Kiai Manarul Hidayat: NU Kuat, NKRI Sulit Dihancurkan


Tribunsantri.com - Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Manarul Hidayat mengajak warga NU untuk memperkokoh ukhuwah. Pasalnya, jika  NU kuat, maka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sulit untuk dihancurkan. "Jika NU kuat, maka NKRI akan kuat dan sulit dihancurkan," tegasnya.

Hal itu dikatakan Kiai Manarul saat memberikan taushiyah pada Halal bi Halal PCNU Kabupaten Tegal Jawa Tengah beserta Badan Otonom NU, Ahad (7/7) di Aula Lantai 3 Gedung PCNU Kabupaten Tegal.

Menurut Kiai Manarul, jika Nahdlatul Ulama (NU) diminta untuk mengamankan negara, maka wajib hukumnya. "Kalau di bawah kuat, di atas juga kuat. Maka NKRI akan kuat dan sulit dihancurkan," tandasnya.

Mantan Ketua LDNU itu juga mengingatkan, warga NU ikhlas berkhidmat di NU, sehingga akan barokah dan diakui santrinya Mbah Hasyim Asy'ari.

"Yakinlah, ketika kita ikhlas berkhidmat di NU, maka kita akan dianggap sebagai santri Mbah Kiai Hasyim Asy'ari, keluarga sakinah dan kelak Khusnul khatimah," ungkapnya

Kiai Manarul juga menyebutkan, pentingnya NU untuk menguasai teknologi, perdagangan, dan lainnya. "NU juga harus kuasai bahasa Inggris. NU mendunia," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Pengurus Cabang  Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal Jawa Tengah meluncurkan program Kotak Infaq (Koin) NU. 

"Dengan membaca surat Al-Fatihah, berharap Koin NU ini dapat berjalan sesuai harapan dan para pengurus diberikan kekuatan oleh Allah SWT," kata Ketua PCNU Kabupaten Tegal H Akhmad Was'ari saat meluncurkan koin NU.

Dikatakan, koin NU merupakan hasil studi banding oleh tim dari Lembaga Perekonomian PCNU, LAZISNU, Lembaga Takmir Masjid PCNU, dan beberapa tim lain yang telah dibentuk oleh PCNU Kabupaten Tegal guna membenahi program unggulan ekonomi PCNU Kabupaten Tegal. 

"Koin NU ini merupakan kelanjutan dari hasil studi banding tim yang telah dibentuk beberapa waktu yang lalu," ujar Was'ari.

Dikatakan, melihat tantangan yang semakin nyata, maka NU harus dapat mensikapi dengan cepat dan tepat. Dukungan dan doa dari jajaran pengurus di bawahnya sangat membantu program koin NU berjalan dengan lancar.

"Kami sangat membutuhkan dorongan dan kepercayaan dari jajaran pengurus di bawahnya yakni dari mulai Ranting hingga MWC NU serta badan otonom di semua tingkatan," tegas H Was'ari yang juga Sekretaris Dinas Dikbud Kabupaten Tegal itu seraya mengajak warga NU untuk mendukung dan menyukseskan program Koin NU. 

Ahmad Was'ari menjelaskan, Koin NU bertujuan menghimpun dana untuk kegiatan sosial lewat LAZISNU. Dengan program Koin NU diharapkan NU Kabupaten Tegal bisa menyantuni anak yatim piatu yang sekolah dan mondok.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Tegal Hj Umi Azizah, Rais Syuriyah PCNU KH Chambali Utsman, Ketua PCNU H Akhmad Was'ari, jajaran Pengurus Badan Otonom dan Lembaga PCNU Kabupaten Tegal, Pengurus MWC NU dan Badan Otonom NU Kecamatan serta Pengurus Ranting NU se-Kabupaten Tegal. 

NUOnline

Bagikan: