Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Cepat

1. Menggunakan tombol Print Screen
Anda dapat menggunakan tombol print screen sebagai cara screenshot di laptop dengan cepat. Cukup tekan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard Anda, lalu paste hasil tangkapan layar ke program pengolah gambar seperti Paint.

2. Menggunakan tombol Alt + Print Screen
Apabila Anda hanya ingin menangkap layar aktif, gunakan tombol Alt + Print Screen. Cara ini akan mengambil tangkapan layar windows yang sedang aktif.

3. Menggunakan Snipping Tool
Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat membantu Anda mengambil tangkapan layar secara selektif. Anda dapat menentukan area yang ingin Anda tangkap layar dengan Snipping Tool.

4. Menggunakan Shortcut Windows + Print Screen
Shortcut Windows + Print Screen bisa menjadi cara screenshot di laptop dengan cepat. Anda hanya perlu menekan kedua tombol ini secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar layar penuh. Hasil tangkapan layar akan secara otomatis disimpan di folder Screenshots di File Explorer.

5. Menggunakan aplikasi pihak ketiga
Banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan sebagai cara screenshot di laptop dengan cepat. Beberapa di antaranya, seperti Lightshot, memiliki fitur edit gambar yang sangat membantu.

6. Menggunakan tombol Windows + Shift + S
Cara screenshot di laptop dengan cepat lainnya adalah dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S. Tombol ini akan membuka fitur Snipping Tool, di mana Anda dapat menentukan area yang ingin dilepas.

7. Menggunakan tombol Ctrl + Print Screen
Anda juga dapat menggunakan tombol Ctrl + Print Screen sebagai cara screenshot di laptop dengan cepat. Cara ini akan mengambil tangkapan layar layar penuh.

8. Menggunakan aplikasi Paint 3D
Jika Anda ingin menambahkan efek 3D pada tangkapan layar Anda, gunakan aplikasi Paint 3D. Aplikasi ini dapat membantu Anda menciptakan hasil tangkapan layar yang lebih menarik.

9. Menggunakan tombol Windows + G
Cara screenshot di laptop dengan cepat lainnya adalah dengan menggunakan tombol Windows + G. Tombol ini akan membuka fitur Game Bar, yang dapat digunakan untuk merekam aksi di layar.

10. Menggunakan aplikasi Evernote
Aplikasi Evernote selain dapat digunakan untuk mencatat, juga memiliki fitur screenshot. Anda dapat mengambil tangkapan layar yang ingin Anda simpan langsung di dalam aplikasi Evernote.

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Cepat

Cara screenshot di laptop dengan cepat. Gunakan tombol Print Screen atau aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Snipping Tool.

Apakah kamu sering membutuhkan screenshot saat bekerja atau belajar dengan laptop? Jika iya, maka kamu harus mengetahui cara screenshot di laptop dengan cepat. Tanpa harus membuang waktu mencari tombol print screen, kamu bisa menggunakan beberapa trik yang akan saya bagikan di sini. Pertama-tama, kamu bisa menggunakan tombol Windows + Print Screen untuk mengambil screenshot langsung ke folder gambar. Atau, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Snipping Tool untuk memotong area tertentu pada layar. Dengan mengetahui cara ini, kamu dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja atau belajar dengan laptop.

Pendahuluan

Screenshot atau tangkapan layar merupakan salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna laptop maupun komputer. Screenshot berfungsi untuk mengambil gambar atau tampilan layar pada saat tertentu. Misalnya, ketika melakukan presentasi atau ingin menyimpan sebuah informasi yang terdapat pada layar. Cara mengambil screenshot pada laptop sebenarnya cukup mudah dan cepat dilakukan.

1. Menekan Tombol Print Screen

Tombol

Cara pertama untuk mengambil screenshot pada laptop adalah dengan menekan tombol print screen atau prt sc. Tombol print screen biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard laptop. Setelah menekan tombol tersebut, gambar layar akan disimpan ke dalam clipboard. Selanjutnya, Anda dapat melakukan paste pada aplikasi seperti Microsoft Word atau Paint untuk menyimpan gambar tersebut.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Tombol

Cara kedua adalah menggunakan kombinasi tombol windows + print screen. Dengan cara ini, gambar layar akan langsung disimpan ke dalam folder Pictures dengan format file png. Anda dapat membuka folder tersebut untuk melihat hasil screenshot yang telah diambil.

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara ketiga adalah menggunakan kombinasi tombol alt + print screen. Dengan cara ini, hanya bagian aktif yang terdapat pada layar yang akan diambil screenshot-nya. Setelah menekan tombol tersebut, gambar akan disimpan ke dalam clipboard dan dapat langsung ditempel pada aplikasi seperti Microsoft Word atau Paint.

4. Menggunakan Aplikasi Screenshot

Aplikasi

Cara terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi screenshot. Anda dapat mengunduh aplikasi screenshot dari internet seperti Lightshot atau Greenshot. Aplikasi screenshot ini memudahkan pengguna untuk mengambil gambar layar dengan mudah dan memiliki fitur-fitur tambahan seperti memberikan anotasi pada gambar dan mengirimkan gambar secara langsung melalui email atau social media.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan empat cara mengambil screenshot pada laptop dengan cepat dan mudah. Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Cara screenshot di laptop dengan cepat dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Cukup tekan tombol Print Screen atau PrtSc, lalu paste hasil tangkapan layar ke program pengolah gambar seperti Paint. Namun, jika Anda hanya ingin menangkap layar aktif, gunakan tombol Alt + Print Screen. Cara ini akan mengambil tangkapan layar windows yang sedang aktif. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti Snipping Tool. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menentukan area yang ingin Anda tangkap layar secara selektif. Ada juga shortcut Windows + Print Screen yang bisa menjadi cara screenshot di laptop dengan cepat. Anda hanya perlu menekan kedua tombol ini secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar layar penuh. Hasil tangkapan layar akan disimpan secara otomatis di folder Screenshots di File Explorer.Jika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, terdapat banyak pilihan, seperti Lightshot yang memiliki fitur edit gambar yang sangat membantu. Selain itu, ada juga cara screenshot di laptop dengan cepat lainnya yaitu dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S, yang akan membuka fitur Snipping Tool, di mana Anda dapat menentukan area yang ingin dilepas. Anda juga dapat menggunakan tombol Ctrl + Print Screen sebagai cara screenshot di laptop dengan cepat, yang akan mengambil tangkapan layar layar penuh. Untuk membuat hasil tangkapan layar yang lebih menarik, Anda dapat menggunakan aplikasi Paint 3D yang dapat membantu Anda menciptakan efek 3D pada tangkapan layar. Jika ingin merekam aksi di layar, Anda bisa menggunakan tombol Windows + G yang membuka fitur Game Bar. Terakhir, jika ingin mengambil tangkapan layar dan langsung menyimpannya dalam aplikasi, Anda dapat menggunakan aplikasi Evernote yang selain dapat digunakan untuk mencatat, juga memiliki fitur screenshot. Dengan begitu banyak pilihan cara screenshot di laptop dengan cepat, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jangan lupa untuk selalu memeriksa hasil tangkapan layar sebelum menyimpannya agar tidak terjadi kesalahan atau kehilangan informasi penting.

Ketika kita sedang menggunakan laptop, terkadang kita ingin mengambil gambar tampilan layar sebagai bukti atau untuk keperluan lainnya. Nah, untuk mengambil gambar tampilan layar tersebut, kita bisa melakukan cara screenshot di laptop dengan cepat. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan:

  1. Buka tampilan layar yang ingin diambil gambarnya.
  2. Tekan tombol PrtScn di keyboard untuk mengambil screenshot seluruh tampilan layar. Jika ingin mengambil screenshot hanya dari tampilan aktif, tekan tombol Alt + PrtScn.
  3. Buka program pengolah gambar seperti paint, photoshop, atau aplikasi pengolah gambar lainnya.
  4. Pilih Paste atau tekan tombol Ctrl + V untuk meletakkan gambar screenshot pada halaman pengolah gambar.
  5. Jika ingin menyimpan gambar screenshot, pilih menu Save As dan tentukan nama serta format file yang diinginkan.

Dengan cara screenshot di laptop yang cepat dan mudah ini, kita dapat mengambil gambar tampilan layar dengan praktis dan efisien. Selain itu, kita juga dapat menggunakan fitur screenshot ini untuk membuat tutorial atau mengambil gambar tampilan layar yang menarik untuk dibagikan kepada teman-teman. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara screenshot di laptop dengan cepat ini ya!

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara screenshot di laptop dengan cepat. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mengambil gambar layar yang diperlukan untuk keperluan Anda.

Jangan lupa bahwa setiap laptop memiliki cara screenshot yang berbeda-beda, namun pada dasarnya semuanya sangat mudah untuk dilakukan. Jadi, jangan takut untuk mencoba dan bereksperimen dengan laptop Anda sendiri.

Kami berharap artikel ini memberikan manfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar atau pertanyaan di bawah ini jika ada hal yang ingin Anda tanyakan. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

1. Bagaimana cara screenshot di laptop dengan cepat?– Untuk screenshot seluruh layar pada laptop Windows, tekan tombol Print Screen pada keyboard- Untuk screenshot bagian tertentu pada laptop Windows, tekan tombol Windows + Shift + S dan pilih area yang ingin diambil- Untuk screenshot pada laptop Mac, tekan tombol Command + Shift + 3 untuk screenshot seluruh layar atau Command + Shift + 4 untuk memilih area yang ingin diambil2. Apakah bisa melakukan screenshot menggunakan aplikasi tambahan?– Ya, beberapa aplikasi seperti Snipping Tool atau Lightshot dapat membantu untuk melakukan screenshot dengan lebih mudah dan cepat3. Di mana saya dapat menemukan screenshot yang sudah diambil?– Screenshot pada laptop Windows akan disimpan secara otomatis di folder Pictures/Screenshots- Screenshot pada laptop Mac akan disimpan di desktop atau di folder Screenshots4. Bagaimana jika saya ingin mengedit screenshot yang sudah diambil?– Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit gambar seperti Paint pada laptop Windows atau Preview pada laptop Mac untuk mengedit screenshot yang sudah diambil

Sebagai asisten AI yang kreatif, saya sangat senang membantu menjawab pertanyaan Anda tentang cara screenshot di laptop dengan cepat. Silakan ikuti langkah-langkah yang telah disebutkan atau gunakan aplikasi tambahan untuk membuat proses screenshot menjadi lebih mudah dan efisien. Jangan lupa untuk mengecek folder tempat screenshot disimpan dan mengeditnya jika diperlukan. Selamat mencoba!

Video Cara Screenshot Di Laptop Dengan Cepat

Visit Video