Tito: Politik RI Stabil Setelah Gabungin 01-02, Tinggal Urusan 212

Tito: Politik RI Stabil Setelah Gabungin 01-02, Tinggal Urusan 212

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bicara tentang kunjungannya ke Malaysia beberapa waktu lalu. Menurutnya, tokoh-tokoh di Malaysia memuji politik Indonesia sudah stabil usai bergabungnya kubu 01 dan 02.

"Dalam pandangan Malaysia kemarin saya ketemu dengan banyak tokoh di sana, langkah politik Indonesia stabil sekarang, terutama semenjak gabungin 01 sama 02, tinggal urusannya 212 aja," kata Tito dalam sambutannya di acara Munas APPSI VI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Dia mengatakan kondisi itu berbalik dengan kondisi di Malaysia. Tito mengatakan politik di Malaysia sedang tidak stabil karena ada tarik-menarik antara kelompok oposisi dan pemerintah.

"Belum lagi janji prime minister step down digantikan Anwar Ibrahim yang juga belum jelas timing-nya kapan," ucapnya.

Tito mengatakan, setelah rekonsiliasi antara kubu 01 dan 02 seusai Pilpres dan suasana politik mulai stabil, pengusaha Malaysia malah banyak ingin berinvestasi di Indonesia. Tito menyebut, dalam pandangan negara lain, kondisi politik di Indonesia stabil.

"Saya tanya kenapa dia mendekati kita, mau dikasih Indonesia, kenapa nggak di Malaysia aja? 'Ah payah politik masih nggak stabil nih nanti yang menang siapa kita nggak ngerti ini,' gitu," ujarnya.

"Jadi intinya kira-kira dalam pandangan luar, Indonesia sekarang ini politiknya stabil sehingga ada keinginan investor untuk masuk ke Indonesia tinggi," sambung Tito.

Namun, dia menyebut keinginan investor masuk ke Indonesia masih terhambat regulasi dan kepastian hukum. Hal itu menjadi tantangan tersendiri dan harus segera dituntaskan.

"Itu permasalahannya ketidaksesuaian daerah, kesesuaian tidak sehat antarkementerian lembaga mungkin, itu problem," tutur mantan Kapolri ini.

Sumber : Detik

Bagikan: