Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop

1. Siapkan tampilan yang ingin kamu screenshot.
2. Tekan tombol “Print Screen” pada laptop kamu.
3. Tidak ada hasil yang muncul? Jangan khawatir, ini wajar terjadi karena kamu telah memasukkan screenshot kamu ke dalam clipboard.
4. Sekarang, buka aplikasi “Paint” pada laptop kamu.
5. Di “Paint”, tekan tombol “Ctrl + V” untuk melekatkan hasil screenshot kamu.
6. Klik gambar screenshot kamu, lalu pilih “Crop” pada toolbar yang terletak di bagian atas.
7. Area yang tidak kamu inginkan akan terhapus. Kamu sekarang bisa mengatur ukuran dan posisi screenshot kamu.
8. Setelah selesai mengedit, tekan “Ctrl + S” atau klik “Save” untuk menyimpan hasilnya.
9. Pilih format file yang kamu inginkan dan lokasi penyimpanan yang tepat.
10. Voila! Screenshot kamu sekarang sudah siap untuk digunakan. Kamu bisa menggunakan teknik ini untuk membuat tutorial ataupun mengambil bagian-bagian penting dari suatu tampilan.

Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop

Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop! Terus, bagaimana caranya? Yuk, baca artikel ini dan dapatkan informasinya!

Apakah kamu sering mengambil screenshot di laptop namun merasa kesulitan untuk mengeditnya? Tenang saja, sekarang kamu bisa melakukan cara screenshot di laptop bisa di crop dengan mudah! Dengan teknik ini, kamu bisa memotong gambar yang tidak perlu dan menyisakan bagian yang ingin kamu tampilkan. Sebelumnya, pastikan laptop kamu sudah memiliki aplikasi pengedit foto seperti Paint atau Photoshop. Tanpa perlu menunggu lagi, yuk simak langkah-langkahnya!

Pengenalan

Screenshot adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar layar pada perangkat digital mereka. Di era modern seperti sekarang, screenshot menjadi hal yang sangat umum dilakukan. Baik itu untuk mendokumentasikan sebuah halaman web, menangkap momen tertentu di dalam game, atau menyimpan informasi penting. Namun, bagaimana jika kita ingin mengambil screenshot tetapi ingin menghapus beberapa bagian yang tidak dibutuhkan? Inilah saatnya untuk menggunakan fitur crop.

Langkah Pertama: Mengambil Screenshot

Sebelum kita dapat memotong screenshot kita, pertama-tama kita harus mengambil screenshot itu sendiri. Ada beberapa cara untuk melakukan ini pada laptop Anda. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Namun, jika tombol ini tidak memberikan hasil yang diinginkan, Anda dapat mencoba kombinasi tombol Windows + Print Screen atau Alt + Print Screen. Setelah mengambil screenshot, buka program pengedit gambar pilihan Anda dan buka file screenshot tadi.

Langkah Kedua: Menggunakan Fitur Crop

Sekarang saatnya untuk memotong screenshot kita. Pilih alat crop pada program pengedit gambar Anda. Biasanya, alat ini terlihat seperti sebuah kotak dengan garis putus-putus di sekelilingnya. Klik dan tahan tombol kiri mouse Anda, lalu seret alat crop tersebut ke area yang ingin Anda potong. Ketika Anda puas dengan ukuran potongan, lepaskan tombol mouse Anda.

Langkah Ketiga: Menyimpan Gambar

Setelah memotong screenshot sesuai dengan keinginan Anda, saatnya untuk menyimpan gambar baru Anda. Klik pada menu File dan pilih Simpan As. Berikan nama file yang sesuai dan pastikan untuk menyimpannya dalam format yang sesuai seperti JPEG atau PNG.

Tips Tambahan: Menggunakan Fitur Crop dengan Cepat

Jika Anda sering menggunakan fitur crop pada screenshot Anda, mungkin ada cara yang lebih cepat. Beberapa program pengedit gambar memungkinkan Anda untuk menyesuaikan bilah alat crop, sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses fitur crop hanya dengan satu klik. Selain itu, beberapa program pengedit gambar juga memiliki fungsi Crop to Selection, yang memungkinkan Anda untuk memotong gambar hanya dengan menyorot area yang ingin Anda potong.

Kesimpulan

Fitur crop adalah cara yang sangat berguna untuk memotong screenshot Anda dan membuatnya lebih mudah dibaca atau lebih menarik secara visual. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengambil screenshot pada laptop Anda dan bagaimana menggunakan fitur crop untuk memodifikasi gambar Anda dengan cepat dan mudah. Dengan beberapa latihan, Anda akan menjadi ahli dalam mengambil dan memodifikasi screenshot pada laptop Anda.

Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan screenshot, mulai dari membuat tutorial hingga mengambil bagian-bagian penting dari suatu tampilan. Namun, terkadang hasil screenshot yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan keinginanmu. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengeditnya dengan cara crop. Berikut adalah langkah-langkah cara screenshot di laptop bisa di crop:

1. Siapkan tampilan yang ingin kamu screenshot.

Pilih tampilan yang ingin kamu screenshot dan pastikan sudah terlihat jelas di layar laptopmu.

2. Tekan tombol Print Screen pada laptop kamu.

Tekan tombol Print Screen (biasanya disingkat PrtScn atau PrtScr) pada keyboard laptopmu. Tombol ini berfungsi untuk mengambil screenshot layar penuh.

3. Tidak ada hasil yang muncul? Jangan khawatir, ini wajar terjadi karena kamu telah memasukkan screenshot kamu ke dalam clipboard.

Setelah menekan tombol Print Screen, kamu mungkin tidak melihat hasil screenshotmu secara langsung. Jangan khawatir, ini wajar terjadi karena kamu telah memasukkan screenshot kamu ke dalam clipboard.

4. Sekarang, buka aplikasi Paint pada laptop kamu.

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Paint pada laptopmu. Kamu bisa mencarinya melalui menu Start atau mencarinya di search bar.

5. Di Paint, tekan tombol Ctrl + V untuk melekatkan hasil screenshot kamu.

Setelah membuka aplikasi Paint, tekan tombol Ctrl + V pada keyboardmu untuk melekatkan hasil screenshot yang sudah kamu copy tadi.

6. Klik gambar screenshot kamu, lalu pilih Crop pada toolbar yang terletak di bagian atas.

Setelah hasil screenshotmu muncul di Paint, klik gambar tersebut dan pilih Crop pada toolbar yang terletak di bagian atas.

7. Area yang tidak kamu inginkan akan terhapus. Kamu sekarang bisa mengatur ukuran dan posisi screenshot kamu.

Setelah memilih menu Crop, area yang tidak kamu inginkan pada screenshotmu akan otomatis terhapus. Kamu sekarang bisa mengatur ukuran dan posisi screenshotmu sesuai dengan keinginanmu.

8. Setelah selesai mengedit, tekan Ctrl + S atau klik Save untuk menyimpan hasilnya.

Setelah selesai mengedit, jangan lupa untuk menyimpan hasilnya. Tekan Ctrl + S pada keyboardmu atau klik Save pada toolbar di bagian atas.

9. Pilih format file yang kamu inginkan dan lokasi penyimpanan yang tepat.

Setelah itu, pilih format file yang kamu inginkan dan lokasi penyimpanan yang tepat. Pastikan kamu sudah memberikan nama file yang sesuai agar mudah ditemukan nantinya.

10. Voila! Screenshot kamu sekarang sudah siap untuk digunakan. Kamu bisa menggunakan teknik ini untuk membuat tutorial ataupun mengambil bagian-bagian penting dari suatu tampilan.

Screenshotmu sekarang sudah siap digunakan. Kamu bisa menggunakan teknik ini untuk membuat tutorial atau mengambil bagian-bagian penting dari suatu tampilan. Selamat mencoba!

Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop

Saat ini, screenshot atau tangkapan layar menjadi salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna laptop atau komputer. Hal ini dikarenakan kebutuhan untuk mengabadikan tampilan layar yang ingin disimpan atau dibagikan ke orang lain. Namun, terkadang tangkapan layar yang dihasilkan memiliki ukuran yang terlalu besar dan perlu di crop atau dipotong agar lebih mudah dibaca atau dipahami.

Berikut adalah cara screenshot di laptop bisa di crop:

  1. Pertama-tama, buka tampilan layar yang ingin diambil screenshot-nya.
  2. Setelah itu, tekan tombol Print Screen pada keyboard laptop atau komputer. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan atas pada keyboard.
  3. Buka aplikasi Paint atau aplikasi pengedit gambar lainnya.
  4. Pada aplikasi Paint, klik menu Paste atau tekan tombol Ctrl + V untuk memasukkan screenshot yang telah diambil.
  5. Kemudian, gunakan fitur crop pada aplikasi Paint atau aplikasi pengedit gambar lainnya untuk memotong bagian yang tidak diperlukan pada screenshot.
  6. Setelah selesai di crop, simpan hasil tangkapan layar yang telah di edit tersebut dengan cara klik menu Save atau tekan tombol Ctrl + S.

Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang diinginkan dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, penggunaan fitur crop pada aplikasi pengedit gambar juga dapat membantu mempercepat proses penyelesaian tugas atau pekerjaan yang memerlukan tangkapan layar dengan ukuran tertentu.

Point of View

Menggunakan cara screenshot di laptop bisa di crop dapat membantu kamu dalam mengambil tangkapan layar dengan hasil yang lebih rapi dan mudah dibaca. Dengan menggunakan fitur crop, kamu dapat memotong bagian yang tidak diperlukan pada screenshot sehingga hanya menyisakan bagian yang penting saja. Hal ini dapat mempercepat proses penyelesaian tugas atau pekerjaan yang memerlukan penggunaan tangkapan layar dengan ukuran tertentu.

Selain itu, penggunaan fitur crop pada aplikasi pengedit gambar juga sangat mudah dan simpel. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas untuk dapat mengedit tangkapan layar dengan cara crop. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan tangkapan layar yang terlalu besar atau susah dibaca karena kamu dapat dengan mudah mengeditnya menjadi lebih rapi dan mudah dipahami.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop! Kami berharap informasi yang kami bagikan dapat membantu Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kami telah membagikan beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop dan juga cara untuk melakukan crop pada gambar yang telah diambil.

Bagi Anda yang ingin mengambil screenshot suatu halaman web atau tampilan jendela aplikasi, kami merekomendasikan menggunakan tombol Print Screen di keyboard. Anda juga dapat menggunakan fitur Snipping Tool atau Snip & Sketch yang sudah tersedia di Windows 10. Setelah mengambil screenshot, Anda dapat melakukan crop pada gambar tersebut menggunakan aplikasi pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk mencoba beberapa cara yang kami bagikan dan pilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan laptop atau komputer dan jangan sampai melanggar hak cipta orang lain dengan mengambil screenshot tanpa izin. Terima kasih telah mengunjungi blog kami dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Orang-orang sering bertanya tentang Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop. Berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan tersebut:

  1. Bagaimana cara mengambil screenshot di laptop?

    Untuk mengambil screenshot di laptop, Anda dapat menekan tombol Print Screen pada keyboard. Kemudian, buka aplikasi pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop dan tekan Ctrl+V untuk menempel screenshot yang telah diambil. Anda juga dapat menggunakan alat screenshot bawaan pada sistem operasi laptop Anda.

  2. Bagaimana cara crop screenshot di laptop?

    Setelah Anda mengambil screenshot di laptop, Anda dapat membuka aplikasi pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop dan memotong bagian screenshot yang tidak perlu dengan menggunakan alat pemotong yang tersedia.

  3. Apakah ada cara cepat untuk mengambil screenshot dan crop di laptop?

    Ya, ada. Beberapa laptop memiliki fitur shortcut keyboard untuk mengambil screenshot langsung dan memotongnya secara otomatis. Anda dapat mencari tahu shortcut keyboard tersebut pada situs web resmi produsen laptop Anda atau melalui mesin pencari seperti Google.

Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dan memotongnya di laptop Anda. Selamat mencoba!

Video Cara Screenshot Di Laptop Bisa Di Crop

Visit Video