Mahfud MD Ungkap Ada Buronan Rad1kalisme dari Arab Kabur ke Indonesia Bawa Dana

Mahfud MD Ungkap Ada Buronan Rad1kalisme dari Arab Kabur ke Indonesia Bawa Dana

Tribunsantri.com – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan (GSK), Mahfud MD, mengungkapkan banyak radikalis asal Arab Saudi yang bermigrasi ke Indonesia sebagai target pelariannya.

"Di Saudi Arabia terjadi penangkapan terhadap orang radikal, yang belum tertangkap akan lari ke Indonesia," ujar Mahfud saat acara focus group discussion (FGD) Gerakan Suluh Kebangsaan di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Jumat (16/8).

Kedatangannya ke Indonesia tersebut, lanjut Mahfud, lantas dimanfaatkan oleh mereka untuk membangun gerakan radikal di Indonesia, misalnya dengan membangun lembaga-lembaga pendidikan sebagai wadah indoktrinasi.

"Dengan membawa jutaan dollar untuk mendukung gerakan radikal, mendirikan pesantren, lembaga pendidikan yang jauh berbeda," terang Mahfud.

Untuk itu, Mahfud bersama belasan tokoh bangsa lainnya yang tergabung dalam Gerakan Suluh Kebangsaan pada kesempatan Scenario Planning Workshop kali ini berusaha memproyeksikan arah Indonesia ke depan dan tantanggannya menghadapi ancaman gerakan intoleransi dan radikalisme yang kian nyata.

"Sekarang kita membuat skenario planing untuk membaca peta, hari ini kami berkumpul apa yang akan kita lakukan terhadap itu semua," terang Mahfud.

Mahfud menerangkan, acara pertemuan pada kali ini dimaksudkan sebagai persiapan pertemuan selanjutnya guna membahas langkah - langkah strategis yang kemudian akan diambil. Ia pun berharap kedepannya dapat lebih menggandeng lebih banyak pihak untuk bersama-sama memperjuangkan keutuhan bangsa dan tanah air.

"Skenario yang ada kita buat strateginya, baru kita melangkah sendiri pada negara. seharusnya begini saya melakukan peran apa? Bagian keamanan melakukan apa? Bagian politik melakukan apa? Hukum melakukan apa? Itu nanti akan diketahui melalui skenario," tukasnya .

Mediaindonesia

Bagikan: