Zulkifli Hasan Ajak Seluruh Masyarakat Dukung Presiden Terpilih

Zulkifli Hasan Ajak Seluruh Masyarakat Dukung Presiden Terpilih

Tribunsantri.com - Pemilihan Umum Serentak 2019 telah usai dan kini masyarakat menantikan hasil yang akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei mendatang.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengajak semua pihak untuk mendukung siapa pun presiden dan wakil presiden terpilih yang mendapatkan mandat dari rakyat.

Pernyataan tersebut disampaikan Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, dalam sambutannya di sela acara buka puasa bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta para pejabat tinggi negara di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019).

”Tentu nanti siapapun (presiden) terpilih, kita harus sama-sama menyukseskan agar program-programnya berhasil karena kalau program pemerintah berhasil, toh yang enak yang maju rakyat. Nanti tarung lagi, kan masih ada tarung lagi di 2024, 2023 sudah siap-siap. Boleh tarung lagi,” tutur Zulhas.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menuturkan, setelah KPU mengumumkan hasil pemilu, khususnya pilpres, semua pihak harus mendukung pemerintah terpilih dan ikut menyukseskan seluruh program kerja yang dilakukan agar Indonesia bisa menjadi negara maju. Pada 2045, Indonesia ditargetkan masuk lima besar negara dengan perekonomian terkuat dunia.

Zulhas mengaku bersyukur karena Indonesia telah berhasil menggelar hajatan penting pemilu serentak pertama yang berlangsung dengan baik. 

Dirinya juga mengingatkan bahwa jika ada pihak-pihak yang berkeberatan dengan hasil pemilu agar menempuh jalur-jalur yang sudah diatur dalam undang-undang yakni melalui Mahkamah Konstitusi (MK) dan lembaga terkait lainnya.

“Pemilu adalah hal biasa dalam negara demokrasi. Dan yang menang, kita akan menang apabila pemenang bisa menjahit kembali Merah Putih, bisa merajut persatuan, memperkokoh kebersamaan, barulah Indonesia menang, kita menang,” tuturnya.

Di antara langkah yang bisa dilakukan untuk merajut kembali Merah Putih yaitu bagaimana semua pihak bisa kembali bersatu, duduk satu meja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

”Saya kan tidak mendukung Pak Jokowi (di Pilpres 2019), tapi saya datang ke Pak Jokowi, ’Pak, seperti biasa, setiap tahun kita menggelar bukber, dan Pak Presiden menyambut dengan hangat, terbuka dan gembira. Walaupun saya tidak mendukung, saya duduk bersampingan, diterima dengan baik, akrab, itulah yang saya anggap bisa merajut kembali Merah Putih,” kata dia.

Dalam kegiatan buka puasa bersama tersebut, Zulhas kembali duduk satu meja bersama Presiden Jokowi dan juga Wapres Jusuf Kalla, Ketua MK Anwar Usman, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Jokowi tidak memberikan sambutan dalam acara bukber kermarin. Bahkan, ketika acara usai, Jokowi juga irit bicara kepada awak media. Sambil berkelakar, dia mengaku telah melakukan kesepakatan bersama Zulhas saat duduk satu meja.

”Ya tadi kita sepakat bersama, di satu meja tadi dengan Pak Ketua MPR, ada juga Pak Wapres, ada juga Ketua DPD, ada juga Pak Ketua DPR, Ketua MK juga sepakat, kita sepakat semuanya bahwa nanti...," kata Jokowi sambil menghela nafasnya.

"Pada hari Senin kita akan berbuka puasa di tempatnya Pak Ketua DPR, Pak Bambang Soesatyo," kata dia, yang membuat Wapres Jusuf Kalla bersama dengan Ketua MPR Zulhas, Ketua DPD OSO, dan Ketua DPR Bamsoet tertawa terbahak-bahak. [Inews]

Bagikan: