Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Sholat Taubat Dan Bacaannya Lengkap

1. Mempersiapkan diri sebelum sholat taubat
Sebelum melaksanakan sholat taubat, sebaiknya kita membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Jangan lupa juga untuk membiasakan diri berwudhu dengan sempurna.

2. Niat sholat taubat
Niat sholat taubat dilakukan sebelum memulai sholat. Niat ini bisa dilakukan dalam hati secara ikhlas dan jangan lupa untuk mengingat kembali dosa-dosa yang pernah dilakukan.

3. Membaca takbiratul ihram
Sebelum memulai sholat taubat, kita harus membaca takbiratul ihram terlebih dahulu. Takbiratul ihram ini merupakan tanda dimulainya sholat.

4. Membaca doa iftitah
Setelah membaca takbiratul ihram, maka selanjutnya membaca doa iftitah. Doa ini sangat penting untuk mengawali sholat dan memohon ampunan kepada Allah.

5. Membaca Surat Al-Fatihah
Surat Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Quran. Membaca surat ini merupakan salah satu rukun sholat. Jangan lupa untuk membaca dengan tajwid yang benar agar sholat menjadi sah.

6. Membaca surat pendek atau panjang
Setelah membaca surat Al-Fatihah, selanjutnya membaca surat pendek atau panjang sesuai dengan yang dikehendaki. Surat pendek biasanya adalah surat-surat di Juz Amma, sedangkan surat panjang adalah surat-surat dalam juz 30 atau juz terakhir.

7. Mengerjakan sujud dua kali
Sujud dalam sholat taubat mesti dilakukan dua kali. Sujud merupakan bentuk ibadah untuk menunjukkan penghambaan kepada Allah serta memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

8. Membaca doa takbir dalam ruku’ dan sujud
Dalam ruku’ dan sujud, kita mesti membaca doa takbir sebagai bentuk penyembahan kepada Allah. Doa ini juga bisa membuat kita lebih khusyuk dalam sholat.

9. Membaca doa setelah tasyahud akhir
Setelah tasyahud akhir, kita mesti membaca doa sebagai tanda telah selesai melaksanakan sholat taubat. Doa ini biasanya berupa memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

10. Berdoa setelah selesai sholat taubat
Setelah selesai melaksanakan sholat taubat, jangan lupa untuk berdoa kepada Allah dengan penuh harap dan takut. Berdoa bisa membantu kita untuk selalu bersyukur serta memohon perlindungan dan petunjuk dari Allah.

Tata Cara Sholat Taubat Dan Bacaannya Lengkap

Belajar tata cara sholat taubat dan bacaannya lengkap dengan mudah. Tingkatkan ibadahmu dan dekatkan dirimu pada Allah SWT.

Sholat taubat adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan sebagai bentuk permohonan ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Tata cara sholat taubat ini sangatlah mudah dan dapat dilakukan kapan saja, tidak hanya di waktu malam atau siang hari saja. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bacaan lengkap dalam sholat taubat? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang tata cara sholat taubat dan bacaannya. Mari simak bersama!

Pengertian Sholat Taubat

gambar

Sholat taubat merupakan salah satu bentuk ibadah yang dikerjakan untuk memohon ampunan atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan. Sholat ini juga berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan hati dari segala bentuk keburukan dan kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya.

Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat

gambar

Sholat taubat bisa dilakukan pada setiap waktu, baik itu di malam hari maupun di siang hari. Namun, waktu yang paling tepat untuk melaksanakan sholat taubat adalah pada saat menjelang tidur malam atau di sepertiga malam terakhir.

Tata Cara Sholat Taubat

gambar

Tata cara sholat taubat sama dengan tata cara sholat lainnya, yaitu dimulai dengan niat, dilanjutkan dengan takbiratul ihram, membaca surat Al-Fatihah, membaca surat pendek atau panjang lainnya, sujud, duduk di antara dua sujud, dan membaca tasyahud serta salam. Namun, pada sholat taubat ditambahkan bacaan istighfar dan doa.

Bacaan Niat Sholat Taubat

gambar

Berikut adalah bacaan niat sholat taubat :

Ushalli sunnatal taubati rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Bacaan Istighfar dan Doa Setelah Takbiratul Ihram

gambar

Setelah takbiratul ihram, bacalah istighfar sebanyak tiga kali dengan lafal:

Astaghfirullahal ‘adzimalladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atuubu ilaih.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada Tuhan selain Dia Yang Hidup dan terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), dan aku bertaubat kepada-Nya.

Setelah itu, bacalah doa taubat sebagai berikut:

Allahumma innii astaghfiruka wa atuubu ilaika min kulli dzanbin wa khati’ah, wa a’thiiru ilaika min syarri maa ‘amiltu wa ma laa ‘amal.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu dari segala dosa dan kesalahan, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku perbuat dan yang aku tidak perbuat.

Bacaan Surat-Surat Pendek atau Panjang

gambar

Setelah membaca istighfar dan doa taubat, bacalah surat pendek atau panjang seperti biasa, misalnya surat Al-Ikhlas atau Al-Falaq dan An-Nas.

Bacaan Doa Setelah Sujud Kedua

gambar

Setelah sujud kedua, bacalah doa sebagai berikut:

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’udzu bika min syarri ma sana’tu, abuu’u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu’u bidzambii; faghfirlii zanbii innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, aku berada dalam perjanjian dan janji-Mu sejauh kemampuanku, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku perbuat, aku mengakui nikmat-Mu yang diberikan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah dosaku karena tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Bacaan Tasyahud dan Salam

gambar

Setelah membaca doa setelah sujud kedua, bacalah tasyahud dan salam seperti biasanya untuk menyelesaikan sholat taubat.

Keutamaan Sholat Taubat

gambar

Sholat taubat memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah :

  • Mendapatkan ampunan dari Allah atas segala dosa yang dilakukan sebelumnya.
  • Membersihkan hati dari segala bentuk keburukan dan kesalahan.
  • Mendapatkan rasa tenang dan damai dalam hati.
  • Mendapatkan rahmat dan ridha Allah SWT.

Kesimpulan

gambar

Sholat taubat merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat penting bagi umat muslim. Dengan melaksanakan sholat taubat, kita bisa memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan dan membersihkan hati dari segala bentuk keburukan dan kesalahan. Oleh karena itu, marilah kita rajin melaksanakan sholat taubat agar kita selalu bersih dari segala bentuk dosa dan kesalahan serta selalu mendapatkan rahmat dan ridha Allah SWT.

Tata Cara Sholat Taubat Dan Bacaannya Lengkap

Sebelum melaksanakan sholat taubat, mempersiapkan diri dengan membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan merupakan hal penting. Selain itu, kita juga harus membiasakan diri berwudhu dengan sempurna agar sholat kita lebih sah.

Niat Sholat Taubat

Sebelum memulai sholat taubat, kita harus melakukan niat dalam hati secara ikhlas. Jangan lupa untuk mengingat kembali dosa-dosa yang pernah dilakukan agar kita bisa memohon ampunan kepada Allah dengan tulus.

Membaca Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram harus dibaca sebelum memulai sholat taubat. Ini merupakan tanda dimulainya sholat dan menunjukkan ketaatan kita kepada Allah.

Membaca Doa Iftitah

Setelah membaca takbiratul ihram, selanjutnya kita membaca doa iftitah. Doa ini sangat penting untuk mengawali sholat dan memohon ampunan kepada Allah.

Membaca Surat Al-Fatihah Dan Surat Lainnya

Surat Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Quran dan menjadi rukun sholat. Jangan lupa untuk membaca dengan tajwid yang benar agar sholat menjadi sah. Selain itu, kita juga bisa membaca surat pendek atau panjang sesuai keinginan kita.

Mengerjakan Sujud Dua Kali

Sujud dalam sholat taubat harus dilakukan dua kali. Sujud merupakan bentuk ibadah untuk menunjukkan penghambaan kepada Allah dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Membaca Doa Takbir Dalam Ruku’ Dan Sujud

Dalam ruku’ dan sujud, kita mesti membaca doa takbir sebagai bentuk penyembahan kepada Allah. Doa ini juga bisa membuat kita lebih khusyuk dalam sholat.

Membaca Doa Setelah Tasyahud Akhir

Setelah tasyahud akhir, kita mesti membaca doa sebagai tanda telah selesai melaksanakan sholat taubat. Doa ini biasanya berupa memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Berdoa Setelah Selesai Sholat Taubat

Setelah selesai melaksanakan sholat taubat, jangan lupa untuk berdoa dengan penuh harap dan takut kepada Allah. Berdoa bisa membantu kita untuk selalu bersyukur serta memohon perlindungan dan petunjuk dari Allah.

Jadi, itulah tata cara sholat taubat dan bacaannya lengkap. Semoga kita bisa selalu menjaga diri dari dosa dan kesalahan serta senantiasa memohon ampunan kepada Allah. Aamiin.

Bismillahirrahmanirrahim

Cerita ini akan membahas tentang Tata Cara Sholat Taubat Dan Bacaannya Lengkap dari sudut pandang saya. Sebagai seorang muslim, sholat taubat adalah salah satu ibadah yang sangat penting bagi saya untuk membersihkan hati dan memperbaiki diri.

Berikut adalah tata cara sholat taubat dan bacaannya lengkap:

  1. Berwudhu seperti biasa
  2. Bersuci dengan niat sholat taubat
  3. Bertakbiratul ihram
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca surat Al-Ikhlas 3 kali
  6. Ruku’ dan membaca doa ruku’
  7. I’tidal dan membaca doa i’tidal
  8. Sujud pertama dan membaca doa sujud
  9. Duduk di antara dua sujud dan membaca doa duduk
  10. Sujud kedua dan membaca doa sujud
  11. Duduk tasyahud akhir dan membaca tasyahud akhir
  12. Salam

Sholat taubat dapat dilakukan kapan saja, namun lebih baik dilakukan setelah melakukan dosa atau kesalahan agar hati menjadi lebih tenang dan damai. Setelah melakukan sholat taubat, hendaknya kita memohon ampunan kepada Allah SWT dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

Selain itu, sholat taubat juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat hidup yang diberikan. Dengan melakukan sholat taubat, kita menunjukkan bahwa kita merasa bersalah atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan berusaha untuk memperbaiki diri agar lebih baik di masa depan.

Dalam bacaan sholat taubat, terdapat beberapa doa yang sangat bermanfaat untuk membersihkan hati dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Doa tersebut antara lain:

  • Astaghfirullah hal adzim
  • Allahumma anta Rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana abduka wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika mastata’tu abu’u laka bi ni’matika wa abu’u laka bidhanbi faghfirli fa innahu la yaghfirudh-dhunuba illa anta
  • Subhanallahil ‘adzim wa bihamdih

Doa-doa tersebut dapat dibaca setelah salam atau di akhir sholat taubat sebagai tanda permohonan ampunan kepada Allah SWT.

Demikianlah cerita saya tentang Tata Cara Sholat Taubat Dan Bacaannya Lengkap. Semoga bermanfaat bagi kita semua untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Terima kasih sudah membaca.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Tata Cara Sholat Taubat Dan Bacaannya Lengkap. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu agama Islam. Sebagai manusia yang tak luput dari dosa dan kesalahan, sholat taubat adalah salah satu cara untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan melakukan sholat taubat, kita dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui bacaan-bacaan yang harus diucapkan dalam sholat taubat. Dalam artikel ini, telah dijelaskan secara lengkap mengenai bacaan-bacaan tersebut. Dengan memahami dan mengamalkan bacaan-bacaan tersebut, kita dapat melaksanakan sholat taubat dengan benar dan sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Terakhir, kami mengajak Anda untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan selalu mendekatkan diri kepada-Nya, kita dapat meraih kebahagiaan sejati di dunia dan akhirat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan rahmat-Nya kepada kita semua. Amin.

Banyak orang bertanya tentang tata cara sholat taubat dan bacaannya lengkap. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Apa itu sholat taubat?
  2. Sholat taubat adalah sholat sunah yang dilakukan sebagai bentuk penyesalan atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan sebagai permohonan ampunan kepada Allah SWT.

  3. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan sholat taubat?
  4. Waktu yang tepat untuk melakukan sholat taubat adalah setelah melakukan dosa dan sebelum kematian menjemput. Namun, secara umum sholat taubat dapat dilakukan kapan saja.

  5. Bagaimana tata cara sholat taubat?
  6. Tata cara sholat taubat sama seperti sholat pada umumnya, yaitu:

    • Berwudhu terlebih dahulu
    • Mendirikan sholat dengan niat sholat taubat
    • Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya
    • Melakukan ruku’ dan sujud seperti biasa
    • Membaca doa saat sujud
    • Menyelesaikan sholat dengan salam
  7. Bagaimana bacaan sholat taubat yang benar?
  8. Bacaan sholat taubat terdiri dari:

    • Takbiratul ihram
    • Membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya secara lengkap atau pendek
    • Melakukan ruku’ dan sujud seperti biasa
    • Membaca doa saat sujud
    • Tasyahud akhir
    • Salah satu doa yang disunnahkan setelah tasyahud
    • Memberikan salam kanan dan kiri

Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan sholat taubat, pastikan untuk memahami tata cara dan bacaannya dengan benar. Semoga kita selalu dijauhkan dari dosa dan selalu diberikan kemampuan untuk bertaubat kepada Allah SWT.

Video Tata Cara Sholat Taubat Dan Bacaannya Lengkap

Visit Video