Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Snipping Tool

1. Menemukan Aplikasi Snipping Tool di Laptop
2. Cara Membuka Aplikasi Snipping Tool
3. Memilih Jenis Screenshot yang Ingin diambil
4. Mengatur Ukuran Screenshot yang Akan diambil
5. Menentukan Bentuk Screenshot yang diinginkan
6. Melakukan Pengeditan Screenshot Setelah diambil
7. Memilih Opsi untuk Menyimpan Screenshot
8. Menambahkan Keterangan pada Screenshot
9. Melakukan Share Screenshot ke Media Sosial atau Aplikasi Lainnya
10. Menggunakan Shortcut Keyboard untuk Melakukan Screenshot Cepat dan Mudah.

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Snipping Tool

Cara Screenshot di Laptop dengan Snipping Tool. Mudah dan praktis! Simak langkah-langkahnya di sini untuk mengetahui cara penggunaannya.

Apakah Anda sering membutuhkan fitur screenshot saat menggunakan laptop? Jika iya, maka ada satu cara praktis yang bisa Anda lakukan. Yaitu dengan menggunakan Snipping Tool. Dengan perangkat lunak bawaan dari Windows ini, Anda tak perlu lagi repot mencari aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, Snipping Tool juga menyediakan beberapa fitur menarik yang akan membuat proses screenshot semakin mudah dan efektif. Yuk, simak cara screenshot di laptop dengan Snipping Tool berikut ini!

Cara Screenshot di Laptop dengan Snipping Tool

Jika Anda sering bekerja dengan laptop, mungkin terkadang Anda membutuhkan tangkapan layar atau screenshot untuk berbagai keperluan. Salah satu cara untuk melakukan screenshot adalah menggunakan Snipping Tool, sebuah fitur bawaan Windows yang bisa digunakan dengan mudah. Berikut adalah cara menggunakan Snipping Tool untuk melakukan screenshot di laptop.

1. Buka Snipping Tool

Pertama-tama, buka Snipping Tool pada laptop Anda. Untuk membuka Snipping Tool, klik tombol Start pada layar desktop, lalu ketik Snipping Tool pada kotak pencarian. Setelah itu, klik pada aplikasi Snipping Tool yang muncul di hasil pencarian.

2. Pilih Jenis Screenshot yang Diinginkan

Selanjutnya, pilih jenis screenshot yang Anda inginkan. Ada empat jenis screenshot yang bisa dipilih pada Snipping Tool, yaitu Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, dan Full-screen Snip. Pilih salah satu jenis screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Buat Screenshot

Setelah memilih jenis screenshot yang diinginkan, buat screenshot dengan cara menyorot area atau objek yang ingin diambil gambar. Jika menggunakan jenis Free-form Snip, gunakan mouse untuk menggambar garis sesuai dengan area yang ingin diambil. Sedangkan pada jenis Rectangular Snip, cukup klik dan geser mouse untuk membuat kotak pada area yang ingin diambil.

4. Tandai atau Beri Catatan pada Screenshot (Opsional)

Jika ingin menandai atau memberi catatan pada screenshot, Snipping Tool juga menyediakan fitur untuk itu. Setelah membuat screenshot, klik pada tombol Pen atau Highlighter untuk menandai atau memberi catatan pada screenshot. Anda juga bisa menggunakan opsi Eraser jika ingin menghapus tanda atau catatan yang tidak diinginkan.

5. Simpan Screenshot

Jika sudah selesai melakukan screenshot dan menambahkan tanda atau catatan (jika diperlukan), langkah selanjutnya adalah menyimpan screenshot tersebut. Klik pada tombol Save pada Snipping Tool, lalu pilih lokasi penyimpanan dan nama file yang diinginkan. Selain itu, juga bisa memilih format file (PNG, GIF, atau JPEG) dan kualitas gambar (High, Medium, atau Low).

6. Bagikan Screenshot (Opsional)

Jika ingin membagikan screenshot yang sudah dibuat, Snipping Tool juga menyediakan opsi untuk itu. Setelah menyimpan screenshot, klik pada tombol Email atau Copy untuk membagikan screenshot melalui email atau menyalinnya ke clipboard.

7. Edit Screenshot (Opsional)

Jika ingin mengedit atau memodifikasi screenshot yang sudah dibuat, Snipping Tool juga menyediakan opsi untuk itu. Setelah membuat screenshot, klik pada tombol Edit untuk membuka screenshot pada aplikasi Paint. Anda bisa melakukan berbagai edit pada gambar tersebut, seperti memotong, menggambar, atau menambahkan teks.

8. Gunakan Shortcut Keyboard (Opsional)

Jika ingin lebih cepat dan mudah dalam menggunakan Snipping Tool, gunakan shortcut keyboard yang tersedia. Untuk menggunakan shortcut keyboard, tekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Setelah itu, pilih jenis screenshot yang diinginkan dan buat screenshot seperti biasa.

9. Gunakan Fitur Delay (Opsional)

Jika ingin mengambil screenshot pada area atau objek yang susah untuk diambil, Snipping Tool juga menyediakan fitur delay. Fitur ini akan memberikan waktu beberapa detik sebelum membuat screenshot, sehingga Anda bisa menyiapkan layar atau objek yang ingin diambil. Untuk menggunakan fitur delay, klik pada tombol Delay pada Snipping Tool dan atur waktu yang diinginkan.

10. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Opsional)

Jika merasa Snipping Tool kurang memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat screenshot, gunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih lengkap fiturnya. Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk membuat screenshot adalah Lightshot, Greenshot, atau PicPick. Unduh aplikasi tersebut dan gunakan fitur-fitur yang disediakan untuk membuat screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Snipping Tool

Untuk mengambil screenshot dengan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi Snipping Tool yang sudah ada di laptop Anda. Berikut adalah cara untuk menggunakan Snipping Tool:

1. Menemukan Aplikasi Snipping Tool di Laptop

Pertama, Anda perlu menemukan aplikasi Snipping Tool di laptop Anda. Biasanya, aplikasi ini dapat ditemukan dengan mudah melalui pencarian di menu Start.

2. Cara Membuka Aplikasi Snipping Tool

Setelah menemukan aplikasi Snipping Tool, klik pada ikon aplikasi untuk membukanya.

3. Memilih Jenis Screenshot yang Ingin diambil

Ketika aplikasi Snipping Tool terbuka, Anda akan melihat opsi New. Klik opsi tersebut untuk memilih jenis screenshot yang ingin diambil, seperti bentuk bebas, persegi panjang, atau layar penuh.

4. Mengatur Ukuran Screenshot yang Akan diambil

Selanjutnya, Anda dapat mengatur ukuran screenshot yang ingin diambil dengan menyesuaikan garis-garis yang muncul di sekitar area yang ingin diambil.

5. Menentukan Bentuk Screenshot yang diinginkan

Anda juga dapat memilih bentuk screenshot yang diinginkan dengan mengklik opsi Pen untuk menambahkan garis atau Highlighter untuk menyorot area tertentu. Anda juga bisa menambahkan teks atau panah pada screenshot.

6. Melakukan Pengeditan Screenshot Setelah diambil

Setelah mengambil screenshot, Anda dapat melakukan pengeditan dengan menggunakan opsi Edit untuk memotong atau menambahkan elemen pada screenshot.

7. Memilih Opsi untuk Menyimpan Screenshot

Jika sudah puas dengan hasil screenshot, klik opsi Save As untuk menyimpan screenshot ke dalam folder tertentu di laptop Anda.

8. Menambahkan Keterangan pada Screenshot

Anda juga dapat menambahkan keterangan pada screenshot dengan memilih opsi Send To dan kemudian memilih opsi Email Recipient untuk mengirim screenshot langsung melalui email atau opsi Paint untuk membuka screenshot di aplikasi Paint dan menambahkan keterangan.

9. Melakukan Share Screenshot ke Media Sosial atau Aplikasi Lainnya

Jika Anda ingin berbagi screenshot ke media sosial atau aplikasi lainnya, pilih opsi Copy untuk menyalin screenshot ke clipboard dan kemudian paste ke aplikasi yang diinginkan.

10. Menggunakan Shortcut Keyboard untuk Melakukan Screenshot Cepat dan Mudah

Tidak hanya menggunakan mouse, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard untuk melakukan screenshot cepat dan mudah. Tekan tombol Windows + Shift + S untuk membuka Snipping Tool dan langsung mengambil screenshot yang diinginkan.

Dengan Snipping Tool, mengambil screenshot di laptop menjadi lebih mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Hai teman-teman, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara screenshot di laptop dengan snipping tool. Sebagai seorang pekerja kantoran atau pelajar, kita pasti membutuhkan cara untuk mengambil gambar layar laptop untuk keperluan tugas atau sekedar ingin menyimpan momen penting di layar laptop kita. Nah, untuk itu Snipping Tool adalah salah satu tool yang bisa kita gunakan untuk melakukan hal tersebut. Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Snipping Tool. Caranya cukup mudah, tinggal klik Start pada layar laptop, kemudian ketik Snipping Tool pada kolom pencarian.
  2. Setelah itu, pilih opsi New pada Snipping Tool untuk mulai mengambil screenshot. Kita bisa memilih area yang ingin diambil dengan menyorot area tersebut menggunakan cursor mouse. Setelah selesai, biarkan saja layar Snipping Tool terbuka.
  3. Selanjutnya, kita bisa menyimpan hasil screenshot tersebut dengan cara klik tombol Save pada Snipping Tool. Atau, jika ingin langsung mengirimkan hasil screenshot melalui email, kita bisa klik tombol Send pada Snipping Tool.
  4. Jika kita ingin melakukan editing pada hasil screenshot, kita bisa klik tombol Edit pada Snipping Tool. Dalam fitur edit ini, kita bisa melakukan crop, highlight, atau menambahkan catatan pada hasil screenshot kita.
  5. Terakhir, setelah selesai menggunakan Snipping Tool, jangan lupa untuk menutupnya dengan menekan tombol Close pada Snipping Tool atau menekan tombol Alt + F4 pada keyboard.

Nah, itulah langkah-langkah cara screenshot di laptop dengan Snipping Tool. Dengan menggunakan tool ini, kita bisa dengan mudah mengambil gambar layar laptop sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, Snipping Tool juga memiliki fitur editing yang memudahkan kita untuk melakukan perubahan pada hasil screenshot. Jadi, tunggu apa lagi? Coba gunakan Snipping Tool sekarang juga dan jangan ragu untuk berkreasi dengan hasil screenshotmu.

Selamat datang kembali, para pembaca setia blog ini. Kami berharap kamu sudah berhasil menemukan informasi yang bermanfaat di artikel kami tentang Cara Screenshot Di Laptop Dengan Snipping Tool. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini, perlu kamu ketahui bahwa penggunaan Snipping Tool bisa sangat membantu untuk mengambil screenshot di laptop dengan mudah dan cepat.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan langkah-langkah yang jelas dan detail tentang cara menggunakan Snipping Tool. Kamu dapat memilih beberapa jenis tangkapan layar, termasuk mode layar penuh, jendela aktif, area yang dipilih, atau bentuk bebas. Selain itu, kamu juga dapat melakukan beberapa pengaturan untuk membuat tangkapan layar kamu lebih spesifik dan sesuai kebutuhan.

Terakhir, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pembaca yang telah membaca artikel kami. Kami harap kamu dapat mengambil manfaat dari informasi yang kami berikan. Jangan ragu untuk mengunjungi halaman blog kami di lain waktu untuk mendapatkan tips dan trik terbaru seputar teknologi. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan orang tentang cara screenshot di laptop dengan Snipping Tool:

  1. Bagaimana cara membuka Snipping Tool di laptop?
  2. Bagaimana cara mengambil screenshot menggunakan Snipping Tool?
  3. Apakah Snipping Tool bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada halaman web atau hanya di desktop saja?
  4. Apakah ada opsi untuk mengedit screenshot setelah diambil menggunakan Snipping Tool?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita gunakan suara dan nada kreatif agar lebih menarik:

  1. Cara membuka Snipping Tool di laptop sangat mudah, teman-teman! Cukup tekan tombol Start di pojok kiri bawah layar, kemudian ketik Snipping Tool di kotak pencarian. Setelah itu, klik ikon aplikasi Snipping Tool yang muncul di hasil pencarian.
  2. Nah, kalau untuk mengambil screenshot menggunakan Snipping Tool juga gampang banget. Pertama, buka aplikasi Snipping Tool seperti yang tadi sudah dijelaskan. Lalu, pilih mode screenshot yang ingin digunakan (bebas, jendela, persegi, atau layar penuh). Setelah itu, gunakan kursor untuk menyorot area yang ingin diambil screenshot-nya, dan klik Save untuk menyimpan hasil screenshot-nya ke dalam file gambar.
  3. Bagi yang belum tahu, Snipping Tool bisa digunakan untuk mengambil screenshot di desktop maupun halaman web. Jadi, kalau teman-teman ingin mengambil screenshot dari suatu website, tinggal buka dulu halaman web-nya, lalu buka aplikasi Snipping Tool dan pilih mode screenshot yang diinginkan seperti biasa.
  4. Oh ya, kalau teman-teman ingin mengedit screenshot setelah diambil dengan Snipping Tool, juga bisa kok! Setelah screenshot-nya muncul di layar, klik tombol Edit untuk membuka gambar tersebut di aplikasi Paint. Di sana, teman-teman bisa melakukan berbagai macam editan seperti memotong, menggambar, menambahkan teks, dan lain sebagainya. Setelah selesai diedit, jangan lupa untuk menyimpan file-nya lagi ya.

Video Cara Screenshot Di Laptop Dengan Snipping Tool

Visit Video