Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Jadul

1. Menemukan tombol Print Screen di keyboard
2. Menggunakan tombol Alt + Print Screen untuk menangkap jendela aktif
3. Menggunakan tombol Windows + Print Screen untuk menangkap seluruh layar
4. Menggunakan aplikasi Paint untuk menyimpan screenshot
5. Menggunakan fitur screenshot bawaan Windows untuk mengedit dan membagikan screenshot
6. Menggunakan program pihak ketiga seperti Lightshot atau Snipping Tool
7. Menyesuaikan pengaturan screenshot pada laptop
8. Memastikan tampilan yang akan diambil adalah yang diinginkan
9. Menggunakan shortcut keyboard untuk menghemat waktu
10. Memastikan bahwa ruang penyimpanan cukup untuk menyimpan screenshot.

Cara Screenshot Di Laptop Jadul

Cara screenshot di laptop jadul mudah dilakukan dengan menekan tombol Print Screen atau Fn+Print Screen, lalu paste pada aplikasi editing gambar.

Bagaimana cara screenshot di laptop jadul? Jangan khawatir, meskipun laptop Anda sudah berusia, masih ada cara untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki tombol Print Screen di keyboard Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengambil screenshot. Namun, sebelum itu, pastikan Anda siap untuk menemukan cara yang kreatif dan unik untuk menggunakan screenshot tersebut.

Cara Screenshot Di Laptop Jadul

Pengenalan

Di zaman yang semakin canggih ini, laptop menjadi salah satu alat teknologi yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang mengerti tentang cara penggunaan laptop yang baik dan benar. Salah satunya adalah cara screenshot di laptop jadul. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial tentang cara screenshot di laptop jadul.

Pengenalan

Step-by-Step Cara Screenshot Di Laptop Jadul

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Screenshot di laptop jadul dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard. Caranya adalah tekan tombol Print Screen (biasanya disingkat PrtSc) pada keyboard.

2. Membuka Program Paint

Setelah menekan tombol Print Screen, selanjutnya buka program Paint pada laptop Anda. Program Paint biasanya sudah terinstal pada sistem operasi Windows.

3. Paste Screenshot

Setelah membuka program Paint, selanjutnya tekan tombol Ctrl + V pada keyboard untuk melakukan paste screenshot yang sudah Anda ambil sebelumnya dengan menggunakan tombol Print Screen.

4. Menyimpan Hasil Screenshot

Setelah melakukan paste screenshot di program Paint, selanjutnya simpan hasil screenshot tersebut. Caranya adalah klik menu File dan pilih Save As. Selanjutnya, beri nama file dan tentukan lokasi penyimpanan file tersebut.

Keuntungan Membuat Screenshot

Mudah Dijelaskan

Membuat screenshot pada laptop jadul dapat memudahkan Anda dalam menjelaskan sesuatu kepada orang lain. Anda tidak perlu repot-repot mengetik atau menulis, melainkan hanya perlu menunjukkan gambar hasil screenshot tersebut.

Mendokumentasikan

Membuat screenshot pada laptop jadul juga dapat digunakan untuk mendokumentasikan suatu hal yang penting. Misalnya saja saat Anda menemukan sebuah informasi penting di internet atau melakukan transaksi perbankan online.

Memudahkan Troubleshooting

Bagi para teknisi, membuat screenshot pada laptop jadul dapat memudahkan troubleshooting atau perbaikan masalah pada sistem komputer. Dengan screenshot, para teknisi dapat melihat secara detail masalah yang terjadi dan dapat langsung menyelesaikannya.

Kesimpulan

Screenshot pada laptop jadul dapat dilakukan dengan mudah menggunakan tombol Print Screen dan program Paint. Dengan membuat screenshot, Anda dapat memudahkan diri sendiri dalam menjelaskan sesuatu, mendokumentasikan informasi penting, dan memudahkan troubleshooting pada sistem komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang masih menggunakan laptop jadul.

Cara Screenshot Di Laptop Jadul

Bagi kamu yang masih menggunakan laptop jadul, mungkin bingung dengan cara screenshot-nya. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot pada laptop jadulmu. Yuk, simak penjelasannya!

1. Menemukan tombol Print Screen di keyboard

Tombol Print Screen atau yang biasa disebut dengan PrtScr terletak di sebelah kanan atas pada keyboard. Tombol ini berfungsi untuk mengambil gambar dari layar laptop.

2. Menggunakan tombol Alt + Print Screen untuk menangkap jendela aktif

Jika kamu hanya ingin mengambil gambar dari jendela aktif, kamu bisa menggunakan tombol Alt + Print Screen. Caranya adalah dengan membuka jendela yang ingin diambil screenshot-nya, kemudian tekan tombol Alt + Print Screen secara bersamaan.

3. Menggunakan tombol Windows + Print Screen untuk menangkap seluruh layar

Jika kamu ingin mengambil screenshot dari seluruh layar, kamu bisa menggunakan tombol Windows + Print Screen. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan. Screenshot akan otomatis disimpan di folder Pictures > Screenshots.

4. Menggunakan aplikasi Paint untuk menyimpan screenshot

Setelah kamu mengambil screenshot, kamu bisa menyimpannya dengan menggunakan aplikasi Paint. Caranya adalah dengan membuka Paint, kemudian tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan gambar pada aplikasi Paint. Setelah itu, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara klik File > Save As.

5. Menggunakan fitur screenshot bawaan Windows untuk mengedit dan membagikan screenshot

Jika kamu ingin mengedit atau membagikan screenshot, kamu bisa menggunakan fitur screenshot bawaan Windows. Caranya adalah dengan tekan tombol Windows + Shift + S. Kemudian pilih area yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah itu, kamu bisa mengedit atau membagikan screenshot tersebut dengan menggunakan menu yang muncul setelah kamu mengambil screenshot.

6. Menggunakan program pihak ketiga seperti Lightshot atau Snipping Tool

Jika kamu ingin menggunakan program pihak ketiga, kamu bisa menggunakan aplikasi Lightshot atau Snipping Tool. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di internet. Setelah itu, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara yang sama seperti menggunakan fitur bawaan Windows.

7. Menyesuaikan pengaturan screenshot pada laptop

Jika kamu sering menggunakan fitur screenshot, kamu bisa menyesuaikan pengaturannya pada laptopmu. Caranya adalah dengan membuka Settings > Ease of Access > Keyboard. Kemudian aktifkan opsi Use the PrtScn button to open screen snipping.

8. Memastikan tampilan yang akan diambil adalah yang diinginkan

Sebelum kamu mengambil screenshot, pastikan tampilan yang akan diambil adalah yang diinginkan. Kamu juga bisa melakukan zoom in atau zoom out untuk memperjelas tampilan yang ingin diambil.

9. Menggunakan shortcut keyboard untuk menghemat waktu

Jika kamu ingin menghemat waktu, kamu bisa menggunakan shortcut keyboard untuk mengambil screenshot. Kamu bisa menggunakan tombol Alt + Print Screen atau Windows + Print Screen untuk mengambil screenshot dengan cepat.

10. Memastikan bahwa ruang penyimpanan cukup untuk menyimpan screenshot

Setelah kamu mengambil screenshot, pastikan bahwa ruang penyimpanan di laptopmu cukup untuk menyimpan screenshot tersebut. Jika tidak, kamu bisa memindahkan screenshot ke hard disk external atau cloud storage.

Demikian cara screenshot di laptop jadul yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih menggunakan laptop jadul. Selamat mencoba!

Storytelling:

1. Pada suatu hari, Pak Budi membutuhkan screenshot dari tampilan layar laptop jadulnya untuk melaporkan pekerjaannya kepada atasan.2. Namun, dia merasa kesulitan karena tidak tahu cara mengambil screenshot pada laptop jadulnya.3. Pak Budi mencoba mencari solusi di internet, namun tutorial yang ditemukannya hanya berlaku untuk laptop modern.4. Akhirnya, Pak Budi bertanya kepada temannya yang ahli dalam hal teknologi.5. Temannya memberikan tips sederhana tentang cara screenshot di laptop jadul yang ternyata cukup mudah dilakukan.6. Dengan senang hati, Pak Budi berhasil mengambil screenshot dan dapat melaporkan pekerjaannya dengan lancar.

Point of view:

1. Cara Screenshot Di Laptop Jadul sebenarnya tidaklah sulit jika kita tahu triknya.2. Meskipun laptop jadul belum dilengkapi dengan fitur-fitur modern, namun tetap bisa digunakan dengan baik.3. Kita tidak perlu merasa minder atau ketinggalan zaman jika menggunakan laptop jadul, karena masih banyak hal yang bisa kita lakukan.4. Hal kecil seperti mengambil screenshot juga bisa dilakukan dengan mudah jika kita mau mencari tahu.5. Jangan takut untuk bertanya atau mencari solusi ketika kita mengalami kesulitan dalam menggunakan teknologi.6. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, selama kita memiliki niat dan tekad yang kuat.

Selamat datang kembali, para pengunjung setia blog ini! Setelah membaca artikel tentang cara screenshot di laptop jadul, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam teknik yang dapat dilakukan. Teknik-teknik tersebut tentunya akan sangat membantu pekerjaanmu, terutama jika kamu sering bekerja dengan laptop.

Sebagai penutup, saya ingin mengingatkan kamu untuk selalu mencoba teknik yang telah dijelaskan dan berkreasi dengan cara baru dalam melakukan screenshot. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan laptop agar tetap awet dan nyaman digunakan. Terakhir, terima kasih telah mengunjungi blog ini dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu!

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau saran pada kolom di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menerima semua masukan dari para pembaca blog ini. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya yang akan membahas topik menarik lainnya seputar teknologi dan gadget!

Beberapa orang sering bertanya tentang cara screenshot di laptop jadul. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara screenshot di laptop jadul?

    Jawaban: Untuk melakukan screenshot di laptop jadul, kamu dapat menekan tombol Print Screen pada keyboardmu. Setelah itu, buka aplikasi Paint atau software pengedit gambar lainnya, lalu tekan Ctrl+V untuk menempelkan tangkapan layar yang kamu ambil tadi. Kemudian, kamu bisa menyimpannya sebagai file gambar.

  2. Tombol Print Screen pada laptop jadul saya tidak berfungsi, apa yang harus saya lakukan?

    Jawaban: Jika tombol Print Screen pada laptop jadul kamu tidak berfungsi, kamu bisa mencoba alternatif lain seperti menekan tombol Fn+Print Screen atau Alt+Print Screen. Jika masih tidak berhasil, kamu bisa mencari aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu dalam mengambil screenshot.

  3. Saya tidak menemukan aplikasi Paint di laptop jadul saya, apakah ada alternatif lain?

    Jawaban: Jika kamu tidak menemukan aplikasi Paint di laptop jadul kamu, kamu bisa mencari aplikasi pengedit gambar lainnya seperti GIMP atau Photoscape. Kedua aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit dan menyimpan screenshot.

  4. Bagaimana cara mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu di layar?

    Jawaban: Untuk mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu di layar, kamu dapat menggunakan tombol Windows+Shift+S pada keyboardmu. Setelah itu, kamu bisa memilih area yang ingin kamu ambil screenshot-nya.

Dengan mengetahui cara screenshot di laptop jadul, kamu bisa lebih mudah dalam mengambil tangkapan layar yang kamu butuhkan.

Video Cara Screenshot Di Laptop Jadul

Visit Video