Tantangan Saat Ini Mencetak Ulama, Tak Sekadar Membesarkan NU

Tantangan Saat Ini Mencetak Ulama, Tak Sekadar Membesarkan NU

Tribunsantri.com - KH Ali Maschan Moesa mengatakan, tantangan lembaga-lembaga di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) bukan sekedar membesarkan wadahnya. Yang lebih penting dari itu adalah mencetak para ulama.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan pada pembukaan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) yang diselenggarakan Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Paciran Lamongan, Jumat (13/9/2019).

"Percuma kalau punya profesor, doktor, tapi tidak ada lagi yang membaca kitab kuning. Setiap lembaga di NU harus mencetak ulama-ulama baru," kata kata Kiai Ali Maschan.

Kiai Ali Maschan khawatir apabila jumlah ulama di tubuh NU semakin berkurang. Dirinya mencontohkan, ada organisasi Islam yang sudah mulai kekurangan ulama. Akibatnya, jumlah pengikut organisasi tersebut terus menyusut. 

"Dari sebuah survey menyebut jumlah warga NU itu 60 persen dari seluruh umat Islam di Indonesia. Itu aset yang harus dijaga," kata guru besar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut. [Tribunsantri/FA]

Sumber : NU Online

Bagikan: