Ravi Ramadhani, Kader IPNU Wonosobo yang Berhasil Raih Emas Lomba Sains di Abu Dhabi

Ravi Ramadhani, Kader IPNU Wonosobo yang Berhasil Raih Emas Lomba Sains di Abu Dhabi

Tribunsantri.com - Kita patut berbangga hati karena Indonesia berhasil menyabet emas di ajang Expo-Sciences International (ESI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 21-29 September 2019 mendatang. Kegiatan ini bakal diikuti oleh 56 negara.

Salah satu pahlawan Indonesia itu adalah Ravi Ramadhani, kader IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) asal Wonosobo, yang berhasil membuat sebuah alat penambah daya baterai ponsel dengan mengandalkan gerak tubuh manusia.

Menurut Ravi Ramadhani, energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi bisa diubah dalam bentuk lain. Maka dari itu, ia mengkonversi gerakan tubuh manusia menjadi aliran listrik yang disalurkan melalui kabel guna mengisi daya baterai ponsel.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi nu.online, dengan cara digoyang-goyangkan saja, alat sepanjang 30 centimeter itu sudah terisi daya yang siap dapat mengalirkan energi listrik, yang dulunya dinamakan ayo obah.

Merasa tak puas dengan hasil temuannya itu. Penelitiannya dilanjutkan hingga alat yang kini ia pegang itu sudah bisa menyimpan daya seperti power bank. 

“Kita bisa masukkan alat ini ke saku celana. Setiap kita melangkah, tentu alat tersebut akan bergerak dan itu akan mengisi dan menyimpan dayanya,” jelasnya

Teknologi itulah yang ia bawa ke ajang internasional di Tanah Arab sana sebagai sebuah penemuan energi terbarukan dengan tanpa menghabiskan sumber daya alam, dan berhasil meraih emas di ajang Expo-Sciences International (ESI) di Abu Dhabi, UEA.

Saat ditanya awak media, Ravi Ramadhani mengaku bahwa penemuannya itu terinspirasi saat dan dari gerak shalat.

“Ketika rukuk pada shalat Asar, saya teringat dengan teori energi. Hal itulah yang membuat alat tersebut tercipta,” ujar Kader IPNU Wonosobo itu.

Indonesia tidak perlu cemas karena teknologi energi terbarukan semakin banyak ditemukan oleh anak bangsa Indonesia. Sumber daya alam melimpah, sumber daya manusia juga semakin berkiprah. Makin optimis energi bangsa ini akan semakin hebat.

Sumber : energibangsa

Bagikan: