Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Langsung Crop

1. Siapkan layar yang ingin Anda screenshot
2. Pastikan area layar yang ingin diambil sudah terlihat jelas
3. Tekan tombol “Print Screen” di keyboard laptop Anda
4. Buka aplikasi “Paint” atau program pengolah gambar lainnya
5. Tekan Ctrl+V pada keyboard untuk melakukan paste dari screenshot yang sudah diambil
6. Gunakan alat seleksi di aplikasi pengolah gambar untuk menyeleksi bagian layar yang ingin di-crop
7. Tekan tombol “Crop” di aplikasi pengolah gambar atau Anda bisa juga menekan Ctrl+Shift+X di Paint
8. Bagian layar yang Anda seleksi tadi akan ter-crop menjadi gambar baru
9. Jika ingin menyimpannya, klik File > Save As dan simpan dengan format gambar yang diinginkan
10. Selesai, Anda sekarang sudah bisa crop screenshot di laptop secara langsung tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Cara Screenshot Di Laptop Langsung Crop

Cara screenshot di laptop langsung crop dengan mudah dan cepat. Simak tutorial lengkapnya di sini dan dapatkan hasil gambar yang lebih rapi.

Apakah kamu tahu cara screenshot di laptop langsung crop? Jika belum, maka kamu harus membaca artikel ini sekarang juga! Dalam dunia digital yang semakin berkembang, kita seringkali membutuhkan tangkapan layar untuk berbagai keperluan. Namun, seringkali tangkapan layar tersebut masih memerlukan editing agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Nah, dengan cara screenshot di laptop langsung crop, kamu bisa menghemat waktu untuk melakukan editing dan langsung mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu.

Memahami Screenshot

Sebelum membahas cara untuk melakukan screenshot dan langsung crop di laptop, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu screenshot. Screenshot adalah proses mengambil gambar dari tampilan layar pada perangkat elektronik seperti laptop, komputer, atau smartphone. Screenshot biasanya digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat buku panduan, tutorial, atau sekadar menyimpan gambar dari suatu tampilan yang menarik.

Cara Screenshot di Laptop

Untuk melakukan screenshot di laptop, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol keyboard yang tersedia pada laptop. Caranya cukup mudah, tinggal tekan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard. Setelah itu, buka aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu klik Paste atau tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan gambar yang telah di-screenshot tadi.

Namun, cara ini tidak langsung crop sehingga perlu dilakukan langkah tambahan untuk memotong gambar sesuai keinginan. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara lain untuk mengambil screenshot dan langsung crop di laptop.

Menggunakan Aplikasi Screenshot

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi screenshot seperti Lightshot atau Snipping Tool. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan mudah digunakan. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, tinggal buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot.

Kelebihan dari menggunakan aplikasi screenshot adalah kita dapat langsung crop gambar sesuai dengan keinginan tanpa perlu membuka aplikasi pengolah gambar seperti Paint. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti memberi tanda panah atau garis pada gambar yang telah diambil.

Langkah-langkah Menggunakan Lightshot

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan Lightshot:

  1. Unduh aplikasi Lightshot secara gratis.
  2. Buka aplikasi Lightshot.
  3. Pilih area layar yang ingin di-screenshot.
  4. Crop gambar sesuai dengan keinginan.
  5. Simpan gambar atau langsung bagikan ke media sosial.

Langkah-langkah Menggunakan Snipping Tool

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan Snipping Tool:

  1. Cari aplikasi Snipping Tool pada laptop.
  2. Buka aplikasi Snipping Tool.
  3. Pilih mode snip yang diinginkan (free-form, rectangular, window, atau full-screen).
  4. Pilih area layar yang ingin di-screenshot.
  5. Crop gambar sesuai dengan keinginan.
  6. Simpan gambar atau langsung bagikan ke media sosial.

Kesimpulan

Melakukan screenshot dan langsung crop di laptop dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi screenshot seperti Lightshot atau Snipping Tool. Dengan cara ini, kita dapat mengambil gambar sesuai dengan keinginan dan langsung memotongnya tanpa perlu membuka aplikasi pengolah gambar terlebih dahulu.

Selain itu, cara ini juga lebih efektif dan efisien karena tidak memerlukan banyak waktu dan usaha. Oleh karena itu, jika sering melakukan screenshot di laptop, disarankan untuk menggunakan aplikasi screenshot agar prosesnya lebih mudah dan praktis.

Cara Screenshot Di Laptop Langsung Crop

Siapkan layar yang ingin Anda screenshot dan pastikan area layar yang ingin diambil sudah terlihat jelas. Kemudian, tekan tombol “Print Screen” di keyboard laptop Anda untuk mengambil screenshot.

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengolah Gambar

Buka aplikasi “Paint” atau program pengolah gambar lainnya di laptop Anda. Setelah itu, tekan Ctrl+V pada keyboard untuk melakukan paste dari screenshot yang sudah diambil.

Langkah 2: Seleksi Bagian Layar yang Ingin Di-Crop

Gunakan alat seleksi di aplikasi pengolah gambar untuk menyeleksi bagian layar yang ingin di-crop. Pilih area yang ingin Anda crop dengan hati-hati agar hasilnya lebih baik.

Langkah 3: Crop Gambar

Tekan tombol “Crop” di aplikasi pengolah gambar atau Anda bisa juga menekan Ctrl+Shift+X di Paint. Dengan ini, bagian layar yang Anda seleksi tadi akan ter-crop menjadi gambar baru.

Langkah 4: Simpan Hasil Cropping

Jika ingin menyimpannya, klik File > Save As dan simpan dengan format gambar yang diinginkan. Selesai, Anda sekarang sudah bisa crop screenshot di laptop secara langsung tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Dengan cara ini, Anda bisa memotong bagian-bagian yang tidak perlu dari screenshot Anda dan mendapatkan hasil yang lebih profesional. Karena cropping langsung di laptop, Anda juga tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan editing. Cobalah cara ini dan lihat hasilnya!

Pernahkah kamu ingin mengambil tangkapan layar (screenshot) di laptopmu namun tidak ingin mengeditnya lagi di aplikasi lain? Jangan khawatir, karena sekarang ada cara screenshot di laptop langsung crop!

Langkah-langkahnya sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa detik saja:

  1. Tekan tombol Print Screen pada keyboardmu. Tombol ini terletak di sebelah kanan tombol F12 atau di atas tombol Insert.
  2. Jika kamu ingin mengambil tangkapan layar dari jendela tertentu saja, buka jendela tersebut dan tekan Alt + Print Screen.
  3. Buka aplikasi Paint atau aplikasi pengolah gambar lainnya.
  4. Tekan Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layarmu ke dalam aplikasi.
  5. Gunakan alat crop untuk memotong gambar sesuai yang kamu inginkan.
  6. Simpan gambarmu dengan mengklik Save As dan memilih format file yang diinginkan.

Dengan cara screenshot di laptop langsung crop ini, kamu dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat dan langsung mengeditnya tanpa perlu membuka aplikasi lain. Cara ini juga sangat berguna jika kamu ingin mengambil tangkapan layar dari jendela tertentu saja.

Jangan lupa untuk mencoba cara ini dan jadilah lebih efisien dalam mengambil tangkapan layar di laptopmu!

Sekian artikel tentang cara screenshot di laptop langsung crop tanpa judul ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sering menggunakan fitur screenshot di laptop untuk berbagai keperluan. Ingatlah bahwa dengan crop, Anda dapat memotong bagian yang tidak perlu pada gambar hasil screenshot sehingga terlihat lebih rapi dan mudah dipahami.

Jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas untuk mendapatkan hasil screenshot yang optimal. Selain itu, jangan lupa untuk mengatur tombol shortcut yang sesuai dengan kebiasaan Anda agar proses screenshot lebih cepat dan mudah dilakukan.

Terakhir, jika Anda memiliki tips atau trik lain seputar penggunaan laptop atau teknologi lainnya, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar. Kita semua dapat saling belajar dan bertukar informasi untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas kita. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Cara Screenshot Di Laptop Langsung Crop adalah salah satu hal yang sering dicari oleh pengguna laptop. Beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang cara screenshot di laptop langsung crop antara lain:

  1. Bisakah screenshot di laptop langsung di-crop?
  2. Apakah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot dan crop secara langsung di laptop?
  3. Bagaimana cara melakukan screenshot dan crop di laptop dengan mudah?

Berikut adalah jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut:

  1. Ya, screenshot di laptop dapat langsung di-crop dengan menggunakan fitur bawaan dari Windows. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Kemudian akan muncul pilihan untuk memilih area yang akan di-screenshot dan langsung dapat dilakukan cropping.
  2. Iya, terdapat beberapa aplikasi seperti Greenshot atau Lightshot yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot dan crop dengan mudah di laptop. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan mudah digunakan.
  3. Untuk melakukan screenshot dan crop di laptop dengan mudah, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Tekan tombol Windows + Shift + S untuk membuka fitur screenshot di Windows.
    • Pilih area yang ingin di-screenshot dan langsung dapat melakukan cropping.
    • Jika ingin menggunakan aplikasi, unduh aplikasi seperti Greenshot atau Lightshot dan ikuti petunjuk instalasinya.
    • Buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan screenshot dan crop dengan mudah.

Dengan mengikuti beberapa jawaban dari pertanyaan tersebut, pengguna laptop dapat dengan mudah melakukan screenshot dan crop di laptop dengan cepat dan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Video Cara Screenshot Di Laptop Langsung Crop

Visit Video