshots di folder gambar Anda. Anda juga dapat mengakses screenshot di aplikasi Foto atau aplikasi lain yang mendukung gambar.

Cara Menggunakan Game Bar untuk Screenshot di Laptop Asus Windows 11

Jika Anda ingin membuat screenshot saat bermain game, Windows 11 memiliki fitur Game Bar yang dapat membantu Anda. Untuk membuka Game Bar, tekan tombol Windows + G saat bermain game.

Setelah membuka Game Bar, klik ikon kamera untuk membuat screenshot. Anda juga dapat merekam video game dengan mengklik ikon perekaman. Semua screenshot dan video akan disimpan di folder Captures di folder video Anda.

Cara Menambahkan Fitur Screenshot ke Taskbar di Laptop Asus Windows 11

Jika Anda sering menggunakan fitur screenshot, Anda dapat menambahkan tombol screenshot ke taskbar untuk memudahkan akses. Untuk menambahkan tombol screenshot, klik kanan di area kosong di taskbar, pilih Toolbar dan kemudian New Toolbar.

Pilih folder Screenshots (atau folder gambar lain yang Anda inginkan) dan klik Select Folder. Sekarang tombol screenshot akan muncul di taskbar, dan Anda dapat mengaksesnya dengan mudah kapan saja.

Cara Mengedit Screenshot di Laptop Asus Windows 11

Setelah membuat screenshot, Anda mungkin ingin mengedit gambar untuk menghilangkan bagian yang tidak perlu atau menambahkan teks dan penjelasan. Windows 11 memiliki aplikasi bawaan untuk mengedit gambar, yaitu Paint.

Buka Paint dan pilih Paste atau tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan gambar. Sekarang Anda dapat menggunakan berbagai alat untuk mengedit gambar, seperti crop, resize, dan draw. Setelah selesai mengedit, simpan gambar ke komputer Anda.

Cara Menemukan Folder Screenshots di Laptop Asus Windows 11

Semua screenshot yang Anda buat akan disimpan di folder Screenshots di folder gambar Anda. Untuk menemukan folder Screenshots, buka File Explorer dan pilih Pictures. Pilih folder Screenshots dan semua gambar screenshot akan tampil di sana.

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Laptop Asus Windows 11

Jika Anda ingin menyimpan screenshot di lokasi yang berbeda, Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan default di Windows 11. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Snipping Tool atau Game Bar dan memilih Options.

Pilih Save As dan pilih lokasi baru untuk menyimpan screenshot. Jangan lupa klik Apply untuk menyimpan perubahan.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat screenshot di laptop Asus dengan Windows 11. Selain menggunakan tombol Print Screen, Anda juga dapat menggunakan Snipping Tool, Game Bar, atau kombinasi tombol Windows dan Volume Down. Jangan lupa untuk mengedit gambar jika diperlukan dan menyimpannya di lokasi yang aman.

Cara Screenshot Di Laptop Asus Windows 11

Mengetahui Fitur Screenshot di Windows 11 adalah hal yang penting bagi pengguna laptop Asus. Hal ini karena fitur screenshot memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar layar laptop dan menyimpannya sebagai file gambar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka fitur screenshot di Laptop Asus Windows 11.

Membuka Fitur Screenshot di Laptop Asus Windows 11

Cara pertama adalah dengan menggunakan shortcut keyboard untuk screenshot. Pengguna hanya perlu menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan, lalu pilih area yang ingin diambil dengan menahan tombol mouse dan drag ke arah yang diinginkan. Setelah itu, gambar layar akan muncul di bawah kanan layar laptop dan pengguna bisa mengedit dan menyimpannya.

Cara kedua adalah dengan mengambil screenshot melalui tombol Print Screen. Pengguna hanya perlu menekan tombol Print Screen pada keyboard dan menyimpan gambar layar dengan menggunakan aplikasi paint atau image editor lainnya.

Menggunakan Fungsi Screenshot pada Snipping Tool

Cara ketiga adalah dengan menggunakan fungsi screenshot pada Snipping Tool. Pengguna dapat membuka Snipping Tool dengan mengetikkan nama aplikasi pada kotak pencarian di menu Start. Setelah itu, pengguna dapat memilih jenis screenshot yang ingin diambil, seperti Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, atau Full-screen Snip.

Mengambil Screenshot Aktif Window

Cara keempat adalah dengan mengambil screenshot aktif window. Pengguna hanya perlu menekan tombol Alt + Print Screen pada keyboard untuk mengambil screenshot aktif window dan menyimpannya dengan menggunakan aplikasi paint atau image editor lainnya.

Memotret Layar dengan Screenshot Selektif

Cara kelima adalah dengan memotret layar dengan screenshot selektif. Pengguna hanya perlu membuka Fitur Screenshot di Windows 11, lalu memilih opsi Screenshot Selektif. Setelah itu, pengguna dapat menentukan area yang ingin diambil dan mengedit serta menyimpan gambar tersebut.

Menggunakan Screenshot dari Game Bar

Cara keenam adalah dengan menggunakan screenshot dari Game Bar. Pengguna hanya perlu menekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar, lalu memilih opsi Screenshot untuk mengambil gambar layar. Gambar tersebut dapat disimpan dan diedit dengan menggunakan aplikasi paint atau image editor lainnya.

Mengedit Screenshot dengan Paint atau Aplikasi Image Editor Lainnya

Setelah mengambil screenshot, pengguna dapat mengeditnya dengan menggunakan aplikasi paint atau aplikasi image editor lainnya. Ada banyak aplikasi image editor yang bisa dipilih, seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau Paint.NET. Pengguna dapat menambahkan teks, menyorot area tertentu, atau menyesuaikan tata letak gambar sesuai keinginan.

Menyimpan Hasil Screenshot ke Folder atau Aplikasi yang Diinginkan

Setelah mengedit screenshot, pengguna dapat menyimpannya ke folder atau aplikasi yang diinginkan. Banyak pengguna yang memilih untuk menyimpan screenshot ke folder gambar atau aplikasi cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Pengguna juga dapat membagikan screenshot ke media sosial atau email dengan mudah.

Dalam mengambil screenshot di Laptop Asus Windows 11, pengguna memiliki banyak opsi dan cara yang bisa dipilih. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tergantung pada kebutuhan pengguna. Namun, dengan mengetahui beberapa cara tersebut, pengguna akan lebih mudah mengambil screenshot di Laptop Asus Windows 11 dan membuatnya menjadi file gambar yang berkualitas.

Pernahkah kamu mengalami kesulitan saat ingin mengambil screenshot di laptop Asus dengan sistem operasi Windows 11? Jangan khawatir, berikut ini adalah cara mudah untuk melakukan screenshot di laptop Asus Windows 11.

  1. Gunakan tombol keyboard Windows + Shift + S.
  2. Dengan menekan tombol tersebut, kamu akan melihat tampilan overlay yang memungkinkan kamu untuk memilih area layar yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah memilih, gambar akan tersimpan di clipboard dan dapat ditempelkan ke aplikasi lain seperti Paint atau Word.

  3. Gunakan tombol keyboard Print Screen.
  4. Tombol Print Screen terletak di sebelah kanan atas keyboard. Ketika kamu menekannya, screenshot akan diambil dari seluruh layar dan disimpan di clipboard. Kamu juga dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja.

  5. Gunakan aplikasi Snipping Tool.
  6. Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot dengan berbagai pilihan, seperti full screen, jendela aktif, atau area tertentu. Kamu dapat membuka aplikasi ini dengan mengetik Snipping Tool di kotak pencarian Start Menu.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat screenshot di laptop Asus Windows 11. Jangan ragu untuk mencoba ketiga metode di atas dan pilih yang paling cocok untukmu!

Saya sangat menyukai cara kedua, yaitu menggunakan tombol keyboard Print Screen. Selain mudah diingat, tombol ini juga sangat praktis karena dapat digunakan untuk mengambil screenshot dari seluruh layar atau jendela aktif saja. Namun, jika kamu membutuhkan lebih banyak pilihan dalam mengambil screenshot, maka Snipping Tool adalah pilihan yang tepat.

Halo, pembaca blog yang budiman! Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami tentang cara screenshot di laptop Asus dengan Windows 11. Kami berharap informasi yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda dalam menggunakan laptop Asus Anda.

Sebagai pengguna laptop, tentunya kita membutuhkan fitur screenshot untuk keperluan tertentu, seperti membagikan informasi atau gambaran layar pada orang lain. Meski terlihat mudah, namun bagi sebagian orang mungkin masih merasa kesulitan dalam melakukan screenshot di laptop Asus dengan OS Windows 11. Oleh karena itu, kami berusaha memberikan panduan yang mudah dipahami dan diikuti oleh pengguna laptop Asus.

Dalam panduan yang kami berikan, terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot di laptop Asus Windows 11, mulai dari menggunakan tombol keyboard hingga aplikasi pihak ketiga. Kami harap semua metode yang kami sampaikan dapat membantu Anda dalam melakukan screenshot dengan mudah dan cepat. Jangan ragu untuk mencoba dan memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di blog kami dan semoga artikel kami tentang cara screenshot di laptop Asus Windows 11 ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan tips-tips bermanfaat lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya tentang cara screenshot di laptop Asus dengan sistem operasi Windows 11. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya:

  1. Bisakah saya menggunakan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot?

    Ya, Anda masih bisa menggunakan tombol Print Screen pada keyboard Anda untuk mengambil screenshot. Namun, Anda perlu membuka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop untuk menyimpan dan memodifikasi screenshot.

  2. Apakah ada cara pintas untuk mengambil screenshot di laptop Asus?

    Ya, Anda dapat menggunakan tombol Windows + Shift + S untuk membuka alat screenshot bawaan di Windows 11. Dari sana, Anda dapat memilih jenis screenshot yang ingin diambil dan menandai area yang ingin disertakan dalam tangkapan layar.

  3. Bagaimana cara menyimpan screenshot yang diambil menggunakan alat bawaan di Windows 11?

    Setelah Anda membuat tangkapan layar, Anda akan melihat notifikasi yang menunjukkan bahwa tangkapan layar telah disimpan ke clipboard. Anda dapat menekan tombol Windows + V untuk membuka clipboard dan menyimpan tangkapan layar ke dalam file gambar atau dokumen lainnya.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop Asus dengan sistem operasi Windows 11.

Video Cara Screenshot Di Laptop Asus Windows 11

Visit Video