FBI Tangkap Profesor Harvard Pembuat Virus Corona? Ini Faktanya


Beredar narasi FBI menangkap profesor dari Harvard dan Ketua Biologi Kimia yang bekerja dengan Universitas di Wuhan, China. Hal ini dikaitkan dengan pembuatan virus corona.

Narasi tersebut diunggah akun Timothy Simamora di facebook melalui video berdurasi 2 menit 20 detik. Video tersebut berisi konferensi pers FBI soal penangkapan profesor kimia biologi dari Universitas Harvard dengan dua warga negara China.
Berikut narasinya:

"FBI Mengumumkan Penangkapan Profesor Harvard dan Ketua Biologi Kimia yang Tertangkap Bekerja dengan Universitas Cina di Wuhan, Cina."

Verifikasi Fakta

Mengutip cekfakta.com, telah ditelusuri kebenaran penangkapan profesor dari Harvard dengan mesin pencari dengan memasukkan kalimat 'FBI arrested Harvard Professor'.

Hasil pencarian menunjukkan pada 28 Januari 2020 dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat soal penangkapan Charles Lieber. Lalu, disebutkan juga soal dua warga negara China bernama Yanqing Ye dan Zaosong Zheng.

Ketiganya ternyata didakwa dalam tiga kasus yang berbeda dan tidak terkait dengan perguruan tinggi di Wuhan. Dalam dakwaan, Charles Lieber didakwa akibat membuat pernyataan salah, data fiktif, dan pemalsuan visa.

Lieber memang bekerja di sebuah Universitas di Wuhan, kota tempat covid-19 pertama kali muncul. Tapi, Departemen Kehakiman Amerika membantah mereka mendakwa Lieber atas tuduhan terlibat dalam pembuatan covid-19.

Berdasarkan penelusuran di atas, dapat disimpulkan konten yang diunggah akun facebook Timothy Simamora sesat atau konten yang menyesatkan.

Sumber : viva

Bagikan: