Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Manual

1. Siapkan Layar yang Ingin Diamankan
2. Tekan Tombol Print Screen
3. Cek Hasilnya di Clipboard
4. Buka Program Edit Foto atau Word
5. Paste Screenshot ke Program
6. Potong Screenshot Jika Diperlukan
7. Simpan File Screenshot ke Komputer
8. Gunakan Shortcut Keyboard untuk Mengambil Screenshot di Area Tertentu
9. Gunakan Kombinasi Tombol Ctrl + Print Screen untuk Mengambil Screenshot Aktif
10. Ketik “Snipping Tool” di Pencarian Start Menu untuk Mengambil Screenshot yang Disesuaikan

Cara Screenshot Di Laptop Manual

Cara screenshot di laptop manual dengan mengombinasikan tombol keyboard. Simak langkah-langkahnya di artikel ini untuk memudahkan aktivitasmu!

Apakah kamu sering mengalami kesulitan dalam melakukan screenshot pada laptop? Jangan khawatir, karena di sini saya akan memberikan panduan Cara Screenshot Di Laptop Manual yang mudah dan praktis. Pertama-tama, pastikan kamu sudah menentukan area yang ingin diambil gambar dengan tepat. Setelah itu, tekan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard kamu. Selanjutnya, buka aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop. Kemudian, klik tombol Paste atau tekan kombinasi Ctrl + V untuk memasukkan gambar ke dalam aplikasi. Terakhir, simpan hasil tangkapan layar tersebut dengan menekan tombol Save atau Simpan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu sudah berhasil melakukan screenshot dengan mudah dan cepat.

Cara Screenshot Di Laptop Manual

Jika kalian ingin mengabadikan tampilan layar laptop kalian, screenshot adalah solusinya. Namun, bagaimana cara screenshot di laptop manual? Berikut adalah panduan singkat yang bisa kalian ikuti.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard laptop kalian bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menekan tombol tersebut saat tampilan yang ingin kalian screenshot muncul. Setelah itu, buka program pengolah gambar seperti Paint, lalu tekan Ctrl + V untuk melekatkan gambar screenshot tersebut.

Tombol

2. Menekan Tombol Windows + Print Screen

Cara ini juga menggunakan tombol Print Screen, namun dengan menambahkan tombol Windows. Tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, dan hasil screenshot akan otomatis tersimpan di folder Screenshots di dalam folder Pictures.

Tombol

3. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah program bawaan Windows yang memungkinkan kalian untuk memilih area tertentu pada layar laptop untuk diambil screenshot-nya. Cari program ini di menu Start atau ketikkan Snipping Tool di kotak pencarian Windows. Setelah itu, pilih mode yang kalian inginkan dan gambar screenshot akan muncul di jendela Snipping Tool.

Snipping

4. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara ini mirip dengan menggunakan tombol Print Screen, namun dengan menambahkan tombol Alt. Tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja. Setelah itu, buka program pengolah gambar dan tekan Ctrl + V untuk melekatkan gambar screenshot tersebut.

5. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara ini juga memanfaatkan program Snipping Tool, namun dengan cara yang lebih cepat. Tekan tombol Windows + Shift + S, lalu pilih area yang ingin kalian screenshot. Hasil screenshot akan muncul di jendela notifikasi, dan kalian bisa langsung menyimpannya atau membagikannya.

Tombol

6. Menggunakan Tombol Fn + Print Screen

Beberapa laptop memiliki tombol Print Screen yang terpisah dengan tombol lain, dan bisa diakses dengan menekan tombol Fn. Tekan tombol Fn + Print Screen untuk mengambil screenshot, lalu buka program pengolah gambar dan tekan Ctrl + V untuk melekatkan gambar screenshot tersebut.

Tombol

7. Menggunakan Tombol Ctrl + Print Screen

Cara ini mirip dengan menggunakan tombol Print Screen, namun dengan menambahkan tombol Ctrl. Tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan untuk mengambil screenshot, lalu buka program pengolah gambar dan tekan Ctrl + V untuk melekatkan gambar screenshot tersebut.

Tombol

8. Menggunakan Tombol Alt + Fn + Print Screen

Cara ini memadukan tombol Alt, Fn, dan Print Screen untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja pada laptop. Tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan, lalu buka program pengolah gambar dan tekan Ctrl + V untuk melekatkan gambar screenshot tersebut.

9. Menggunakan Tombol Windows + Alt + Print Screen

Cara ini juga memanfaatkan tombol Print Screen, namun dengan menambahkan tombol Windows dan Alt. Tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja pada laptop. Setelah itu, buka program pengolah gambar dan tekan Ctrl + V untuk melekatkan gambar screenshot tersebut.

Tombol

10. Menggunakan Program Pihak Ketiga

Jika kalian merasa cara-cara di atas terlalu rumit, kalian bisa mencoba menggunakan program pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot. Program-program ini memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dan mudah digunakan untuk mengambil screenshot di laptop.

Program
Itulah beberapa cara screenshot di laptop manual yang bisa kalian coba sendiri. Semoga bermanfaat!

Cara Screenshot Di Laptop Manual

Siapkan layar yang ingin diamankan sebagai screenshot. Pastikan tampilan layar sudah sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, tekan tombol Print Screen pada keyboard laptop Anda. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan atas keyboard.

Cek hasilnya di clipboard. Screenshot yang baru saja diambil akan tersimpan di clipboard. Untuk membuka clipboard, Anda dapat menekan tombol Windows + V atau klik kanan dan pilih Paste pada program yang ingin Anda gunakan.

Menggunakan Program Edit Foto atau Word

Buka program edit foto atau Word. Anda dapat menggunakan program seperti Microsoft Paint, Photoshop, atau Word untuk memproses screenshot yang telah diambil. Paste screenshot ke program yang Anda inginkan dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + V atau klik kanan dan pilih Paste.

Potong screenshot jika diperlukan. Jika Anda ingin memotong gambar agar lebih fokus, Anda dapat menggunakan fitur Crop pada program edit foto atau Word. Pilih area yang ingin Anda potong dan simpan gambar tersebut.

Simpan file screenshot ke komputer. Setelah proses editing selesai, jangan lupa untuk menyimpan file screenshot ke komputer Anda. Anda dapat memilih format file yang ingin digunakan, seperti .jpg, .png, atau .bmp.

Shortcut Keyboard untuk Mengambil Screenshot di Area Tertentu

Gunakan shortcut keyboard untuk mengambil screenshot di area tertentu. Jika Anda hanya ingin mengambil bagian-bagian tertentu dari layar, Anda dapat menggunakan shortcut keyboard. Untuk mengambil screenshot di area tertentu, tekan tombol Windows + Shift + S. Area yang ingin diambil akan ditandai dengan kotak.

Gunakan kombinasi tombol Ctrl + Print Screen untuk mengambil screenshot aktif. Jika Anda ingin mengambil screenshot aktif, yaitu layar yang sedang Anda gunakan saat ini, tekan tombol Ctrl + Print Screen.

Snipping Tool

Ketik Snipping Tool di pencarian Start Menu untuk mengambil screenshot yang disesuaikan. Snipping Tool adalah program bawaan Windows yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan cara yang lebih fleksibel. Anda dapat memilih tipe screenshot yang ingin diambil, seperti Free-form, Rectangular, atau Full-screen. Setelah menyelesaikan pengambilan screenshot, Anda dapat menyimpannya ke komputer atau langsung membagikannya.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop Anda. Pastikan untuk menyimpan file screenshot dengan baik agar dapat digunakan untuk keperluan selanjutnya. Selamat mencoba!

Halo semuanya! Di sini saya akan bercerita tentang cara screenshot di laptop secara manual. Sebagai asisten virtual, saya telah banyak membantu orang mencari solusi untuk berbagai masalah teknologi, termasuk cara mengambil screenshot di laptop. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti:

  1. Pilih tampilan yang ingin Anda tangkap.
  2. Tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Terkadang tombol ini disebut sebagai PrtScn atau PrtSc.
  3. Jika Anda hanya ingin menangkap tampilan jendela aktif, tekan tombol Alt dan Print Screen secara bersamaan.
  4. Buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop.
  5. Paste screenshot yang telah Anda ambil dengan menekan tombol Ctrl dan V secara bersamaan. Atau, klik kanan dan pilih opsi Paste.
  6. Jika perlu, Anda dapat mengedit screenshot Anda dengan menggunakan berbagai alat pengedit seperti crop, rotate, atau pen tool.
  7. Simpan file screenshot Anda dengan memberikan nama file dan memilih format file yang diinginkan, seperti JPEG atau PNG.

Itulah cara screenshot di laptop secara manual yang mudah dan sederhana. Namun, jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi tertentu seperti Windows 10, Anda juga dapat menggunakan fitur screenshot bawaan yang disediakan oleh sistem operasi tersebut. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan lebih cepat dan mudah, tanpa perlu membuka program pengedit gambar terlebih dahulu.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda lebih suka menggunakan cara manual atau fitur bawaan pada sistem operasi laptop Anda? Jangan ragu untuk berbagi pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara screenshot di laptop secara manual. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu Anda untuk melakukan tangkapan layar dengan mudah dan cepat.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Mulai dari menggunakan tombol keyboard hingga aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Jangan lupa untuk mencoba masing-masing metode yang telah kami jelaskan di atas dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menguasai cara screenshot di laptop, Anda dapat dengan mudah membagikan gambar layar atau informasi penting yang ingin Anda sampaikan dengan orang lain.

Sekali lagi, terima kasih atas kunjungan Anda ke blog kami. Kami berharap bahwa artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan ragu untuk mengunjungi blog kami kembali untuk mendapatkan informasi menarik dan berguna lainnya seputar teknologi dan komputer.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Screenshot di Laptop Manual

  1. Apa itu screenshot?

    Jawaban: Screenshot adalah proses mengambil gambar layar pada perangkat komputer atau laptop. Dalam hal ini, Anda dapat mengambil gambar dari layar laptop Anda dan menyimpannya sebagai file gambar.

  2. Bagaimana cara membuat screenshot di laptop?

    Jawaban: Ada beberapa cara untuk membuat screenshot di laptop Anda. Salah satunya adalah dengan menekan tombol Print Screen (PrtScn) pada keyboard Anda. Kemudian Anda bisa paste gambar tersebut pada aplikasi pengedit foto seperti Paint, lalu simpan sebagai file gambar. Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snipping Tool yang sudah terpasang pada Windows.

  3. Apakah ada cara lain selain menggunakan tombol Print Screen?

    Jawaban: Ya, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen di keyboard Anda. Dengan cara ini, gambar akan langsung tersimpan di folder Screenshots dalam folder Pictures di komputer Anda.

  4. Bisakah saya membuat screenshot hanya pada bagian tertentu dari layar?

    Jawaban: Ya, Anda bisa menggunakan aplikasi Snipping Tool atau fitur Snip & Sketch pada Windows 10 untuk membuat screenshot pada bagian tertentu dari layar. Anda dapat memilih area yang ingin Anda ambil gambar.

  5. Apakah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu membuat screenshot?

    Jawaban: Ya, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuat screenshot seperti Lightshot, Greenshot, dan Snagit. Aplikasi ini menyediakan fitur tambahan seperti memotong gambar, menambahkan teks, dan menggambar pada gambar.

  6. Apakah saya dapat membuat screenshot di laptop Mac?

    Jawaban: Ya, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Command + Shift + 3 atau Command + Shift + 4 pada keyboard Mac untuk membuat screenshot. Kemudian gambar akan tersimpan pada desktop Anda.

Jadi, itulah jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang cara screenshot di laptop manual. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar dan memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Video Cara Screenshot Di Laptop Manual

Visit Video