Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Laptop Dell Windows 7

1) Membuka “Snipping Tool” melalui Start Menu
2) Menggunakan tombol “Print Screen” pada keyboard
3) Kombinasi tombol “Windows” + “Print Screen”
4) Menggunakan “Windows Paint”
5) Menggunakan “Windows Foto Viewer”
6) Menggunakan “Microsoft OneNote”
7) Membuka “Snipping Tool” melalui Command Prompt
8) Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Greenshot”
9) Menggunakan tombol “Fn” + “Print Screen” (jika tersedia)
10) Menggunakan fitur “Game Bar” pada Windows 7.

Cara Screenshot Di Laptop Dell Windows 7

Cara Screenshot di Laptop Dell Windows 7 dengan mudah dan praktis. Simak langkah-langkahnya di artikel ini!

Apakah Anda sedang mencari cara untuk mengambil tangkapan layar di laptop Dell dengan sistem operasi Windows 7? Jangan khawatir! Kami punya solusinya. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah untuk mengambil screenshot dengan mudah dan cepat.

Pertama-tama, pastikan Anda sudah menemukan tampilan yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Setelah itu, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Namun, apabila Anda ingin mengambil screenshot hanya pada bagian tertentu saja, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen.

Tunggu dulu, masih ada trik lain yang bisa Anda gunakan! Jika ingin mengambil screenshot pada jendela aktif saja, gunakan kombinasi tombol Alt + Fn + Print Screen. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Snipping Tool yang terdapat pada laptop Dell Anda, yang memungkinkan Anda untuk menangkap gambar dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan tangkapan layar Anda dengan cara yang mudah diingat. Anda bisa menyimpannya ke clipboard atau langsung ke folder komputer Anda. Dengan beberapa trik sederhana ini, Anda bisa mengambil screenshot dengan mudah dan cepat di laptop Dell dengan sistem operasi Windows 7. Selamat mencoba!

Memperoleh Tangkapan Layar dengan Mudah

Jika Anda adalah pengguna laptop Dell dengan sistem operasi Windows 7, Anda pasti pernah memerlukan screenshot atau tangkapan layar untuk suatu keperluan. Namun, tidak semua orang tahu cara mendapatkannya. Berikut adalah panduan untuk melakukan screenshot di laptop Dell Windows 7.

Langkah Pertama: Menemukan Tombol Print Screen

Tombol print screen biasanya terletak di sebelah kanan tombol F12 pada keyboard laptop Dell. Tombol ini mungkin juga berada di sebelah tombol Insert atau Delete. Setelah menemukan lokasinya, langkah selanjutnya adalah menekan tombol tersebut untuk mengambil screenshot.

Langkah Kedua: Menggunakan Tombol FN

Pada beberapa laptop Dell, tombol print screen hanya berfungsi jika digunakan bersamaan dengan tombol FN. Jadi, pastikan Anda menekan tombol FN dan kemudian tombol print screen secara bersamaan.

Langkah Ketiga: Membuka Paint

Setelah berhasil mengambil screenshot, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi Paint. Caranya adalah dengan menekan tombol Start pada keyboard, kemudian mencari Paint di kolom pencarian. Setelah ditemukan, klik aplikasi tersebut untuk membukanya.

Langkah Keempat: Menyisipkan Screenshot ke dalam Paint

Selanjutnya, tekan tombol CTRL+V pada keyboard untuk menyisipkan screenshot yang telah diambil ke dalam aplikasi Paint. Anda juga dapat mengklik kanan pada layar kosong di Paint dan memilih opsi Paste.

Langkah Kelima: Menyimpan Hasil Screenshot

Jika sudah memasukkan screenshot ke dalam Paint, langkah terakhir adalah menyimpan hasil tangkapan layar tersebut. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl+S pada keyboard atau bisa juga dengan mengklik ikon disket di bagian kiri atas aplikasi Paint. Kemudian, beri nama file dan pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan cara di atas, pengguna laptop Dell Windows 7 juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot. Beberapa aplikasi populer yang dapat digunakan antara lain Lightshot, Greenshot, dan Snagit. Berikut adalah cara menggunakan salah satu aplikasi tersebut:

Menggunakan Lightshot

Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi Lightshot dari situs resminya. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Capture. Kemudian, klik dan seret kursor Anda untuk menandai area yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah itu, Anda dapat menyimpan hasil tangkapan layar tersebut atau membagikannya secara langsung ke media sosial.

Menggunakan Greenshot

Unduh dan instal aplikasi Greenshot dari situs resminya. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Capture. Kemudian, klik dan seret kursor Anda untuk menandai area yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah itu, Anda dapat menyimpan hasil tangkapan layar tersebut atau mengeditnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan Snagit

Unduh dan instal aplikasi Snagit dari situs resminya. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Capture. Kemudian, klik dan seret kursor Anda untuk menandai area yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah itu, Anda dapat menyimpan hasil tangkapan layar tersebut atau mengeditnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop Dell Windows 7, baik dengan menggunakan tombol print screen atau aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Greenshot, dan Snagit. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Screenshot Di Laptop Dell Windows 7

Bagi pengguna laptop Dell dengan sistem operasi Windows 7, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan screenshot. Beberapa cara tersebut antara lain:

Membuka Snipping Tool melalui Start Menu

Cara pertama adalah membuka Snipping Tool melalui Start Menu. Caranya cukup mudah, cukup buka Start Menu kemudian ketikkan Snipping Tool pada kolom pencarian dan klik aplikasi tersebut untuk membukanya. Setelah itu, pilih opsi New untuk mulai mengambil screenshot.

Menggunakan tombol Print Screen pada keyboard

Cara kedua adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Print Screen pada keyboard dan gambar layar akan tersimpan di clipboard. Kemudian buka aplikasi seperti Paint atau Word dan paste gambar tersebut untuk menyimpannya.

Kombinasi tombol Windows + Print Screen

Cara ketiga adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan dan gambar layar akan tersimpan secara otomatis pada folder Pictures di direktori Anda.

Menggunakan Windows Paint

Cara keempat adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Windows Paint. Caranya cukup mudah, cukup buka aplikasi Paint kemudian klik opsi Paste untuk menyisipkan gambar yang telah di-copy dari clipboard.

Menggunakan Windows Foto Viewer

Cara kelima adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Windows Foto Viewer. Caranya cukup mudah, cukup buka gambar yang ingin di-screenshot pada aplikasi Foto Viewer kemudian klik opsi Print Screen pada keyboard. Gambar tersebut kemudian dapat disimpan melalui aplikasi Paint atau aplikasi lainnya.

Menggunakan Microsoft OneNote

Cara keenam adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan Microsoft yaitu Microsoft OneNote. Anda cukup membuka aplikasi tersebut kemudian tekan tombol Windows + S untuk memulai mengambil screenshot. Setelah itu, pilih area yang ingin di-screenshot dan gambar tersebut akan disimpan secara otomatis.

Membuka Snipping Tool melalui Command Prompt

Cara ketujuh adalah dengan membuka Snipping Tool melalui Command Prompt. Caranya cukup mudah, cukup buka Command Prompt kemudian ketikkan SnippingTool dan tekan enter. Setelah itu, aplikasi Snipping Tool akan terbuka dan Anda dapat mulai mengambil screenshot.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenshot

Cara kedelapan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenshot. Aplikasi ini dapat di-download secara gratis dan memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi bawaan Windows. Anda cukup meng-install aplikasi ini dan dapat mulai mengambil screenshot dengan mudah.

Menggunakan tombol Fn + Print Screen (jika tersedia)

Cara kesembilan adalah dengan menggunakan tombol Fn + Print Screen (jika tersedia). Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Fn + Print Screen secara bersamaan dan gambar layar akan tersimpan di clipboard. Kemudian buka aplikasi seperti Paint atau Word dan paste gambar tersebut untuk menyimpannya.

Menggunakan fitur Game Bar pada Windows 7

Cara kesepuluh adalah dengan menggunakan fitur Game Bar pada Windows 7. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot saat sedang memainkan game. Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Windows + G secara bersamaan kemudian pilih opsi Screenshot untuk mengambil screenshot.

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan screenshot pada laptop Dell dengan sistem operasi Windows 7. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan selamat mencoba!

Ada banyak alasan mengapa kita perlu melakukan screenshot di laptop Dell Windows 7. Mungkin untuk membuat tutorial, berbagi informasi, atau hanya untuk menyimpan gambar yang menarik. Berikut adalah cara yang mudah untuk melakukan screenshot di laptop Dell Windows 7:

  1. Pertama, pastikan tampilan yang ingin Anda screenshot sudah terbuka.
  2. Kemudian, tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan atas pada keyboard Dell.
  3. Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aktif saja, tekan tombol Alt dan Print Screen secara bersamaan.
  4. Setelah itu, buka program pengedit gambar seperti Paint atau Photoshop.
  5. Pada program pengedit gambar, klik Paste atau tekan tombol Ctrl dan V secara bersamaan untuk menempelkan screenshot ke dalam program.
  6. Terakhir, simpan gambar dengan cara klik Save dan pilih format file yang Anda inginkan.

Cara screenshot di laptop Dell Windows 7 sangat mudah dilakukan dan dapat membantu Anda dalam berbagai situasi. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengabadikan momen penting dan membagikannya dengan orang lain. Jangan ragu untuk mencoba cara ini dan lihat betapa mudahnya untuk mengambil screenshot di laptop Dell Windows 7!

Halo teman-teman, itulah tadi beberapa cara screenshot di laptop Dell Windows 7 yang bisa kalian coba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkan informasi tentang bagaimana cara mengambil screenshot di laptop Dell Windows 7. Sebagai penutup, jangan lupa untuk mencoba masing-masing cara yang sudah dijelaskan di atas dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain itu, pastikan perangkat lunak yang dibutuhkan sudah terpasang dengan benar dan jika ada kendala atau pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar di bawah.Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar teknologi dan gadget. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya!

Orang-orang sering bertanya tentang cara screenshot di laptop Dell Windows 7. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang biasanya diajukan:

  1. Bagaimana cara screenshot di laptop Dell Windows 7?
  2. Apakah ada tombol khusus untuk screenshot di laptop Dell Windows 7?
  3. Apakah saya perlu mengunduh software khusus untuk melakukan screenshot di laptop Dell Windows 7?

Berikut adalah jawaban untuk orang-orang yang bertanya tentang cara screenshot di laptop Dell Windows 7:

  1. Untuk melakukan screenshot di laptop Dell Windows 7, tekan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard Anda. Jika Anda ingin mengambil screenshot dari jendela tertentu, klik jendela tersebut untuk memastikan itu yang aktif dan kemudian tekan tombol Alt + Print Screen.
  2. Tidak ada tombol khusus untuk screenshot di laptop Dell Windows 7, tetapi Anda dapat menggunakan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard.
  3. Tidak perlu mengunduh software khusus untuk melakukan screenshot di laptop Dell Windows 7. Anda dapat menggunakan fitur bawaan sistem operasi untuk melakukan screenshot.

Jadi, Anda sekarang sudah tahu cara screenshot di laptop Dell Windows 7. Mudah bukan?

Video Cara Screenshot Di Laptop Dell Windows 7

Visit Video