Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Excel

1. Memilih Layar yang Akan Dicapture
Pertama-tama, kamu harus memilih layar yang akan diambil screenshot-nya. Pastikan kamu membuka program Excel dan menentukan bagian mana yang ingin kamu abadikan.

2. Membuka Tombol Print Screen
Setelah menentukan lokasi, kamu bisa membuka tombol Print Screen pada keyboard laptop atau mengklik tombol Print Screen/PrtScn yang terdapat pada beberapa tipe portable keyboard.

3. Menggunakan Shortcut Keyboard
Tidak hanya tombol Print Screen, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Windows + PrtScn pada keyboard laptopmu. Hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan pada folder Screenshot.

4. Mengedit Screenshot dengan Paint
Jika ingin mengedit gambar yang sudah diambil, kamu bisa membuka program Paint. Caranya dengan mengetik Paint pada kotak pencarian pada Windows, lalu klik aplikasi Paint atau bisa juga dengan mengklik Start > All Apps > Windows Accessories > kemudian pilih Paint.

5. Memotong Gambar
Fungsi Crop pada Paint dapat memudahkanmu memotong bagian yang tidak penting pada gambar. Kamu hanya perlu memilih fungsi Crop dan menggambar kotak di area yang diinginkan.

6. Menambahkan Tulisan atau Coretan
Untuk memberikan keterangan atau catatan pada screenshot-mu, kamu bisa menambahkan tulisan atau coretan. Caranya dengan memilih Line atau Text, kemudian klik titik awal dan akhir pada area yang ingin diberi keterangan.

7. Memberi Efek pada Gambar
Jika ingin memberi efek pada gambar, kamu bisa memilih fungsi Filter. Kamu dapat memilih filter yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

8. Menyimpan Gambar
Setelah gambar selesai di edit, kamu bisa menyimpannya dengan cara klik File > Save As. Pilih format .png atau .jpg untuk menyimpan hasil tangkapan layar yang telah di edit.

9. Menambahkan Screenshot ke Dokumen Excel
Setelah hasil tangkapan layar sudah disiapkan, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam dokumen Excel dengan cara klik Insert > Screenshot. Pilih screenshot yang akan dimasukkan.

10. Membagikan Screenshot
Terakhir, jika hasil tangkapan layar sudah siap untuk dibagikan, kamu bisa mengirimnya melalui email atau aplikasi chatting dengan cara memilih sistem operasi dan aplikasi yang digunakan. Hasil tangkapan layar siap dibagikan dengan mudah.

Cara Screenshot Di Laptop Excel

Cara screenshot di laptop Excel: tekan tombol Windows + Shift + S, lalu pilih area yang akan diambil gambar. Simpan dan gunakan sesuai kebutuhan.

Apakah Anda seringkali membutuhkan screenshot dari lembar kerja Excel di laptop Anda? Jangan khawatir, karena cara screenshot di laptop Excel sebenarnya sangat mudah dilakukan. Pertama-tama, pastikan Anda membuka lembar kerja yang ingin diambil screenshot-nya. Kemudian, pilih area yang ingin diambil dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Setelah itu, buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop dan paste screenshot yang telah diambil tadi. Dengan begitu, Anda sudah bisa melakukan editing dan menyimpan hasil screenshot sesuai keinginan. Mudah bukan?

Pengenalan

Bagi kalian yang sering menggunakan Microsoft Excel pasti sudah tidak asing lagi dengan screenshot. Screenshot berguna untuk merekam tampilan layar laptop kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara screenshot di laptop Excel. Yuk simak penjelasannya!

Langkah Pertama: Menentukan Area yang Ingin Discreenshot

Sebelum melakukan screenshot, langkah pertama adalah menentukan area yang ingin discreenshot. Kita bisa menentukannya secara manual atau dengan fitur Snap to shape pada Excel.

Langkah Kedua: Menggunakan Tombol Print Screen

Jika sudah menentukan area yang ingin discreenshot, kita bisa langsung menggunakan tombol Print Screen pada keyboard laptop kita. Tombol tersebut berada di sebelah kanan atas keyboard dan biasanya ada tulisan PrtSc atau Print Scrn.

Langkah Ketiga: Membuka Aplikasi Paint

Setelah melakukan screenshot, kita harus membuka aplikasi Paint terlebih dahulu. Kita bisa menemukannya melalui menu Start pada Windows.

Langkah Keempat: Paste Screenshot ke Paint

Setelah membuka aplikasi Paint, kita bisa langsung paste screenshot yang sudah diambil tadi dengan menekan tombol Ctrl + V pada keyboard laptop kita.

Langkah Kelima: Menyimpan Screenshot

Jika sudah selesai mengedit screenshot kita, kita bisa menyimpannya dengan cara klik menu File dan pilih Save As. Setelah itu, kita bisa memilih nama file dan format gambar yang diinginkan.

Alternatif Cara: Menggunakan Snipping Tool

Selain menggunakan tombol Print Screen, kita juga bisa menggunakan fitur Snipping Tool pada Windows. Fitur tersebut memungkinkan kita untuk menentukan area yang ingin discreenshot secara manual.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Screenshot

Meskipun metode screenshot cukup mudah dilakukan, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Kelebihannya adalah kita bisa merekam tampilan layar secara langsung tanpa harus mengedit atau memotong gambar. Namun kekurangannya adalah kualitas gambar yang dihasilkan cenderung kurang baik dan terdapat batas waktu pengambilan gambar.

Kesimpulan

Screenshot adalah fitur yang sangat berguna dalam Microsoft Excel untuk merekam tampilan layar laptop kita. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara screenshot di laptop Excel menggunakan tombol Print Screen dan aplikasi Paint. Selain itu, kita juga membahas alternatif cara menggunakan Snipping Tool dan kelebihan serta kekurangan metode screenshot. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan informasi mengenai cara screenshot di laptop Excel.

Cara Screenshot Di Laptop ExcelJika kamu ingin mengambil screenshot pada program Excel di laptopmu, tidak perlu khawatir karena caranya sangat mudah. Pertama-tama, pastikan kamu sudah menentukan layar yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah itu, kamu bisa membuka tombol Print Screen pada keyboard laptop atau menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Windows + PrtScn. Kemudian, hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan pada folder Screenshot.Jika kamu ingin mengedit gambar yang sudah diambil, kamu bisa membuka program Paint. Caranya dengan mengetik Paint pada kotak pencarian pada Windows, lalu klik aplikasi Paint atau bisa juga dengan mengklik Start > All Apps > Windows Accessories > kemudian pilih Paint. Fungsi Crop pada Paint dapat memudahkanmu memotong bagian yang tidak penting pada gambar. Kamu juga bisa menambahkan tulisan atau coretan pada screenshot-mu untuk memberikan keterangan atau catatan. Jika ingin memberi efek pada gambar, kamu bisa memilih fungsi Filter.Setelah gambar selesai di edit, kamu bisa menyimpannya dengan cara klik File > Save As. Pilih format .png atau .jpg untuk menyimpan hasil tangkapan layar yang telah di edit. Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan screenshot ke dalam dokumen Excel dengan cara klik Insert > Screenshot. Kamu juga bisa mengirim hasil tangkapan layar melalui email atau aplikasi chatting dengan cara memilih sistem operasi dan aplikasi yang digunakan. Dengan menggunakan cara ini, hasil tangkapan layar siap dibagikan dengan mudah.Maka dari itu, jika kamu ingin mengambil screenshot pada program Excel di laptopmu, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan kamu menentukan layar yang ingin diambil screenshot-nya, menggunakan tombol Print Screen atau shortcut keyboard, mengedit gambar dengan Paint, dan memasukkan screenshot ke dalam dokumen Excel. Jangan lupa juga untuk menyimpan gambar yang telah di edit dan membagikannya melalui email atau aplikasi chatting. Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengambil screenshot pada program Excel di laptopmu dan membuat tugas-tugasmu lebih efisien.

Hai, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara screenshot di laptop excel yang mudah dan praktis. Sebelumnya, apakah kamu sering melakukan pekerjaan atau tugas menggunakan Microsoft Excel? Jika iya, pasti kamu pernah membutuhkan gambar dari file excel yang sedang kamu kerjakan, seperti grafik atau tabel yang ingin kamu simpan sebagai file terpisah. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan screenshot dengan cara berikut:

  1. Pertama-tama, buka file excel yang ingin kamu screenshot.
  2. Kemudian, pilih bagian yang ingin kamu screenshot.
  3. Selanjutnya, tekan tombol Print Screen pada keyboard laptop kamu.
  4. Buka program Paint atau aplikasi lain yang kamu gunakan untuk mengedit gambar.
  5. Paste gambar yang sudah kamu screenshot tadi dengan menekan tombol Ctrl + V.
  6. Setelah itu, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara klik File dan pilih Save As.
  7. Terakhir, beri nama file dan tentukan tempat penyimpanannya.

Cukup mudah, bukan? Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah membuat screenshot dari file excel yang kamu kerjakan. Selain itu, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot dari program atau aplikasi lainnya pada laptop kamu.Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa digunakan untuk mengambil screenshot dari satu jendela atau program saja. Jika kamu ingin mengambil screenshot dari beberapa jendela atau program sekaligus, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus seperti Snipping Tool atau Lightshot yang bisa kamu download secara gratis di internet.Dengan menguasai cara screenshot di laptop excel, kamu bisa lebih efektif dalam bekerja dan membuat tugas kamu lebih mudah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara ini ya! Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Cara Screenshot Di Laptop Excel. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaan di Excel. Dalam menggunakan software Excel, seringkali kita memerlukan screenshot untuk dokumentasi atau presentasi. Dengan menggunakan cara yang telah dijelaskan di artikel ini, diharapkan dapat memudahkan Anda dalam mengambil screenshot.

Perlu diingat bahwa fungsi screenshot ini sangat penting dalam bekerja di Excel. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memahami dengan baik cara menggunakannya. Jangan ragu untuk mencoba dan melatih kemampuan Anda agar semakin terampil dan efisien dalam menggunakan Excel. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi lainnya mengenai fitur-fitur Excel yang berguna untuk pekerjaan Anda sehari-hari.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu mencari informasi dan pengetahuan baru untuk meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Orang juga bertanya tentang Cara Screenshot Di Laptop Excel

  1. Bagaimana cara mengambil tangkapan layar di lembar kerja Excel?
  2. Buka lembar kerja Excel yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Tekan tombol PrtScn atau Print Screen pada keyboard Anda. Kemudian, buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop. Pilih opsi Paste atau Tempel untuk menempelkan tangkapan layar di program tersebut. Anda dapat menyunting dan menyimpan gambar tersebut sesuai keinginan Anda.

  3. Apakah ada cara untuk mengambil tangkapan layar hanya pada area tertentu di lembar kerja Excel?
  4. Ya, Anda dapat menggunakan fungsi Screenshot built-in di Excel. Buka lembar kerja Excel yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Pilih tab Insert di bagian atas jendela Excel. Klik opsi Screenshot dan pilih salah satu opsi Area Screenshot. Kemudian, pilih area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Gambar akan langsung muncul di lembar kerja Excel Anda.

  5. Apakah ada opsi lain selain menggunakan tombol PrtScn untuk mengambil tangkapan layar di lembar kerja Excel?
  6. Ya, ada opsi lain yang lebih mudah dan cepat. Buka lembar kerja Excel yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Tekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard Anda. Kemudian, pilih salah satu opsi Area Screenshot. Setelah itu, pilih area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Gambar akan langsung muncul di clipboard Anda dan Anda dapat langsung menempelkannya di program pengedit gambar atau lembar kerja Excel Anda.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di lembar kerja Excel dan membuat presentasi atau laporan yang lebih menarik dan profesional.

Video Cara Screenshot Di Laptop Excel

Visit Video