Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Di Pc

1. Membuka program Paint
Anda dapat membuka program Paint di laptop atau PC Anda dengan mengetikkan kata “paint” di kolom pencarian pada menu Start. Setelah program Paint terbuka, pastikan Anda memilih opsi “kosong” dari opsi-opsi yang tersedia.

2. Menampilkan yang ingin di-screenshot
Sebelum Anda dapat melakukan screenshot, pastikan bahwa yang ingin Anda screenshot sudah terlihat di layar laptop atau PC Anda. Misalnya, jika Anda ingin screenshot sebuah website, buka halaman web yang ingin Anda screenshot terlebih dahulu.

3. Menghubungkan keyboard dengan sembarang tombol “prtsc”
Cara screenshot di laptop atau PC biasanya sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tombol “prtsc” pada keyboard Anda. Namun, pada beberapa laptop, tombol ini tidak tersedia. Oleh karena itu, cobalah menekan tombol “fn + prtsc” atau “alt + prtsc” untuk melakukan screenshot.

4. Membuat salinan screenshot
Setelah Anda menekan tombol “prtsc”, restart program Paint dan tempelkan (paste) tampilan screenshot ke dalam program. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Ctrl dan V pada keyboard Anda.

5. Menggunakan fitur screenshot di Windows 10
Windows 10 hadir dengan fitur screenshot bawaan yang sangat mudah digunakan. Salah satunya adalah fitur “Windows key + Shift + S”. Saat Anda menekan kombinasi tombol ini, layar Anda akan menjadi abu-abu dan Anda dapat menyeleksi area yang ingin di-screenshot. Gambar screenshot akan otomatis disalin ke clipboard.

6. Menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga
Jika Anda membutuhkan fitur screenshot lebih canggih, Anda dapat mengunduh software screenshot pihak ketiga. Beberapa contohnya adalah Lightshot, Snagit, dan Greenshot. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat screenshot dengan lebih banyak opsi.

7. Screenshot pada Google Chrome
Google Chrome juga memiliki fitur screenshot bawaan. Anda dapat membuka Developer Tools dengan menekan F12. Setelah itu, Anda dapat mengeklik tombol kamera di bagian atas layar untuk membuat screenshot.

8. Menggunakan software khusus untuk game
Jika Anda ingin screenshot dalam game, Anda dapat menggunakan software khusus seperti Fraps, Bandicam, atau OBS Studio. Anda dapat mengunduh software ini di internet dan menggunakannya untuk merekam atau membuat screenshot saat bermain game.

9. Menggunakan shortcut di keyboard
Selain tombol “prtsc”, Anda juga dapat menggunakan shortcut lain pada keyboard seperti “Windows key + prtsc” di Windows atau “Command + Shift + 3” di Mac untuk membuat screenshot. Pilih shortcut yang paling nyaman untuk Anda.

10. Menggunakan Microsoft Snip & Sketch
Microsoft Snip & Sketch adalah aplikasi screenshot bawaan di Windows 10. Anda dapat membuka aplikasi ini dengan mengetikkan “snip and sketch” di kolom pencarian pada menu Start. Setelah itu, Anda dapat memilih area yang ingin di-screenshot dan gambar akan disimpan di clipboard.

Cara Screenshot Di Laptop Di Pc

Cara screenshot di laptop atau PC sangat mudah dengan beberapa tombol shortcut yang bisa kamu gunakan. Yuk, simak tutorialnya di sini!

Apakah kamu sering membutuhkan tangkapan layar saat menggunakan laptop atau PC? Salah satu cara yang paling mudah dan cepat untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan tombol pada keyboard. Namun, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa trik yang dapat membantumu mengambil screenshot dengan lebih efektif dan efisien? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas cara screenshot di laptop atau PC dengan berbagai cara yang menarik dan mudah dipahami. Yuk, simak selengkapnya!

Intro

Screenshot adalah tindakan mengambil gambar layar pada perangkat elektronik. Screenshot sangat berguna untuk berbagai keperluan seperti membuat tutorial, berbagi informasi, dan lain-lain. Di artikel ini kita akan membahas cara screenshot di laptop atau PC dengan mudah.

Cara Screenshot Menggunakan Keyboard

Langkah pertama untuk menangkap screenshot di laptop atau PC adalah dengan menggunakan keyboard. Ada beberapa kombinasi tombol yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot.

1. Screenshot Layar Penuh

Jika ingin menangkap seluruh layar, tekan tombol “PrtSc” atau “Print Screen” pada keyboard. Setelah itu buka aplikasi pengedit gambar seperti Microsoft Paint atau Photoshop dan tekan tombol “Ctrl + V” atau klik kanan lalu pilih “Paste” untuk menempelkan gambar screenshot yang baru saja anda tangkap.

2. Screenshot Aktif Window

Jika hanya ingin menangkap jendela aplikasi yang sedang aktif, tekan tombol “Alt + PrtSc”. Setelah itu buka aplikasi pengedit gambar dan tekan tombol “Ctrl + V” atau klik kanan lalu pilih “Paste” untuk menempelkan gambar screenshot yang baru saja anda tangkap.

3. Screenshot Sebagian Layar

Jika hanya ingin menangkap sebagian layar, tekan tombol “Windows + Shift + S”. Setelah itu akan muncul tool untuk memilih area yang ingin ditangkap. Setelah memilih area yang diinginkan, gambar screenshot akan disimpan di clipboard dan bisa langsung ditempel ke aplikasi pengedit gambar.

Cara Screenshot Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan keyboard, ada juga aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menangkap screenshot di laptop atau PC.

1. Lightshot

Lightshot adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menangkap screenshot. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis dan mudah digunakan. Setelah melakukan tangkapan layar, gambar bisa langsung diedit dan disimpan ke komputer.

2. Snagit

Snagit adalah aplikasi screenshot berbayar yang memiliki banyak fitur. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk menangkap screenshot, tetapi juga bisa merekam layar dan membuat video tutorial. Harganya sekitar 50 USD.

Kesimpulan

Melakukan screenshot di laptop atau PC sangatlah mudah, baik menggunakan keyboard atau aplikasi pihak ketiga. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan mengetahui cara screenshot, anda bisa lebih produktif dalam melakukan berbagai kegiatan seperti membuat tutorial, berbagi informasi, dan lain-lain.

Cara screenshot di laptop atau PC sangatlah mudah. Pertama, buka program Paint dengan mengetikkan “paint” di kolom pencarian pada menu Start. Pastikan Anda memilih opsi “kosong”. Selanjutnya, pastikan yang ingin di-screenshot sudah terlihat di layar laptop atau PC Anda. Jika ingin screenshot halaman web, buka halaman tersebut terlebih dahulu. Tekan tombol “prtsc” pada keyboard. Jika tombol ini tidak tersedia, cobalah kombinasi tombol “fn + prtsc” atau “alt + prtsc”. Setelah menekan tombol, buka kembali program Paint dan tempelkan (paste) tampilan screenshot ke dalam program dengan menekan tombol Ctrl dan V. Windows 10 juga memiliki fitur screenshot bawaan yang sangat mudah digunakan. Cukup tekan kombinasi tombol “Windows key + Shift + S” untuk menyeleksi area yang ingin di-screenshot. Gambar screenshot akan otomatis disalin ke clipboard. Namun, jika Anda membutuhkan fitur screenshot lebih canggih, Anda dapat mengunduh software screenshot pihak ketiga seperti Lightshot, Snagit, atau Greenshot.Google Chrome juga memiliki fitur screenshot bawaan. Anda dapat membuka Developer Tools dengan menekan F12 dan mengeklik tombol kamera di bagian atas layar untuk membuat screenshot. Jika ingin screenshot dalam game, gunakan software khusus seperti Fraps, Bandicam, atau OBS Studio.Selain menggunakan tombol “prtsc”, Anda dapat menggunakan shortcut lain pada keyboard seperti “Windows key + prtsc” di Windows atau “Command + Shift + 3” di Mac untuk membuat screenshot. Pilih shortcut yang paling nyaman untuk Anda.Terakhir, Microsoft Snip & Sketch adalah aplikasi screenshot bawaan di Windows 10. Anda dapat membuka aplikasi ini dengan mengetikkan “snip and sketch” di kolom pencarian pada menu Start. Setelah itu, pilih area yang ingin di-screenshot dan gambar akan disimpan di clipboard. Dengan begitu, cara screenshot di laptop atau PC menjadi semakin mudah dan efisien.

Sudahkah kamu tahu bagaimana cara screenshot di laptop atau PC? Jika belum, jangan khawatir! Aku akan memberikan panduan lengkap untukmu.

Cara Screenshot Di Laptop Di PC

  1. Pilih layar atau tampilan yang ingin kamu tangkap dalam screenshot.
  2. Untuk screenshot seluruh layar, tekan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboardmu.
  3. Jika kamu hanya ingin menangkap layar tertentu, gunakan tombol Alt + Print Screen atau Alt + PrtScn pada keyboardmu. Ini akan menangkap layar aktif saja.
  4. Buka aplikasi pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop.
  5. Pada aplikasi tersebut, tekan tombol Ctrl + V atau klik kanan dan pilih Paste untuk memasukkan screenshot ke dalam aplikasi.
  6. Edit dan sesuaikan screenshot sesuai keinginanmu.
  7. Simpan screenshot dengan cara klik File dan pilih Save As. Berikan nama file dan pilih format file yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah membuat screenshot di laptop atau PC-mu.

Point of View

Cara screenshot di laptop atau PC adalah salah satu hal yang sangat berguna bagi siapa saja yang bekerja atau belajar menggunakan teknologi. Dalam dunia digital yang serba cepat ini, screenshot dapat membantu kita dalam berbagai cara, seperti:

  • Membuat dokumentasi atau catatan dari layar yang sedang ditampilkan.
  • Menunjukkan masalah atau kesalahan pada perangkat lunak atau aplikasi.
  • Memperlihatkan hasil kerja atau proyek kepada orang lain.
  • Membagikan informasi penting dengan mudah dan cepat.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara screenshot di laptop atau PC. Kamu akan terkejut betapa mudahnya membuat tangkapan layar dan betapa bergunanya fitur ini dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel ini tentang cara screenshot di laptop atau PC. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat bagi Anda untuk melakukan screenshot dengan mudah dan cepat.

Kami harap tutorial yang kami berikan cukup jelas dan mudah dipahami. Dalam melakukan screenshot, pastikan Anda memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah file screenshot yang Anda ambil sudah tersimpan dengan baik di folder yang diinginkan.

Untuk itu, jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan informasi lain tentang cara screenshot di laptop atau PC, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan Anda. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Orang sering bertanya tentang Cara Screenshot Di Laptop Di PC, dan berikut adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bisakah saya mengambil screenshot di laptop saya tanpa tombol Print Screen?

    Tentu saja! Anda dapat menggunakan fitur Snipping Tool atau Snip & Sketch yang biasanya sudah terinstal pada sistem operasi Windows Anda.

  2. Bagaimana cara mengambil screenshot seluruh layar?

    Anda dapat menekan tombol Print Screen di keyboard dan kemudian mem-paste gambar ke program seperti Paint atau Word. Atau Anda dapat menggunakan fitur Snipping Tool atau Snip & Sketch untuk mengambil screenshot seluruh layar.

  3. Apakah ada cara untuk mengambil screenshot hanya bagian tertentu dari layar?

    Ya, Anda dapat menggunakan fitur Snipping Tool atau Snip & Sketch untuk mengambil screenshot hanya bagian tertentu dari layar. Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot untuk tujuan ini.

  4. Bagaimana cara mengambil screenshot di Macbook?

    Untuk mengambil screenshot di Macbook, Anda dapat menekan tombol Command + Shift + 3 untuk mengambil screenshot seluruh layar atau tombol Command + Shift + 4 untuk mengambil screenshot hanya bagian tertentu dari layar.

  5. Apakah saya dapat mengedit screenshot setelah diambil?

    Tentu saja! Anda dapat mem-paste screenshot ke program seperti Paint atau Word dan mengeditnya dari sana. Atau Anda dapat menggunakan software pengedit gambar pihak ketiga seperti Adobe Photoshop atau GIMP untuk tujuan ini.

Dengan begitu banyak cara yang tersedia untuk mengambil screenshot di laptop atau PC Anda, tidak perlu lagi bingung! Cukup ikuti langkah-langkah yang sesuai dengan preferensi Anda dan Anda akan mendapatkan screenshot yang Anda butuhkan dalam waktu singkat.

Video Cara Screenshot Di Laptop Di Pc

Visit Video