Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Mengumpulkan Informasi tentang Posisi yang Dilamar

Sebelum menulis surat lamaran kerja, penting untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang posisi yang ingin Anda lamar. Artikel dan persyaratan pekerjaan yang menarik dapat memberikan pandangan tentang apa yang dicari oleh perusahaan. Pastikan bahwa Anda memahami persyaratan dan kualifikasi, semuanya membaca sebelum Anda mulai menuliskan surat lamaran kerja.

2. Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Perusahaan

Surat lamaran kerja harus menyesuaikan dengan perusahaan yang Anda lamar. Ini menunjukkan bahwa surat lamaran kerja Anda tidak bersifat umum atau sampah. Ketika mencari rujukan yang bisa mengindikasikan kebutuhan yang ternyata unik dan eksklusif dari perusahaan seperti itu, dan dapat dibawa ke dalam tulisan Anda.

3. Menjelaskan Bagaimana Anda Dapat Memberikan Nilai Tambah

Pendekatan yang baik dalam surat lamaran kerja adalah menunjukkan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Pikirkan mengenai apa yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan, baik dalam hal pengalaman kerja maupun rencana untuk berkembang. Tunjukan dengan cara yang positif, mengenai bagaimana Anda dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya dan target operasional.

4. Buat CV yang Tepat

Membuat CV yang cocok dengan posisi pekerjaan yang dilamar sangat penting. Pastikan informasi yang ada mencakup pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan prestasi akademik yang relevan dan memadai.

5. Bersikap Positif dan Enggagement

Surat lamaran kerja harus menunjukkan keinginan dan semangat untuk bergabung dengan perusahaan. Ini menunjukkan kasih sayang dan kegembiraan Anda untuk bekerja di dalam perusahaan tersebut. Berikan alasan mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut.

6. Hindari Penggunaan Klise

Hindari menggunakan kata-kata klise dalam surat lamaran kerja, seperti “sangat tertarik”, “cocok”, “adil”, atau “pending a professional response”. Kata-kata seperti ini sangat umum dan mungkin tidak memberikan pemahaman yang tepat kedalam profil Anda sebagai calon pekerja.

7. Buat Paragraf Pembuka Menarik

Mulailah surat lamaran kerja Anda dengan paragraf pembuka yang menarik. Tuliskan adanya motivasi diri sendiri terhadap pekerjaan yang dilamar dan ungkapkan alasan mengapa Anda tertarik dalam posisi tersebut.

8. Hindari Kesalahan dalam Penulisan

Hindari kesalahan penulisan dalam surat lamaran kerja, seperti salah ejaan atau tata bahasa yang salah. Surat lamaran kerja yang hancur dan untukku mengindikasikan ketidakprofessionalan dan kurangnya perhatian terhadap detail yang sangat penting.

9. Fokus pada Kemampuan yang Dimiliki

Fokus pada kemampuan yang dimiliki dalam surat lamaran kerja. Jangan terlalu memfokuskan kepada pengalaman kerja saja, fokus pada kepemilikan keterampilan dan keunikan yang membawa kendaraan nilai-modal yang berguna untuk perusahaan.

10. Selalu Tampilkan Rasa Terima Kasih

Akhir surat adalah tempat untuk menampilkan rasa terima kasih kepada perusahaan. Tunjukan bahwa Anda senang dan bersyukur mendapat kesempatan untuk melamar pekerjaan tersebut.gunakan bahasa yang lebih profesional dan sopan untuk menyampaikan rasa terima kasih.

Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Foto tutorial cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Pelajari tips dan triknya untuk memaksimalkan kesempatanmu dalam mendapatkan pekerjaan!

Ada satu hal yang tidak bisa dipungkiri ketika mencari pekerjaan, yaitu membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja menjadi salah satu dokumen penting yang harus disiapkan sebelum melamar pekerjaan. Namun, banyak di antara kita yang merasa kesulitan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan foto cara membuat surat lamaran kerja yang dapat membantu Anda.

Pertama-tama, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengetahui informasi tentang perusahaan yang akan dilamar. Hal ini sangat penting untuk menyesuaikan bahasa dan gaya penulisan surat lamaran kerja. Selanjutnya, pastikan bahwa surat lamaran kerja yang dibuat memiliki struktur yang jelas dan teratur. Tidak hanya itu, gunakan juga kata-kata yang persuasif dan menarik perhatian pembaca, agar surat lamaran kerja Anda terlihat lebih profesional.

Tidak perlu khawatir jika Anda masih merasa bingung untuk membuat surat lamaran kerja yang tepat. Dengan melihat foto cara membuat surat lamaran kerja, Anda dapat dengan mudah memahami langkah-langkah yang harus diikuti dan memperoleh inspirasi untuk menulis surat lamaran kerja yang efektif. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pelajari foto cara membuat surat lamaran kerja dan siapkan diri untuk memperoleh pekerjaan impian Anda.

Pengantar

Logo

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat memang tidak mudah. Tapi, sebelum itu, pastikan kamu sudah menyiapkan surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian. Surat lamaran kerja menjadi salah satu faktor penting dalam proses rekrutmen, karena ini adalah cara kamu untuk memperkenalkan diri kepada calon perusahaan. Berikut adalah informasi tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Informasi Perusahaan

Informasi

Sebelum memulai membuat surat lamaran kerja, pastikan kamu telah mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Informasi tersebut dapat berupa visi, misi, nilai-nilai, produk atau jasa yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui informasi tersebut, kamu bisa membuat surat lamaran kerja yang lebih personal dan relevan dengan perusahaan yang kamu lamar.

Format Surat Lamaran Kerja

Format

Format surat lamaran kerja memiliki aturan yang jelas. Gunakan kertas A4 dan tulis dengan font yang mudah dibaca, seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12. Selain itu, pastikan kamu menyebutkan alamat perusahaan yang dituju, tanggal pembuatan surat, subjek surat, dan informasi kontak diri kamu.

Pembukaan Surat Lamaran Kerja

Pembukaan

Awali surat lamaran kerja dengan menyebutkan nama perusahaan dan jabatan yang kamu lamar. Jangan lupa sertakan kalimat pengantar yang menjelaskan minat kamu terhadap perusahaan tersebut. Buatlah kalimat pembuka yang menarik dan membuat perekrut tertarik untuk membaca seluruh isi surat lamaran kerja kamu.

Isi Surat Lamaran Kerja

Isi

Pada bagian isi surat lamaran kerja, kamu dapat menjelaskan tentang diri kamu, kualifikasi pendidikan, dan pengalaman kerja. Jangan lupa sertakan kelebihan kamu yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Tulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta tetap relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Tentang Diri Kamu

Tentang

Ceritakan tentang diri kamu, termasuk minat, hobi, atau organisasi yang pernah kamu ikuti. Jangan menulis terlalu banyak, cukup satu atau dua kalimat saja.

Pendidikan

Pendidikan

Tuliskan kualifikasi pendidikan kamu secara lengkap, termasuk nama institusi, jurusan, tahun lulus, dan IPK. Jika kamu memiliki sertifikat atau penghargaan lain yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, kamu bisa menyertakannya juga.

Pengalaman Kerja

Pengalaman

Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tuliskan posisi dan tanggung jawab kamu di perusahaan tersebut. Sertakan juga pencapaian atau hasil kerja yang pernah kamu raih. Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman magang atau kegiatan lain yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Kelebihan Kamu

Kelebihan

Tuliskan kelebihan kamu yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Misalnya, kemampuan berkomunikasi yang baik, kreativitas, atau kemampuan menjawab tantangan dengan cepat. Jangan lupa sertakan contoh nyata dari pengalaman kamu sebelumnya.

Penutup Surat Lamaran Kerja

Penutup

Pada bagian penutup surat lamaran kerja, kamu dapat memasukkan kalimat penutup yang menunjukkan keinginan kamu untuk diundang wawancara. Jangan lupa sertakan ucapan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap kamu.

Lampiran Surat Lamaran Kerja

Lampiran

Jika kamu memiliki lampiran seperti CV atau portofolio, sertakan dalam surat lamaran kerja kamu. Lampiran tersebut dapat membantu perekrut untuk lebih memahami kualifikasi dan pengalaman kamu.

Kesimpulan

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja memang tidak mudah, tapi dengan mengikuti panduan yang telah disebutkan di atas, kamu dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian. Pastikan juga untuk selalu menyesuaikan surat lamaran kerja kamu dengan posisi yang kamu lamar dan perusahaan yang akan kamu tuju. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses dalam mencari pekerjaan impian kamu!

Sebelum Anda menulis surat lamaran kerja, pastikan untuk mengumpulkan informasi tentang posisi yang ingin Anda lamar. Baca artikel dan persyaratan pekerjaan yang menarik untuk memahami persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Setelah itu, sesuaikanlah surat lamaran kerja dengan perusahaan yang Anda lamar agar terlihat lebih spesifik dan terfokus. Jangan lupa untuk menjelaskan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan menunjukkan semangat serta kesediaan bergabung dengan perusahaan tersebut. Selain itu, pastikan CV yang Anda buat cocok dengan posisi pekerjaan yang dilamar dan hindari penggunaan kata-kata klise. Mulailah surat lamaran kerja Anda dengan paragraf pembuka yang menarik dan selalu tampilkan rasa terima kasih di akhir surat. Ingatlah untuk selalu fokus pada kemampuan yang dimiliki dan hindari kesalahan penulisan yang dapat mengindikasikan ketidakprofessionalan.

Cerita tentang Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Saya adalah seorang pencari kerja yang sedang mencari pekerjaan baru. Saya telah mengirimkan banyak surat lamaran kerja, tetapi saya selalu gagal mendapatkan panggilan wawancara.

Suatu hari, saya menemukan sebuah artikel tentang Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di internet. Saya merasa penasaran dan ingin mencoba untuk membuat surat lamaran kerja yang lebih baik.

Setelah membaca artikel tersebut, saya belajar bahwa membuat surat lamaran kerja yang bagus tidak hanya tentang menyertakan pengalaman dan keterampilan saya. Namun juga harus memperhatikan cara penulisan dan format surat lamaran kerja.

Berikut adalah beberapa poin penting yang saya pelajari tentang Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja:

  1. Pilih format surat yang tepat. Saya memilih format surat formal dengan menggunakan font yang mudah dibaca dan ukuran font yang sesuai.
  2. Gunakan bahasa yang sopan dan jelas. Saya memastikan bahwa surat lamaran kerja saya tidak memiliki kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  3. Sertakan informasi kontak yang jelas. Saya menyertakan informasi kontak saya seperti nomor telepon dan alamat email yang mudah dihubungi oleh perusahaan.
  4. Menjelaskan mengapa saya cocok untuk pekerjaan tersebut. Saya menjelaskan mengapa saya tertarik dan cocok untuk pekerjaan tersebut dengan mengacu pada pengalaman dan keterampilan saya.
  5. Jangan menggunakan kalimat yang klise. Saya memastikan bahwa surat lamaran kerja saya tidak terdengar seperti copy-paste dari surat lamaran kerja orang lain. Saya mencoba memberikan sentuhan personal dalam surat tersebut.

Saya merasa senang setelah menyelesaikan surat lamaran kerja baru saya. Saya mengirimkan surat tersebut dan menunggu dengan harapan akan mendapatkan panggilan wawancara.

Pada akhirnya, surat lamaran kerja baru saya berhasil. Saya mendapatkan panggilan wawancara dan berhasil mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan. Saya merasa terbantu dengan adanya artikel tentang Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan saya sangat merekomendasikan bagi anda yang sedang mencari pekerjaan untuk membaca artikel tersebut.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami tentang Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja. Kami berharap artikel ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan atau ingin meningkatkan kualitas surat lamaran kerja Anda.

Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda dapat memahami pentingnya membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian pihak perusahaan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami bahas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang profesional dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan.

Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kualitas diri Anda agar dapat bersaing dengan pelamar lainnya. Teruslah belajar dan mencari informasi terbaru tentang dunia kerja. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan impian Anda!

Orang-orang sering bertanya tentang Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dan jawabannya:

  1. Apakah saya harus menyertakan foto dalam surat lamaran kerja?

    Jawabannya tergantung pada kebijakan perusahaan yang Anda lamar. Beberapa perusahaan meminta pelamar untuk menyertakan foto dalam surat lamaran kerja, sedangkan yang lain tidak. Jika perusahaan tersebut tidak meminta foto, sebaiknya Anda tidak menyertakannya.

  2. Bagaimana cara mengambil foto yang baik untuk surat lamaran kerja?

    Sebaiknya Anda mengambil foto dengan latar belakang yang sederhana dan bersih, seperti dinding putih atau biru. Pastikan pula pencahayaan cukup dan fokus pada wajah Anda. Jangan lupa tersenyum dan berpakaian formal.

  3. Apakah saya boleh menggunakan foto selfie untuk surat lamaran kerja?

    Tidak disarankan. Sebaiknya Anda menggunakan foto yang diambil oleh orang lain atau di tempat yang sesuai untuk mengambil foto formal.

  4. Apakah ukuran foto untuk surat lamaran kerja harus sesuai standar?

    Iya, sebaiknya ukuran foto sesuai standar, yaitu 3×4 cm atau 4×6 cm. Pastikan pula kualitas foto cukup baik dan tidak pecah.

  5. Apakah saya harus mengedit foto sebelum dimasukkan ke dalam surat lamaran kerja?

    Tidak perlu mengedit foto terlalu banyak. Sebaiknya foto yang dimasukkan ke dalam surat lamaran kerja adalah foto asli tanpa filter atau efek yang berlebihan.

Ingatlah bahwa foto dalam surat lamaran kerja hanyalah pelengkap saja. Yang lebih penting adalah konten dari surat lamaran kerja itu sendiri. Pastikan Anda menulis surat lamaran kerja dengan baik dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Semoga berhasil!

Video Foto Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Visit Video