Doa yang Dipanjatkan Nabi Muhammad Ketika Meminta Hujan

Doa yang Dipanjatkan Nabi Muhammad Ketika Meminta Hujan

Berikut ini doa-doa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ketika meminta hujan :

Pertama : 

اللهمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا, نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلًا غَيْرَ أٰجِلٍ

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda.

Doa diatas diriwayatkan oleh Imam Abu Daud. Isinya adalah meminta hujan yang bermanfaat, menyuburkan dan tidak membahayakan.

Kedua :

اللهمّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا سَرِيْعًا مَرِيْعًا غَدَقًا طَبَقًا، عَاجِلًا غَيْرَ رَائِفٍ، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ تَمْلَأُ بِهِ الضَّرْعُ، وَيَنْبُتُ بِهِ الزَّرْعُ وَتُحْيِي بِهِ الْأَرْضُ بَعْدَ مَوْتِهَا وَكَذَلِكَ تُخْرِجُوْنَ

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang merata, segera, menyuburkan, lebat, merata, segera tanpa kelambatan, bermanfaat tanpa bahaya. Hujan yang dapat memenuhkan ambing (kantong kelenjar) susu binatang ternak, yang menumbuhkan tanaman, yang menghidupkan tanah setelah mati (karena kekeringan)”.

Doa ini dibaca oleh Nabi Muhammad atas permintaan seorang Badui yang sowan kepada beliau.

Ia mengeluh kepada Nabi Muhammad karena binatang ternaknya banyak yang mati dan anak-anak tidak pernah kenyang karena kelangkaan susu untuk diminum.

Mendapati keluhan tersebut, Nabi Muhammad naik ke atas mimbar. Setelah memuji kepada Allah Subhanahu Wata'ala beliau mengangkat kedua tangannya membaca doa diatas.

Ketiga :

اللهمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada hamba-hamba-Mu dan binatang-binatang (ciptaan)-Mu, sebarkanlah rahmat-Mu dan hidupkanlah negeri-Mu yang sebelumnya mati.” 

Doa ketiga ini diriwayatkan oleh Imam Malik bin Anas ra. 

Demikian doa-doa yang dipanjatkan Nabi Muhammad ketika meminta hujan. 

Sumber : NUOnline

Bagikan: