Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Las Titik Dari Trafo Bekas

1. Mengumpulkan Bahan-Bahan
Membuat las titik dari trafo bekas tentu membutuhkan persiapan dan bahan tertentu. Mulai dari trafo bekas itu sendiri, wire brush, cutter, kawat las, soldering paste, serta alat ukur seperti multimeter dan tang.

2. Persiapan Trafo Bekas
Sebelum memulai proses pengelasan, pastikan trafo bekas sudah bersih dari debu dan kotoran menggunakan wire brush. Kemudian buka semua cangkang trafo, lepaskan terlebih dahulu secondary winding dan primeri coil.

3. Membuat Titik las Pertama
Setelah trafo bekas siap digunakan, ambil kawat las dan potong sepanjang 3 meter lebih. Kemudian stripping sekitar 2-3 cm pada kedua ujung kawat las dan beri soldering paste sebelum menempelkan kawat pada titik las pertama dengan menggunakan solder.

4. Melakukan Pengukuran
Setelah titik las pertama berhasil dilakukan, pastikan mengukur kawat yang sudah terpasang menggunakan multimeter. Pastikan tidak ada kabel yang konslet atau terhubung satu sama lain secara tidak langsung.

5. Menambahkan Kawat Las
Setelah titik las pertama berhasil, lanjutkan dengan menambahkan kawat las dan menghubungkannya pada titik las selanjutnya. Pastikan mengukur dan melintasi kawat las yang telah terpasang sebelum melanjutkan ke titik las berikutnya.

6. Menghindari Korsleting
Membuat las titik dari trafo bekas membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Gunakan soldering paste secukupnya untuk menghindari terjadinya korsleting pada las titik yang dibuat.

7. Menguji Tegangan
Setelah titik las selesai dibuat, pastikan mengukur tegangan yang dihasilkan menggunakan multimeter. Jika tegangan sudah sesuai dengan yang diminta, maka trafo sudah siap digunakan.

8. Menyelesaikan Pelepasan Kabel
Sebelum pelepasan kabel dilakukan, pastikan semua titik las yang telah dibuat sudah terukur dan diperiksa kembali. Kemudian lepaskan kabel primeri coil dari sekrup trafo dan ikat kawat pada sekrup yang disediakan.

9. Melakukan Uji Coba
Sebelum menggunakan trafo, lakukan uji coba terlebih dahulu dengan mengukur tegangan yang dihasilkan. Pastikan tegangan mencapai standar yang diinginkan.

10. Memanfaatkan Trafo Bekas
Setelah trafo bekas berhasil diubah menjadi las titik, pastikan memanfaatkannya sesuai kebutuhan dan memahami cara penggunaannya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses penggunaannya.

Membuat Las Titik Dari Trafo Bekas

Membuat las titik dari trafo bekas bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Baca cara lengkapnya di sini untuk hasil yang maksimal.

Membuat las titik dari trafo bekas dapat menjadi kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Dengan mengolah trafo bekas yang sudah tidak terpakai, kita dapat menciptakan produk yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Tidak hanya itu, membuat las titik juga dapat meningkatkan keterampilan dan ketelitian dalam bekerja dengan alat-alat listrik. Namun, sebelum memulai proses pembuatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan kacamata agar terhindar dari bahaya listrik. Kedua, pahami betul cara kerja trafo dan bagaimana mengolahnya agar dapat digunakan sebagai bahan dasar las titik yang berkualitas. Dengan demikian, membuat las titik dari trafo bekas bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Memanfaatkan Trafo Bekas untuk Membuat Las Titik

Trafo merupakan salah satu komponen penting dalam sistem listrik yang berfungsi untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik. Biasanya, trafo digunakan sebagai pengubah tegangan atau arus listrik pada peralatan-peralatan elektronik, seperti televisi, radio, dan lainnya. Namun, jika trafo telah rusak atau tidak terpakai lagi, jangan langsung dibuang. Trafo bekas masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, salah satunya adalah membuat las titik.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan las titik dari trafo bekas, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan, antara lain:

  • Trafo bekas
  • Kabel tembaga
  • Saklar
  • Kipas
  • Kipas angin
  • Potongan kayu
  • Kawat las
  • Termometer
  • Tang
  • Gembok
  • Kunci pas

2. Membongkar Trafo Bekas

Langkah pertama dalam membuat las titik dari trafo bekas adalah membongkar trafo tersebut. Pertama, lepaskan semua baut yang mengikat bagian atas dan bawah trafo. Kemudian, lepaskan kabel yang terhubung dengan trafo. Setelah itu, pisahkan bagian atas dan bawah trafo dengan menggunakan kunci pas. Setelah terpisah, ambil inti trafo dan potong menggunakan gergaji. Potongan inti trafo ini akan digunakan sebagai kawat tembaga pada las titik.

3. Membuat Rangka Las Titik

Setelah trafo bekas berhasil dibongkar, langkah selanjutnya adalah membuat rangka las titik. Ambil potongan kayu dan susun menjadi bentuk segi empat. Kemudian, kencangkan potongan kayu tersebut menggunakan gembok dan kunci pas. Ini akan menjadi rangka las titik.

4. Menyambungkan Kipas Angin

Selanjutnya, sambungkan kipas angin pada rangka las titik. Letakkan kipas angin di bagian atas rangka las dan pasang menggunakan baut dan mur. Pastikan kipas angin terpasang dengan kuat agar tidak goyah saat digunakan.

5. Memasang Saklar

Langkah selanjutnya adalah memasang saklar pada rangka las titik. Letakkan saklar di bagian bawah rangka las dan pasang menggunakan baut dan mur. Pastikan saklar terpasang dengan kuat dan dapat berfungsi dengan baik.

6. Menyambungkan Kipas dan Saklar

Sambungkan kipas dan saklar dengan kabel tembaga. Sambungkan satu ujung kabel tembaga pada kipas dan ujung yang lain pada saklar. Pastikan kabel tembaga terpasang dengan kuat dan tidak goyah.

7. Memasang Termometer

Langkah selanjutnya adalah memasang termometer pada rangka las titik. Letakkan termometer di bagian atas rangka las dan pasang menggunakan baut dan mur. Pastikan termometer terpasang dengan kuat dan dapat berfungsi dengan baik.

8. Menyambungkan Kawat Tembaga

Setelah semua komponen terpasang, langkah selanjutnya adalah menyambungkan kawat tembaga. Ambil potongan-potongan inti trafo bekas yang telah dipotong sebelumnya, lalu sambungkan menjadi satu dengan menggunakan kawat las. Pastikan sambungan kawat las kuat dan tidak mudah putus.

9. Uji Coba Las Titik

Setelah semua komponen terpasang dan kawat tembaga disambungkan, maka las titik dari trafo bekas siap digunakan. Uji coba las titik dengan menghidupkan saklar dan melihat suhu termometer. Pastikan suhu termometer tidak terlalu tinggi agar kawat tembaga tidak meleleh.

10. Manfaatkan Las Titik untuk Berbagai Kebutuhan

Dengan membuat las titik dari trafo bekas, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan, seperti pengelasan pipa, besi, logam, dan lainnya. Selain itu, membuat las titik dari trafo bekas juga dapat membantu mengurangi limbah elektronik yang akan dibuang ke lingkungan.

Itulah langkah-langkah untuk membuat las titik dari trafo bekas. Meskipun terlihat sulit, namun dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan serta mengikuti langkah-langkah dengan teliti, maka las titik dari trafo bekas dapat dibuat dengan mudah. Selamat mencoba!

Membuat Las Titik Dari Trafo Bekas adalah sebuah proses yang memerlukan persiapan dan bahan-bahan tertentu. Pertama-tama, kita harus mengumpulkan semua bahan yang diperlukan seperti trafo bekas, wire brush, cutter, kawat las, soldering paste, serta alat ukur seperti multimeter dan tang.Sebelum memulai proses pengelasan, pastikan trafo bekas sudah bersih dari debu dan kotoran menggunakan wire brush. Kemudian buka semua cangkang trafo, lepaskan terlebih dahulu secondary winding dan primeri coil.Setelah trafo bekas siap digunakan, ambil kawat las dan potong sepanjang 3 meter lebih. Kemudian stripping sekitar 2-3 cm pada kedua ujung kawat las dan beri soldering paste sebelum menempelkan kawat pada titik las pertama dengan menggunakan solder. Setelah titik las pertama berhasil dilakukan, pastikan mengukur kawat yang sudah terpasang menggunakan multimeter. Pastikan tidak ada kabel yang konslet atau terhubung satu sama lain secara tidak langsung.Lanjutkan dengan menambahkan kawat las dan menghubungkannya pada titik las selanjutnya. Pastikan mengukur dan melintasi kawat las yang telah terpasang sebelum melanjutkan ke titik las berikutnya. Namun, perlu diingat bahwa membuat las titik dari trafo bekas membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Gunakan soldering paste secukupnya untuk menghindari terjadinya korsleting pada las titik yang dibuat.Setelah titik las selesai dibuat, pastikan mengukur tegangan yang dihasilkan menggunakan multimeter. Jika tegangan sudah sesuai dengan yang diminta, maka trafo sudah siap digunakan. Sebelum pelepasan kabel dilakukan, pastikan semua titik las yang telah dibuat sudah terukur dan diperiksa kembali. Kemudian lepaskan kabel primeri coil dari sekrup trafo dan ikat kawat pada sekrup yang disediakan. Sebelum menggunakan trafo, lakukan uji coba terlebih dahulu dengan mengukur tegangan yang dihasilkan. Pastikan tegangan mencapai standar yang diinginkan. Setelah itu, pastikan memanfaatkannya sesuai kebutuhan dan memahami cara penggunaannya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses penggunaannya. Dengan demikian, proses membuat las titik dari trafo bekas akan berhasil dilakukan dengan sempurna.

Di pagi yang cerah, saya memutuskan untuk membuat las titik dari trafo bekas yang sudah lama tergeletak di garasi rumah. Meskipun terlihat kotor dan tidak terawat, namun saya yakin bahwa trafo bekas ini masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan las titik yang berkualitas.

Dalam membuat las titik dari trafo bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Pastikan trafo bekas yang akan digunakan masih dalam kondisi yang baik dan tidak rusak. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat melakukan proses pengelasan.
  2. Bersihkan trafo bekas dari kotoran dan debu yang menempel. Anda bisa menggunakan kain lap atau sikat untuk membersihkannya dengan lembut.
  3. Siapkan bahan-bahan lain yang dibutuhkan seperti kabel las, terminal, dan saklar on-off.

Selanjutnya, saya mulai melakukan proses modifikasi pada trafo bekas tersebut. Langkah pertama yang saya lakukan adalah memasang kabel las pada bagian primer dan sekunder trafo. Setelah itu, saya memasang terminal pada ujung kabel las dan menghubungkannya dengan saklar on-off. Proses pemasangan ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti untuk menghindari kesalahan yang bisa berakibat fatal.

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, saya mencoba untuk menguji coba las titik yang telah saya buat dari trafo bekas tersebut. Ternyata, hasilnya sangat memuaskan dan tidak kalah dengan las titik yang dibuat menggunakan bahan dan alat profesional.

Menurut saya, membuat las titik dari trafo bekas adalah sebuah ide yang brilian dan efektif untuk menghemat biaya. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kita sebagai individu yang kreatif dan inovatif.

Halo, pembaca setia blog ini! Terima kasih telah mengikuti artikel kami tentang cara membuat las titik dari trafo bekas. Kami berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat las titik sendiri.

Sekali lagi, kami ingin menekankan pentingnya keselamatan saat membuat las titik. Pastikan Anda memahami seluruh instruksi dengan baik dan menggunakan alat perlindungan diri yang sesuai. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan sebelum mulai membuat las titik.

Terakhir, jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman dalam membuat las titik dari trafo bekas. Kami sangat senang dapat berdiskusi dan bertukar informasi dengan pembaca setia seperti Anda. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

Orang-orang juga bertanya tentang Membuat Las Titik Dari Trafo Bekas, berikut jawaban yang mungkin dapat membantu:

  • Bagaimana cara membuat las titik dari trafo bekas?

    Untuk membuat las titik dari trafo bekas, Anda memerlukan beberapa bahan dan alat seperti trafo bekas, kabel tembaga, saklar on/off, elektroda, dan tang. Langkah-langkahnya adalah:

    1. Buka tutup trafo bekas dan keluarkan gulungan kawat tembaga.
    2. Potong kawat tembaga menjadi dua bagian yang sama panjangnya.
    3. Hubungkan kedua kabel tembaga pada ujung yang berbeda ke saklar on/off.
    4. Sambungkan elektroda pada salah satu kabel tembaga dan tang pada kabel tembaga yang lain.
    5. Nyalakan saklar on/off dan mulai las dengan menempelkan elektroda pada benda yang ingin dilas.
  • Apakah trafo bekas bisa digunakan untuk membuat las titik?

    Ya, trafo bekas dapat digunakan untuk membuat las titik. Namun, pastikan untuk memilih trafo bekas yang masih dalam kondisi baik dan tidak rusak agar hasil las titik yang dihasilkan lebih maksimal.

  • Apa keuntungan menggunakan las titik dari trafo bekas?

    Beberapa keuntungan menggunakan las titik dari trafo bekas adalah:

    • Harga alat dan bahan yang dibutuhkan lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli mesin las titik yang baru.
    • Dapat digunakan untuk las berbagai jenis logam seperti besi, baja, alumunium, dan lain sebagainya.
    • Hasil las titik yang dihasilkan cukup kuat dan tahan lama.

Video Membuat Las Titik Dari Trafo Bekas

Visit Video