Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Google Chrome

1. Mengetahui Tombol Screenshot pada Keyboard
Jika kamu mencari cara mudah untuk mengambil screenshot di laptop Google Chrome, kamu perlu tahu tombol yang tepat pada keyboard. Tombol yang perlu kamu tekan biasanya terletak di sebelah atas kanan keyboard, sering kali disebut dengan tombol ‘Print Screen’ atau ‘PrtSc’.

2. Apakah Kamu Ingin Menyimpan Gambar Screenshot Sebagai File atau ke Clipboard?
Ketika kamu memilih tombol screenshot pada keyboard, kamu akan diminta untuk memilih apakah kamu ingin menyimpan gambar tersebut sebagai file atau menyimpannya ke Clipboard. Jika kamu ingin menyimpannya sebagai file, kamu perlu menentukan direktori tempat untuk menyimpannya. Tapi jika kamu hanya ingin menyimpannya ke clipboard, kamu bisa langsung mempaste ke program pengolah gambar lainnya seperti Paint.

3. Menggunakan Tombol Alt untuk Mengambil Screenshot Sebagian Layar
Jika kamu hanya ingin mengambil screenshot bagian tertentu dari layar, kamu perlu mempelajari bagaimana tombol Alt pada keyboard dapat membantu. Tekan tombol Alt bersamaan dengan ‘Print Screen’ untuk mengambil screenshot sebagian layar yang kamu inginkan.

4. Ekstensi Screenshot Google Chrome
Jika kamu ingin memiliki fitur screenshot yang lebih terperinci dan mudah digunakan, kamu bisa mencoba menggunakan ekstensi Chrome seperti ‘Nimbus Screenshot’, ‘Awesome Screenshot’, atau ‘Lightshot’. Ekstensi ini akan memberikan kamu kemudahan dalam mengambil screenshot di Google Chrome dan juga memberikan opsi editing setelahnya.

5. Cara Menggunakan Ekstensi Screenshot Google Chrome
Setelah kamu mengunduh dan memasang ekstensi yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menggunakannya. Biasanya, ekstensi screenshot akan menampilkan tombol di chrome saat kamu ingin mengambil screenshot. Kamu bisa menggunakan tombol tersebut untuk mengambil screenshot dan langsung mendapatkan pilihan menyimpan ke file atau ke Clipboard.

6. Tips untuk Mendapatkan Screenshot Yang Lebih Baik
Ketika mengambil screenshot pada laptop Google Chrome, pastikan layar yang kamu ingin screenshot tidak memiliki notifikasi atau pop-up. Hindari juga mengambil screenshot dalam mode fullscreen, karena akan membuat hasil screenshot menjadi terdistorsi.

7. Cara Menambahkan Anotasi pada Screenshot
Jika kamu ingin menambahkan anotasi atau keterangan pada screenshotmu, kamu bisa menggunakan program seperti Paint atau ekstensi screenshot yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa memberikan keterangan tambahan pada screenshotmu.

8. Menyalin Screenshot dari Clipboard
Jika kamu memilih untuk menyimpan screenshot ke Clipboard, kamu bisa menyalin gambar ke mana saja dengan cara melakukan ‘paste’. Kamu bisa mempaste gambar tersebut ke program pengolah gambar atau bahkan ke program pengolah kata seperti Microsoft Word.

9. Cara Mengunggah Gambar Screenshot ke Internet
Jika kamu ingin mengunggah gambar screenshot ke internet, kamu bisa menggunakan layanan seperti imgbb atau Imgur. Dari situ kamu bisa menyalin link gambar dan berbagi kepada teman atau keluarga.

10. Berhati-hatilah Dalam Mengambil Screenshot
Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan privasi dan hak cipta saat mengambil screenshot di laptop Google Chrome. Pastikan bahwa kamu tidak mengambil screenshot yang melanggar aturan dan kebijakan yang ada.

Cara Screenshot Di Laptop Google Chrome

Cara Screenshot di Laptop Google Chrome: tekan tombol ctrl+shift+window switcher, pilih area yang ingin discreenshot, dan simpan gambar.

Apakah kamu pernah ingin mengambil tangkapan layar dari halaman web atau pesan penting di laptopmu? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan screenshot dengan mudah menggunakan Google Chrome! Cara screenshot di laptop Google Chrome sangatlah sederhana dan praktis, bahkan untuk pemula sekalipun. Pertama-tama, pastikan kamu sudah membuka halaman web atau pesan yang ingin kamu tangkap layarnya. Kemudian, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

Memahami Screenshot di Laptop Google Chrome

Screenshot atau tangkapan layar merupakan fitur penting bagi pengguna laptop. Terlebih bagi mereka yang bekerja di bidang desain grafis, fotografi, dan sejenisnya. Screenshot memungkinkan seseorang untuk mengambil gambar dari tampilan layar pada laptop. Tak hanya itu, screenshot juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara mudah untuk berbagi informasi dengan orang lain. Bagi kamu pengguna Google Chrome, simak cara melakukan screenshot pada laptop Google Chrome berikut ini.

1. Membuka Google Chrome

Google

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Chrome pada laptop kamu. Pastikan aplikasi Google Chrome yang terpasang sudah update ke versi terbaru agar tidak ada kendala saat menggunakan fitur screenshot.

2. Persiapkan Tampilan yang Akan Discreenshot

Laptop

Sebelum melakukan screenshot, pastikan tampilan yang akan discreenshot sudah persis sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini penting agar hasil tangkapan layar bisa maksimal dan sesuai dengan harapan.

3. Pilih Bagian Layar yang Akan Discreenshot

Select

Google Chrome menyediakan dua opsi untuk melakukan screenshot yaitu tangkapan layar seluruh halaman dan tangkapan layar sebagian halaman. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Tekan Tombol Print Screen atau “PrtSc” pada Keyboard

Keyboard

Setelah memilih bagian layar yang akan discreenshot, tekan tombol Print Screen atau “PrtSc” pada keyboard laptop kamu. Jika tombol Print Screen tidak berfungsi, coba tekan tombol Fn + Print Screen atau cari tombol lain yang bisa menggantikan fungsi Print Screen.

5. Buka Aplikasi Paint

Paint

Buka aplikasi Paint pada laptop kamu. Aplikasi Paint biasanya sudah terpasang secara default pada sistem operasi Windows. Kamu bisa mencarinya melalui menu Start pada laptop.

6. Tempel Tangkapan Layar pada Aplikasi Paint

Paint

Setelah membuka aplikasi Paint, tekan tombol Ctrl + V pada keyboard atau klik kanan dan pilih opsi Paste untuk menempelkan tangkapan layar yang sudah diambil tadi.

7. Edit Tangkapan Layar Jika Diperlukan

Paint

Jika diperlukan, kamu bisa melakukan editing terhadap tangkapan layar yang sudah dipaste pada aplikasi Paint. Ada banyak fitur editing yang tersedia pada aplikasi Paint seperti crop, resize, dan lain sebagainya.

8. Simpan Hasil Screenshot

Paint

Setelah selesai melakukan editing pada tangkapan layar, jangan lupa untuk menyimpan hasil screenshot tersebut. Pilih opsi Save As pada menu File dan simpan dengan format yang kamu inginkan.

9. Berbagi Hasil Screenshot

Share

Setelah hasil screenshot sudah disimpan, kamu bisa berbagi dengan orang lain melalui email, pesan instan, atau media sosial. Pastikan kamu memilih opsi share yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kamu.

10. Praktik dan Eksplorasi Lebih Lanjut

Practice

Screenshot merupakan fitur yang cukup sederhana namun sangat bermanfaat bagi pengguna laptop. Praktik dan eksplorasi lebih lanjut untuk mengoptimalkan fitur screenshot pada laptop kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengambil gambar dengan hasil yang lebih baik dan efektif dalam berbagi informasi dengan orang lain.

Cara Screenshot Di Laptop Google Chrome

Jika kamu ingin mengambil screenshot di laptop Google Chrome, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang pertama adalah dengan mengetahui tombol screenshot pada keyboard. Tombol yang tepat biasanya terletak di sebelah atas kanan keyboard dan disebut ‘Print Screen’ atau ‘PrtSc’. Setelah kamu menekan tombol ini, kamu akan diminta untuk memilih apakah kamu ingin menyimpan gambar sebagai file atau ke clipboard.

Menyimpan Gambar Screenshot Sebagai File atau ke Clipboard

Jika kamu ingin menyimpan gambar sebagai file, pastikan kamu menentukan direktori tempat untuk menyimpannya. Namun, jika kamu hanya ingin menyimpannya ke clipboard, kamu bisa langsung mempaste ke program pengolah gambar seperti Paint. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tombol Alt pada keyboard untuk mengambil screenshot bagian tertentu dari layar.

Menggunakan Ekstensi Screenshot Google Chrome

Jika kamu ingin memiliki fitur screenshot yang lebih terperinci dan mudah digunakan, kamu bisa mencoba menggunakan ekstensi Chrome seperti ‘Nimbus Screenshot’, ‘Awesome Screenshot’, atau ‘Lightshot’. Setelah kamu mengunduh dan memasang ekstensi yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menggunakannya. Biasanya, ekstensi screenshot akan menampilkan tombol di chrome saat kamu ingin mengambil screenshot. Kamu bisa menggunakan tombol tersebut untuk mengambil screenshot dan langsung mendapatkan pilihan menyimpan ke file atau ke clipboard.

Tips untuk Mendapatkan Screenshot Yang Lebih Baik

Ketika mengambil screenshot pada laptop Google Chrome, pastikan layar yang kamu ingin screenshot tidak memiliki notifikasi atau pop-up. Hindari juga mengambil screenshot dalam mode fullscreen, karena akan membuat hasil screenshot menjadi terdistorsi. Jika kamu ingin menambahkan anotasi atau keterangan pada screenshotmu, kamu bisa menggunakan program seperti Paint atau ekstensi screenshot yang telah disebutkan sebelumnya

Menyalin Screenshot dari Clipboard

Jika kamu memilih untuk menyimpan screenshot ke Clipboard, kamu bisa menyalin gambar ke mana saja dengan cara melakukan ‘paste’. Kamu bisa mempaste gambar tersebut ke program pengolah gambar atau bahkan ke program pengolah kata seperti Microsoft Word. Namun, kamu perlu berhati-hati terhadap privasi dan hak cipta saat mengambil screenshot. Pastikan bahwa kamu tidak mengambil screenshot yang melanggar aturan dan kebijakan yang ada.

Cara Mengunggah Gambar Screenshot ke Internet

Jika kamu ingin mengunggah gambar screenshot ke internet, kamu bisa menggunakan layanan seperti imgbb atau Imgur. Dari situ kamu bisa menyalin link gambar dan berbagi kepada teman atau keluarga. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah berbagi hasil screenshotmu dan memberikan keterangan tambahan jika diperlukan.

Jadi, itu dia beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop Google Chrome. Mulai dari mengetahui tombol screenshot pada keyboard hingga menggunakan ekstensi screenshot Google Chrome. Selalu perhatikan tips dan etika dalam pengambilan screenshot agar tidak melanggar privasi dan hak cipta. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu!

Ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar di laptop, namun kali ini saya akan memberi tahu cara screenshot di laptop dengan menggunakan Google Chrome. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  2. Tekan tombol Ctrl + Shift + I pada keyboard Anda untuk membuka jendela Inspektur Chrome.
  3. Pilih ikon kamera pada baris paling atas di jendela Inspektur Chrome.
  4. Klik pada area layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  5. Gambar tangkapan layar akan muncul dalam jendela baru.
  6. Anda dapat menyimpan gambar tersebut dengan mengklik kanan dan memilih Save image as.

Jadi, itulah cara mudah untuk mengambil tangkapan layar di laptop menggunakan Google Chrome. Praktis, bukan? Jangan ragu untuk mencobanya sendiri!

Selamat datang kembali di blog kami yang membahas tentang teknologi. Pada kesempatan kali ini, kami telah memberikan informasi tentang Cara Screenshot Di Laptop Google Chrome. Kami berharap informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk mengambil screenshot di laptop.

Sebagai pengguna laptop, Anda membutuhkan screenshot untuk banyak keperluan. Seperti membuat presentasi, mengedit foto atau video, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan cara yang kami berikan, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop Anda tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan langkah-demi-langkah yang mudah diikuti. Kami juga memberikan beberapa tips tentang cara menyimpan gambar screenshot dan cara mengeditnya. Kami berharap informasi ini membantu Anda dalam bekerja dengan lebih efisien dan efektif.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang Cara Screenshot Di Laptop Google Chrome. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan atau saran. Kami akan senang mendengarnya dari Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Orang-orang juga Bertanya Mengenai Cara Screenshot di Laptop Google Chrome

  • Bagaimana cara mengambil screenshot di Google Chrome?
  • Apakah ada fitur bawaan di Google Chrome untuk screenshot?
  • Apa saja alat atau aplikasi yang dapat digunakan untuk screenshot di Google Chrome?

Jawaban:

  1. Anda dapat menggunakan tombol PrtScn pada keyboard untuk mengambil screenshot di Google Chrome. Setelah itu, buka aplikasi Paint atau program pengedit gambar lainnya, lalu paste screenshot tersebut dan simpan.
  2. Ya, Google Chrome memiliki fitur bawaan untuk screenshot. Anda dapat menekan tombol Ctrl + Shift + Switch Window (gambar kamera) secara bersamaan untuk mengambil screenshot tampilan halaman saat ini.
  3. Beberapa alat atau aplikasi screenshot yang dapat digunakan di Google Chrome antara lain Lightshot, Awesome Screenshot, dan Nimbus Screenshot.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Google Chrome. Jangan lupa untuk memilih metode yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Video Cara Screenshot Di Laptop Google Chrome

Visit Video