Untuk Kali Pertama, Pangeran Arab Saudi Sambut Jemaah Indonesia

Untuk Kali Pertama, Pangeran Arab Saudi Sambut Jemaah Indonesia

Tribunsantri.com - Putra Raja Arab Saudi, Faisal bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, menyambut kedatangan kloter jemaah haji Indonesia dari embarkasi Pondok Gede. Rombongan haji Indonesia itu melewati jalur cepat pada Minggu (14/7) siang di Bandara Madinah.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan ini pertama kalinya jemaah haji Indonesia disambut putra raja. Dia menuturkan sambutan istimewa ini menunjukkan betapa kuat hubungan kedua negara dalam poros SAUNESIA yang berada dalam masa-masa keemasan.

"Kerajaan Arab Saudi memberikan keistimewaan kepada Indonesia. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari hubungan hangat antara Presiden Joko Widodo dan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud," katanya dalam pernyataan resmi KBRI Riyadh, Senin (15/7).

Pangeran Faisal mengapresiasi jemaah haji Indonesia. Menurut dia, meski jumlahnya paling banyak, jemaah asal Indonesia dikenal tertib, disiplin, dan taat aturan.

Pangeran Faisal menambahkan para jemaah haji Indonesia sangat membantu dalam menciptakan kelancaran penyelenggaraan haji yang nyaman, sebagai realisasi Visi Saudi 2030.

Dubes Agus menegaskan, jalur cepat ini merupakan pengalaman kedua kalinya bagi jemaah haji Indonesia. Pasalnya, Indonesia mendapat keistimewaan yang sama tahun lalu, bersama dengan Malaysia.

Tahun ini, tiga negara lain juga bisa ikut menikmati keistimewaan ini, yakni Pakistan, Bangladesh, dan Tunisia dengan total jumlah jemaah mencapai 225 ribu orang.

Pangeran Faisal bin Salman adalah kakak dari Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. (mediaindonesia]

Bagikan: