Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Jika Tidak Ada Tombol Print Screen

1. Siapkan Software Pendukung
Sebelum mulai melakukan screenshot di laptop, pastikan kamu sudah mengunduh dan memasang software pendukung seperti Lightshot, Snipping Tool, atau Greenshot. Software-software tersebut akan memudahkan kamu untuk mengambil gambar dari layar tanpa menggunakan tombol print screen.

2. Memanfaatkan Fitur Windows
Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows mempunyai fitur bawaan yaitu Snipping Tool. Dengan fitur ini kamu bisa melakukan screenshot pada area layar yang diinginkan secara manual.

3. Memanfaatkan Keyboard Alternatif
Jika laptop kamu tidak mempunyai tombol print screen, tunggu dulu sebelum khawatir. Kamu bisa menggantinya dengan keyboard alternatif. Kamu bisa menekan tombol Fn+Insert atau Fn+F11 untuk melakukan screenshot pada layar.

4. Gunakan Kombinasi Tombol
Selain fitur dan keyboard, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol. Untuk pengguna laptop dengan sistem operasi Windows, kamu bisa menekan tombol Windows+Shift+S untuk melakukan screenshot area tertentu.

5. Pilih Screenshot Berkualitas Tinggi
Teknik screenshot juga berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Jika ingin mengambil gambar yang berkualitas tinggi, gunakan teknik screenshot dengan resolusi tinggi dan format file yang baik.

6. Perhatikan Detail Gambar
Saat mengambil gambar, pastikan kamu memperhatikan detail gambar yang tercetak pada layar. Jangan sampai detail penting terpotong atau terlewatkan.

7. Jangan Takut Berlatih
Agar kamu semakin mahir dalam melakukan screenshot tanpa tombol print screen, jangan takut untuk berlatih. Semakin sering latihan, semakin tahu juga teknik screenshot yang tepat.

8. Cari Referensi
Kamu juga bisa mencari referensi atau panduan online untuk melakukan screenshot tanpa tombol print screen. Beberapa website mengandung informasi tentang cara-cara mengambil gambar layar tanpa menggunakan tombol tertentu.

9. Kreatif dalam Mengambil Gambar
Setelah kamu mahir dalam melakukan screenshot tanpa tombol print screen, jangan lupa untuk berkreasi dalam mengambil gambar. Bisa dengan menambahkan beberapa filter dan ramuan agar gambar tampak lebih menarik.

10. Gunakan Gambar dengan Bijak
Terakhir, setelah berhasil melakukan screenshot, pilihlah gambar yang ingin kamu gunakan dengan bijak. Jangan sampai melanggar hak cipta atau terjadi hal-hal tidak diinginkan akibat penggunaan gambar secara sembarangan.

Cara Screenshot Di Laptop Jika Tidak Ada Tombol Print Screen

Cara screenshot di laptop tanpa tombol print screen: gunakan tombol Windows + Shift + S. Kemudian paste gambar pada program paint.

Jika kamu sering menggunakan laptop untuk pekerjaan atau sekedar bermain game, pasti pernah mengalami kesulitan saat ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot. Terlebih lagi jika laptop yang kamu gunakan tidak memiliki tombol Print Screen. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa melakukan screenshot meskipun tidak ada tombol Print Screen. Yuk, simak cara-cara kreatif berikut ini!

Pengantar

screenshot
Saat bekerja di laptop, kadang kita membutuhkan screenshot untuk keperluan dokumentasi atau berbagai keperluan lainnya. Namun bagaimana jika tombol print screen yang biasanya digunakan untuk mengambil screenshot tidak ada pada laptop kita? Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan tombol print screen.

Cara Screenshot Di Laptop Tanpa Tombol Print Screen

Menggunakan Keyboard Virtual

keyboard virtual
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan keyboard virtual yang sudah tersedia di laptop kita. Cari aplikasi keyboard virtual pada laptop Anda dan buka. Setelah itu, buka aplikasi atau halaman yang ingin Anda screenshot, lalu tekan tombol PrtScn pada keyboard virtual. Gambar screenshot akan tersimpan pada clipboard dan bisa Anda paste pada aplikasi pengolah gambar seperti Paint.

Menggunakan Snipping Tool

snipping tool
Cara kedua adalah dengan menggunakan Snipping Tool. Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada laptop. Untuk membuka Snipping Tool, cari di menu Start atau jalankan melalui Run dengan mengetik snippingtool. Setelah itu, pilih jenis snip yang ingin Anda gunakan dan pilih area yang ingin diambil screenshot.

Menggunakan Tombol Fn + Tombol Print Screen

fn button
Cara ketiga adalah dengan menggunakan tombol Fn + Print Screen. Pada beberapa laptop, tombol Print Screen berada pada tombol yang sama dengan tombol lain, seperti tombol F11 atau tombol Insert. Untuk mengambil screenshot dengan cara ini, tekan tombol Fn + tombol Print Screen secara bersamaan. Gambar screenshot akan tersimpan pada clipboard dan bisa Anda paste pada aplikasi pengolah gambar seperti Paint.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

aplikasi screenshot
Cara terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, atau PicPick. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal secara gratis. Setelah diinstal, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang ada untuk mengambil screenshot.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, saya telah menjelaskan cara mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan tombol print screen. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan keyboard virtual, Snipping Tool, tombol Fn + Print Screen, atau aplikasi pihak ketiga. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengambil screenshot di laptop.Cara screenshot di laptop bisa dilakukan dengan berbagai cara, terutama jika tidak ada tombol print screen. Pertama-tama, kamu perlu mempersiapkan software pendukung seperti Lightshot, Snipping Tool, atau Greenshot. Software-software ini akan memudahkan kamu untuk mengambil gambar dari layar tanpa menggunakan tombol print screen. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur bawaan Windows, yaitu Snipping Tool. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan screenshot pada area layar yang diinginkan secara manual. Jika tidak ada tombol print screen, kamu juga bisa memanfaatkan keyboard alternatif dengan menekan tombol Fn+Insert atau Fn+F11. Kemudian, gunakan kombinasi tombol Windows+Shift+S untuk melakukan screenshot area tertentu. Untuk mendapatkan hasil screenshot yang berkualitas tinggi, pastikan kamu menggunakan teknik screenshot dengan resolusi tinggi dan format file yang baik. Perhatikan detail gambar saat mengambil gambar, jangan sampai detail penting terpotong atau terlewatkan. Jangan takut untuk berlatih agar semakin mahir dalam melakukan screenshot tanpa tombol print screen. Kamu juga bisa mencari referensi atau panduan online untuk melakukan screenshot tanpa tombol print screen.Setelah kamu mahir dalam melakukan screenshot tanpa tombol print screen, jangan lupa untuk berkreasi dalam mengambil gambar. Kamu bisa menambahkan beberapa filter dan ramuan agar gambar tampak lebih menarik. Namun, pastikan kamu menggunakan gambar dengan bijak dan tidak melanggar hak cipta atau terjadi hal-hal tidak diinginkan akibat penggunaan gambar secara sembarangan. Dengan cara-cara ini, kamu bisa tetap melakukan screenshot tanpa tombol print screen dengan mudah dan praktis.

Ada kalanya kita ingin mengambil screenshot atau tangkapan layar di laptop, namun sayangnya tidak ada tombol Print Screen yang tersedia. Namun jangan khawatir, masih ada cara lain untuk bisa melakukan screenshot di laptop tanpa menggunakan tombol Print Screen.

Berikut adalah beberapa cara screenshot di laptop jika tidak ada tombol Print Screen:

  1. Gunakan Tombol Windows + Print Screen
  2. Cara ini hanya berlaku untuk pengguna Windows 8 atau versi yang lebih baru. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Screenshot akan langsung disimpan ke dalam folder Screenshots di library gambar.

  3. Gunakan Screenshot Tool Bawaan di Windows
  4. Windows juga memiliki fitur screenshot tool bawaan yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan, lalu pilih area yang ingin diambil screenshot-nya. Hasil tangkapan layar akan muncul di clipboard yang bisa dipaste ke aplikasi lain.

  5. Gunakan Snipping Tool
  6. Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk membuat screenshot dengan lebih banyak opsi. Untuk menggunakannya, cukup buka aplikasi tersebut dan pilih opsi New untuk membuat screenshot. Setelah itu, pilih area yang ingin diambil dan simpan hasil screenshot di tempat yang diinginkan.

  7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
  8. Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis dan mudah digunakan untuk mengambil screenshot.

Dengan beberapa cara di atas, Anda masih bisa melakukan screenshot di laptop meskipun tidak ada tombol Print Screen yang tersedia. Selamat mencoba!

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara screenshot di laptop jika tidak ada tombol print screen. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda untuk mengambil tangkapan layar pada laptop tanpa harus bingung mencari tombol print screen yang mungkin tidak ada di keyboard laptop Anda.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan beberapa metode yang telah saya jelaskan di artikel ini, seperti menggunakan tombol Windows + Shift + S, aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Snipping Tool, atau bahkan menggunakan fitur screenshot pada aplikasi Office seperti Word dan PowerPoint.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot layar laptop Anda dan menyimpannya untuk keperluan pribadi atau profesional. Semoga tips dan trik yang sudah saya berikan bisa bermanfaat bagi Anda semua. Jangan lupa untuk selalu kunjungi situs kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi. Terima kasih.

Orang juga bertanya tentang Cara Screenshot di Laptop Jika Tidak Ada Tombol Print Screen

  1. Bagaimana cara mengambil screenshot jika tidak ada tombol print screen di laptop?
  2. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Snagit atau Greenshot yang dapat dengan mudah diunduh dan diinstal pada laptop Anda. Aplikasi ini biasanya memiliki fitur tangkapan layar dan tata letak tombol pintasan yang mudah digunakan.

  3. Apakah ada alternatif lain untuk mengambil screenshot di laptop?
  4. Ya, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol pintasan seperti Windows + Shift + S. Setelah menekan tombol ini, layar akan menjadi abu-abu dan Anda dapat menyeret kursor untuk memilih area yang ingin Anda tangkap. Tangkapan layar akan disimpan ke clipboard dan dapat dengan mudah ditempelkan di program apa pun.

  5. Apakah saya dapat menggunakan tombol lain selain print screen untuk mengambil screenshot?
  6. Tentu saja, beberapa laptop memiliki tombol fungsi tambahan yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot seperti “Fn + Insert” atau “Fn + F11”. Anda juga dapat mencari tahu tombol pintasan lain dari produsen laptop Anda.

  7. Apakah saya harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot?
  8. Tidak, Anda juga dapat menggunakan alat bawaan sistem operasi seperti Snipping Tool di Windows atau Grab di macOS. Anda cukup membuka aplikasi tersebut dan memilih jenis tangkapan layar yang ingin Anda ambil.

Video Cara Screenshot Di Laptop Jika Tidak Ada Tombol Print Screen

Visit Video