Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Keripik Cireng Oncom

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan
Anda membutuhkan tepung terigu, tepung beras, air, bawang merah, bawang putih, garam, gula, penyedap rasa, dan tentu saja oncom.

2. Aduk Semua Bahan dalam Wadah
Campurkan semua bahan dalam sebuah wadah dan aduk hingga tercampur merata.

3. Tambahkan Cairan hingga Kekentalan yang Pas
Tambahkan air hingga mendapatkan kekentalan yang pas, tidak terlalu kental atau terlalu cair.

4. Balurkan Oncom pada Adonan
Ambil oncom dan balurkan pada adonan tepung yang sudah tercampur.

5. Bentuk Cireng
Bentuk adonan yang sudah berisi oncom menjadi bulat-bulat kecil atau sesuai selera.

6. Panaskan Minyak
Panaskan minyak dalam wajan hingga benar-benar panas.

7. Goreng Cireng
Setelah minyak panas, goreng cireng hingga kecoklatan dan matang.

8. Tiriskan Cireng yang Sudah Digoreng
Angkat cireng dan tiriskan minyak yang berlebih pada tissue atau saringan.

9. Sajikan dengan Pelengkap
Keripik cireng oncom siap disajikan dengan pelengkap sambal kecap atau cabai rawit.

10. Nikmati Rasa Pedas dan Gurihnya
Nikmati keripik cireng oncom yang gurih dan pedas ketika masih hangat atau bisa disimpan untuk dikonsumsi di kemudian hari.

Cara Membuat Keripik Cireng Oncom

Cara membuat keripik cireng oncom yang renyah dan gurih dengan bahan-bahan sederhana. Ikuti langkah-langkahnya di sini!

Apakah kamu ingin mencoba membuat camilan yang unik dan lezat? Cobalah untuk membuat keripik cireng oncom! Ya, mungkin kamu sudah sering mencicipi cireng atau oncom sebagai makanan favoritmu. Namun, bagaimana jika kedua makanan tersebut digabungkan menjadi satu dan dijajakan sebagai keripik? Tentunya akan sangat menarik untuk dicoba bukan?

Untuk membuat keripik cireng oncom ini, kamu bisa mengikuti beberapa tahapan yang mudah dan sederhana. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan seperti tepung tapioka, oncom, bawang putih, garam, dan air. Kemudian, aduk semua bahan hingga tercampur rata dan bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil. Setelah itu, kukus adonan selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Selanjutnya, iris tipis-tipis adonan cireng dan oncom yang sudah matang tadi. Terakhir, goreng irisan cireng oncom dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu bisa menciptakan camilan yang sangat istimewa dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bumbu atau saus favoritmu untuk memberikan tambahan cita rasa pada keripik cireng oncom ini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep keripik cireng oncom ini dan rasakan sensasi baru dari kedua makanan yang terkenal di Indonesia!

Cara Membuat Keripik Cireng Oncom

Siapa yang tidak suka dengan keripik? Camilan yang satu ini memang sangat digemari oleh banyak orang. Salah satu jenis keripik yang cukup populer adalah keripik cireng oncom. Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang ketagihan untuk mencobanya.

Cireng

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram tepung tapioka
  • 150 gram oncom yang sudah dihaluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

1. Campurkan semua bahan dalam wadah

Pertama-tama, campurkan semua bahan dalam wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Membuat

2. Tambahkan air sedikit-sedikit

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan.

Cireng

3. Pipihkan adonan

Pipihkan adonan hingga setebal 1-2 mm. Potong-potong sesuai dengan selera.

4. Goreng dengan minyak panas

Goreng potongan adonan dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan dan matang.

5. Angkat dan tiriskan

Angkat keripik dan tiriskan dari minyak. Keripik cireng oncom siap disajikan.

Tips:

  • Usahakan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras agar mudah dipipihkan dan dipotong.
  • Gunakan oncom yang sudah dihaluskan agar bumbu lebih meresap dan rasa lebih gurih.
  • Keripik cireng oncom dapat disimpan dalam wadah tertutup untuk menjaga kelembaban dan kesegarannya.

Itulah cara membuat keripik cireng oncom yang renyah dan gurih. Camilan ini cocok disajikan sebagai teman nonton atau sekadar camilan di waktu luang. Selamat mencoba!

Cara Membuat Keripik Cireng OncomSiapkan Bahan-Bahan yang DiperlukanUntuk membuat keripik cireng oncom, Anda membutuhkan tepung terigu, tepung beras, air, bawang merah, bawang putih, garam, gula, penyedap rasa, dan tentu saja oncom. Pastikan semua bahan tersedia dan siap digunakan sebelum memulai proses pembuatan.Aduk Semua Bahan dalam WadahSetelah semua bahan tersedia, campurkan semua bahan dalam sebuah wadah dan aduk hingga tercampur merata. Pastikan tidak ada gumpalan pada adonan tepung agar nantinya hasilnya menjadi lebih baik.Tambahkan Cairan hingga Kekentalan yang PasSetelah adonan tercampur merata, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga mendapatkan kekentalan yang pas, tidak terlalu kental atau terlalu cair. Jangan terlalu banyak menambahkan air agar adonan tidak menjadi terlalu encer dan sulit untuk dibentuk.Balurkan Oncom pada AdonanSetelah adonan siap, ambil oncom dan balurkan pada adonan tepung yang sudah tercampur. Pastikan oncom terbalut rata pada adonan tepung.Bentuk CirengSetelah oncom terbalut dengan baik pada adonan, bentuklah adonan yang sudah berisi oncom menjadi bulat-bulat kecil atau sesuai selera. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil agar hasilnya menjadi lebih bagus dan enak saat dikonsumsi.Panaskan MinyakSetelah adonan siap, panaskan minyak dalam wajan hingga benar-benar panas. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menggoreng cireng agar hasilnya lebih baik.Goreng CirengSetelah minyak panas, gorenglah cireng hingga kecoklatan dan matang. Pastikan tidak terlalu lama menggoreng agar tidak gosong dan hasilnya tetap empuk.Tiriskan Cireng yang Sudah DigorengSetelah selesai digoreng, angkat cireng dan tiriskan minyak yang berlebih pada tissue atau saringan. Pastikan semua minyak keluar agar hasilnya lebih kering dan renyah.Sajikan dengan PelengkapKeripik cireng oncom siap disajikan dengan pelengkap sambal kecap atau cabai rawit. Sajikan dalam piring atau mangkuk dan tambahkan pelengkap sesuai selera.Nikmati Rasa Pedas dan GurihnyaNikmati keripik cireng oncom yang gurih dan pedas ketika masih hangat atau bisa disimpan untuk dikonsumsi di kemudian hari. Selamat mencoba!

Siapa yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini? Keripik cireng oncom adalah salah satu camilan khas Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Rasanya yang gurih dan renyah membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat keripik cireng oncom sendiri di rumah, berikut adalah cara membuatnya:

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan:
    • 250 gram tepung tapioka
    • 150 ml air
    • 100 gram oncom yang dihaluskan
    • 2 siung bawang putih yang dihaluskan
    • 1 sdt garam
    • 1/2 sdt merica bubuk
    • Minyak goreng secukupnya
  2. Cara membuat:
    • Campurkan tepung tapioka, air, oncom yang dihaluskan, bawang putih yang dihaluskan, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah.
    • Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang lembut.
    • Panaskan minyak goreng dalam wajan.
    • Ambil satu sendok adonan cireng dan celupkan ke dalam minyak panas.
    • Goreng hingga cireng berubah warna menjadi kecoklatan dan terlihat kering.
    • Tiriskan cireng dari minyak goreng dan biarkan dingin.
    • Panaskan minyak goreng kembali dalam wajan.
    • Goreng cireng yang sudah dingin tadi hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan terlihat renyah.
    • Tiriskan keripik cireng oncom dari minyak goreng dan sajikan.
  3. Point of view:
  4. Dengan mengikuti cara membuat keripik cireng oncom di atas, Anda dapat menikmati camilan yang lezat dan sehat di rumah. Selain itu, membuat keripik cireng oncom sendiri juga bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli di luar. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang cara membuat keripik cireng oncom. Kami harap Anda mendapatkan informasi yang berguna dan bisa mencoba resep ini di rumah. Seperti yang dapat Anda lihat, membuat keripik cireng oncom tidak terlalu sulit dan membutuhkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional.

Bagi pecinta makanan ringan, keripik cireng oncom adalah pilihan yang tepat. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya cocok disantap di berbagai kesempatan, baik saat bersantai di rumah atau sebagai camilan saat bepergian. Dengan mengikuti resep yang kami bagikan, Anda bisa membuat keripik cireng oncom sendiri dengan mudah dan bisa menyesuaikan bumbu sesuai selera.

Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog kami untuk mendapatkan informasi seputar kuliner dan resep masakan lainnya. Kami akan terus berusaha untuk memberikan konten yang bermanfaat dan menginspirasi pembaca kami dalam mencoba hal-hal baru. Terima kasih lagi atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Orang juga bertanya-tanya tentang cara membuat keripik cireng oncom. Berikut adalah beberapa jawaban yang kreatif dan mengasyikkan:

  1. Apa itu cireng oncom?

    Cireng oncom adalah camilan khas Indonesia yang terbuat dari aci (tepung kanji) dan oncom (fermentasi kacang kedelai). Biasanya dimakan dengan bumbu sambal atau saus tomat.

  2. Bagaimana cara membuat cireng oncom?

    • Campurkan tepung aci dengan oncom yang telah dihaluskan.
    • Tambahkan bahan lain seperti garam, bawang putih, dan daun bawang yang telah dicincang halus.
    • Tambahkan sedikit air dan aduk hingga adonan kalis.
    • Bentuk adonan menjadi cireng kecil-kecil.
    • Goreng cireng dalam minyak panas hingga kecoklatan.
    • Sajikan cireng oncom dengan sambal atau saus tomat.
  3. Apa yang membuat cireng oncom begitu lezat?

    Rasa gurih dari oncom yang difermentasi memberikan sentuhan unik pada tekstur kenyal dari cireng. Selain itu, tambahan bumbu seperti bawang putih dan daun bawang memberikan aroma yang harum dan lezat.

  4. Bisakah cireng oncom disimpan dalam waktu yang lama?

    Sebaiknya tidak. Karena cireng oncom terbuat dari bahan-bahan segar, maka tidak disarankan untuk menyimpannya terlalu lama. Sebaiknya dimakan segera setelah digoreng.

Video Cara Membuat Keripik Cireng Oncom

Visit Video