Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nikon D90 Fungsi Tombol

Nikon D90 memiliki tombol khusus untuk mempermudah pengaturan fokus, ISO, WB, dan lainnya. Pelajari lebih lanjut tentang fungsi tombol di sini.

Nikon D90 Fungsi Tombol

1. “Tombol pintar” pada Nikon D90
Nikon D90 memiliki tombol yang terletak di sekeliling layar LCD. Tombol-tombol ini dapat diakses dengan cepat untuk mengubah pengaturan kamera.

2. Tombol “menu”
Tombol “menu” digunakan untuk mengakses seluruh menu pengaturan kamera. Dengan tombol ini, Anda dapat mengatur ISO, mode fokus, atau bahkan memilih mode pemotretan.

3. Tombol “info”
Tombol “info” menampilkan informasi penting mengenai pengaturan kamera secara langsung pada layar LCD. Tombol ini bahkan dapat diatur agar menampilkan sejumlah besar informasi atau hanya informasi penting saja.

4. Tombol “mode pemotretan”
Tombol “mode pemotretan” memungkinkan Anda untuk memilih mode pemotretan darimanual hingga otomatis. Dengan tombol ini, Anda dapat membuat pengaturan yang lebih spesifik tergantung pada kondisi cahaya, model, dan lingkungan.

5. Tombol “AE/FE Lock”
Tombol “AE/FE Lock” memungkinkan Anda untuk mengunci pengaturan fokus, eksposur, atau keduanya. Dengan tombol ini, Anda dapat memadukan pengaturan cahaya dan fokus secara akurat.

6. Tombol “AF-ON”
Tombol “AF-ON” membantu Anda untuk menghindari kesalahan fokus. Anda dapat memotret dengan menggunakan tombol ini ketika kamera sudah terfokus pada model.

7. Tombol “ISO”
Tombol “ISO” berguna saat mengambil gambar di tempat yang gelap maupun terang. Dengan tombol ini, Anda dapat memilih ISO yang cocok untuk kondisi pencahayaan yang ada.

8. Tombol “weiBess”
Tombol “weiBess” digunakan untuk mengatur white balance kamera. Dengan tombol ini, warna gambar dapat seakurat mungkin sesuai kondisi pencahayaan.

9. Tombol “eksposur”
Tombol “eksposur” berguna saat memotret dalam cahaya yang tidak merata. Anda dapat mengatur exposure compensation yang sesuai untuk mengurangi kontras yang terlalu tinggi.

10. Tombol “kunci autofocus”
Tombol “kunci autofocus” membantu memotret obyek yang bergerak cepat. Dengan menahan tombol ini saat objek dalam fokus, maka kamera akan tetap berfokus pada objek tersebut meskipun posisi berubah.

Nikon D90 adalah kamera DSLR yang sangat populer di kalangan fotografer. Salah satu fitur terbaiknya adalah fungsi tombol yang sangat mudah digunakan. Fungsi tombol ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai pengaturan kamera dengan cepat dan efisien. Dari mulai mengubah ISO, aperture, hingga shutter speed bisa dilakukan hanya dengan sekali sentuhan tombol. Selain itu, dengan adanya tombol mode pemotretan, pengguna bisa dengan mudah mengganti mode pemotretan sesuai dengan situasi yang dihadapi. Tidak hanya itu, terdapat juga tombol playback yang memungkinkan pengguna untuk melihat hasil foto yang telah diambil secara langsung. Nikmati kemudahan dan kenyamanan dalam mengoperasikan kamera dengan Nikon D90.

Nikon D90 Fungsi Tombol

Kamera Nikon D90 adalah kamera DSLR yang sangat populer di kalangan fotografer. Kamera ini memiliki banyak fitur canggih dan tombol yang berbeda. Setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda dan bisa memudahkan Anda dalam mengambil foto. Berikut ini adalah beberapa fungsi tombol kamera Nikon D90.

Tombol Power (On/Off)

Tombol

Tombol power pada kamera Nikon D90 digunakan untuk menyalakan dan mematikan kamera. Tombol ini terletak di sisi kiri atas kamera. Jika Anda ingin menggunakan kamera, Anda harus menekan tombol power untuk menyalakannya. Setelah selesai menggunakan kamera, Anda harus menekan tombol power lagi untuk mematikannya.

Tombol Shutter

Tombol

Tombol shutter pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengambil foto. Tombol ini terletak di sisi atas kamera. Jika Anda ingin mengambil foto, Anda harus menekan tombol shutter setengah jalan dulu untuk mengatur fokus, kemudian tekan sepenuhnya untuk mengambil foto.

Tombol Mode

Tombol

Tombol mode pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengubah mode pengambilan foto. Tombol ini terletak di sisi atas kamera, di sebelah tombol shutter. Ada beberapa mode yang bisa dipilih, seperti mode manual, mode otomatis, dan mode semi-manual.

Tombol ISO

Tombol

Tombol ISO pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengatur kepekaan sensor dalam kondisi cahaya yang rendah. Tombol ini terletak di sisi kiri atas kamera. Jika Anda ingin mengambil foto dalam kondisi cahaya yang rendah, Anda harus menekan tombol ISO dan memilih nilai ISO yang lebih tinggi.

Tombol Menu

Tombol

Tombol menu pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengakses menu kamera. Tombol ini terletak di bagian belakang kamera, di bawah layar. Anda bisa mengakses berbagai pengaturan kamera melalui menu ini, seperti pengaturan ISO, mode fokus, dan setting flash.

Tombol Playback

Tombol

Tombol playback pada kamera Nikon D90 digunakan untuk melihat foto yang telah diambil. Tombol ini terletak di bagian belakang kamera, di sebelah tombol menu. Jika Anda ingin melihat foto yang telah diambil, Anda harus menekan tombol playback.

Tombol Info

Tombol

Tombol info pada kamera Nikon D90 digunakan untuk melihat informasi tentang pengaturan kamera. Tombol ini terletak di bagian belakang kamera, di bawah tombol playback. Jika Anda ingin melihat informasi tentang pengaturan kamera, Anda harus menekan tombol info.

Tombol AF-ON

Tombol

Tombol AF-ON pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengaktifkan autofocus. Tombol ini terletak di bagian belakang kamera, di sebelah tombol shutter. Jika Anda ingin menggunakan autofocus, Anda harus menekan tombol AF-ON dan kemudian menekan tombol shutter setengah jalan untuk mengatur fokus.

Tombol White Balance

Tombol

Tombol white balance pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengatur keseimbangan warna. Tombol ini terletak di sisi atas kamera, di sebelah tombol mode. Jika Anda ingin mengambil foto dengan warna yang lebih akurat, Anda harus menekan tombol white balance dan memilih pengaturan yang sesuai dengan kondisi cahaya.

Tombol Live View

Tombol

Tombol live view pada kamera Nikon D90 digunakan untuk melihat gambar langsung di layar LCD kamera. Tombol ini terletak di bagian belakang kamera, di sebelah tombol info. Jika Anda ingin melihat gambar langsung di layar LCD kamera, Anda harus menekan tombol live view.

Tombol Kunci AE-L/AF-L

Tombol

Tombol kunci AE-L/AF-L pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengunci fokus dan exposure. Tombol ini terletak di sisi belakang kamera, di sebelah tombol shutter. Jika Anda ingin mengunci fokus dan exposure dalam kondisi tertentu, Anda harus menekan tombol kunci AE-L/AF-L.

Itulah beberapa fungsi tombol kamera Nikon D90 yang bisa memudahkan Anda dalam mengambil foto. Anda bisa mencoba menggunakan tombol-tombol tersebut agar lebih terbiasa dengan kamera Nikon D90.

Tombol Pintar pada Nikon D90

Nikon D90 dilengkapi dengan tombol-tombol pintar yang terletak di sekeliling layar LCD. Tombol-tombol ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan kamera dengan cepat dan mudah. Berikut adalah beberapa tombol pintar pada Nikon D90:

Tombol Menu

Tombol menu pada Nikon D90 digunakan untuk mengakses seluruh menu pengaturan kamera. Dengan tombol ini, Anda dapat mengatur ISO, mode fokus, atau bahkan memilih mode pemotretan. Tombol menu sangat berguna bagi para pengguna yang ingin mengatur kamera secara spesifik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tombol Info

Tombol info pada Nikon D90 menampilkan informasi penting mengenai pengaturan kamera secara langsung pada layar LCD. Tombol ini bahkan dapat diatur agar menampilkan sejumlah besar informasi atau hanya informasi penting saja. Pengguna dapat melihat informasi mengenai ISO, shutter speed, aperture, dan lain sebagainya dengan mudah melalui tombol info.

Tombol Mode Pemotretan

Tombol mode pemotretan pada Nikon D90 memungkinkan pengguna untuk memilih mode pemotretan dari manual hingga otomatis. Dengan tombol ini, Anda dapat membuat pengaturan yang lebih spesifik tergantung pada kondisi cahaya, model, dan lingkungan. Tombol mode pemotretan sangat berguna bagi para fotografer yang ingin menyesuaikan pengaturan kamera dengan kondisi tempat yang berbeda-beda.

Tombol AE/FE Lock

Tombol AE/FE Lock pada Nikon D90 memungkinkan pengguna untuk mengunci pengaturan fokus, eksposur, atau keduanya. Dengan tombol ini, Anda dapat memadukan pengaturan cahaya dan fokus secara akurat. Tombol AE/FE Lock sangat berguna saat Anda ingin mengambil gambar dengan pencahayaan yang berbeda-beda pada bagian yang sama.

Tombol AF-ON

Tombol AF-ON pada Nikon D90 membantu pengguna untuk menghindari kesalahan fokus. Pengguna dapat memotret dengan menggunakan tombol ini ketika kamera sudah terfokus pada model. Tombol AF-ON sangat berguna saat Anda ingin mengambil gambar dengan fokus yang tepat pada objek yang bergerak cepat.

Tombol ISO

Tombol ISO pada Nikon D90 berguna saat mengambil gambar di tempat yang gelap maupun terang. Dengan tombol ini, Anda dapat memilih ISO yang cocok untuk kondisi pencahayaan yang ada. Tombol ISO sangat berguna bagi para fotografer yang ingin menghasilkan gambar yang berkualitas di berbagai kondisi pencahayaan.

Tombol WeiBess

Tombol weiBess pada Nikon D90 digunakan untuk mengatur white balance kamera. Dengan tombol ini, warna gambar dapat seakurat mungkin sesuai kondisi pencahayaan. Tombol weiBess sangat berguna saat Anda ingin menghasilkan gambar yang natural dan tidak terlalu kekuningan atau kebiruan.

Tombol Eksposur

Tombol eksposur pada Nikon D90 berguna saat memotret dalam cahaya yang tidak merata. Pengguna dapat mengatur exposure compensation yang sesuai untuk mengurangi kontras yang terlalu tinggi. Tombol eksposur sangat berguna bagi para fotografer yang ingin menghasilkan gambar dengan kontras yang baik di berbagai kondisi pencahayaan.

Tombol Kunci Autofocus

Tombol kunci autofocus pada Nikon D90 membantu pengguna untuk memotret obyek yang bergerak cepat. Dengan menahan tombol ini saat objek dalam fokus, maka kamera akan tetap berfokus pada objek tersebut meskipun posisi berubah. Tombol kunci autofocus sangat berguna saat Anda ingin mengambil gambar dengan fokus yang tepat pada objek yang bergerak cepat.

Dalam keseluruhan, tombol-tombol pintar pada Nikon D90 sangat membantu pengguna dalam menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik. Pengguna dapat mengubah pengaturan kamera dengan cepat dan mudah sesuai dengan kebutuhan mereka. Tombol-tombol ini sangat berguna bagi para fotografer yang ingin menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik di berbagai kondisi pencahayaan dan lingkungan yang berbeda-beda.

Cerita tentang Nikon D90 Fungsi Tombol

  1. Kamera DSLR Nikon D90 memiliki berbagai tombol yang sangat penting untuk mengoperasikan kamera tersebut.
  2. Salah satu tombol yang sangat penting adalah tombol mode (mode dial) yang terletak di bagian atas kamera.
  3. Dengan menggunakan tombol mode, pengguna dapat memilih mode fotografi yang sesuai dengan kebutuhan, seperti mode manual, aperture priority, shutter priority, dan masih banyak lagi.
  4. Tombol lainnya yang juga penting adalah tombol shutter release, yang terletak di bagian depan kamera.
  5. Tombol ini digunakan untuk mengambil foto dengan menekan tombol tersebut.
  6. Selain itu, kamera Nikon D90 juga dilengkapi dengan tombol-tombol lainnya seperti tombol playback (untuk melihat hasil foto yang sudah diambil), tombol menu (untuk mengatur pengaturan kamera), tombol delete (untuk menghapus foto yang tidak diinginkan), dan masih banyak lagi.

Poin pandang tentang penggunaan Nikon D90 Fungsi Tombol

  • Saat pertama kali menggunakan kamera Nikon D90, pengguna mungkin akan merasa sedikit kewalahan dengan jumlah tombol yang ada di kamera tersebut.
  • Namun, setelah beberapa kali menggunakan kamera, pengguna akan semakin terbiasa dan mengerti fungsi dari masing-masing tombol tersebut.
  • Pengguna juga harus memperhatikan tombol mode, karena mode fotografi yang dipilih akan sangat mempengaruhi hasil foto yang diambil.
  • Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan tombol shutter release, karena faktor ini sangat penting dalam mengambil foto yang jernih dan tajam.
  • Dalam penggunaan kamera Nikon D90, pengguna juga perlu memahami fungsi dari masing-masing tombol lainnya, seperti tombol playback dan tombol menu.
  • Dengan memahami fungsi dari masing-masing tombol tersebut, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan kamera dan menghasilkan foto yang berkualitas tinggi.

Selamat datang di blog kami yang membahas tentang fungsi tombol pada kamera Nikon D90. Kami berharap informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan kamera digital Anda.

Setelah membaca artikel ini, Anda sudah mengetahui betapa pentingnya mengetahui fungsi tombol pada kamera digital. Dengan menguasai fungsi tombol pada kamera Nikon D90, Anda akan lebih mudah dalam mengambil foto dengan hasil yang memuaskan.

Jangan ragu untuk terus memperdalam pengetahuan Anda tentang fotografi dan kamera digital. Dengan terus berlatih dan belajar, Anda akan semakin ahli dalam mengambil gambar dan memperoleh hasil yang luar biasa. Terima kasih telah mengunjungi blog kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

People Also Ask tentang Fungsi Tombol Nikon D90:

  1. Apa fungsi tombol AF di kamera Nikon D90?

    Jawaban: Tombol AF pada kamera Nikon D90 berfungsi untuk memilih mode fokus yang akan digunakan saat memotret, seperti Single Servo Autofocus (AF-S) atau Continuous Servo Autofocus (AF-C).

  2. Apa itu tombol WB pada kamera Nikon D90?

    Jawaban: Tombol WB pada kamera Nikon D90 berguna untuk mengatur White Balance atau keseimbangan warna pada gambar yang dihasilkan. Anda dapat memilih opsi Auto WB atau mengatur sendiri sesuai dengan kondisi pencahayaan yang ada.

  3. Bagaimana cara menggunakan tombol Live View pada kamera Nikon D90?

    Jawaban: Untuk menggunakan tombol Live View pada kamera Nikon D90, pertama-tama pastikan bahwa mode kamera sudah diatur ke LV atau Live View. Kemudian tekan tombol Lv pada bagian atas kamera, dan gambar yang akan diambil akan tampil di layar LCD yang ada.

  4. Apa fungsi tombol ISO pada kamera Nikon D90?

    Jawaban: Tombol ISO pada kamera Nikon D90 digunakan untuk mengatur sensitivitas sensor pada kamera, sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih terang atau gelap sesuai dengan kebutuhan pemotretan.

  5. Bagaimana cara mengaktifkan tombol Self-Timer pada kamera Nikon D90?

    Jawaban: Untuk mengaktifkan tombol Self-Timer pada kamera Nikon D90, tekan tombol Mode yang ada di bagian atas kamera hingga muncul opsi Self-Timer. Kemudian atur durasi waktu self-timer yang diinginkan dan tekan tombol rana untuk mengambil gambar.

Dalam penggunaan kamera Nikon D90, penting untuk memahami fungsi tombol-tombol yang ada agar dapat menghasilkan gambar yang berkualitas. Semoga jawaban-jawaban di atas dapat membantu mengatasi kebingungan dalam menggunakan tombol-tombol tersebut.

Video Nikon D90 Fungsi Tombol

Visit Video