NU CARE-LAZISNU Kecam Pencatutan Nama dan Logo oleh FOZ

NU CARE-LAZISNU Kecam Pencatutan Nama dan Logo oleh FOZ

Tribunsantri.com - Viral di media sosial soal tim medis dari sebuah lembaga kemanusiaan yang mobil operasionalnya mengalami kerusakan dalam aksi 22 Mei lalu. Terkait kerusakan tersebut, Forum Organisasi Zakat (FOZ) menggelar pernyataan bersama yang di dalamnya mencatut nama dan logo NU CARE-LAZISNU.

Ketua NU CARE-LAZISNU H Ahmad Sudrajat mengecam pencatutan nama dan logo tersebut olah pihak FOZ lewat pernyataan keberatannya. 

“NU CARE-LAZISNU menyatakan keberatan atas pencantuman nama dan logo dalam pernyataan tersebut karena secara organisatoris NU CARE-LAZISNU dan FOZ tidak memiliki hubungan apa pun dan pencantuman tersebut tanpa konfirmasi,” tegas Ahmad Sudrajat, Jumat (24/5).

Berikut pernyataan lengkap NU CARE-LAZISNU soal pencatutan nama dan logo NU CARE-LAZISNU oleh FOZ:

1. NU CARE-LAZISNU menilai bahwa peristiwa yang terjadi pada tanggal 21 dan 22 Mei 2019 lalu di DKI Jakarta merupakan kejadian yang syarat dengan nuansa dan kepentingan politik praktis dengan latar belakang pemilu serentak yang telah terlaksana beberapa waktu sebelumnya;

2. NU CARE-LAZISNU merupakan lembaga kemanusiaan di bawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang senantiasa concern dan akan terus konsisten terhadap isu-isu kemanusiaan;

3. Menanggapi pencantuman logo dan nama NU CARE-LAZISNU oleh FOZ (Forum Organisasi Zakat) dalam pernyataan bersama dalam menyikapi peristiwa yang menimpa tim medis Dompet Dhuafa pada Kamis 23 Mei 2019, NU CARE-LAZISNU menyatakan:

a. Peristiwa tersebut tidak terlepas dari rangkaian peristiwa politik sebagai mana dimaksud pada poin (1);

b. Peristiwa tersebut perlu didudukkan secara proporsional dan dipastikan terlepas dari kemungkinan adanya unsure politis yang mengatasnamakan lembaga kemanusiaan. Dalam hal ini NU CARE-LAZISNU percaya bahwa aparat Kepolisian Republik Indonesia mampu dan akan bertindak secara professional dalam menangani peristiwa tersebut;

c. NU CARE-LAZISNU menyatakan keberatan atas pencantuman nama dan logo dalam pernyataan tersebut karena secara organisatoris NU CARE-LAZISNU dan FOZ tidak memiliki hubungan apa pun dan pencantuman tersebut tanpa konfirmasi.

NU CARE-LAZISNU secara internal menyatakan tidak lagi bersama FOZ terhitung sejak bulan Februari 2018 ketika NU CARE-LAZISNU menyatakan tidak hadir dalam perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) VIII FOZ di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan tidak melakukan perpanjangan keanggotaan di FOZ.

Pernyataan NU CARE-LAZISNU tersebut ditandatangani oleh Ketua NU CARE-LAZISNU Ahmad Sudrajat dan Sekretaris Abdurrouf. 

Sumber : NUOnline

Bagikan: