Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop

1. Menampilkan Layar yang Ingin Discreenshot
Ketika ingin mengambil gambar layar atau screenshot pada laptop, pastikan terlebih dahulu layar yang ingin discreenshot sudah ditampilkan dengan jelas.

2. Tekan Tombol “Print Screen” atau “PrtScn”
Setelah layar yang ingin discreenshot ditampilkan dengan jelas, tekan tombol “Print Screen” atau bisa juga disebut “PrtScn” pada keyboard.

3. Tekan Tombol “Windows Key” + “Print Screen” atau “Windows Key” + “PrtScn”
Jika di laptop kamu tombol “Print Screen” hanya bekerja untuk mengambil gambar layar secara keseluruhan, kamu bisa mencoba menekan tombol “Windows Key” + “Print Screen” atau “Windows Key” + “PrtScn” secara bersamaan.

4. Gunakan Tombol “Fn” pada Laptop
Selain menggunakan tombol “Print Screen” atau “PrtScn”, kamu juga bisa mencoba menekan tombol “Fn” pada laptop bersamaan dengan tombol “Print Screen” atau “PrtScn”.

5. Gunakan Aplikasi Screenshot Tambahan
Terkadang, tombol “Print Screen” atau “PrtScn” pada laptop tidak berfungsi dengan baik. Jika demikian, kamu bisa menggunakan aplikasi screenshot tambahan seperti LightShot, Snagit, atau Greenshot.

6. Gunakan Tombol Pemotong Layar
Beberapa laptop sudah dilengkapi dengan tombol pemotong layar atau screenshot seperti pada tombol “PrtSc” pada laptop Lenovo. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengambil gambar layar dengan mudah.

7. Coba Fitur “Snipping Tool” pada Windows 10
Jika laptop kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa mencoba menggunakan fitur “Snipping Tool” yang sudah tersedia di dalam sistem operasi tersebut.

8. Gunakan Tombol “Alt” + “Print Screen” atau “Alt” + “PrtScn”
Selain tombol “Print Screen” atau “PrtScn”, kamu juga bisa mencoba menekan tombol “Alt” dengan tombol “Print Screen” atau “PrtScn” untuk mengambil screenshot pada laptop.

9. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Jika kamu tidak menemukan aplikasi screenshot yang sesuai dengan kebutuhan kamu di laptop, kamu bisa mencoba aplikasi pihak ketiga seperti PicPick, FastStone Capture, atau Screenpresso.

10. Gunakan Fitur “Game Bar” pada Windows 10
Fitur “Game Bar” pada Windows 10 juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada laptop dengan mudah. Kamu bisa menekan tombol “Windows Key” + “G” untuk mengaktifkan fitur ini.

Cara Screenshot Di Laptop

Cara screenshot di laptop mudah dilakukan dengan kombinasi tombol tertentu. Simak langkah-langkahnya di artikel ini dan dapatkan hasil terbaik!

Buat kamu yang masih bingung tentang cara screenshot di laptop, jangan khawatir! Sebagai pengguna laptop, tentunya kita seringkali membutuhkan fitur screenshot ini untuk berbagai keperluan. Mulai dari mengabadikan momen penting dalam game, menyimpan dokumen, hingga mengambil gambar layar sebagai bukti. Namun, bagaimana sih cara mudah dan cepat untuk melakukan screenshot di laptop? Terus simak tulisan ini ya!

Kenapa Screenshot Penting?

Screenshot adalah cara termudah untuk menangkap gambar atau tampilan layar pada laptop kalian. Jika kalian ingin berbagi informasi atau gambar dengan orang lain, screenshot sangat penting dalam membantu kalian untuk menunjukkan apa yang kalian lihat di layar kalian tanpa harus menjelaskannya secara detail. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara melakukan screenshot pada laptop.

Cara Screenshot Di Laptop

1. Screenshot Seluruh Layar

Cara pertama untuk melakukan screenshot pada laptop kalian adalah dengan menekan tombol PrtScn pada keyboard kalian. Kemudian, gambar yang diambil akan disimpan ke clipboard kalian. Kalian dapat menempelkan gambar tersebut ke program seperti Paint atau Word untuk mengeditnya atau menyimpannya sebagai file gambar.

2. Screenshot Sebagian Layar

Jika kalian hanya ingin menangkap sebagian layar, kalian dapat menggunakan tombol Windows + Shift + S. Kemudian, kalian dapat memilih area yang ingin kalian tangkap dengan menggunakan mouse kalian. Gambar yang diambil akan disimpan ke clipboard kalian dan kalian dapat menempelkannya ke program seperti Paint atau Word.

3. Screenshot Dengan Software

Jika kalian membutuhkan lebih banyak fitur dalam mengambil screenshot, kalian dapat menggunakan software khusus seperti Snipping Tool atau Lightshot. Software ini akan memberikan kalian lebih banyak pilihan dalam menangkap gambar dan mengeditnya.

Kesimpulan

Screenshot adalah cara yang mudah dan efektif untuk menangkap gambar atau tampilan layar pada laptop kalian. Dengan mengetahui cara melakukan screenshot, kalian dapat berbagi informasi dengan orang lain dengan lebih mudah dan efektif. Kalian dapat menggunakan tombol PrtScn, Windows + Shift + S, atau software khusus seperti Snipping Tool atau Lightshot untuk melakukan screenshot. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian!

Cara Screenshot Di Laptop

Menampilkan layar yang ingin discreenshot adalah langkah pertama yang perlu dilakukan ketika ingin mengambil gambar layar pada laptop. Pastikan layar tersebut sudah ditampilkan dengan jelas agar hasil screenshot lebih bagus. Setelah itu, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk mengambil screenshot pada laptop:

1. Tekan Tombol “Print Screen” atau “PrtScn”

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan menekan tombol “Print Screen” atau “PrtScn” pada keyboard. Tombol ini akan mengambil gambar layar secara keseluruhan dan menyimpannya di clipboard.

2. Tekan Tombol “Windows Key” + “Print Screen” atau “Windows Key” + “PrtScn”

Jika tombol “Print Screen” hanya berfungsi untuk mengambil gambar layar secara keseluruhan, kamu bisa mencoba menekan tombol “Windows Key” + “Print Screen” atau “Windows Key” + “PrtScn”. Dengan cara ini, gambar layar langsung disimpan dalam folder “Screenshots” di Pictures.

3. Gunakan Tombol “Fn” pada Laptop

Selain tombol “Print Screen” atau “PrtScn”, kamu juga bisa mencoba menekan tombol “Fn” pada laptop bersamaan dengan tombol “Print Screen” atau “PrtScn”. Cara ini berguna jika tombol “Print Screen” atau “PrtScn” tidak berfungsi dengan baik.

4. Gunakan Aplikasi Screenshot Tambahan

Jika tombol “Print Screen” atau “PrtScn” tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa menggunakan aplikasi screenshot tambahan seperti LightShot, Snagit, atau Greenshot. Aplikasi ini dapat membantu kamu mengambil gambar layar dengan lebih mudah dan cepat.

5. Gunakan Tombol Pemotong Layar

Beberapa laptop sudah dilengkapi dengan tombol pemotong layar atau screenshot seperti pada tombol “PrtSc” pada laptop Lenovo. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengambil gambar layar dengan mudah.

6. Coba Fitur “Snipping Tool” pada Windows 10

Jika laptop kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa mencoba menggunakan fitur “Snipping Tool” yang sudah tersedia di dalam sistem operasi tersebut. Dengan fitur ini, kamu bisa memilih area tertentu pada layar yang ingin discreenshot.

7. Gunakan Tombol “Alt” + “Print Screen” atau “Alt” + “PrtScn”

Selain tombol “Print Screen” atau “PrtScn”, kamu juga bisa mencoba menekan tombol “Alt” dengan tombol “Print Screen” atau “PrtScn” untuk mengambil screenshot pada laptop. Dengan cara ini, kamu bisa mengambil screenshot dari jendela aktif saja.

8. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu tidak menemukan aplikasi screenshot yang sesuai dengan kebutuhan kamu di laptop, kamu bisa mencoba aplikasi pihak ketiga seperti PicPick, FastStone Capture, atau Screenpresso. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan bisa membantu kamu mengambil screenshot dengan mudah.

9. Gunakan Fitur “Game Bar” pada Windows 10

Fitur “Game Bar” pada Windows 10 juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada laptop dengan mudah. Kamu bisa menekan tombol “Windows Key” + “G” untuk mengaktifkan fitur ini. Dengan cara ini, kamu bisa mengambil screenshot saat bermain game atau melakukan aktivitas lainnya di laptop.

Dengan beberapa cara di atas, kamu bisa mengambil screenshot pada laptop dengan mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhan kamu. Selamat mencoba!

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin tahu cara screenshot di laptop. Mungkin Anda perlu menangkap gambar layar untuk menunjukkan kepada seseorang, atau mungkin Anda ingin mengambil screenshot sebagai bukti suatu hal. Apapun alasannya, disini akan dijelaskan cara untuk melakukan screenshot di laptop

Cara Screenshot Di Laptop

  1. Pertama, pastikan bahwa layar yang ingin Anda tangkap adalah layar yang sedang ditampilkan pada laptop Anda.
  2. Setelah itu, tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan atas keyboard dan seringkali diberi label PrtSc atau PrtScn.
  3. Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela tertentu, klik jendela tersebut sehingga menjadi fokus. Kemudian, tahan tombol Alt dan tekan tombol Print Screen.
  4. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, buka program Paint atau aplikasi lainnya yang dapat mengedit gambar. Kemudian, tekan tombol Ctrl dan V secara bersamaan untuk melekatkan screenshot ke dalam program tersebut.
  5. Anda sekarang dapat menyimpan screenshot sebagai file gambar dengan memilih Simpan atau Save dari menu File.

Cara screenshot di laptop tergolong mudah dan simple bukan? Dengan adanya fitur ini, Anda dapat lebih mudah berbagi informasi atau penyajian data pada orang lain. Jangan ragu untuk mencoba dan praktikkan cara ini pada laptop Anda!

Hai, pengunjung blog yang budiman! Kami berterima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel kami tentang cara screenshot di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mencari cara mudah dan cepat untuk mengambil gambar layar di laptop Anda.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengambil screenshot di laptop dengan menggunakan beberapa metode yang berbeda. Anda dapat menggunakan tombol keyboard khusus atau aplikasi pihak ketiga untuk mengambil gambar layar dengan mudah dan cepat. Kami juga telah memberikan beberapa tips dan trik tambahan untuk membuat screenshot Anda lebih baik dan lebih profesional.

Semoga artikel ini memberikan nilai tambah bagi Anda dan membantu Anda dalam kegiatan sehari-hari Anda. Jangan ragu untuk mengunjungi blog kami lagi untuk mendapatkan informasi dan tutorial menarik lainnya. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

People also ask about Cara Screenshot Di Laptop:

  1. Bagaimana cara screenshot di laptop?
  2. Apakah ada perbedaan cara screenshot di laptop Windows dan Mac?
  3. Bisakah saya mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu dari layar?
  4. Dimana saya bisa menemukan hasil screenshot yang telah saya ambil?

Jawaban:

  1. Untuk mengambil screenshot di laptop, Anda bisa menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) atau tombol Windows + Print Screen pada laptop Windows. Sedangkan pada Mac, Anda bisa menggunakan tombol Command + Shift + 3 atau Command + Shift + 4.
  2. Ya, ada perbedaan cara screenshot di laptop Windows dan Mac. Namun, pada dasarnya keduanya memiliki tombol khusus untuk mengambil screenshot. Pada Windows menggunakan tombol PrtScn atau Windows + PrtScn, sedangkan pada Mac menggunakan tombol Command + Shift + 3 atau Command + Shift + 4.
  3. Tentu saja bisa. Pada Windows, setelah menekan tombol PrtScn atau Windows + PrtScn, buka aplikasi Paint dan tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot. Setelah itu, gunakan fitur crop untuk memotong bagian yang tidak diperlukan. Sedangkan pada Mac, setelah menekan tombol Command + Shift + 4, gunakan kursor untuk menandai bagian yang ingin diambil screenshot.
  4. Hasil screenshot yang telah diambil akan disimpan secara otomatis pada folder Screenshots pada laptop Windows. Sedangkan pada Mac, hasil screenshot akan disimpan langsung pada desktop.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop dan menyimpannya sesuai kebutuhan Anda.

Video Cara Screenshot Di Laptop

Visit Video