Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Dynabook

1. Perkenalkan, Dynabook! Laptop pintar yang bisa menunjang produktivitasmu.
2. Screenshot memang penting untuk mencatat informasi yang tampil di layar. Nah, bagaimana caranya di Dynabook?
3. Langkah pertama, pastikan aplikasi yang ingin di-screenshot sudah terbuka di layar. Misalnya aplikasi Microsoft Word, Google Chrome, atau Windows Explorer.
4. Kemudian, tekan tombol “Print Screen” atau “PrtSc” pada keyboard Dynabook. Tombol ini biasanya terletak di pojok kanan atas, tepat di atas tombol “Insert”.
5. Apabila hanya ingin mengambil screenshot dari jendela tertentu, misalnya jendela browser, tekan kombinasi tombol “Alt + Print Screen”. Hal ini akan mengambil screenshot dari jendela aktif saja, bukan seluruh layar.
6. Setelah itu, buka aplikasi pengedit gambar, misalnya Paint atau Adobe Photoshop. Kemudian, tekan tombol “Ctrl + V” untuk “paste” screenshot yang tadi diambil.
7. Selanjutnya, crop atau potong gambar sesuai kebutuhan. Caranya bisa dengan memilih alat “Crop” dan menarik kotak di sekeliling bagian yang diinginkan.
8. Jika sudah selesai diedit, simpan gambar dengan memilih opsi “Save As”. Pilih format gambar yang diinginkan, misalnya JPEG atau PNG.
9. Screenshot sekarang sudah siap digunakan. Kamu bisa memasukkannya ke dalam dokumen, presentasi, atau bahkan membagikannya di media sosial.
10. Ingat, jangan hanya sekadar mengambil screenshot tanpa izin dari pembuat konten atau situs web. Pastikan juga tidak ada informasi pribadi atau rahasia yang terlihat di screenshot yang kamu ambil.

Cara Screenshot Di Laptop Dynabook

Cara screenshot di laptop Dynabook mudah dilakukan. Tekan tombol print screen atau gunakan aplikasi bawaan seperti Snipping Tool.

Cara screenshot di laptop Dynabook adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Namun, banyak pengguna laptop yang masih bingung dengan langkah-langkahnya. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan tutorial lengkap tentang cara screenshot di laptop Dynabook secara detail dan jelas. Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan, Anda dapat dengan mudah mengambil gambar layar di laptop Dynabook tanpa kesulitan. Jadi, mari kita mulai!

Pengenalan

Dynabook adalah salah satu brand laptop yang cukup populer di Indonesia. Laptop-laptop ini menawarkan desain yang elegan, performa yang baik, dan fitur-fitur yang lengkap. Salah satu fitur yang sering dipakai oleh pengguna laptop ini adalah screenshot. Screenshot merupakan cara untuk mengambil tangkapan layar pada laptop. Di artikel ini, kita akan membahas cara screenshot di laptop Dynabook.

Cara Screenshot Menggunakan Tombol Print Screen

Tombol

Cara pertama untuk melakukan screenshot di laptop Dynabook adalah menggunakan tombol print screen (PrtScn). Tombol ini terletak di bagian atas keyboard dan biasanya berada di sebelah kanan tombol F12. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

Buka layar atau halaman yang ingin kamu screenshot. Pastikan tampilannya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Langkah 2

Tekan tombol print screen (PrtScn). Tombol ini tidak akan memberikan notifikasi apapun ketika ditekan.

Langkah 3

Buka aplikasi Paint atau aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengedit gambar.

Langkah 4

Tekan tombol Ctrl + V pada keyboard untuk paste gambar yang sudah di-screenshot tadi.

Langkah 5

Kamu bisa melakukan edit atau pengaturan gambar sesuai keinginan. Kemudian simpan gambar dengan cara klik File > Save atau tekan tombol Ctrl + S pada keyboard.

Cara Screenshot Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Tombol

Cara kedua ini menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtScn. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

Buka layar atau halaman yang ingin kamu screenshot. Pastikan tampilannya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Langkah 2

Tekan tombol Windows + PrtScn. Tombol PrtScn biasanya terletak di bagian atas keyboard, di sebelah kanan tombol F12.

Langkah 3

Gambar yang sudah kamu screenshot akan otomatis tersimpan di folder Pictures > Screenshots.

Cara Screenshot Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi

Cara ketiga ini menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Snipping Tool, atau Greenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

Unduh dan pasang aplikasi screenshot yang kamu inginkan.

Langkah 2

Buka aplikasi tersebut.

Langkah 3

Pilih opsi screenshot yang ingin kamu gunakan. Contohnya, Lightshot memungkinkan kamu untuk screenshot seluruh layar, area tertentu, atau hanya satu jendela saja.

Langkah 4

Setelah melakukan screenshot, kamu bisa langsung mengedit gambar atau menyimpannya ke dalam folder tertentu.

Kesimpulan

Demikianlah cara screenshot di laptop Dynabook. Kamu bisa menggunakan tombol print screen, tombol Windows + PrtScn, atau aplikasi screenshot pihak ketiga. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam melakukan screenshot pada laptop Dynabook.

Perkenalkan, Dynabook! Laptop Pintar yang Bisa Menunjang Produktivitasmu

Bagi sebagian orang, laptop adalah kebutuhan utama dalam bekerja. Salah satu fitur penting pada laptop adalah screenshot atau tangkapan layar. Screenshot memudahkan kita untuk mencatat informasi yang tampil di layar. Namun, bagaimana cara melakukan screenshot di Dynabook? Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah Pertama: Pastikan Aplikasi yang Ingin Di-Screenshot Sudah Terbuka di Layar

Sebelum melakukan screenshot, pastikan aplikasi yang ingin di-screenshot sudah terbuka di layar. Misalnya aplikasi Microsoft Word, Google Chrome, atau Windows Explorer. Hal ini penting untuk memastikan hanya informasi yang dibutuhkan yang tertangkap dalam screenshot.

Langkah Kedua: Tekan Tombol Print Screen atau PrtSc pada Keyboard Dynabook

Tombol Print Screen atau PrtSc biasanya terletak di pojok kanan atas, tepat di atas tombol Insert. Tekan tombol ini untuk mengambil screenshot seluruh layar.

Langkah Ketiga: Tekan Kombinasi Tombol Alt + Print Screen untuk Mengambil Screenshot Jendela Tertentu

Jika hanya ingin mengambil screenshot dari jendela tertentu, misalnya jendela browser, tekan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Hal ini akan mengambil screenshot dari jendela aktif saja, bukan seluruh layar.

Langkah Keempat: Buka Aplikasi Pengedit Gambar dan Paste Screenshot yang Tadi Diambil

Buka aplikasi pengedit gambar, misalnya Paint atau Adobe Photoshop. Kemudian, tekan tombol Ctrl + V untuk paste screenshot yang tadi diambil.

Langkah Kelima: Crop atau Potong Gambar Sesuai Kebutuhan

Setelah itu, crop atau potong gambar sesuai kebutuhan. Caranya bisa dengan memilih alat Crop dan menarik kotak di sekeliling bagian yang diinginkan. Ini penting untuk menghilangkan informasi yang tidak diperlukan pada screenshot.

Langkah Keenam: Simpan Gambar dengan Memilih Opsi Save As

Jika sudah selesai diedit, simpan gambar dengan memilih opsi Save As. Pilih format gambar yang diinginkan, misalnya JPEG atau PNG. Ini penting agar gambar bisa digunakan dengan mudah di berbagai aplikasi.

Langkah Ketujuh: Gunakan Screenshot Sesuai Kebutuhan

Screenshot sekarang sudah siap digunakan. Kamu bisa memasukkannya ke dalam dokumen, presentasi, atau bahkan membagikannya di media sosial. Namun, perlu diingat untuk tidak hanya sekadar mengambil screenshot tanpa izin dari pembuat konten atau situs web. Pastikan juga tidak ada informasi pribadi atau rahasia yang terlihat di screenshot yang kamu ambil.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa dengan mudah melakukan screenshot di Dynabook. Selamat mencoba!

Mungkin Anda pernah mengalami saat ingin menangkap tampilan layar di laptop Dynabook, namun tidak tahu cara melakukannya. Jangan khawatir, karena melakukan screenshot di laptop Dynabook sangatlah mudah dan simpel. Berikut ini adalah cara screenshot di laptop Dynabook dengan beberapa metode yang bisa Anda gunakan:

  1. Metode 1: Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn)

    • Pertama, pastikan bahwa layar yang ingin Anda tangkap sudah ditampilkan di layar laptop Dynabook.
    • Kemudian, tekan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard Dynabook. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan tombol F12 atau di atas tombol Delete.
    • Setelah itu, buka program pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop dan tekan tombol Ctrl+V atau klik kanan dan pilih Paste untuk menempelkan gambar screenshot tersebut.
    • Terakhir, Anda dapat menyimpan gambar screenshot tersebut dengan cara klik File dan pilih Save As.
  2. Metode 2: Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

    • Pertama, pastikan bahwa layar yang ingin Anda tangkap sudah ditampilkan di layar laptop Dynabook.
    • Kemudian, tekan tombol Windows + Print Screen pada keyboard Dynabook. Tombol Windows biasanya terletak di antara tombol Ctrl dan Alt sedangkan tombol Print Screen terletak di sebelah kanan tombol F12 atau di atas tombol Delete.
    • Setelah itu, gambar screenshot akan langsung disimpan di folder Pictures dengan nama Screenshot.

Dengan mengikuti salah satu metode di atas, Anda dapat dengan mudah melakukan screenshot di laptop Dynabook. Selain itu, melakukan screenshot juga bisa sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial atau dokumentasi. Jangan ragu untuk mencoba dan eksplorasi fitur-fitur lainnya di laptop Dynabook Anda. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Screenshot Di Laptop Dynabook ini. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat membantu Anda dalam melakukan screenshot pada laptop Dynabook dengan mudah.

Melakukan screenshot merupakan hal yang sangat penting bagi para pengguna laptop, terutama bagi mereka yang sering bekerja dengan aplikasi atau program tertentu. Dengan screenshot, kita dapat merekam gambar layar laptop dan menyimpannya sebagai file gambar yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui driver laptop Dynabook Anda secara berkala agar kinerja laptop tetap optimal dan tidak mengalami masalah yang tidak diinginkan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran seputar artikel ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Orang sering bertanya-tanya tentang cara screenshot di laptop Dynabook. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawaban untuk membantu Anda:

  1. Bagaimana cara melakukan screenshot di laptop Dynabook?

    Anda dapat melakukan screenshot dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard Dynabook. Kemudian, buka program pengedit gambar seperti Paint dan tekan CTRL + V untuk menempelkan gambar screenshot yang baru saja diambil.

  2. Apakah ada cara lain untuk melakukan screenshot di laptop Dynabook?

    Anda juga dapat menggunakan tombol Windows + Print Screen untuk langsung menyimpan screenshot di folder Screenshots yang terdapat pada direktori Gambar.

  3. Bisakah saya mengedit screenshot setelah diambil?

    Tentu saja! Anda dapat menggunakan program pengedit gambar seperti Paint, Photoshop, atau aplikasi pengedit gambar lainnya untuk mengedit screenshot sesuai kebutuhan Anda.

  4. Bagaimana jika tombol Print Screen tidak berfungsi?

    Jika tombol Print Screen tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menggunakan software pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot untuk mengambil screenshot. Anda dapat mengunduh dan menginstal software tersebut secara gratis dari internet.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop Dynabook dan menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Video Cara Screenshot Di Laptop Dynabook

Visit Video