Habib Hanif Alathas Tak Punya Legitimasi Tolak Film The Santri

Habib Hanif Alathas Tak Punya Legitimasi Tolak Film Santri

Tribunsantri.com – Menantu Habib Rizieq Shihab, Habib Hanif Alathas menyatakan sikap menolak penayangan film The Santri. 

Menurutnya, film yang diinisiasi PBNU melalui NU Channel yang bekerja sama dengan sutradara Livi Zheng itu tidak sesuai dengan syariat Islam karena cenderung Liberal.

Menanggapi hal itu, seorang seniman yang sudah lama berkiprah di dunia hiburan, Sari Yok Koeswoyo mengatakan Habib Anis tak punya legitimasi menolak film The Santri, sebab ia tak mewakili semua santri di negeri ini.

"Dia mengaku ketua front santri, tapi siapa yang pilih dia? Ah, tong kosong nyaring bunyinya," ujarnya, Senin (16/9). 

Baca juga : Ramai Tagar #BoikotFilmTheSantri, Netizen : Terima Kasih Buat Promosi Gratisnya

Sari pun menegaskan penolakan habib Hanif itu tak perlu dihiraukan. Hendaknya, lanjutnya, penayangan film The Santri yang bertujuan memupuk rasa toleransi dan kebangsaan ini terus dilanjutkan. 

"Anjing menggonggong khafilah berlalu," ujar Sari.

Film The Santri sendiri akan ditayangkan di bioskop pada awal Oktober mendatang. Menurut laman nu.or.id, The Santri merupakan film yang diinisasi PBNU melalui NU Channel yang bekerja sama dengan sutradara Livi Zheng dan Ken Zheng, serta Penata musik Purwacaraka.

Dalam produksi film ini, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj dan Wakil Sekjen PBNU Imam Pituduh menjadi executive producers.

Imam Pituduh mengatakan bahwa film The Santri  memuat nilai-nilai santri dan tradisi pembelajaran di pondok pesantren. Selain itu, toleransi dan kecintaan terhadap tanah air juga akan ditampilkan di film ini. [Tribunsantri.com]

Sumber : Gesuri

Bagikan: