Malam Mbah Moen Sedang Diawasi Otoritas Saudi, Ini Himbauan Bagi Peziarah

Makam Mbah Moen Sedang Diawasi Otoritas Saudi, Ini Himbauan Bagi Peziarah

Tribunsantri.com - Banyak orang Indonesia yang sedang umroh atau haji juga berziarah ke Maqbaroh Syaikhona Maimoen Zubair di Pekuburan Ma'la, di Makkah. Dan yang harus diketahui bahwa berziarah di Saudi itu tidak sebebas di Indonesia. Ada aturan yang harus diperhatikan. 

Ada sebuah foto Syaikhona Maimoen yang didalamnya ada tulisan sebagai berikut, Info dari Gus Haiz Mekkah: 

"Maqbaroh Syaikhona sedang diawasi polisi, khususnya ketika tahlilan berjamaah dengan suara keras. Untuk itu bagi yang mau ziarah dimohon hati-hati. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap Maqbaroh Syaikhona".

Kemudian saya konfirmasi kepada Gus Haiz, salah satu keponakan Syaikhona yang masih ngaji di Makkah, dan memang benar. 

Sebelum itu, tanggal 24 Agustus 2019 saya sudah menulis di grup Alumni:

"Saya ikut khawatir, karena di Arab itu tidak seperti di Indonesia yang legal dalam ziaroh qubur. Banyak yang ziaroh dan duduk mengelilingi maqbaroh beliau, kemudian membaca Yasin dan Tahlil dengan keras atau berkelompok. Hal itu akan menarik perhatian. Saya khawatir dan takut ada tindak lanjut dari pihak Arab Saudi".

Saya minta izin untuk menulis ulang untuk diposkan. Inilah pesan Beliau kepada orang yang akan berziarah ke makam ma'la:

"Berziarah sewajarnya saja, tidak usah berlama-lama dan tidak mengeraskan suara saat membaca tahlil. Dan jika ziarah berombongan, alangkah baiknya untuk berziarah dari luar kotak pemakaman".

Sumber : Kanthongumur

Bagikan: