Jokowi Ungkap Filosofi Jawa Pegangannya: Meski Sakti Jangan Suka Menjatuhkan

Jokowi Ungkap Filosofi Jawa Pegangannya: Meski Sakti Jangan Suka Menjatuhkan

Tribunsantri.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi)mengunggah potongan wawancaranya dengan salah satu jurnalis. Dalam wawancara itu Jokowi membuka filosofi hidup yang dia pegang. Apa itu?

Potongan video wawancara itu dia unggah lewat akun Twitter miliknya @Jokowi pada Sabtu (25/5) sekitar pukul 07.00 WIB. Dilihat detikcom pada Minggu (26/5/2019) pukul 12.14 WIB, cuitan video tersebut sudah dilihat sebanyal 450 ribu dan disukai sebanyak 37 ribu pengguna Twitter.

Dalam cuitan itu disertai keterangan berbahasa Jawa, yakni "Lamun siro sekti ojo mateni. Lamun siro banter ojo ndhisiki. Lamun siro pinter ojo minteri,". 

Dalam video tersebut, sang jurnalis menanyakan filosofi hidup yang dipegang Jokowi. Tanpa ragu Jokowi membeberkan filosofi yang dia jadikan pedoman tersebut.

"Lamun siro sekti ojo mateni, artinya meskipun kamu sakti jangan suka menjatuhkan. Lamun siro banter ojo ndhisiki, meskipun kamu cepat jangan suka mendahului. Dan yang ketiga Lamun siro pinter ojo minteri, meskipun kamu pintar jangan sok pintar. Itu aja," kata Jokowi. [detik]

Bagikan: