Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Bikin Skck Sleman

1. Mengisi Formulir dengan Lengkap

Syarat pertama untuk membuat SKCK di Sleman adalah dengan mengisi formulir dengan lengkap. Pada formulir tersebut, calon pembuat SKCK harus mengisi nama lengkap, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, alamat, serta informasi lain yang terdapat pada formulir.

2. Membawa Fotokopi KTP

Selain mengisi formulir, syarat lainnya adalah membawa fotokopi KTP. Fotokopi KTP tersebut akan dimasukkan ke dalam berkas pembuatan SKCK.

3. Menunjukkan Surat Permohonan SKCK

Calon pembuat SKCK di Sleman juga harus menunjukkan surat permohonan SKCK. Surat permohonan ini dapat diambil di kantor polisi atau sekolah.

4. Menyerahkan Dua Lembar Foto Berwarna

Syarat selanjutnya adalah menyerahkan dua lembar foto berwarna. Foto tersebut harus memenuhi standar yang ditentukan oleh kantor polisi.

5. Menyertakan Surat Keterangan Lulus Ujian Negara

Bagi yang masih bersekolah dan belum memiliki pekerjaan, syarat membuat SKCK di Sleman juga mengharuskan menyertakan surat keterangan lulus ujian negara. Surat ini dapat diambil di sekolah atau lembaga pendidikan terkait.

6. Menunjukkan Surat Keterangan Domisili

Calon pembuat SKCK di Sleman juga diharuskan menunjukkan surat keterangan domisili. Surat ini dapat dikeluarkan oleh kelurahan atau kecamatan setempat.

7. Membawa Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Salah satu syarat lainnya adalah membawa surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Surat ini dapat dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas setempat.

8. Membayar Biaya Administrasi

Tentunya, pembuatan SKCK di Sleman juga memerlukan biaya administrasi. Calon pembuat SKCK harus membayar biaya sesuai dengan kisaran yang ditetapkan oleh kantor polisi setempat.

9. Melakukan Sidik Jari

Setelah semua syarat terpenuhi, calon pembuat SKCK di Sleman akan melakukan sidik jari. Sidik jari ini digunakan untuk memastikan identitas calon pembuat SKCK.

10. Menunggu Hasil Pemeriksaan

Setelah semua proses selesai dilakukan, tinggal menunggu hasil pemeriksaan dari kantor polisi. Jika tidak ada halangan, pembuatan SKCK di Sleman akan berhasil dilakukan dan dapat diambil di kantor polisi setempat.

Syarat Bikin Skck Sleman

Syarat Bikin SKCK Sleman: KTP, surat pengantar, pas foto 4×6, biaya 30 ribu, dan sehat jasmani dan rohani. Proses 3-5 hari kerja.

Apapun profesi yang Anda geluti, memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi. Begitu pula jika Anda tinggal di Sleman, DIY. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum membuat SKCK di Sleman?

Pertama-tama, sebelum mengurus SKCK, pastikan Anda telah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan dengan lengkap dan benar. Selanjutnya, pastikan juga bahwa Anda telah memenuhi kriteria umum yang berlaku untuk pembuatan SKCK. Meskipun terkesan sederhana, namun persyaratan ini tak boleh disepelekan.

Maka dari itu, jangan sampai kebingungan saat ingin membuat SKCK di Sleman. Simak informasi selengkapnya mengenai syarat bikin SKCK Sleman di bawah ini!

Pengertian SKCK dan Fungsinya

Gambar

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian yang berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal atau punya catatan kriminal tetapi sudah habis masa hukumannya. SKCK biasanya dibutuhkan dalam berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, dan lain sebagainya.

Syarat Pembuatan SKCK di Sleman

Gambar

1. Warga Negara Indonesia

Syarat pertama untuk membuat SKCK di Sleman adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Bagi WNI yang sedang tinggal di luar negeri, dapat membuat SKCK di perwakilan RI terdekat.

2. Usia Minimal 17 Tahun

Usia minimal untuk membuat SKCK adalah 17 tahun. Namun, bagi yang belum mencapai usia 21 tahun akan diberikan SKCK dengan keterangan Belum Pernah Menikah.

3. Melampirkan Persyaratan Administratif

Gambar

Persyaratan administratif yang harus dilampirkan saat membuat SKCK di Sleman antara lain :

  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  • Foto copy Surat Pengantar dari instansi yang memerlukan SKCK
  • Pas foto terbaru berwarna dengan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar

4. Membayar Biaya Administrasi

Untuk membuat SKCK di Sleman, pelanggan diwajibkan membayar biaya administrasi sebesar Rp.30.000,-

5. Mengisi Formulir Pendaftaran

Untuk membuat SKCK di Sleman, pelanggan harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di kantor polisi setempat. Isian formulir tersebut harus diisi dengan jelas dan benar.

6. Tidak Terkait dengan Tindakan Kriminal

Gambar

Syarat terakhir untuk membuat SKCK di Sleman adalah tidak terkait dengan tindakan kriminal. Jika seseorang memiliki catatan kriminal, maka akan sulit untuk mendapatkan SKCK.

Proses Pembuatan SKCK di Sleman

1. Melakukan Pendaftaran

Setelah persyaratan administratif terpenuhi, pelanggan harus melakukan pendaftaran di loket pelayanan SKCK. Setelah mendaftar dan mengisi formulir, petugas akan memberikan nomor antrian untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Verifikasi Data

Gambar

Tahap selanjutnya adalah verifikasi data. Petugas akan memeriksa semua persyaratan administratif yang sudah diserahkan oleh pelanggan. Jika semua persyaratan sudah lengkap dan sesuai, maka petugas akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Pengambilan Sidik Jari

Gambar

Setelah verifikasi data selesai, petugas akan melakukan pengambilan sidik jari. Pengambilan sidik jari dilakukan menggunakan mesin yang terhubung langsung dengan database kepolisian.

4. Cetak SKCK

Setelah pengambilan sidik jari selesai, petugas akan mencetak SKCK yang sudah diperoleh oleh pelanggan. SKCK yang sudah dicetak akan diberikan kepada pelanggan.

Kesimpulan

Demikianlah syarat dan proses pembuatan SKCK di Sleman. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri dalam membuat SKCK. Ingatlah bahwa SKCK merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara.

Syarat Bikin SKCK Sleman

Bagi Anda yang ingin membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Sleman, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir dengan lengkap. Pada formulir tersebut, calon pembuat SKCK harus mengisi data diri seperti nama lengkap, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, alamat, serta informasi lain yang terdapat pada formulir.

Mengisi Formulir dengan Lengkap

Penting untuk mengisi formulir dengan lengkap dan jelas, karena hal ini akan memudahkan proses pembuatan SKCK. Pastikan informasi yang diisi benar dan sesuai dengan data diri Anda.

Selain mengisi formulir, syarat lainnya adalah membawa fotokopi KTP. Fotokopi KTP tersebut akan dimasukkan ke dalam berkas pembuatan SKCK. Pastikan fotokopi KTP yang Anda bawa masih berlaku dan tidak rusak.

Membawa Fotokopi KTP

Ada juga syarat menunjukkan surat permohonan SKCK. Surat permohonan ini dapat diambil di kantor polisi atau sekolah. Selain itu, calon pembuat SKCK di Sleman juga harus menyerahkan dua lembar foto berwarna yang memenuhi standar yang ditentukan oleh kantor polisi.

Menunjukkan Surat Permohonan SKCK dan Menyerahkan Dua Lembar Foto Berwarna

Bagi yang masih bersekolah dan belum memiliki pekerjaan, syarat membuat SKCK di Sleman juga mengharuskan menyertakan surat keterangan lulus ujian negara. Surat ini dapat diambil di sekolah atau lembaga pendidikan terkait.

Menyertakan Surat Keterangan Lulus Ujian Negara

Selain itu, calon pembuat SKCK di Sleman juga diharuskan menunjukkan surat keterangan domisili yang dapat dikeluarkan oleh kelurahan atau kecamatan setempat. Hal ini bertujuan untuk memastikan tempat tinggal calon pembuat SKCK.

Menunjukkan Surat Keterangan Domisili

Syarat lainnya adalah membawa surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Surat ini dapat dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas setempat. Pastikan Anda dalam kondisi sehat saat melakukan pemeriksaan kesehatan.

Membawa Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Tentunya, pembuatan SKCK di Sleman juga memerlukan biaya administrasi. Calon pembuat SKCK harus membayar biaya sesuai dengan kisaran yang ditetapkan oleh kantor polisi setempat. Pastikan membawa uang dengan jumlah yang cukup untuk membayar biaya administrasi.

Membayar Biaya Administrasi

Setelah semua syarat terpenuhi, calon pembuat SKCK di Sleman akan melakukan sidik jari. Sidik jari ini digunakan untuk memastikan identitas calon pembuat SKCK. Pastikan sidik jari yang diambil sesuai dengan data diri Anda.

Melakukan Sidik Jari

Setelah semua proses selesai dilakukan, tinggal menunggu hasil pemeriksaan dari kantor polisi. Jika tidak ada halangan, pembuatan SKCK di Sleman akan berhasil dilakukan dan dapat diambil di kantor polisi setempat.

Menunggu Hasil Pemeriksaan

Dalam proses pembuatan SKCK di Sleman, pastikan Anda memenuhi semua syarat dan persyaratan yang telah ditentukan. Dengan mengikuti prosedur yang benar, pembuatan SKCK dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Ada seorang pemuda bernama Adi yang baru saja selesai menyelesaikan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi di Sleman. Setelah lulus, ia berniat untuk mencari pekerjaan di kota tersebut. Namun, Adi masih belum memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai syarat utama untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, Adi memutuskan untuk membuat SKCK di Sleman.

Berikut adalah syarat-syarat untuk membuat SKCK di Sleman:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Sleman.
  2. Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) asli.
  3. Membawa pas foto berwarna ukuran 4×6 cm sebanyak 2 lembar dengan latar belakang merah.
  4. Menunjukkan surat pengantar dari instansi yang membutuhkan SKCK (misalnya perusahaan yang akan direkrut).
  5. Mengisi formulir permohonan SKCK dan menandatanganinya di hadapan petugas polisi.
  6. Melakukan pembayaran biaya administrasi sebesar Rp. 30.000,-
  7. Menunggu proses verifikasi data selama 1-2 minggu.
  8. Jika data terverifikasi, SKCK dapat diambil di kantor kepolisian setempat.

Setelah mengetahui syarat-syarat tersebut, Adi segera mengumpulkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dan pergi ke kantor kepolisian di Sleman. Meskipun sedikit canggung dan tegang, Adi berhasil menyelesaikan proses pembuatan SKCK dengan lancar. Sekarang ia bisa melamar pekerjaan dengan tenang tanpa khawatir tidak memiliki syarat utama yang diperlukan.

Dari pengalaman Adi, dapat disimpulkan bahwa syarat bikin SKCK di Sleman relatif mudah dan tidak terlalu rumit. Namun, tetap perlu memperhatikan semua persyaratan yang telah disebutkan di atas agar proses pembuatan SKCK dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya mengenai Syarat Bikin SKCK Sleman. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan SKCK untuk keperluan tertentu.

Saya ingin menekankan bahwa proses pembuatan SKCK di Sleman bisa berbeda dengan daerah lainnya, sehingga penting untuk memahami syarat-syarat yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan secara lengkap dan akurat agar prosesnya bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Terakhir, saya harap Anda tidak ragu untuk menghubungi pihak kepolisian setempat jika ada pertanyaan atau kebingungan dalam proses pembuatan SKCK. Semoga sukses dan semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan SKCK dengan mudah dan cepat. Terima kasih telah mengunjungi blog saya!

Orang-orang seringkali bertanya tentang Syarat Bikin SKCK Sleman. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara membuat SKCK di Sleman?

    Untuk membuat SKCK di Sleman, Anda perlu mengunjungi kantor polisi terdekat dan membawa beberapa dokumen seperti KTP, KK, pas foto, serta surat keterangan sehat dari dokter. Setelah itu, Anda harus mengisi formulir permohonan SKCK dan menunggu proses verifikasi.

  2. Berapa biaya untuk membuat SKCK di Sleman?

    Biaya untuk membuat SKCK di Sleman bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing kantor polisi. Namun, biasanya biaya tersebut berkisar antara Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000.

  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat SKCK di Sleman?

    Waktu yang dibutuhkan untuk membuat SKCK di Sleman tergantung pada jumlah permohonan yang sedang diproses oleh kantor polisi setempat. Namun, biasanya proses ini dapat memakan waktu hingga 1-2 minggu.

  4. Apakah saya harus melakukan tes psikologi untuk membuat SKCK di Sleman?

    Tidak semua kantor polisi di Sleman mensyaratkan tes psikologi untuk membuat SKCK. Namun, beberapa kantor polisi mungkin melakukan tes psikologi sebagai bagian dari proses verifikasi.

  5. Apakah saya harus membawa saksi untuk membuat SKCK di Sleman?

    Tidak selalu. Namun, jika Anda tidak memiliki identitas yang jelas atau dokumen yang diperlukan, Anda mungkin diminta untuk membawa saksi sebagai bukti bahwa Anda adalah orang yang sama dengan data yang tertera pada dokumen Anda.

Dalam membuat SKCK Sleman, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh kantor polisi setempat. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen yang diperlukan dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengajukan permohonan SKCK.

Video Syarat Bikin Skck Sleman

Visit Video