Ketika Hasil Usaha Tidak Sesuai Harapan, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah

Ketika Hasil Usaha Tidak Sesuai Harapan, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah
Ketika hasil usaha tidak sesuai harapan, baca doa ini.
Tribunsantri.com - Seringkali kita merasa kecewa ketika usaha yang telah kita lakukan untuk meraih sesuatu tidak membuahkan hasil yang diharapkan.

Penting kita sadari bahwa, sebagai manusia kita hanya diwajibkan berusaha, apapun hasilnya adalah takdir atau ketentuan Allah Subhanahu Wata'ala.

Berikut ini adalah kalimat atau doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika usaha yang kita lakukan tidak membuahkan hasil sesuai harapan :
قَدَرُ اللَّهِ ومَا شَاءَ فَعَلَ

Latin : Qodarullaah, wa maa syaa-a fa’ala.

Artinya : Allah telah menakdirkan, dan kehendak-Nya pasti dilakukan.

Ketika Hasil Usaha Tidak Sesuai Harapan, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah
Ketika hasil usaha tidak sesuai harapan, baca doa ini.
Doa ini diriwayatkan oleh Imam Muslim. Sahabat Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahun Alaihi Wasallam bersabda : 

اَلْمُؤْمِنُ اَلْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلىَ اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِيْ كُلٍّ خَيْرٍ، اِحْرِصْ عَلىَ ماَ يَنْفَعُكَ، وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا، وَلَكِنْ قُلْ: قَدَّرَ اللَّهُ وَماَ شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Artinya : Orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah, namun pada masing-masing (dari keduanya) ada kebaikan. Bersemangatlah terhadap hal-hal yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah, dan jangan menjadi lemah. Jika kamu ditimpa sesuatu, jangan berkata seandainya aku berbuat begini, maka akan begini dan begitu, tetapi katakanlah; Qodarullaah, wa maa syaa-a fa’ala (Allah telah menakdirkan, dan kehendak-Nya pasti dilakukan). Sebab kata ‘seandainya’ itu dapat membuka perbuatan setan.

Demikian doa yang perlu kita baca saat hasil usaha yang kita lakukan tidak sesuai harapan. Semoga bermanfaat. [Tribunsantri.com]

Bagikan: