Athiyah bin Kholaf Saudagar Bangkrut dan Berkah Sedekah di Hari Asyura

Athiyah bin Kholaf Saudagar Bangkrut dan Berkah Sedekah Hari Asyura

Tribunsantri.com - Di Mesir ada seorang juragan kurma, namanya Athiyah bin Khalaf. Suatu saat ia bangkrut sampai hanya memiliki pakaian yang dikenakannya saja. Saat hari Asyura tiba, pada waktu subuh di Masjid Amr bin Ash, ia didatangi seorang Syarifah dan anak-anak kecil.

Syarifah itu minta sedekah untuanak-anak tersebut yang semuanya yatim piatu. Ada hal dilematik bagi Athiyah; ia hanya punya pakaian yang dikenakannya dan kalau itu diberikan maka otomatis auratnya akan terlihat, tapi jika ia menolak, ia takut, apa yang harus dikatakannya kelak di depan Rasulullah.

Akhirnya Athiyah mengajak Syarifah tersebut pergi ke rumahnya. Sesampainya di rumah, Athiyah meminta untuk ia menunggu di depan pintu rumahnya. Athiyah pun masuk. Di dalam rumah, Athiyah mencopot semua pakaiannya dan menutupi tubuhnya dengan hanya sehelai kain lusuh.

Lalu ia berikan pakaiannya kepada Syarifah tersebut untuk lalu diberikan ke anak-anak yatim piatu tadi. Sang syarifah berdoa untuknya,

“Smoga Allah kenakan pakaian surga untukmu dan menghilangkan ketergantungan atas setiap makhluk.”

Ketika malam tiba, Athiyah bermimpi didatangi bidadari yang sangat cantik dengan membawa apel yang harumnya memenuhi langit dan bumi. Apel dibelah. Di dalamnya ada pakaian surga dan dikenakanlah pada Athiyah. Bidadari itu duduk di pangkuannya. Athiyah bertanya, “Siapa kamu?” dijawab, “Aku adalah Asyura. Aku istrimu di surga.”

Ketika Athiyah terbangun, di sekeliling tempat tidurnya ada bau harum. Lalu Athiyah berdoa, “Ya Allah, jika mimpiku benar, matikan aku sekarang...”

Belum selesai doa yang ia panjatkan, Allah sudah berkenan mencabut nyawanya.
Syarh Irsyad Al-Ibad, 49/50.

Sumber : Twitter @thoriqotuna

Bagikan: