Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Bikin Npwp Online

1. Langkah Pertama: Persiapkan Dokumen-Dokumen yang Dibutuhkan
Untuk bisa membuat NPWP online, persiapkan dokumen seperti KTP, KK, dan NPWP orang tua atau suami/istri jika ada.

2. Langkah Kedua: Buka Website Resmi DJP Online
Kunjungi situs resmi DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/ untuk mendaftar NPWP online.

3. Langkah Ketiga: Pilih Layanan e-Registration
Pilih layanan e-Registration pada laman utama DJP Online untuk membuat NPWP secara online.

4. Langkah Keempat: Pilih Jenis Wajib Pajak
Pilih jenis wajib pajak yang tepat sesuai dengan kegiatan usaha atau pekerjaan yang Anda lakukan.

5. Langkah Kelima: Isi Formulir Registrasi
Isi formulir registrasi dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengisi kolom yang wajib diisi.

6. Langkah Keenam: Verifikasi Nomor Ponsel
Verifikasi nomor ponsel Anda dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan DJP Online.

7. Langkah Ketujuh: Konfirmasi Email
Buka email yang digunakan untuk mendaftar NPWP dan konfirmasi email dari DJP Online.

8. Langkah Kedelapan: Unggah Dokumen Pendukung
Unggah dokumen pendukung seperti KTP, KK, dan NPWP orang tua atau suami/istri jika diminta.

9. Langkah Kesembilan: Tunggu Prosedur Validasi
Tunggu beberapa waktu untuk prosedur validasi dari DJP Online sebelum mendapatkan nomor NPWP.

10. Langkah Kesepuluh: Simpan Nomor NPWP
Simpan nomor NPWP yang sudah didapatkan untuk digunakan dalam melakukan transaksi keuangan dan administrasi pajak.

Tata Cara Bikin Npwp Online

Cara membuat NPWP online mudah dan cepat dengan panduan lengkap di situs resmi Direktorat Jenderal Pajak. Daftar sekarang!

Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat NPWP secara online? Jika iya, beruntunglah Anda telah menemukan artikel yang tepat! Sebagai warga negara Indonesia, NPWP merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Dengan NPWP, Anda dapat membayar pajak dengan mudah dan memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik. Namun, sebelum Anda mulai membuat NPWP secara online, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Yuk, simak tata cara bikin NPWP online berikut ini!

Pengantar

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor identitas bagi setiap warga negara Indonesia yang memiliki kewajiban membayar pajak. NPWP diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, dan biasanya dibutuhkan dalam proses administrasi keuangan seperti pembukaan rekening bank, membeli kendaraan, dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini kita dapat membuat NPWP secara online. Berikut panduan lengkapnya:

Persiapan

persiapan

Melakukan Persiapan Sebelum Membuat NPWP Online

Sebelum memulai proses pembuatan NPWP secara online, pastikan kamu telah menyiapkan beberapa dokumen penting seperti KTP, NPWP orang tua jika kamu masih di bawah umur 21 tahun, dan email aktif. Selain itu, pastikan juga koneksi internet kamu stabil agar tidak terjadi kendala saat proses pembuatan.

Langkah-langkah

langkah

1. Kunjungi Website e-Registration DJP

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi website e-Registration DJP melalui tautan https://ereg.pajak.go.id/. Setelah itu, klik tombol “Registrasi” pada halaman utama.

2. Pilih Jenis Wajib Pajak

Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memilih jenis wajib pajak yang ingin kamu buat. Pilihlah sesuai dengan jenis wajib pajak yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Misalnya, jika kamu seorang karyawan, pilihlah “Wajib Pajak Badan atau Orang Pribadi yang Memiliki Penghasilan dari Pekerjaan”. Jangan lupa isi captcha untuk melanjutkan proses.

3. Isi Data Diri

isi

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Pastikan data yang kamu masukkan sudah benar dan sesuai dengan dokumen identitas yang kamu miliki.

4. Konfirmasi Data Diri

konfirmasi

Setelah mengisi data diri, sistem akan menampilkan data yang kamu masukkan. Pastikan kembali data tersebut sudah benar dan sesuai dengan dokumen yang kamu miliki. Jika sudah benar, klik tombol “Lanjut”.

5. Isi Data Pekerjaan

isi

Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk mengisi data pekerjaan seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, dan nomor pokok wajib pajak perusahaan. Jika kamu seorang wiraswasta, isi data bisnis kamu. Jangan lupa isi captcha untuk melanjutkan proses.

6. Konfirmasi Data Pekerjaan

konfirmasi

Seperti pada tahap sebelumnya, pastikan data yang kamu masukkan sudah benar dan sesuai dengan dokumen yang kamu miliki. Jika sudah benar, klik tombol “Lanjut”.

7. Isi Data Tambahan

isi

Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data tambahan seperti nomor rekening bank dan pekerjaan. Data ini bersifat opsional, namun kamu disarankan mengisinya agar memudahkan proses administrasi keuangan di kemudian hari.

8. Verifikasi Email

verifikasi

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, sistem akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang kamu daftarkan sebelumnya. Buka email tersebut dan klik tautan yang disediakan untuk melanjutkan proses pembuatan NPWP.

9. Konfirmasi Data dan Proses Pembuatan NPWP

konfirmasi

Setelah melakukan verifikasi email, kamu akan diarahkan ke halaman konfirmasi data dan proses pembuatan NPWP. Pastikan kembali semua data yang kamu masukkan sudah benar, dan klik tombol “Buat NPWP” untuk menyelesaikan proses.

10. Cetak NPWP

cetak

Setelah berhasil membuat NPWP secara online, kamu dapat mencetaknya langsung dari halaman konfirmasi. NPWP tersebut sudah sah dan dapat digunakan untuk keperluan administrasi keuangan.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat NPWP secara online yang mudah dan cepat. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa mengurangi risiko kesalahan dalam pengisian data. Jangan lupa untuk membayar pajak dengan tepat waktu dan mematuhi aturan yang berlaku ya!

Langkah pertama dalam membuat NPWP online adalah dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Pastikan untuk mempersiapkan dokumen seperti KTP, KK, dan NPWP orang tua atau suami/istri jika ada. Setelah dokumen-dokumen tersebut siap, langkah kedua adalah membuka website resmi DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/. Pada laman utama, pilih layanan e-Registration untuk membuat NPWP secara online.Selanjutnya, langkah ketiga adalah memilih jenis wajib pajak yang sesuai dengan kegiatan usaha atau pekerjaan yang dilakukan. Setelah itu, langkah kelima adalah mengisi formulir registrasi dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengisi kolom yang wajib diisi. Pastikan semua informasi yang diberikan akurat dan valid. Setelah mengisi formulir registrasi, langkah keenam adalah melakukan verifikasi nomor ponsel dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan oleh DJP Online. Kemudian, langkah ketujuh adalah membuka email yang digunakan untuk mendaftar NPWP dan konfirmasi email dari DJP Online. Langkah kedelapan adalah mengunggah dokumen pendukung seperti KTP, KK, dan NPWP orang tua atau suami/istri jika diminta. Pastikan dokumen yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Setelah itu, langkah kesembilan adalah menunggu beberapa waktu untuk prosedur validasi dari DJP Online sebelum mendapatkan nomor NPWP. Jangan khawatir, proses validasi ini biasanya tidak memakan waktu yang lama. Terakhir, langkah kesepuluh adalah menyimpan nomor NPWP yang sudah didapatkan untuk digunakan dalam melakukan transaksi keuangan dan administrasi pajak. Pastikan nomor NPWP disimpan dengan baik dan mudah diakses jika dibutuhkan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat NPWP secara online dengan mudah dan cepat.

Mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang yang ingin memenuhi kewajiban pajak. Dan sekarang, membuat NPWP tidaklah sulit karena sudah bisa dilakukan secara online. Berikut ini adalah tata cara bikin NPWP online yang dapat kamu ikuti dengan mudah:

  1. Buka website resmi Direktorat Jenderal Pajak di www.pajak.go.id
  2. Pilih menu Pendaftaran Online
  3. Pilih pilihan Pendaftaran NPWP
  4. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar
  5. Lakukan verifikasi akun email untuk mengaktifkan akun
  6. Setelah akun aktif, login ke akun dan pilih Pendaftaran NPWP Online
  7. Isi data-data yang diperlukan seperti data diri dan data pekerjaan
  8. Unggah dokumen pendukung seperti KTP dan surat keterangan domisili
  9. Tunggu hingga proses verifikasi selesai dan NPWP akan dikirimkan ke alamat yang tertera

Tata cara bikin NPWP online sangat mudah dan cepat dilakukan. Selain itu, dengan membuat NPWP secara online, kamu juga dapat menghindari antrian panjang di kantor pajak dan dapat menghemat waktu. Jangan lupa untuk selalu mengikuti persyaratan yang diminta dan mengisi data dengan benar agar proses verifikasi dapat berjalan lancar.

Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang tata cara bikin NPWP online. Kami harap informasi yang telah kami berikan dapat membantu Anda dalam proses pengajuan NPWP secara online dan memudahkan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Jangan lupa bahwa memiliki NPWP merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia yang memiliki penghasilan. Dengan memiliki NPWP, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti mengajukan kredit di bank, membeli asuransi, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda memiliki kesulitan atau pertanyaan terkait proses pengajuan NPWP online, jangan ragu untuk menghubungi Kantor Pelayanan Pajak terdekat atau mengunjungi situs resmi Direktorat Jenderal Pajak. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga sukses dalam proses pengajuan NPWP online.

Banyak orang yang penasaran tentang tata cara bikin NPWP online. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara membuat NPWP secara online?

    Jawaban: Untuk membuat NPWP secara online, Anda dapat mengunjungi situs resmi Direktorat Jenderal Pajak dan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang tertera di sana. Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen penting seperti KTP dan akta kelahiran.

  2. Apakah pembuatan NPWP online gratis?

    Jawaban: Ya, pembuatan NPWP secara online tidak dikenakan biaya apapun.

  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat NPWP secara online?

    Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat NPWP secara online tergantung pada kecepatan internet Anda dan kelengkapan dokumen yang dimiliki. Namun, secara umum prosesnya hanya memakan waktu kurang dari 30 menit.

  4. Apakah saya harus datang ke kantor pajak untuk mengambil NPWP setelah selesai mendaftar secara online?

    Jawaban: Tidak perlu. Setelah selesai mendaftar dan mendapatkan nomor registrasi NPWP, NPWP akan dikirimkan melalui pos ke alamat yang tertera pada saat pendaftaran.

  5. Apakah NPWP online memiliki validitas yang sama dengan NPWP yang diterbitkan di kantor pajak?

    Jawaban: Ya, NPWP online memiliki validitas yang sama dengan NPWP yang diterbitkan di kantor pajak. Anda dapat menggunakan NPWP tersebut untuk keperluan bisnis atau administrasi lainnya.

Jadi, untuk membuat NPWP secara online sangat mudah dan cepat. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang tertera di situs resmi Direktorat Jenderal Pajak dan memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan. Selamat mencoba!

Video Tata Cara Bikin Npwp Online

Visit Video