Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Crop

1. Menyiapkan Laptop
Sebelum mulai membuat screenshot di laptop dengan cara crop, pastikan laptop yang kamu gunakan sudah dalam keadaan siap. Pastikan baterai laptop terisi penuh atau laptop terhubung dengan sumber listrik.

2. Menentukan Tampilan
Setelah laptop siap, tentukan tampilan yang ingin kamu screenshot. Apakah halaman web, dokumen, atau gambar yang ingin kamu crop?

3. Membuka Aplikasi Edit Foto
Setelah menentukan tampilan yang akan di-screenshot, buka aplikasi edit foto yang kamu gunakan. Ada banyak aplikasi edit foto yang tersedia, seperti Adobe Photoshop, GIMP, Canva, dan masih banyak lagi.

4. Membuka Gambar yang Ingin di-Screenshot
Setelah aplikasi edit foto terbuka, buka gambar atau tampilan yang ingin kamu screenshot. Caranya bisa dengan mengklik File > Open, atau dengan menekan tombol Ctrl + O.

5. Membuat Screenshot Tampilan
Setelah gambar atau tampilan terbuka di aplikasi edit foto, buat screenshot dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard laptop kamu.

6. Membuka Fitur Crop
Setelah screenshot berhasil dibuat, buka fitur crop di aplikasi edit foto tersebut. Caranya bisa dengan mengklik ikon crop pada toolbar atau dengan menekan tombol Ctrl + Shift + C.

7. Menentukan Area yang Ingin di-Crop
Setelah fitur crop terbuka, tentukan area yang ingin kamu crop pada gambar screenshot tadi. Kamu bisa mengatur ukuran dan bentuk area dengan menggunakan mouse.

8. Menyimpan Gambar yang Sudah di-Crop
Setelah area yang ingin di-crop sudah ditentukan, simpan gambar tersebut ke dalam format yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih format JPEG, PNG, atau format lainnya.

9. Melakukan Editing Tambahan
Setelah gambar berhasil di-crop, kamu bisa melakukan editing tambahan seperti mengubah ukuran gambar, menambahkan filter, atau menambahkan teks.

10. Menyimpan Hasil Akhir
Setelah semua editing selesai dilakukan, jangan lupa untuk menyimpan hasil akhir ke dalam format yang kamu inginkan. Kamu bisa mengganti nama file dan menentukan lokasi menyimpannya.

Cara Screenshot Di Laptop Crop

Cara Screenshot Di Laptop Crop – Simak panduan lengkapnya untuk mengambil tangkapan layar di laptop dengan fitur crop yang mudah dan cepat.

Apakah kamu sering merasa kesulitan saat ingin mengambil screenshot di laptop dan memotong bagian yang tidak penting? Jangan khawatir, karena sekarang ini sudah banyak cara screenshot di laptop crop yang mudah dan praktis. Pertama-tama, kamu bisa menggunakan tombol Print Screen pada keyboard untuk mengambil gambar layar penuh. Namun, jika kamu hanya ingin mengambil bagian tertentu dari layar, kamu bisa menggunakan fitur Snipping Tool yang tersedia di Windows. Dengan Snipping Tool, kamu dapat memilih area yang ingin diambil, lalu memotong bagian yang tidak diperlukan dengan mudah. Selain itu, ada juga aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot yang dapat membantu kamu mengambil screenshot dan langsung melakukan crop dengan cepat.

Cara Screenshot Di Laptop Crop

Apakah kamu tahu cara untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot di laptop? Jika belum, jangan khawatir karena kali ini kita akan membahasnya. Selain itu, kita juga akan belajar cara crop atau memotong gambar yang telah diambil agar terlihat lebih rapi dan sesuai dengan kebutuhan.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Tombol

Cara termudah untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan tombol print screen pada keyboard. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal tekan tombol print screen (biasanya ada di sebelah kanan tombol F12) dan gambar layar akan tersimpan otomatis pada clipboard.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Tombol

Jika kamu ingin menyimpan screenshot langsung ke folder Pictures, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan. Setelah itu, gambar akan tersimpan pada folder Screenshots di dalam folder Pictures.

3. Crop Gambar Menggunakan Paint

Paint

Setelah berhasil mengambil screenshot, langkah selanjutnya adalah memotong atau crop gambar agar terlihat lebih rapi. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk crop gambar adalah Microsoft Paint. Caranya sangat mudah, yaitu buka gambar yang ingin di crop menggunakan Paint dan pilih alat crop.

4. Pilih Area yang Ingin Di Crop

Select

Setelah memilih alat crop, kamu bisa langsung memilih area yang ingin di crop. Caranya tinggal klik dan tahan mouse pada sudut kiri atas area yang ingin di crop, lalu seret ke sudut kanan bawah. Setelah itu, lepaskan tombol mouse.

5. Simpan Gambar yang Sudah Di Crop

Save

Setelah memilih area yang ingin di crop, kamu bisa langsung menyimpan gambar yang telah di crop. Caranya sangat mudah, yaitu klik File > Save As dan pilih format file yang diinginkan. Setelah itu, beri nama file dan pilih lokasi penyimpanan, lalu klik Save.

6. Crop Gambar Menggunakan Aplikasi Tambahan

Aplikasi

Selain menggunakan Paint, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk crop gambar. Beberapa aplikasi populer yang bisa digunakan adalah Adobe Photoshop, GIMP, dan PhotoScape. Namun, cara penggunaannya bisa sedikit berbeda dengan Paint.

7. Crop Gambar Menggunakan Online Tool

Online

Jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, maka kamu bisa menggunakan online tool untuk crop gambar. Salah satu online tool yang bisa digunakan adalah Canva atau Fotor. Kamu bisa membuka situs tersebut di browser dan langsung mengupload gambar yang ingin di crop.

8. Crop Gambar Sesuai Kebutuhan

Crop

Saat crop gambar, pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika ingin mengunggah gambar ke Instagram, pastikan ukurannya 1:1 agar tidak terpotong. Jika ingin mengunggah ke Facebook, ukuran yang direkomendasikan adalah 1200 x 628 px.

9. Jangan Terlalu Banyak Crop Gambar

Crop

Meskipun crop gambar bisa membuat tampilan lebih rapi, namun jangan terlalu banyak memotong gambar. Beberapa bagian yang seharusnya terlihat pada gambar asli bisa hilang jika terlalu banyak di crop.

10. Simpan Gambar Asli dan yang Sudah Di Crop

Save

Jangan lupa untuk selalu menyimpan gambar asli dan juga yang sudah di crop. Hal ini bisa berguna jika suatu saat kamu ingin mengedit ulang gambar atau menggunakannya untuk keperluan lain.

Nah, itulah cara screenshot di laptop dan juga cara crop gambar agar terlihat lebih rapi dan sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar mengambil screenshot dan crop gambar di laptop.

Cara Screenshot Di Laptop Crop

Sebelum mulai membuat screenshot di laptop dengan cara crop, pastikan laptop yang kamu gunakan sudah dalam keadaan siap. Pastikan baterai laptop terisi penuh atau laptop terhubung dengan sumber listrik. Setelah laptop siap, tentukan tampilan yang ingin kamu screenshot. Apakah halaman web, dokumen, atau gambar yang ingin kamu crop?

Membuka Aplikasi Edit Foto

Setelah menentukan tampilan yang akan di-screenshot, buka aplikasi edit foto yang kamu gunakan. Ada banyak aplikasi edit foto yang tersedia, seperti Adobe Photoshop, GIMP, Canva, dan masih banyak lagi. Setelah aplikasi edit foto terbuka, buka gambar atau tampilan yang ingin kamu screenshot. Caranya bisa dengan mengklik File > Open, atau dengan menekan tombol Ctrl + O.

Membuat Screenshot Tampilan

Setelah gambar atau tampilan terbuka di aplikasi edit foto, buat screenshot dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard laptop kamu. Setelah screenshot berhasil dibuat, buka fitur crop di aplikasi edit foto tersebut. Caranya bisa dengan mengklik ikon crop pada toolbar atau dengan menekan tombol Ctrl + Shift + C.

Menentukan Area yang Ingin di-Crop

Setelah fitur crop terbuka, tentukan area yang ingin kamu crop pada gambar screenshot tadi. Kamu bisa mengatur ukuran dan bentuk area dengan menggunakan mouse. Setelah area yang ingin di-crop sudah ditentukan, simpan gambar tersebut ke dalam format yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih format JPEG, PNG, atau format lainnya.

Melakukan Editing Tambahan

Setelah gambar berhasil di-crop, kamu bisa melakukan editing tambahan seperti mengubah ukuran gambar, menambahkan filter, atau menambahkan teks. Setelah semua editing selesai dilakukan, jangan lupa untuk menyimpan hasil akhir ke dalam format yang kamu inginkan. Kamu bisa mengganti nama file dan menentukan lokasi menyimpannya.

Dengan menggunakan cara screenshot di laptop crop ini, kamu dapat dengan mudah mengambil screenshot tampilan yang kamu inginkan dan mengeditnya sesuai dengan keinginanmu. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan laptop sebelum melakukan proses screenshot dan mengedit gambar agar hasilnya lebih maksimal.

Di masa sekarang, teknologi semakin canggih dan memudahkan hidup manusia. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar pada laptop. Namun, tidak semua orang tahu cara melakukan screenshot dengan benar. Berikut adalah cara melakukan screenshot di laptop dan melakukan crop agar hasilnya lebih baik:

  1. Untuk melakukan screenshot pada laptop, tekan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard.
  2. Buka aplikasi paint atau aplikasi pengolah gambar lainnya.
  3. Paste tangkapan layar yang sudah diambil dengan menekan tombol Ctrl + V.
  4. Setelah itu, atur ukuran gambar yang ingin dicrop dengan menggunakan fitur crop pada aplikasi pengolah gambar tersebut.
  5. Jika sudah selesai, simpan gambar tersebut dengan format yang diinginkan.

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengambil screenshot pada laptop dan melakukan crop agar hasilnya lebih baik. Selain itu, screenshot juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat tutorial atau menyimpan informasi penting.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas gambar yang dihasilkan agar dapat digunakan dengan optimal. Semoga tips ini berguna bagi kamu yang masih bingung cara melakukan screenshot di laptop dan melakukan crop agar hasilnya lebih baik!

Selamat datang kembali, pengunjung blog yang terhormat! Kami berharap Anda menikmati artikel kami tentang cara screenshot di laptop dan memotong tanpa judul. Sebagai penutup, kami ingin memberikan beberapa tips tambahan untuk meningkatkan pengalaman screenshot Anda.

Pertama, gunakanlah keyboard shortcut untuk membuat proses screenshot menjadi lebih cepat dan efisien. Untuk Windows, tekan tombol Windows + PrtScn secara bersamaan untuk langsung menyimpan screenshot ke folder Screenshots. Sedangkan untuk Mac, tekan tombol Command + Shift + 3 untuk mengambil screenshot seluruh layar atau Command + Shift + 4 untuk memotong bagian tertentu dari layar.

Kedua, jangan takut untuk mengedit screenshot Anda dengan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Dengan mengedit screenshot, Anda dapat menambahkan anotasi, menyoroti area tertentu, atau mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Terakhir, pastikan Anda selalu menyimpan screenshot di folder yang mudah diakses dan diatur dengan rapi sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan screenshot yang Anda butuhkan di masa depan.

Sekian artikel kami tentang cara screenshot di laptop dan memotong tanpa judul. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam pekerjaan sehari-hari Anda. Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog kami untuk mendapatkan tips dan trik terbaru seputar teknologi dan komputer. Sampai jumpa!

Banyak orang yang bertanya tentang cara screenshot di laptop dan crop. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara screenshot di laptop?
  2. Jawaban: Untuk melakukan screenshot di laptop, Anda bisa menggunakan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard. Setelah itu, buka program paint atau aplikasi pengedit gambar lainnya, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk paste gambar tersebut. Kemudian simpan gambar tersebut dengan format yang diinginkan.

  3. Bagaimana cara crop screenshot di laptop?
  4. Jawaban: Setelah melakukan screenshot, buka program pengedit gambar seperti paint atau photoshop. Pilih tool crop atau gunting, lalu pilih area gambar yang ingin dipotong. Setelah itu, tekan tombol Ctrl + X untuk memotong gambar tersebut. Terakhir, simpan gambar yang sudah di-crop.

  5. Aplikasi apa yang bisa digunakan untuk screenshot dan crop di laptop?
  6. Jawaban: Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot dan crop di laptop, seperti Snipping Tool, Greenshot, Lightshot, dan lain-lain. Namun, jika Anda ingin menggunakan program pengedit gambar yang lebih lengkap, Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop atau CorelDRAW.

Semoga jawaban di atas dapat membantu Anda dalam melakukan screenshot dan crop di laptop. Ingatlah untuk selalu mencari informasi yang akurat dan terpercaya sebelum mengambil tindakan.

Video Cara Screenshot Di Laptop Crop

Visit Video