PCINU Arab Saudi Kembali Gelar Silaturahim NU Sedunia

PCINU Arab Saudi Kembali Gelar Silaturahim NU Sedunia

Tribunsantri.com - Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Arab Saudi kembali akan menggelar Silaturahmi NU Sedunia tahun 2019 di Makkah Al Mukarramah Saudi Arabia pada Kamis 7 Dzulhijjah 1440 H bertepatan 8 Agustus 2019. 

Acara yang diselenggarakan setiap musim haji sejak 2002 ini mengangkat tema Merajut Kembali Ukhuwah Wathaniyah Menuju Perdamaian Dunia. 

Wakil Ketua Panitia, Musthofa Al Gholayin mengatakan bahwa acara rutin ini merupakan  inisiatif Rais Syuriyah PCINU Arab Saudi pertama KH Mahfud Mas’ud dan Ketua Tanfidziyah  pertama H Ahmad Fuad  Abdul  Wahab.

"Awalnya acara ini merupakan silaturahim antar PCINU  dari berbagai  negara yang sedang menunaikan ibadah haji. Namun dalam  perkembangannya, dari tahun ke tahun, acara silaturahim ini selain dihadiri berbagai perwakilan PCINU juga dihadiri para masyayikh  PBNU, perwakilan PWNU, dan PCNU seluruh Indonesia juga para Pejabat RI yang sedang melaksanakan ibadah haji," ujarnya.

"Kita berharap acara ini akan mempererat jalinan silaturahim serta saling tukar informasi dan koordinasi dengan supervisi PBNU  untuk  pemberdayaan NU ke depan di  masing-masing wilayah sehingga akan  bisa semakin menguatkan syiar Islam Rahmatan lil Alamin," imbuhnya. kepada jurnalis NU Online di Arab Saudi, Muhammad Faizin, Kamis (1/8).

Acara ini lanjutnya, juga diharapkan bisa merajut dan memperkuat  ukhuwah wathaniyah serta menetralisir situasi kurang kondusif pascapemilu  2019, sehingga peran NU menjadi semakin optimal dalam  menjaga persatuan bangsa. 

"Bahkan dalam ikut membangun perdamaian dunia sebagaimana telah  diakui oleh Dunia Islam," tandasnya.

Acara Silaturahim ini akan diselenggarakan pada 7 Dzulhijjah 1440 H pukul 07.30 waktu Arab Saudi di Altayseer Towers Hotel No. 1002 Lantai PR  At-Taysir- Makkah Al Mukarramah.

"Sudah banyak tokoh dan pengurus NU dari berbagai penjuru dunia khususnya dari Indonesia yang sudah memastikan hadir," katanya.

Diantara yang akan menjadi pembicara seperti Dubes LBBP RI- Arab Saudi/OKI H Agus Maftuh Abegebriel, Menteri Agama RI H Lukman Hakim Saifuddin dan masayikh serta pengurus PBNU. 

NUOnline

Bagikan: