Kiai Abbas : Kelompok Takfiri Gunakan Al Quran dan Hadits Sebagai Tameng

Kiai Abbas Buntet : Kelompok Takfiri Gunakan Al Quran dan Hadits Sebagai Tameng

Pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon KH. Muhammad Abbas Billy Yachsyi Fuad Hasyim (Kiai Abbas) mengingatkan agar mewaspadai kelompok takfiri, yaitu kelompok yang suka mengkafirkan sesama umat Islam.

Kiai Abbas menjelaskan, kelompok takfiri menggunakan Al Quran dan Al Hadits tak lebih dari sekedar tameng. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan simpati dari masyarakat. 

Kebiasaan kaum takfiri dalam mengkafirkan umat Islam terjadi sejak zaman Khulafa'ur Rasyidun. Adalah Sayyidina Ali RA, menantu Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam dan calon ahli Surga yang sudah menjadi korban pengkafiran kaum takfiri.

Kaum muslim pada saat itu banyak terpengaruh terhadap doktrin tersebut karena menggunakan ayat Al Quran debagai pembenaran, sehingga banyak kaum muslim yang juga ikut mengkafirkan sayidina Ali.

“kelompok takfiri gunakan Al Quran dan Hadits sebagai tameng, terutama untuk mengambil simpati masyarakat. Pada zaman khulafaur rasyidin, kaum takfiri doktrin masyarakat awam dengan Al Quran dan Hadits sebagai senjata, sehingga mereka ikut mengkafirkan Sayidina Ali pada saat itu.” Tandas Kiai Abbas

Sumber : LTNNuJabar

Bagikan: