Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Asus

1. Menjepret Tampilan Layar dengan Tombol Print Screen
Untuk mengambil screenshot di laptop Asus, kamu bisa menggunakan tombol Print Screen yang terletak di sebelah kanan atas keyboard.

2. Menyimpan Gambar Layar ke Clipboard
Setelah menekan tombol Print Screen, gambar layar akan disimpan di clipboard. Kamu bisa menggunakan aplikasi Paint atau software editing lain untuk mengolah gambar tersebut.

3. Menggunakan Fitur Snipping Tool Windows
Jika kamu ingin mengambil screenshot hanya sebagian tampilan layar, kamu bisa gunakan fitur Snipping Tool yang tersedia di Windows.

4. Mencari Aplikasi Screenshot di ASUS App Box
Jika kamu menggunakan laptop Asus, ada kemungkinan sudah terinstall aplikasi screenshot di ASUS App Box. Coba cari dan gunakan aplikasi tersebut untuk mengambil gambar layar dengan mudah.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Selain aplikasi bawaan dan fitur Windows, kamu juga bisa menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga seperti Lightshot, PicPick, atau ShareX yang dapat kamu unduh secara gratis.

6. Mengatur Ukuran Gambar Screenshot
Jika kamu ingin mengatur ukuran gambar screenshot, kamu bisa menggunakan fitur scaling di aplikasi Paint atau software editing lain.

7. Mengaktifkan Mode Screenshot di Game
Jika kamu ingin mengambil screenshot saat bermain game, pastikan kamu telah mengaktifkan mode screenshot terlebih dahulu di dalam game tersebut.

8. Menggunakan Aplikasi Screenshot Khusus Game
Kamu juga bisa menggunakan aplikasi screenshot khusus game seperti GeForce Experience atau Steam yang memudahkan kamu untuk mengambil gambar layar saat bermain game.

9. Menggunakan Shortcut Keyboard Game
Beberapa game juga memiliki shortcut keyboard yang memudahkan kamu mengambil screenshot saat bermain game. Coba periksa shortcut keyboard dari game yang kamu mainkan.

10. Menggunakan Fitur Screenshot Cloud
Jika kamu menggunakan laptop Asus yang terkoneksi dengan ASUS WebStorage, kamu bisa menggunakan fitur screenshot cloud yang memungkinkan kamu mengambil screenshot dan menyimpannya ke cloud secara otomatis.

Cara Screenshot Di Laptop Asus

Cara screenshot di laptop Asus dengan mudah dan cepat. Simak tutorial lengkapnya di sini dan dapatkan hasil tangkapan layar yang jelas!

Siapa yang tidak ingin tahu bagaimana cara screenshot di laptop Asus? Ini adalah keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh semua pengguna laptop. Tidak peduli apakah Anda seorang profesional atau pengguna biasa, screenshot sangat penting untuk berbagai keperluan. Dalam artikel ini, saya akan memberikan tutorial lengkap tentang cara mengambil screenshot di laptop Asus dengan mudah dan cepat. Jadi, mari kita mulai!

Pendahuluan

Pernahkah Anda menemukan halaman atau gambar yang ingin disimpan dari layar laptop Asus Anda? Mungkin saja Anda ingin mengambil screenshot dari tampilan yang ada di layar dan menyimpannya sebagai file gambar. Tidak perlu khawatir, karena di artikel ini akan dijelaskan cara mengambil screenshot di laptop Asus dengan mudah dan cepat.

Cara

Langkah Pertama

Langkah pertama dalam mengambil screenshot adalah menentukan area yang ingin Anda ambil. Apakah itu satu bagian dari layar atau seluruh layar. Jika Anda ingin mengambil screenshot seluruh layar, cukup tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda.

Mengambil Screenshot Sebagian Layar

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot sebagian layar, Anda dapat menggunakan tombol Windows + Shift + S. Setelah menekan tombol tersebut, kursor mouse akan berubah menjadi bentuk plus (+) dan Anda dapat menentukan area yang ingin diambil.

Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Selain menggunakan tombol pada keyboard, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Snipping Tool. Aplikasi Snipping Tool memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah dan bisa menentukan area yang ingin diambil dengan lebih detail. Anda dapat menemukan aplikasi Snipping Tool di menu Start atau dengan mengetikkan snipping tool pada kolom pencarian.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain aplikasi bawaan Windows, Anda juga dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti Lightshot atau Greenshot. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah dan memberikan fitur tambahan seperti editing dan anotasi.

Menyimpan Screenshot

Setelah selesai mengambil screenshot, langkah selanjutnya adalah menyimpannya sebagai file gambar. Anda dapat menyimpannya dengan cara menekan tombol Ctrl + V pada editor gambar seperti Paint atau Photoshop. Atau jika Anda menggunakan aplikasi Snipping Tool atau aplikasi tambahan, Anda dapat langsung menyimpannya sebagai file gambar.

Menambahkan Screenshot ke Dokumen

Jika Anda ingin menambahkan screenshot ke dokumen seperti presentasi atau laporan, Anda dapat menyisipkannya dengan cara menekan tombol Ctrl + V pada dokumen tersebut. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran atau menambahkan efek pada screenshot tersebut.

Mengirim Screenshot

Jika Anda ingin mengirim screenshot kepada orang lain melalui email atau media sosial, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar terlebih dahulu, kemudian mengunggahnya pada platform yang diinginkan.

Kesimpulan

Mengambil screenshot di laptop Asus sangat mudah dan cepat. Anda dapat menggunakan tombol pada keyboard, aplikasi bawaan Windows, atau aplikasi tambahan. Setelah mengambil screenshot, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar, menambahkannya ke dokumen, atau mengirimnya kepada orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengambil screenshot di laptop Asus.Mau tahu cara screenshot di laptop Asus? Gampang banget! Kamu bisa menjepret tampilan layar dengan tombol Print Screen yang terletak di sebelah kanan atas keyboard. Setelah ditekan, gambar layar akan disimpan ke clipboard. Kamu bisa menggunakan aplikasi Paint atau software editing lainnya untuk mengolah gambar tersebut. Tapi kalau kamu hanya ingin mengambil sebagian tampilan layar, gunakan fitur Snipping Tool yang tersedia di Windows. Bagi pengguna laptop Asus, ada kemungkinan sudah terinstall aplikasi screenshot di ASUS App Box. Coba cari dan gunakan aplikasi tersebut untuk mengambil gambar layar dengan mudah. Tapi kalau kamu ingin lebih banyak pilihan, unduh saja aplikasi screenshot pihak ketiga seperti Lightshot, PicPick, atau ShareX yang dapat kamu dapatkan secara gratis. Jangan lupa untuk mengatur ukuran gambar screenshot dengan fitur scaling di aplikasi Paint atau software editing lainnya agar sesuai dengan kebutuhanmu. Oh ya, kalau kamu ingin mengambil screenshot saat bermain game, pastikan kamu telah mengaktifkan mode screenshot terlebih dahulu di dalam game tersebut. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi screenshot khusus game seperti GeForce Experience atau Steam yang memudahkan kamu untuk mengambil gambar layar saat bermain game. Beberapa game juga memiliki shortcut keyboard yang memudahkan kamu mengambil screenshot. Coba periksa shortcut keyboard dari game yang kamu mainkan. Terakhir, jika kamu menggunakan laptop Asus yang terkoneksi dengan ASUS WebStorage, kamu bisa menggunakan fitur screenshot cloud yang memungkinkan kamu mengambil screenshot dan menyimpannya ke cloud secara otomatis.

Cara Screenshot Di Laptop Asus sangatlah mudah dan simpel. Namun, sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu screenshot.

Apa itu Screenshot?

Screenshot adalah teknik untuk mengambil gambar layar pada perangkat yang sedang digunakan. Screenshot biasanya digunakan untuk menyimpan informasi atau membagikan tampilan layar kepada orang lain.

Cara Screenshot Di Laptop Asus

Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Screenshot Di Laptop Asus:

  1. Pastikan perangkat Asus anda dalam keadaan hidup.
  2. Buka halaman atau aplikasi yang ingin diambil screenshotnya.
  3. Tekan tombol “Print Screen” pada keyboard Asus anda.
  4. Setelah anda menekan tombol tersebut, screenshot akan otomatis tersimpan di clipboard.
  5. Buka aplikasi Paint atau Word pada perangkat Asus anda.
  6. Pada aplikasi tersebut, tekan tombol “CTRL + V” untuk meletakkan screenshot yang telah disimpan pada clipboard.
  7. Setelah screenshot muncul, anda dapat mengedit, menyimpan, atau membagikannya kepada orang lain.

Sudah Paham Cara Screenshot Di Laptop Asus?

Sekarang, sudah saatnya anda mencoba mengambil screenshot pada perangkat Asus anda sendiri. Dengan melakukan screenshot, anda dapat dengan mudah menyimpan informasi atau membagikan tampilan layar kepada orang lain. Jangan lupa untuk mempraktikkan langkah-langkah Cara Screenshot Di Laptop Asus yang telah dijelaskan di atas.

Terima kasih telah membaca panduan Cara Screenshot Di Laptop Asus kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara melakukan tangkapan layar pada perangkat laptop Asus. Kami berharap informasi yang kami sajikan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas sehari-hari atau keperluan lainnya.

Selain itu, kami juga ingin mengingatkan untuk selalu memperbarui sistem operasi dan driver pada laptop Anda agar mendapatkan kinerja yang optimal. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dan perawatan laptop secara rutin agar awet dan tidak cepat rusak.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran terkait artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Kami akan dengan senang hati merespon setiap pertanyaan dan masukan dari pembaca. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel-artikel kami berikutnya.

People Also Ask about Cara Screenshot Di Laptop Asus

1. Bagaimana cara screenshot di laptop Asus?

Jawaban: Untuk melakukan screenshot di laptop Asus, Anda dapat menggunakan tombol keyboard FN + Print Screen. Kemudian, buka aplikasi Paint atau Word dan tekan Ctrl + V untuk menyisipkan gambar screenshot yang telah diambil.

2. Apakah ada cara lain untuk melakukan screenshot di laptop Asus?

Jawaban: Ya, selain menggunakan tombol keyboard FN + Print Screen, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti Lightshot atau Snagit untuk mengambil screenshot di laptop Asus.

3. Bagaimana cara mengambil screenshot sebagian layar di laptop Asus?

Jawaban: Untuk mengambil screenshot sebagian layar di laptop Asus, Anda dapat menggunakan tombol keyboard Windows + Shift + S. Kemudian, pilih area yang ingin Anda tangkap dan gambar akan disalin ke clipboard. Selanjutnya, buka aplikasi Paint atau Word dan tekan Ctrl + V untuk menyisipkan gambar screenshot yang telah diambil.

4. Apakah ada pengaturan khusus yang perlu dilakukan sebelum mengambil screenshot di laptop Asus?

Jawaban: Tidak, tidak ada pengaturan khusus yang perlu dilakukan sebelum mengambil screenshot di laptop Asus. Namun, pastikan bahwa Anda telah menekan tombol FN + Print Screen dengan benar agar gambar dapat disimpan.

5. Apakah saya dapat mengambil screenshot di laptop Asus saat bermain game?

Jawaban: Ya, Anda dapat mengambil screenshot di laptop Asus saat bermain game dengan menggunakan tombol keyboard FN + Print Screen atau perangkat lunak pihak ketiga seperti Lightshot atau Snagit. Namun, pastikan bahwa game tidak berjalan dalam mode layar penuh untuk menghindari masalah pengambilan gambar.

Video Cara Screenshot Di Laptop Asus

Visit Video