Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Acer Aspire 5

1. Cara Screenshot dengan Tombol Print Screen
Anda dapat melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5 dengan mudah melalui tombol Print Screen. Tekan tombol tersebut saat layar yang ingin Anda capture sedang aktif, dan simpan hasil screenshot di aplikasi pengolah gambar.

2. Cara Screenshot Khusus Jendela Aktif
Jika Anda hanya ingin mengambil gambar jendela aktif saja, gunakan shortcut Alt + Print Screen. Dengan demikian, screenshot hanya akan menampilkan jendela yang sedang Anda gunakan, tidak memasukkan gambar di luar jendela tersebut.

3. Buka Fitur Snipping Tool
Salah satu tools bawaan Windows yang bisa dipakai untuk screenshot adalah Snipping Tool. Buka fitur ini, lalu pilih jenis screenshot yang ingin dilakukan: full-screen, window, rectangular, atau free-form. Setelah itu, simpan file hasil screenshot sesuai keinginan.

4. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga
Jika Anda ingin screenshot dengan lebih banyak pilihan, Anda bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, dan lainnya. Setelah menginstall aplikasi, Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia, seperti screenshot dengan anotasi atau screenshot yang langsung bisa diupload ke cloud storage.

5. Tambahkan Shortcut Sendiri
Jika shortcut bawaan pada laptop Anda kurang memuaskan, Anda bisa membuat shortcut sendiri dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AutoHotkey. Anda hanya perlu mengatur kombinasi tombol mana yang akan digunakan untuk screenshot, dan setting software AutoHotkey sesuai kebutuhan.

6. Gunakan Ekstensi Browser
Jika Anda ingin screenshot dari website atau halaman web tertentu, Ekstensi browser seperti Fireshot atau Awesome Screenshot bisa membantu. Anda tinggal meng-install ekstensi, dan nantinya akan muncul tombol screenshot saat Anda membuka halaman web yang ingin di-capture.

7. Command Prompt
Bagi Anda yang terbiasa dengan command prompt, bisa menggunakan perintah SnippingTool untuk screenshot khusus, atau menggunakan tombol PrtSc untuk screenshot layar penuh. Hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder Screenshot di Pictures.

8. Aktifkan Gambar Fitur Windows
Fitur bawaan Windows bernama Gambar (atau Photos) juga bisa dimanfaatkan untuk screenshot. Buka aplikasi Gambar, pilih New, lalu pilih Screenshot. Anda akan disuguhkan beberapa opsi screenshot, seperti Screenshot Jendela atau Screenshot Layar Penuh.

9. Gunakan Aplikasi Edit Gambar
Selain screenshot, tentunya Anda juga ingin mengedit gambar sesuai keinginan. Ada banyak aplikasi pengedit gambar gratis yang bisa Anda unduh, seperti GIMP atau Photoscape. Setelah mengedit hasil tangkapan screenshot, Anda bisa menyimpannya ke dalam berbagai format file, seperti JPG atau PNG.

10. Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan
Tips terakhir untuk melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5: pastikan Anda sudah menonaktifkan fitur Night Light, karena fitur ini akan mempengaruhi warna hasil screenshot. Jika Anda menggunakan fitur CTRL+ALT+PRINT SCREEN, maka hasil screenshot akan disimpan langsung ke dalam Clipboard, jadi Anda perlu membuka aplikasi pengolah gambar terlebih dahulu sebelum bisa men-simpan file.

Cara Screenshot Di Laptop Acer Aspire 5

Pelajari cara screenshot di laptop Acer Aspire 5 dengan mudah dan cepat. Ikuti panduan sederhana ini untuk mengambil gambar layar Anda.

Apakah Anda sedang mencari cara screenshot di laptop Acer Aspire 5? Jangan khawatir, karena di sini kami akan memberikan panduan lengkap untuk membantu Anda mengambil screenshot dengan mudah dan cepat. Pertama-tama, pastikan laptop Anda sudah terhubung ke jaringan internet dan aplikasi yang ingin Anda screenshot sudah terbuka di layar. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama.

Pertama-tama, tekan tombol Windows dan PrtScn secara bersamaan untuk mengambil screenshot seluruh layar. Namun, jika Anda hanya ingin mengambil screenshot pada bagian tertentu dari layar, gunakan kombinasi tombol Windows, Shift dan S untuk memilih area yang ingin diambil. Setelah itu, buka aplikasi Paint atau Microsoft Word dan tekan Ctrl + V untuk menyisipkan screenshot ke dalam dokumen. Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah membagikan hasil screenshot ke teman-teman atau kolega Anda.

Sekarang, Anda sudah tahu cara screenshot di laptop Acer Aspire 5 dengan mudah dan praktis. Ingatlah untuk selalu memeriksa pengaturan keyboard dan aplikasi yang Anda gunakan sebelum mengambil screenshot, agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam aktivitas sehari-hari!

Pengenalan

Acer Aspire 5 adalah salah satu laptop yang populer saat ini. Laptop ini dilengkapi dengan banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas. Salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna adalah fitur screenshot. Screenshot merupakan fitur yang sangat berguna untuk mengambil gambar atau tampilan layar laptop. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara screenshot di laptop Acer Aspire 5.

Cara Screenshot dengan Tombol Print Screen

Cara

Cara pertama untuk melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5 adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Caranya cukup mudah, yaitu:

Langkah 1

Pastikan tampilan layar yang ingin diambil sudah muncul di layar laptop.

Langkah 2

Tekan tombol Print Screen pada keyboard laptop.

Langkah 3

Buka aplikasi Paint atau aplikasi pengolah gambar lainnya.

Langkah 4

Pada aplikasi tersebut, tekan tombol Ctrl+V untuk menempelkan gambar yang sudah di-screenshot tadi.

Langkah 5

Simpan gambar dengan cara klik tombol Save atau Save As.

Cara Screenshot dengan Tombol Windows+Print Screen

Cara

Cara kedua untuk melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5 adalah dengan menggunakan tombol Windows+Print Screen. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

Langkah 1

Pastikan tampilan layar yang ingin diambil sudah muncul di layar laptop.

Langkah 2

Tekan tombol Windows+Print Screen pada keyboard laptop.

Langkah 3

Gambar screenshot akan otomatis disimpan di folder Pictures > Screenshots.

Cara Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara

Cara ketiga untuk melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5 adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang dapat digunakan, seperti Snipping Tool, Greenshot, Lightshot, dan lain sebagainya. Salah satu aplikasi terbaik adalah Snagit. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Download dan install aplikasi Snagit di laptop Acer Aspire 5.

Langkah 2

Buka aplikasi Snagit.

Langkah 3

Pilih opsi Capture pada menu utama.

Langkah 4

Pilih jenis screenshot yang ingin diambil, seperti full screen, area, window, atau scrolling.

Langkah 5

Klik tombol Capture untuk mengambil screenshot.

Langkah 6

Simpan gambar dengan cara klik tombol Save atau Save As.

Kesimpulan

Itulah tiga cara mudah untuk melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5. Pengguna dapat memilih salah satu cara yang paling mudah atau sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan menggunakan fitur screenshot, pengguna dapat dengan mudah mengambil gambar atau tampilan layar laptop untuk berbagai keperluan.

Cara Screenshot di Laptop Acer Aspire 5Apakah Anda sering membutuhkan screenshot saat bekerja di laptop Acer Aspire 5? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengambil gambar layar, mulai dari menggunakan tombol Print Screen hingga aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah beberapa cara screenshot di laptop Acer Aspire 5 yang bisa Anda coba.1. Cara Screenshot dengan Tombol Print ScreenCara pertama yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Tekan tombol tersebut saat layar yang ingin Anda capture sedang aktif, dan simpan hasil screenshot di aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop. Namun, perlu diingat bahwa tombol Print Screen hanya akan mengambil gambar layar penuh, tidak bisa mengambil gambar jendela aktif saja.2. Cara Screenshot Khusus Jendela AktifJika Anda hanya ingin mengambil gambar jendela aktif saja, gunakan shortcut Alt + Print Screen. Dengan demikian, screenshot hanya akan menampilkan jendela yang sedang Anda gunakan, tidak memasukkan gambar di luar jendela tersebut.3. Buka Fitur Snipping ToolSalah satu tools bawaan Windows yang bisa dipakai untuk screenshot adalah Snipping Tool. Buka fitur ini, lalu pilih jenis screenshot yang ingin dilakukan: full-screen, window, rectangular, atau free-form. Setelah itu, simpan file hasil screenshot sesuai keinginan.4. Pakai Aplikasi Pihak KetigaJika Anda ingin screenshot dengan lebih banyak pilihan, Anda bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, dan lainnya. Setelah menginstall aplikasi, Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia, seperti screenshot dengan anotasi atau screenshot yang langsung bisa diupload ke cloud storage.5. Tambahkan Shortcut SendiriJika shortcut bawaan pada laptop Anda kurang memuaskan, Anda bisa membuat shortcut sendiri dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AutoHotkey. Anda hanya perlu mengatur kombinasi tombol mana yang akan digunakan untuk screenshot, dan setting software AutoHotkey sesuai kebutuhan.6. Gunakan Ekstensi BrowserJika Anda ingin screenshot dari website atau halaman web tertentu, Ekstensi browser seperti Fireshot atau Awesome Screenshot bisa membantu. Anda tinggal meng-install ekstensi, dan nantinya akan muncul tombol screenshot saat Anda membuka halaman web yang ingin di-capture.7. Command PromptBagi Anda yang terbiasa dengan command prompt, bisa menggunakan perintah SnippingTool untuk screenshot khusus, atau menggunakan tombol PrtSc untuk screenshot layar penuh. Hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder Screenshot di Pictures.8. Aktifkan Gambar Fitur WindowsFitur bawaan Windows bernama Gambar (atau Photos) juga bisa dimanfaatkan untuk screenshot. Buka aplikasi Gambar, pilih New, lalu pilih Screenshot. Anda akan disuguhkan beberapa opsi screenshot, seperti Screenshot Jendela atau Screenshot Layar Penuh.9. Gunakan Aplikasi Edit GambarSelain screenshot, tentunya Anda juga ingin mengedit gambar sesuai keinginan. Ada banyak aplikasi pengedit gambar gratis yang bisa Anda unduh, seperti GIMP atau Photoscape. Setelah mengedit hasil tangkapan screenshot, Anda bisa menyimpannya ke dalam berbagai format file, seperti JPG atau PNG.10. Beberapa Hal yang Perlu DiperhatikanAda beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5. Pertama, pastikan Anda sudah menonaktifkan fitur Night Light, karena fitur ini akan mempengaruhi warna hasil screenshot. Kedua, jika Anda menggunakan fitur CTRL+ALT+PRINT SCREEN, maka hasil screenshot akan disimpan langsung ke dalam Clipboard, jadi Anda perlu membuka aplikasi pengolah gambar terlebih dahulu sebelum bisa men-simpan file.Dengan mengetahui beberapa cara screenshot di laptop Acer Aspire 5, Anda dapat memilih cara yang paling mudah dan efisien bagi Anda. Selamat mencoba!

Cara Screenshot Di Laptop Acer Aspire 5 sangatlah mudah dan simpel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan tampilan yang ingin diambil screenshot-nya sedang aktif di layar.
  2. Tekan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard laptop Acer Aspire 5 secara bersamaan dengan tombol Fn.
  3. Setelah itu, buka aplikasi Paint atau Microsoft Word.
  4. Pada aplikasi tersebut, tekan tombol Ctrl dan V secara bersamaan untuk menempelkan gambar screenshot yang sudah diambil tadi.
  5. Edit gambar sesuai keinginan, kemudian simpan sebagai file gambar.

Menurut pengalaman saya, Cara Screenshot Di Laptop Acer Aspire 5 ini sangatlah efektif dan praktis. Dengan hanya beberapa langkah sederhana, kita dapat mengambil screenshot tampilan layar dengan mudah. Proses pengeditan juga dapat dilakukan langsung pada aplikasi Paint atau Microsoft Word, sehingga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Selain itu, tombol Print Screen pada keyboard juga sangat mudah diakses. Sehingga, saya sangat merekomendasikan cara ini untuk dijadikan pilihan utama dalam mengambil screenshot di laptop Acer Aspire 5.

Hallo pembaca, terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami tentang cara screenshot di laptop Acer Aspire 5. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk mengambil gambar layar di laptop.

Kami berharap setelah membaca artikel ini, Anda bisa lebih mudah dan cepat dalam mengambil gambar layar dengan menggunakan tombol-tombol yang ada di keyboard Acer Aspire 5. Selain itu, kami juga telah memberikan alternatif lain untuk mengambil screenshot dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot.

Kami selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi. Terima kasih kembali atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Sebagai aspek penting dalam menggunakan laptop, melakukan screenshot menjadi tugas yang sering dilakukan oleh pengguna. Bagi pengguna Acer Aspire 5, mungkin masih bingung tentang Cara Screenshot Di Laptop Acer Aspire 5. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna Acer Aspire 5:

  1. Bagaimana cara melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5?

    Jawab: Untuk melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Tekan tombol tersebut untuk mengambil gambar layar penuh. Setelah itu, Anda dapat mempaste gambar ke aplikasi seperti Paint atau Word dan menyimpannya.

  2. Apakah ada alternatif lain untuk melakukan screenshot di laptop Acer Aspire 5?

    Jawab: Selain menggunakan tombol Print Screen, Anda juga dapat menggunakan tombol Windows+Print Screen untuk langsung menyimpan screenshot ke folder Screenshots di Pictures. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snipping Tool atau Lightshot untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah dan cepat.

  3. Bagaimana jika saya ingin mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu dari layar?

    Jawab: Untuk mengambil screenshot pada bagian tertentu dari layar, Anda dapat menggunakan aplikasi Snipping Tool atau Lightshot. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat menentukan area yang ingin diambil dan menyimpannya dengan mudah.

Dengan mengetahui cara screenshot di laptop Acer Aspire 5, Anda dapat dengan mudah mengambil gambar layar untuk kebutuhan tertentu. Cobalah beberapa metode yang disebutkan di atas dan temukan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Video Cara Screenshot Di Laptop Acer Aspire 5

Visit Video